Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. Syalom…
    NAMA:LISNAWATI MENDROFA
    NIM :856060985
    UPJJ :MEDAN
    POKJAR:IDANOGAWO

    Menurut saya dalam video diatas siswa siswa lebih berkonsentrasi ketika kita menggunakan alat peraga atau poster dalam menjelaskan dan menghitung.sehinga dengan kita menggunakan alat peraga mengajak dan memiliki rasa penasan dengan apa yang kita bawa dan tanpa mereka sadari mereka berkonsentrasi dan memahami apa yang akan dibahas atau dijelaskan bapak guru.
    dalam hal ini siswa lebih aktif dalam belajar ketika guru bisa menghidupi suasana sehinga siswa tidak merasa bosan.guru ang selalu aktif dan yang sudah merancang dan memiliki kesiapan sebelum mengajar sangat disenangi ole para siswa siswa

  2. Nama : Erliana
    NIM : 856017557
    Dari video yang ditayangkan diatas kita bisa belajar bahwa untuk memacu minat belajar siswa kita harus mengikut sertakan anak-anak dalam proses pembelajaran, agar minat dan keingintahuan mereka lebih terpacu.

  3. Nama : Dita khaerun nisa zebua
    Nim : 855849292

    Dari vidio yang saya liat, nyatanya mmng betul siswa memang membutuhkan alat peraga yang memang sesuai dengan pembelajaran yang akan di sajikan karna siswa memang butuh komunikasi yang rutin yang dapat di pahami olehnya, sehingga alat peraga yang dapat menarik perhatiannya lebih mudah di pahaminya.

  4. NAMA : ANGGIE ANGRINI
    NIM : 856085449

    menurut saya melalui viedo diatas jika guru mengajar dengan media pembelajaran yang menarikakan membuat siswa lebih tertarik dan lebih konsentrasi untuk mengikuti pembelajaran.
    oleh karna itu sebaiknya setiap guru harus selalu mempersiapkan media pembelajaran yang menarik agar anak dapat lebih konsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung.

  5. NAMA : ANGGIE ANGRIANI
    NIM : 856085449

    Penggunaan media pembelajaran oleh guru dapat sangat berpengaruh terhadap konsentrasi siswa. Media yang tepat dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Misalnya, penggunaan video, presentasi interaktif, atau alat peraga dapat membantu menjelaskan konsep yang sulit dan menarik perhatian siswa.

    Namun, penting bagi guru untuk memilih media yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran. Terlalu banyak variasi media atau penggunaan media yang tidak relevan bisa mengalihkan perhatian siswa. Oleh karena itu, guru perlu memastikan bahwa media yang digunakan mendukung proses belajar dan tidak justru membuat siswa kehilangan fokus.

    Secara keseluruhan, penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan konsentrasi siswa, mendorong partisipasi aktif, dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi.

  6. Nama : Lizza Khurnia Putri
    Nim : 857222506

    Dari vidio yg telah saya lihat dan saya amati, berikut ini ialah jawaban atas pertanyaan yg telah di berikan:

    1. Reaksi anak anak ialah tidak konsentrasi mereka hanya fokus pada alat peraga tetapi tidak memahami apa yang dikatakan/dijelaskan oleh guru

    2. Kelemahannya ialah guru tidak melatih konsentrasi anak sehingga saat pembelajaran dimulai anak tidak fokus memperhatikan apa yang guru itu jelaskan

    3. Kelebihannya ialah guru tersebut menggunakan alat peraga yang dapat meningkatkan suasana pembelajaran menjadi lebih menarik

    4. Hal unik yang saya temukan ialah guru menggunakan alat peraga yang lucu

    5. Sebelum belajar dimulai guru harus melatih konsentrasi anak dan guru juga harus bisa menjadikan suasana kelas menjadi aman dan nyaman sehingga pada saat pembelajaran dimulai anak-anak bisa belajar dengan nyaman, fokus, senang, dan juga tenang.

  7. Nama : Novia Rahmah
    Nim : 878255035
    dari vidio di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran merupakan hal yang penting untuk membangkitkan koinsentrasi siswa. Dengan media yang menarik konsentrasi siswa dapat terjaga. seiring dengan perkembangan teknologi sekarang banyak media yang dapat kita gunakan seperti dengan penggunaan infokus kita bsa memusatkan konsentrasi siswa dengan meliat materi pembelajaran dalam vidio vidio yang kita tampilkan, atau cara lebih sederhana nya kita dapat membuat lkpd yang menarik dengan gambar gambar.

  8. Nama : Dian Pratiwi
    NIM : 857842564
    UPBJJ: Surakarta
    Pokjar: Karanganyar (PGSD)

    Dari vidio mengenai “kesulitan konsentrasi” diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat menarik perhatian dan konsentrasi siswa didalam kelas. Tetapi dari vidio yang saya lihat, pak guru masih menggunakan alat peraga yg sangat sederhana, alangkah lebih baik lagi jika alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah hasil buatan atau kreativitas guru sendiri, sehingga menjadikan siswa lebih tertarik saat belajar. Karena menurut saya alat peraga, media pembelajaran dan sumber belajar yang ada akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.

  9. Nama : ANASTASYA WAHYU WIJAYANTI
    NIM : 877966865

    Ijin memberi komentar vidio di atas.
    Menurut saya sebagai guru kita wajib menciptakan pembelajaran yang menarik, tentunya dengan menggunakan alat peraga maka akan semakin menarik bagi siswa dan siswi kita.
    Selain menambah fokus siswa, pembelajaran menggunakan peraga dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi yang sedang di sampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan minat siswa sebagai responden dari materi yang telah kita sampaikan.

  10. Assalammualaikum wr. wb
    Nama : Putri Yapi Ilmisa
    NIM : 856283833
    UPBJJ UT : Padang
    Pokjar : Pariaman
    Izin memberikan komentar pada video di atas
    Berdasarkan pengamatan saya pada video di atas untuk memelihara konsentrasi siswa bisa dengan menggunakan alat peraga seperti poster yang bisa menarik perhatian siswa serta melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/