silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Belajar lebih banyak
Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang.
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Oleh Rusdianto
Menurut pendapat saya setelah melihat tayangan video tersebut tentang “Memelihara Konsentrasi” yang perlu dilakukan guru diantaranya:
-Mengalihkan perhatian siswa pada alat peraga atau media pembelajaran yang dibawa guru
-Gunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa akan mudah berkonsentrasi
-Hindari pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, tetapi lakukanlah pembelajaran yang berpusat pada siswa
-Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
-Gunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa agar fokus dan konsentrasi siswa tetap terjaga.
Ayu Sulistiyoningrum 858826319 PGSD S1 AKPMM
Seperti yang sudah kita liat di video tadi. Untuk membuat anak² dikelas rendah kita setidaknya menggunakan alat dan bahan media yang mungkin bisa dipakai untuk mencontohkan ke anak² cara berhitung dan mengenali materi tersebut, dan tekadang kelas tinggi pun juga sama di mapel MTK itu saja kadang masih sulit konsentrasi klo kita sebagai guru tdk menggunakan media. Karena kemampuan tiap anak itu juga berbeda.
NAMA : ;MAFRUROH
NIM : 823675211
PRODI : S1 PGSD
dari tayanagn video tadi anak-anak terlihat ramai sekali dan guru begitu kewalahan untuk mendapat perhatian dari anak-anak di kelas.
nah untuk mendapatkan perhatian dari anak-anak memang sangat diperlukan sesuatu yang dapat menarik perhatian mereka kembali kepada guru.
Pada video tersebut sang guru menggunakan alat peraga yang menarik untuk mengalihkan perhatian mereka agar mau memperhatikan penjelasan. Saya sangat setuju dengan hal yang dilakukan pak guru tadi.
Selain itu anak-anak dioajak bereksplorasi dengan diajak berhitung dan menghitung benda.
Dari tayangan vidio yang bertopik memelihara konsentrasi , terlihat terlalu banyak siswa sehingga untuk memelihara konsentrasi dalam mengajar guru harus memiliki daya tarik tersendiri agar anak tetap berkonsentrasi .
Guru memberikan contoh alat peraga yang sangat sederhana dan menarik sehingga anak tertarik untuk berkonsentrasi terhadap materi yang sedang diajarkan guru tersebut .
NAMA : YONI WIDYASWORO
NIM : 856483612
PRODI : PGSD BI S1
Metode mengajarnya belum terlalu interaktif, hanya terfokus pada 2 baris siswa terdepan. Materi sesuai dengan peserta didik cukup baik. Materi sesuai dengan kurikulum yang ada .
Penggunaan media pembelajaran sudah cukup tepatnamun hanya sebagai media visual saja, dan hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas, tidak berkeliling ke seluruh kelas.
NAMA : SRIYANTI
NIM : 857731788
Assalamualaikum wr.wb.
Dari video yang telah saya amati tentang memelihaha konsentrasi, di dalam video tersebut guru belum bisa mengkondisikan kesiapan anak untuk menerima pembelajaran. Oleh karena itu guru harus mempersiapkan apersepsi supaya anak siap untuk mengikuti pembelajaran dan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang sekarang serta menggunakan alat peraga dalam pembelajaran.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama : Lala Lorenza
Nim : 858422642
Kelas :6B
Jurusan : S1 PGSD
Pojkar : Ut melak
Saya menganalisi dari vidio tersebut
Guru tersebut tidak membawa anak2 untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mengajar , tidak bertanya tentang bagaimana kabar anak-anak hari ini , tidak melakukan absen terlebih dahulu . Dan tidak mengajak anak2 untuk lebih fokus terlebih dahulu dlm mengajar agar apa yang dijelaskan mudah di pahami
Tips dari saya untuk membuat siswa fokus belajar adalah
1.Hilangkan semua hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar.
2. Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan
3. Sisipkan waktu istirahat saat proses belajar mengajar.
4. Berikan satu tugas dalam satu
Nama : Esti Putri Utami
Nim : 857810353
PRODI : S1-PGSD (UPBJJ UT- SURAKARTA)
Berdasarkan video tersebut dapat dianalisa sebagai berikut :
1. reaksi anak yang kurang berkonsentrasi ketika guru menjelaskan materi karena dianggap kurang menarik
2. kelemahan : guru kurang kreatif dalam menmanfaatkan media peraga
3. kelebihan : setelah memahami konsep guru berkreasi dengan memanfaatkan alat peraga dan mengekplorasi bersama murid.
4. Hal unik : cara mengalihkan perhatian anak dengan meminta salah satu murid unuk membantu menempelkan alat peraga untuk belajar bersama.
5. solusi : dengan menggunakan alat peraga yang sesuai dan menarik akan membuat siswa lebih antusias dalam belajar tentunya dengan ditambah penguatan kepada murid agar aktif dalam memberikan umpan balik.
Sekian yang bia saya sampaikan , terimakasih😊