silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : MARIYATI
NIM : 858477599
Topik Video : Memelihara Konsentrasi
Dalam video tersebut menggambarkan seorang pendidik yang sedang mengajar Matematika ( berhitung ), diawal video penidik tidak menggunakan alat perga dan siswa tidak memperhatikan. Dan selanjutnya pendidik menggunakan alat peraga berupa poster, dan dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru menggunakan alat peraga poster dan melibatkan siswa untuk memasang poster dipapan tulis. Sehingga pembelajaan terkesan lebih berbeda
Kelemahan :
Guru hanya menggunakan poster satu lembar saja, yang kemungkinan bisa membuat siswa berebutan. Karena poster hanya berjumlah satu didepan saja, jadi untuk melibatkan semua anak akan sulit.
Kesimpulan :
Dalam pembelajaran Matematika kelas bawah jika tanpa menggunakan alat peraga, akan sulit menarik perhatian siswa. Siswa akan sulit untuk memahami jika pendidik hanya menerangkan saja tanpa ada benda langsung sebagai peraga. Akibatnya anak akan sulit untuk memperhatikan dan tingkat konsentrasi akan menurun.
Dari kasus tersebut hendaknya kita sebagai pendidik perlu mempertimbangkan dalam penyediaan alat peraga. Alat peraga bisa berupa poster, kartu bergambar, atau benda asli. Misalnya seperti ada video, dalam materi berhitung pendidik bisa menggunakan kartu gambar, atau benda asli misalnya buah, batu kecil, replika buah – buahan. Dan alat peraga tersebut hendaknya dapat dimainkan oleh anak, misalnya siswa dapat bergantian menghitung benda – benda tersebut lalu bisa mengurangkan atau menambahkan. Dengan ini siswa akan lebih mudah memahami materi yang ingin disampaikan. Selain itu kegiatan pembelajaran akan terkesan lebih menyenangkan dan konsentrasi anak akan tetap terjaga.
Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Yusuf Maulana
Nim : 857025937
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Metro
Menurut saya, Menggunakan alat peraga memang solusi cerdas untuk mengatasi kesulitan mempertahankan perhatian siswa. Alat peraga yang menarik bisa membuat materi lebih konkret dan interaktif, sehingga siswa lebih terlibat dalam proses belajar. Selain itu, dengan mengajak siswa untuk berinteraksi langsung dengan alat peraga, mereka bisa belajar melalui pengalaman nyata yang lebih menyenangkan dan mudah diingat.
Menambah elemen eksplorasi dan ekspresi verbal juga membantu siswa menginternalisasi pembelajaran dengan lebih baik. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa alat peraga tersebut relevan dengan materi yang diajarkan dan bisa digunakan oleh semua siswa dengan berbagai kemampuan. Dengan begitu, pembelajaran akan lebih inklusif dan efektif.
Nama : Iga Meidirika Nadia
Nim : 855719366
Pokjar : Sidomulyo
Setelah melihat video diatas, menurut saya video tersebut tentang memelihara konsentrasi siswa di kelas dapat di simpulkan bahwa guru harus membuat pembelajaran yang menarik dengan cara membawa alat praga berupa gambar ataupun benda secara langsung , sehingga guru bisa menarik perhatian siswa dan siswa bisa lebih konsentrasi dan dapat lebih aktif dalam pebelajaran. Selain itu siswa juga dapat dengan mudah paham dengan pembelajaran yang sedang di ajarkan oleh gurunya. Jadi untuk memelihara konsentrasi siswa, guru dapat membuat pembelajaran yang tidak monoton supaya siswa lebih konsentrasi dan menarik perhatian siswa untuk semangat belajar.
Nama : Mely Restina
Nim : 857012615
Pokjar : Sidomulyo
Dari video di atas, dapat disimpukan bahwa guru mengajar menggunakan alat peraga dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik dikarenakan peserta didik akan lebih tertarik .dan bisa membangkitkan minat anak dalam proses belajar sehingga konsentrasi siswa bisa terjaga dengan baik
Nama : Sumarni La Aci
NIM : 855703364
UPJJ : Ambon
Pokjar : Banda
Berdasarkan vidio diatas, untuk memelihara konsentrasi peserta didik sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang konkret / nyata. karena dengan menggunakan media yang konkret / nyata peserta didik lebih tertarik dan bersemangat sehingga mereka lebih kosentrasi dalam belajar.
