Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. NAMA : RINA HANDAYANI
    NIM : 858973417
    POKJAR : KALISAT

    JUDUL : SISWA KESULITAN KONSETRASI DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA

    PENJELASAN UMUM : Dalam video tersebut mencontohkan bagaimana cara mengatasi siswa kesulitan konsentrasi dalam pelajaran dengan menggunakan alat praga.dengan menggunakan alat peraga siswa akan lebih konsentrasi yang awalnya tidak focus/konsetrasi dengan adanya alat peraga siswa lebih focus.
    KELEBIHAN : Siswa dapat lebih mudah konsetrasi dengan adanya alat peraga .selain itu menggunakan alat peraga yang awalnya siswa ramai atau tidak focus diharapkan siswa konsentrasi dalam pelajaran.
    KEKURANGAN : Penampilan guru kurang menarik ke siswa karena penampilan guru yang pertama dilihat siswa dan membuat siswa akan lebih memperhatikan pelajaran.
    SARAN PERBAIKAN : Penampilan guru sangat penting agar siswa menjadi tertarik ketika melihat penampilan guru.

  2. Nama : Siti Fatimah
    NIM : 857027575

    Dari video yang saya lihat reaksi/konsentrasi peserta didik sebelum adanya Media alat peraga tidak fokus banyak peserta didik yang melakukan kegiatan lain seperti mengobrol dan bermain. Namun setelah guru menampilkan dan menggunakan Media alat peraga peserta didik mulai bersemangat dan konsentrasi fokus menyimak dan memperhatikan apa yang disampaikan guru. Jadi alat peraga sangat membantu guru dalam meningkatkan semangat, fokus dan konsentrasi peserta didik dalam belajar.

  3. Nama : ANI SURYA YULIANA
    NIM : 858528656
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Semarang
    Pokjar : Kedungwuni

    Berdasarkan video diatas, menurut pendapat saya terlihat bahwa anak – anak tidak konsentrasi saat belajar matematika, sebagian dari mereka ada yang bergurau dengan teman dan berbicara dengan teman saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, sebagai seorang guru harus menemukan solusi agar anak – anak dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar matematika. Dari video tersebut terlihat guru tersebut menggunakan media berupa poster atau gambar sehingga anak – anak memperhatikan materi pelajaran dengan baik. Penggunaan media sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika untuk anak kelas rendah sangat penting untuk membantu anak memahami konsep abstrak dengan lebih konkret. Dalam kelas rendah, anak-anak masih berada dalam tahap perkembangan kognitif di mana mereka lebih mudah memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual, manipulatif, atau interaktif. Selain itu, ada beberapa strategi yang efektif untuk membantu anak – anak tetap fokus dan konsentrasi saat pembelajaran di sekolah berlangsung. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan :
    1. Buat Kegiatan Interaktif
    Siswa kelas rendah cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek, sehingga kegiatan yang interaktif bisa membantu mereka tetap tertarik, contohnya :
    a. Permainan Matematika
    Gunakan permainan berbasis angka, seperti permainan papan, kuis, atau teka-teki sederhana.
    b. Menggunakan Alat Peraga
    Gunakan benda nyata seperti balok, kancing, atau manik-manik untuk membantu visualisasi konsep matematika.
    2. Gunakan Metode Belajar yang Bervariasi
    a. Belajar Visual
    Gunakan gambar, diagram, atau video untuk menjelaskan konsep-konsep matematika yang sulit.
    b. Pendekatan Kinestetik
    Ajarkan konsep melalui gerakan fisik atau praktik langsung, seperti menggunakan permainan atau games.
    Dengan menerapkan pendekatan yang bervariasi dan menyenangkan dapat membantu anak-anak kelas rendah tetap terfokus dan tertarik saat belajar matematika.

  4. Nama : KRISTINA
    NIM : 856969199
    YP1 WAY TENONG
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    UNIVERSITAS TERBUKA

    Dari video di atas dapat di simpulkan bahwa mengajar menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi untuk peserta didik. Hal ini di karenakan peserta didik akan lebih tertarik apabila ada media yang di bawa oleh guru. Oleh karena itu, guru sebaiknya lebih inovatif lagi dalam melaksanakan pembelajaran agar anak dapat lebih memfokuskan pembelajaran. dan masalah konsentrasi masih sering kita temui dalam proses pembelajaran, sebagai guru kita harus memahami karakteristik peserta didik kita, membuat kesepakatan kelas pada saat pembelajaran berlangsung agar
    konsentrasi belajar siswa dapat terjaga dengan baik.

  5. NAMA : KRISTINA
    NIM : 856969199
    YP 1 WAY TENONG
    UBJJ BANDAR LAMPUNG

    Kelebihan memelihara konsentrasi yaitu:
    1.Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi yang dilakukan guru saat mengajarkan penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan.
    2.Pembelajaran nampak lebih hidup karena guru melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan berhasil jika guru menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rapi dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
    3.Materi yang diajarkan sudah sesuai dengan kurikulum
    4.Pemakaian media sudah cukup tepat

    Kelemahan nya yaitu:
    1.Cara mengajarnya kurang interaktif karena hanya efektif untuk dua baris terdepan.
    2.Pada saat mengajar saya melihat penampilan guru kurang rapi misalnya guru tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal yang terkesan kumuh. Disamping itu pakaian kurang rapi nampak ada sebagian baju yang lepas.
    3.Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip persepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh.
    Siswa kurang diajak berinteraksi oleh guru, seharusnya siswa itu disuruh ke depan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan bilangan dengan tepat sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena ada anak yang ingin mencoba maju.

  6. Dari vidio yang saya lihat vidio tersebut dapat menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan konsentrasi untuk peserta didik.metide pembelajaran yang diperkenalkan kurang menjelaskan angka dan metode dasar perhitungan.

  7. Shinta Nuryana
    857655378

    dalam video tersebut saya bisa belajar bahwa seorang guru harus mengikuti perkembangan zaman, dimana guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran. menggunakan media pembelajaran sangat penting bagi seorang guru dan murid. terlihat dalam video awal tidak ada media apapun siswa terlihat tidak fokus dan kurang paham setelah adanya media suasana KBM terlihat lebih efektif dan siswa tertariik dengan pelajaran yang akan diberikan oleh guru. sebagai gurupun adanya media pebelajaran itu sangat membantu dan mempermudah dalam menyampaiakan materi kepada siswa.

  8. Nama : Afni Hidayati
    Nim : 878367447

    Pada pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan konsentrasi pada peserta didik dapat dilakukan dengan ice breaking, atau kuis yg dapat memantik ingatan pada peserta didik. Pertanyaan-pertanyaan pemantik yang diberikan berkaitan tentang pembelajaran yang akan di mulai atau juga bisa mengulas kembali pembelajaran sebelumnya membantu peserta didik menambah pemahaman mereka.

  9. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama: Nimas Fatma Sari
    NIM: 878252427
    Dari video di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga yang menarik terbukti ampuh dalam mengalihkan perhatian siswa dari hal-hal yang mengganggu dan memfokuskannya pada materi pelajaran. Alat peraga yang bersifat eksploratif, seperti yang dapat diraba atau digunakan secara langsung, semakin meningkatkan keterlibatan siswa. Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, seperti dengan mengajak mereka mengeksplorasi alat peraga, tidak hanya membuat mereka lebih fokus, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep yang diajarkan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/https://accgroup.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/