silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya Paradisa Orizasativa.
Menurut pendapat saya setelah melihat video di atas, peran guru disitu sangat penting. Di awal pembelajaran guru mengambil alih perhatian si murid untuk tidak berisik dengan memberi pengertian lewat benda yg bagi si murid terasa sangat menarik. Pak guru menjelaskan penguran dan mapel lainnya dengan jeruk dan baterai itu
Nama : Dea tri ananda
Nim : 859874004
Menurut pendapat saya, video ini menekankan pentingnya kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk menjaga konsentrasi siswa. Penggunaan media yang konkret melibatkan siswa secara aktif terbukti efektif dalam meningkatkan perhatian dan pemahaman mereka terhadap materi. Namun, aspek lain seperti apersepsi yang tepat dan profesional juga perlu di perhatikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Secara keseluruhan video ini memberikan contoh praktik baik yang dapat di adopsi dan di sesuai kan oleh guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.
nama : dea sri dewi br perangin angin
nim : 859872222
menurut pendapat saya memelihara konsentrasi itu sangat perlu untuk fokus pada perencanaan ,persiapan,dan evaluasi pembelajaran ,agar siswa bisa fokus dalam pembelajaran dan juga memelihara konsentrasi juga dapat dilakukan dengan cara menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar seperti,menjaga kebersihan ruang guru ,mengatur jadwal belajar yang teratur ,dan memanfaatkan teknologi dengan bijak.
assalamualaikum wr,,,wb,,,
ijin menanggapi menurut saya tayangan ini menggambarkan permasalahan pembelajaran yang masih banyak terjadi di kelas yaitu guru yang mengajar tanpa memastikan keterlibatan siswa. pada sesi awal pembelajaran bersifat pasif dengan metode ceramah dan tanpa apersepsi,sehingga siswa tanpak tidak tertarik,kurang fokus dan tidak bersemangat. suasana kelas juga gaduh, menunjukan kurangnya menejemen kelas yang efektif. pada sesi perbaikan, terlihat ada peningkatan dengan melibatkan siswa melalui kegiatan pengukuran secara langsung di lingkungan sekitar.guru sudah mulai membangun interaksi memberi tugas dan mendorong aktifitas fisik.
secara umum pembelajaran sudah lebih hidup,dan siswa tanpak antusias dalam mengikuti kegiatan. namun masih dibutuhkan peningkatan dalam hal metode alat bantu dan strategi pembelajaran agar lebih sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa sekolah dasar.
solusi yang dapat diterapkan
-gunakan apersepsi secara konsisten di awal pembelajaran.mulailah pembelajaran dengan kegiatan yang mengaitkan materi dengan pengalaman atau pengetahuan siswa,seperti cerita,pertanyaan atau benda nyata yang relevan dengan materi
Nama : Fetty Patriani Didis
NIM : 857507072
Assalamualaikum wr wb izin berkomentar tentang video diatas, membuat siswa konsentrasi itu bisa bermacam macam cara contohnya menggunakan media ajar atau alat peraga yang menarik perhatian siswa seperti video diatas. karena peserta didik kelas bawah gampang bosan jadi harus mempunyai strategi yang menarik
Nama : Nurmaida
NIM : 860179015
UPBJJ : Medan
Dari video ini dapat dipahami bahwa dalam memelihara konsentrasi peserta didik merupakan suatu keharusan bagi seorang guru. Sebab, tingkat konsentrasi mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang di pelajari. Cara yang bisa kita contoh dari video ini adalah dengan melibatkan siswa untuk berperan aktif dan berinteraksi langsung dengan alat peraga yang sesuai dengan materi yang dibawa.
Selain itu siswa juga dapat dilibatkan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan materi. Terima kasih
Izin menanggapi berdasarkan video “Memelihara Konsentrasi” dari Seri Pembelajaran SD:
Menjaga Konsentrasi Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif
Konsentrasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran, terutama pada jenjang sekolah dasar di mana siswa cenderung memiliki rentang perhatian yang singkat. Video “Memelihara Konsentrasi” menyoroti permasalahan ini dan menghadirkan solusi yang relevan, yaitu melalui pemanfaatan alat peraga sebagai media pembelajaran.
Dalam video tersebut, ditunjukkan bahwa seorang guru mengalami kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan secara konvensional. Sebagai respon terhadap permasalahan tersebut, guru kemudian menggunakan alat peraga yang menarik guna mengalihkan fokus siswa. Pendekatan ini terbukti efektif karena selain mampu menarik perhatian, alat peraga juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara aktif dan langsung melalui eksplorasi.
Tidak hanya itu, siswa juga didorong untuk mengekspresikan kegembiraannya selama kegiatan berlangsung secara verbal. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga menyentuh aspek afektif dan psikomotorik. Suasana kelas menjadi menyenangkan
Nama : Virna Witha Utari
NIM : 859870655
UPBJJ : Medan
Izin menanggapi video diatas, setelah saya tonton video di atas tentang bagaimana cara menjaga konsetrasi pada anak. Naha kita sebagai guru harus bisa mengambil alih perhatian konsentrasi anak sepenuhnya sebelum memulai pembelajaran guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan itu guru dapat mengambil perhatian konsetrasi anak dengan melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran dan juga bisa menggunakan media pembelajaran atau alat peraga untuk menjaga konsentarsi pada anak karena kalau belajar dengan mendengarkan saja kemungkinan kecil saja anak yang dapat berkonsentrasi bisa saja siswa tidak mendengarkan, siswa malah bercerita dengan temannya saat guru menerangkan kepada para siswa maka gunanya adanya media atau alat peraga untuk menujukan pandangan dan konsentrasi siswa ke media atau alat peraga tersebut.
Sekian jawaban dari saya, Terima Kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Asalamulaikum we wr saya ingin mengomentari Vidio tersebut
Nama : Andrilianisa Tanjung
NIM : 860177494
Pada video ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Kelemahan pembelajaran dalam video :
-Dalam video ini guru masih kurang dalam hal Alat peraga yang digunakan masi sangat terbatas yaitu hanya menggunakan poster, dan jumlah poster yang digunakan sangat terbatas dan kurang beragam.
Kelebihan pembelajaran dalam video :
Kelebihan Guru dalan video pembelajran ini adalah guru telah melibatkan siswa secara lansung dalam menggunakan alat peraga siswa juga lebih fokus karena adanya alat peraga.
Rencana perbaikan yang dilakukan:
-Rencana perbaikan yang harus dilakukankan adalah guru biasa mengadakan lebih banyak
variasi alat peraga yang akan digunakan misalnya degngan menggunakan alat peraga buah- buahan dari karton bekas atau mengguakan game matematika yang ada di internet agar siswa lebih terarik dan bisa lebih konsentrasi dalam proses belajar.
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
UPBJJ : UT Medan
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Dalam video dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi bagaimana kita bisa fokus dan mengarahkan perhatian penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
Saya merasa video ini sangat relevan, terutama untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Salah satu hal yang saya garis bawahi adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
Selain itu, video ini juga menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak lelah. Hal-hal kecil seperti menjaga pola tidur dan makan juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi.
Secara keseluruhan, isi video ini sangat informatif dan praktis. Penyampaian materinya juga ringan dan mudah dipahami, sehingga saya merasa termotivasi untuk lebih serius menjaga fokus saat belajar.