silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : risna wati
Nim : 859538531
Didalam video tersebut, guru menjelaskan materi menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami untuk para siswa. Untuk memelihara konsentrasi siswa, guru menggunakan media poster sebagai alat pendukung pembelajaran. namun cara ini tidak cukup efektif, apalagi posternya terlalu kecil. Sebaiknya menggunakan beberapa pensil saja untuk belajar menghitung, atau menggunakan botol minum anak didik.
Nama : Virna Witha Utari
NIM : 859870655
UPBJJ – UT : 12 / Medan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memberikan komentar untuk video diatas :
Setelah saya menonton video diatas, video tersebut berisikan masalah tentang cara bagaimana guru memberikan tindakan untuk menjaga suasana kelas agar bisa kondusif dan menjaga konsentrasi siswa untuk kelancaran pembelajaran. Nah cara yang harus dilakukan oleh guru adalah mengajak langsung siswa untuk belajar dengan contoh di video guru menyuruh siswa membuat kelompok-kelompok belajar dan menghitung benda-benda di sekitar kelas dengan menggunakan jengkalan tangan atau penggaris, Dengan cara itu merupakan menarik daya tarik konsentrasi siswa karena langsung meraba belajarnya atau merasakan langsung bukan hanya mendengarkan guru berbicara (ceramah) tentang materi ajar yang mevuat para siswa kemungkinan jenuh atau bisa menjadi mengantuk karena sudah tidak konsentrasi dengan apa yang di ceramah kan ileh guru ditambah lagi dengan kelas yang ribut. Jadi, sebagai guru kita harus kreatif memikirkan hal-hal untuk memarik perhatian atau konsentrasi siswa agar siswa paham dan sampai la tujuan pembelajaran dari materi yang diajarkan.
Sekian, Terima Kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Menurut pendapat saya,
ada video tersebut menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan alat peraga yang menarik.
Nama : Devi Anggrayani
NIM : 859541325
UT- Daerah : Bandar Lampung
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Izin memberikan komentar tentang video tersebut.
Setelah menonton video tersebut pendekatan yang diusulkan untuk meningkatkan perhatian siswa sangatlah positif dan inovatif. Menggunakan alat peraga yang menarik dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengatasi kesulitan guru dalam mempertahankan perhatian siswa. Alat peraga memberikan dimensi visual dan taktil yang memperkaya proses belajar, membantu siswa untuk lebih fokus, dan mengurangi rasa bosan.
Melibatkan siswa secara langsung dalam eksplorasi alat peraga, seperti meraba atau menggunakannya, dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Kegiatan seperti ini memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif dan merangsang rasa ingin tahu mereka. Selain itu, meminta siswa untuk mengekspresikan kegembiraan mereka secara verbal adalah langkah yang baik untuk mengukur tingkat keterlibatan dan kebahagiaan mereka, yang penting untuk menjaga semangat belajar di kelas.
Namun, penting juga bagi guru untuk memastikan bahwa alat peraga yang digunakan relevan dengan materi yang diajarkan dan tidak hanya digunakan untuk hiburan semata. Selain itu, setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, jadi penggunaan alat peraga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa agar lebih efektif. Pendekatan ini menunjukkan potensi besar untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan lebih interaktif.
Mungkin cukup sekian komentar dari saya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Nama : Fitri Suyanti
NIM : 859877697
Matkul/Kelas : PKM (PDGK4209)
UPBJJ-UT : 12/Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Saya izin untuk memberikan tanggapan atau komentar pada video tentang “Memelihara Konsentrasi”. Berdasarkan video yang telah Saya simak dan lihat, pada video tersebut berisikan tentang bagaimana cara yang efektif dilakukan oleh guru dalam menjaga konsentrasi siswa dengan menggunakan alat peraga atau poster dalam pembelajaran matematika. Anak kelas 2 SD masih memiliki keterbatasan dalam konsentrasi, hal ini perlu senantiasa dijaga dengan pemanfaatan alat peraga menarik misal menggunakan poster atau foto atau benda aslinya.
Berikut ini cara yang dilakukan oleh guru tersebut.
1. Alihkan dan arahkan perhatian siswa terhadap alat peraga agar siswa dapat fokus untuk memperhatikan kedepan dan mendengarkan guru saat menjelaskan materi, mengajak siswa untuk melihat poster juga termasuk salah satu agar kondisi kelas dapat kondusif.
2. Siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru agar siswa aktif ikut serta dalam kegiatan belajar dan tidak hanya sebatas mendengarkan, agar siswa tidak mudah bosan dan konsentrasi.