Nama : Alfurqon
NIM : 857865579
Dari video ini kita dapat melihat bahwa peran aktif seorang guru di awal pembelajaran sangatlah penting, dengan adanya apresiasi di awal pembelajaran menimbulkan semangat belajar serta dapat menarik minat siswa agar lebih fokus dalam pembelajaran yang akan disampaikan, hal ini tentunya akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu seorang guru di tuntut agar dapat mengembangkan metode pengajaran yang kreatif inovatif untuk menarik minat peserta didik
NAMA : Handita Hening Pertiwi
NIM : 857867225
UPBJJ : Surakata
Dari video yang saya lihat memang sangat menarik dan dapat meningkatkan konsentrasi, dengan alat peraga yang membuat anak ingin mengerti lebih jelas, dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena rasa keingintahuanya lebih tinggi. Membuat pembelajaran lebih konkret karena mudah dipahami, memotivasi anak untuk belajar yang menyenangkan.
Nama : Hesti Mau Syaroh
NIM : 857021843
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Natar
Reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang membosankan bisa bervariasi, namun beberapa respons umum termasuk:
Kehilangan Fokus: Siswa cenderung kehilangan konsentrasi dan menjadi tidak tertarik pada materi yang diajarkan.
Bosan: Mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda kebosanan, seperti menguap, bermain dengan barang, atau berbicara dengan teman.
Penurunan Motivasi: Kegiatan yang tidak menarik dapat menurunkan motivasi belajar.
Tingkat Prestasi Menurun: Jika kegiatan pembelajaran terus-menerus membosankan, bisa berdampak negatif pada pemahaman dan prestasi akademik siswa.
Protes atau Keluhan: Beberapa siswa mungkin langsung menyatakan ketidakpuasan mereka, baik secara verbal maupun melalui sikap.
Menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat penting untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa.
Adapun Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran matematika kelas 1 sd diantaranya :
1.Penguasaan Materi: Guru memiliki pengetahuan mendalam tentang subjek yang diajarkan, memungkinkan mereka menjelaskan konsep dengan jelas.
2.Metode Pengajaran Beragam: Guru mampu menggunakan berbagai metode dan teknik pengajaran untuk memenuhi kebutuhan berbeda dari siswa.
Begitupun Hal unik yang kita dapat yaitu :
Lingkungan Pembelajaran yang Inspiratif: Menciptakan ruang kelas yang menarik dengan dekorasi, poster, atau alat peraga yang mendukung pembelajaran.
Penciptaan Lingkungan Belajar yang Inspiratif: Menciptakan suasana kelas yang menarik, dengan dekorasi yang relevan dan alat peraga yang mendukung pembelajaran.
Peningkatan Keterampilan Sosial: Melatih guru dalam membangun hubungan positif dengan siswa, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung.
Evaluasi dan Refleksi: Mendorong guru untuk secara rutin melakukan refleksi atas metode pengajaran mereka dan mencari cara untuk terus meningkatkan praktik pengajaran.
Ijin menanggapi vidio diatas
Menurut saya vidio diatas menunjukkan guru sudah berusaha membuat konsentrasi siswa agar siswa dapat memperhatikan guru yang sedang mengajar dengan melalui metode atau alat peraga yang dilakukan guru tadi seperti dengan menggunakan gambar atau poster agar menarik perhatian siswa dan siswa juga tidak mudah bosan dalam bealajar.
Nama : Nurul Annisa
Nim : 855724651
Kelas : 8A pokjar Sidomulyo
Adapun yang dapat diambil dari vidio pembelajar diatas yaitu , dimana periode waktu di mana seorang anak dapat mempertahankan fokus pada tugas yang diberikan. Jadi untuk anak usia 2 tahun, rentang konsentrasi idealnya adalah 4 hingga 6 menit, sedangkan 4 tahun delapan hingga 12 menit, 6 tahun 12 hingga 18 menit, dan 8 tahun di 16 hingga 24 menit. Maka dari itu perlu bagi kita untuk dapat memberikan pelajaran dengan menggunakan alat peraga yg dapat di pelajari dan mudah diingat oleh mereka secara mudah dan dapat meningkatkan konsentrasi bagi mereka .
Siswapun dialihkan dan diarahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.