silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Destika Putri Kinasih
NIM :
Izinkan saya mengemukakan pendapat terkait video tersebut, menurut pendapat saya memelihara konsentrasi saat proses pembelajaran berarti menjaga fokus dan perhatian seseorang pada suatu tugas atau aktivitas dalam jangka waktu tertentu. Ini melibatkan kemampuan untuk mengabaikan gangguan eksternal maupun internal, sehingga siswa dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. Dengan adanya video tersebut menggunakan alat peraga yang sederhana mampu mengajak siswa membangun diskusi atau dialog tentang materi pelajaran, jadi seluruh siswa dilibatkan secara langsung sehingga hal ini mampu memelihara kosentrasi secara berkisanambungan. Menurut pendapat saya beberapa memelihara konsentrasi dalam pembelajaran sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Aspek penting dari memelihara konsentrasi meliputi:
Fokus yang berkelanjutan: Kemampuan untuk tetap terfokus pada satu tugas tanpa teralihkan oleh hal-hal lain.
Minimalkan gangguan: Mengidentifikasi dan mengurangi faktor-faktor yang dapat mengganggu perhatian, seperti suara bising, gadget, atau pikiran yang mengembara.
Sekian pendapat dari saya jika ada kurang lebihnya mohon maaf.Terima kasih
Nama : Anindita Arsanti
NIM : 857131484
Penampilan Guru sangat perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, agar dapat menarik perhatian siswa. Alat peraga yang konkret juga dapat meningkatkan konsentrasi siswa selama pembelajaran. Karena peserta didik umumnya lebih tertarik pada media ajar yang dibawakan oleh guru. Oleh sebab itu, Guru sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat menumbuhkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.
NAMA: TITIK RISMA VIANO
NIM: 858832337
PRODI: FKIP PGSD- S1
POKJAR: PAGELARAN
UPBJJ: MALANG
Dari Video yang telah saya lihat, berikut tanggapan dari saya
Reaksi anak – anak sangat antusias pada pembelajaran yang dilakukan guru, dilihat dengan keseluruhan kelemahan yang guru lakukan adalah kurangnya rasa kepercayaan guru terhadap peserta didik, sedangkan kelebihan yang guru lakukan adalah menggunakan media pembelajaran konkrit dengan melibatkan peserta didik untuk memberikan pengalaman pembelajaran secara langsung. Guru dapat menyesuaikan dengan peserta didik sehingga menjadi daya pikat tersendiri untuk peserta didik dengan mengajak peserta didik untuk belajar sambil bermain. Upaya yang dapat dilakukan setelah melihat video tersebut adalah dengan cara membuat peserta didik untuk tertarik melakukan pembelajaran yang menarik, banyak melibatkan peserta didik dan menaruh kepercayaan kepada peserta didik bahwa mereka bisa melakukan, guru juga bisa menggunakan media pembelajaran dengan media pembelajaran serta melibatkan peserta didik untuk membuat media pembelajaran tersebut.
Selamat pagi Tutor pembimbing saya dan juga teman-teman, saya coba memberikan tanggapan di video ini dimana kita harus memperhatikan yaitu:
Pilihungan yang Tenang: Cari tempat yang bebas dari gangguan dan kebisingan. Lingkungan yang tenang memungkinkan Anda fokus pada tugas yang sedang dilakukan.
Buat Daftar Tugas: Tuliskan tugas-tugas yang perlu diselesaikan dalam urutan prioritas. Ini membantu Anda tetap terorganisir dan fokus pada satu tugas pada satu waktu.
Ambil Istirahat Teratur: Beristirahat secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan konsentrasi. Istirahat singkat dapat mencegah kelelahan dan membantu Anda kembali fokus pada tugas.
Hindari Gangguan: Identifikasi dan hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Ini bisa berupa pemberitahuan telepon, media sosial, atau kebisingan.
Latih Kesadaran: Latih kesadaran dan perhatian Anda pada saat ini. Ini membantu Anda tetap fokus dan meminimalkan gangguan.
ap Terhidrasi dan Sehat: Pastikan Anda makan makanan sehat dan minum banyak air. Tubuh yang sehat dan terhidrasi dapat membantu Anda mempertahankan konsentrasi.
Ambil Waktu untuk Diri Sendiri: Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda nikmati dan yang membantu Anda rileks. Ini membantu Anda mempertahankan keseimbangan dan mencegah kelelahan.
Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat mempertahankan konsentrasi dan produktivitas yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Rina Handayani
Nim : 858973417
Pokjar : Kalisat
Judul : siswa kesulitan konsentrasi dalam mata pelajaran matematika
Penjelasannya umum : dalam vidio tersebut mencontohkan bagaimana cara mengatasi siswa kesulitan konsentrasi dalam pelajaran dengan menggunakan alat peraga .siswa akan lebih konsentrasi yang awalnya tidak fokus dengan adanya alat peraga siswa lebih konsentrasi.