Cara memelihara konsentrasi yang telah di contoh kan pada video tersebut dapat kita jadikan referensi atau contoh saat mengajar di kelas rendah misalkan di kelas 2 SD
Demikian pendapat yang saya sampaikan, sekian dan terimakasih
NAMA : DEVIYANTI
NIM : 859542911
SEMESTER : 6 (Enam)
UPBJJ :Bandar Lampung
Izin berkomentar pada vidio tersebut kesulitan guru dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Ini adalah tantangan umum yang dihadapi banyak pendidik, terutama di era digital dengan berbagai distraksi yang menarik perhatian siswa. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan:
Perkembangan Rentang Perhatian Siswa:Rentang perhatian siswa, terutama di tingkat sekolah dasar dan menengah pertama, secara alami terbatas. Semakin muda usia siswa, semakin pendek pula rentang perhatian mereka. Guru perlu memahami batasan ini dan merancang pembelajaran yang sesuai.
Daya Tarik Materi Pembelajaran:Jika materi yang diajarkan terasa membosankan, tidak relevan dengan kehidupan siswa, atau disajikan dengan cara yang monoton, wajar jika siswa sulit untuk mempertahankan perhatian. Materi yang menarik, kontekstual, dan interaktif akan lebih mudah menarik dan mempertahankan fokus siswa.
Metode dan Strategi Pengajara Metode pengajaran yang didominasi oleh ceramah pasif cenderung membuat siswa mudah kehilangan fokus. Guru perlu menggunakan variasi metode yang lebih aktif dan melibatkan siswa, seperti diskusi kelompok, studi kasus, permainan, proyek, atau penggunaan teknologi.
NAMA : Winda Dwi Ramadhanti
NIM : 858938935
UPBJJ – UT : Jember
Analisis Guru Pintar Online : Memelihara Konsetrasi
berdasarkan video yang sudah saya simak tentang ” Memelihara Konsentrasi” guru dapat membangun konsentrasi siswa dengan menggunakan alat peraga sebagai pengalihan fokus mereka. dengan menerapkan strategi yang tepat seperti yang telah disampaikan lewat video ini siswa lebih terfokuskan pada materi. karena pada anak usia dini fokus mereka sangat mudah teralihkan maka dari itu kita sebagai sebagai seorang guru harus mempunyai strategi untuk mengalihkan fokus mereka pada materi yang akan di sampaikan.
Nama : Yollanda Ibrahim
NIM : 856086419
Matkul/Kelas : PKM (PDGK4209)
UPBJJ-UT : Batam
Vidio ini sangat mengispirasi untuk kegiatan pembelajaran di kelas karna memberikan ide- ide yang kreatif terutama bagi siswa yang memiliki gaya belajar secara visual.
Dengan menggunakan media berupa alat peraga yang kreatif , mampu menarik perhatian siswa untuk fokus terhadap apa yang di sampaikan oleh guru.
Kekuatan utama dari alat peraga yang ditampilkan adalah visualisasinya yang kuat dan Ini sangat membantu siswa dengan gaya belajar visual.
Namun di kelas kita sebagai guru tidak hanya terfokus pada alat peraga saja tapi juga menyampaikan materi pembelajaran dalam metode yang lain sehingga bisa masuk ke semua aspek gaya belajar siswa baik secara Audiotory dan kinestetik .
Terima kasih
Nama : Hestin puji Lestari Lawolo
Nim : 859869571
Prodi : PGSD
UPBJJ – UT : Medan
Pada video tersebut adanya kegiatan mengajar yang dilakukan oleh seorang guru, namun;
– Peserta didik tidak fokus untuk mendengarkan.
– Peserta didik ada yang asyik bercerita.
– Peserta didik ada yang sedang bermain.
Namun, di lain sisi guru membawa media pembelajaran berupa alat peraga yaitu poster, yang membuat siswa tertarik dan lebih memperhatikan, memiliki antusias yang tinggi dan siswa juga lebih mudah mengerti.
Jadi, kesimpulan dari video tersebut, kita sebagai guru harus memiliki trik tersendiri dalam menarik perhatian dan konsentrasi siswa dalam belajar.
Terimakasih 🙏
NAMA : NELI OKTA SARI
NIM : 859543669
SALUT : BANJAR AGUNG
Ijin menanggapi vidio di atas
Menurut saya guru yang ada di vidio sangat menginspirasi guru – guru lainnya untuk bisa membangun konsentrasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat pendukung saat menjelaskan agar siswa dengan mudah memahami materi yang di jelaskan.