Kelebihan : siswa dapat lebih mudah konsentrasi dengan adanya alat peraga.selain itu menggunakan alat peraga yang awalnya siswa ramai diharapkan siswa lebih konsentrasi dalam pelajaran.
Kekurangan : penampilan guru kurang menarik karena penampilan guru yang pertama dilihat siswa dan membuat siswa akan lebih memperhatikan pelajaran.
Saran perbaikan : penampilan guru sangat penting agar siswa menjadi tertarik ketika melihat penampilan guru
Nama: Ninda Elsa Yunia
Nim: 858831374
UPBJJ: KAB.MALANG
Pokjar: Pagelaran
Menurut pendapat saya,dari vidio yang saya lihat menggunakan alat peraga yang konkret tersebut juga membantu meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.
tetapi guru juga harus menciptakan belajar yang nyaman dan menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga anak didik kita lebih konsentrasi dalam belajar.guru juga harus berkreasi dan berinovasi agar menarik perhatian anak pada saat proses pembelajaran supaya anak bisa lebih nyaman dalam berkonsentrasi
Nama: Muhammad Riki
NIM: 858196972
UPBJJ : Palangkaraya
Prodi : S1 PGSD
Video 2 Memelihara konsentrasi
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Sebelum guru menyampaikan materi menggunakan alat peraga kondisi kelas tidak kondusif/ kurang konsentrasi terhadap materi yang guru sampaikan akan tetapi setelah guru menampilkan alat peraga dalam menyampaikan materi siswa sudah mulai memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tidak adanya apersepsi yang dilakukan oleh guru sehingga anak/siswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru mampu mengondisikan siswa dengan menampilkan alat peraga secara langsung untuk mengeksplorasi materi pembelajaran yang akan disampaikan dan dapat membangun komunikasi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?Merangsang siswa untuk aktif bertanya. Dapat merangsang konsentrasi siswa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya guru sebaiknya menggunakan alat/media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dapat memusatkan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan.
NAMA : KHOIROTUN NADHIFAH
NIM : 858755496
PROGRAM STUDI : PGSD
UPBJJ : SURABAYA
Setelah melihat video yang berjudul “Memelihara Konsentrasi” , dapat saya tarik kesimpulan bahwa ada hal-hal yang bisa dilakukan guru dalam memelihara konsentrasi peserta didik, di antaranya yaitu :
1. Memanfaatkan alat peraga yang menarik
2. Alihkan dan arahkan perhatian siswa pada alat peraga
3. Siswa di ajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang di siapkan guru.
Nama: Sri inda yunitasari
Nim : 858831453
Menurut pendapat saya, dalam pembelajaran ini Guru sangat berperan penting bagi siswa, sehingga menjadikan siswa lebih tertarik dan nyaman dalam pembelajaran.
Tetapi metode pembelajaran kurangnya alat peraga. Dengan adanya alat peraga akan menjadikan siswa lebih memahami dan akurat.
Nama : Rizky Deviana
NIM : 877968685
Respon terkait video di atas, sebagai berikut :
a. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Anak – anak tampak tidak fokus dan asik berbicara dengan temannya sendiri
b. Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya, mengingat siswa masih dalam masa transisi, guru sebaiknya secara perlahan memasuki dunia anak – anak dari TK ke SD secara bertahap. Misalnya menggunakan media foto atau poster ketika menjelaskan suatu Pelajaran agar siswa mudah mengerti dan bisa focus pada pelajaran
c. Secara keseluruhan, apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru berusaha menarik perhatian siswa dengan menunjukkan gambar sebagai alat peraga dan mengajak siswa untuk berpartisipasi secara aktyif di kelas dengan memberikan apresisai penyemangat siswa
d. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Siswa secara otomatis berubah menjadi memeperhatikan guru ketika guru menunjukkan alat peraga dan menunjuk salah seorang siswa untuk berpartisipasi aktif di depan kelas
e. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
• Guru bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, bisa dengan mendekor kelas sedemikian rupa, membuat aturan kelas yang sederhana dan jelas, menciptakan suasana yang sportif dan positif seperti pemberian penguatan atau pujian pada siswa jika sudah menjadi siswa yang tertib atau bisa menjawab pertanyaan dari guru.
• Guru juga bisa menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif seperti penggunaan media ajar atau alat peraga agar siswa tidak mudah bosan dan megajak siswa berpartisipasi aktif di kelas
• Guru juga perlu memperhatikan rentang perhatian siswa. Untuk anak SD kelas 1 yang masih dalam masa transisi, beri variasi dalam metode pengajaran
• Berikan penghargaan seperti pujian pada siswa yang bisa menjawab pertanyaan atau yang sudah patuh pada peraturan kelas, semisal tidak ramai, tidak mengganggu teman, focus pada ajaran guru dikelas.