silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Siti Kamilah
NIM: 860035968
Ringkasan isi video tersebut berisikan solusi dalam kegiatan pembelajaran dalam berhitung dasar bagi guru yang mengalami kesulitan terhadap materi yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga yang menarik, solusi bagi para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus kita contoh, karena dengan menggunakan alat peraga yang menarik siswa dapat teralihkan perhatiannya terhadap pembelajaran.
NAMA : DIDIK DWI PRASETYO
NIM : 877302876
Menurut saya, Video pembelajaran yang ditampilkan sangat menarik. Saya jadi semakin banyak refrensi dalam mengajar dengan baik. Dari video tersebut, penggunaan alat peraga terbukti efektif dalam mengalihkan perhatian siswa dan meningkatkan minat belajar mereka. Kegiatan eksplorasi langsung dengan alat peraga juga membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam. Ekspresi yang ditunjukkan siswa menjadi bukti bahwa metode pembelajaran ini sangat menyenangkan dan berkesan. Selain itu, video ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran. Dengan melibatkan panca indera, terutama sentuhan, siswa dapat membangun pemahaman yang lebih kuat terhadap materi pelajaran. Selain itu, kegiatan eksplorasi yang diberikan seperti kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung dengan alat peraga mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif.
NAMA : AURORA VORENTINA PUTRI
NIM : 857021868
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : NATAR
1.Kehilangan Fokus: Siswa cenderung kehilangan konsentrasi dan menjadi tidak tertarik pada materi yang diajarkan.
Bosan: Mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda kebosanan, seperti menguap, bermain dengan barang, atau berbicara dengan teman.
2.Partisipasi Rendah: Siswa mungkin kurang aktif berpartisipasi dalam diskusi atau kegiatan yang dilakukan.
Penurunan Motivasi: Kegiatan yang tidak menarik dapat menurunkan motivasi belajar, membuat siswa enggan untuk datang ke kelas.
Tingkat Prestasi Menurun: Jika kegiatan pembelajaran terus-menerus membosankan, bisa berdampak negatif pada pemahaman dan prestasi akademik siswa.
Protes atau Keluhan: Beberapa siswa mungkin langsung menyatakan ketidakpuasan mereka, baik secara verbal maupun melalui sikap.
Menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat penting untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa.
3. Kelebihan
1.Penguasaan Materi: Guru memiliki pengetahuan mendalam tentang subjek yang diajarkan, memungkinkan mereka menjelaskan konsep dengan jelas.
2.Metode Pengajaran Beragam: Guru mampu menggunakan berbagai metode dan teknik pengajaran untuk memenuhi kebutuhan berbeda dari siswa.
4.Lingkungan Pembelajaran yang Inspiratif: Menciptakan ruang kelas yang menarik dengan dekorasi, poster, atau alat peraga yang mendukung pembelajaran
5. – Penciptaan Lingkungan Belajar yang Inspiratif: Menciptakan suasana kelas yang menarik, dengan dekorasi yang relevan dan alat peraga yang mendukung pembelajaran.
– Peningkatan Keterampilan Sosial: Melatih guru dalam membangun hubungan positif dengan siswa, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung.
– Evaluasi dan Refleksi: Mendorong guru untuk secara rutin melakukan refleksi atas metode pengajaran mereka dan mencari cara untuk terus meningkatkan praktik pengajaran.
TERIMAKASIH
Nama: Mahma Amila Sholikha
NIM: 857863693
UPBJJ: Surakarta
Pada video tersebut kita dapat menyaksikan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus bisa menarik perhatian siswa agar siswa dapat konsentrasi mengikuti pelajaran. Hal yang bisa dilakukan guru antara lain: memberikan ice breaking, menggunakan media yang menarik, menggunakan metode yang bervariasi, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dimulai dari kegiatan pendahuluan. Jika dalam pendahuluan sudah menarik maka siswa akan konsentrasi. Disusul dengan kegiatan inti yang penggunaan media dan metode yang menarik pula, maka siswa akan fokus dan tidak ada kesempatan siswa untuk tidak konsentrasi. dengan sesekali diselingi ice breaking sehingga siswa selalu fresh dan merasa senang dalam belajar.
bismillah
ijin menanggapi vidio tersebeut
nama : Maulana Siddiq Hidayat
nim : 859691024
dari video yang saya tonton sangat banyak reverensi yang di berikan untuk manarik siswa agar konsentrasi ketika pembelajaran di mulai, dengan menggunakan media sangat lah membantu untuk menarik perhatian siswa apalagi siswa sd yang senangnya bermain. pemilihan media dan metode belajar sangatlah penting untuk menarik perhatian siswa bisa di contoh kan dengan alat praga seperti menghitung jendela di kelas, ubin di kelas dan lainnya. apalagi dengan pelajaran matematika yang menurut meraka sangatlah sulit untuk di fahami maka dari itu seorang guru harus pinter dan cermat dalam memilih metode pembelajaran dan media pembelajaran.
Menurut saya, video pembelajaran yang disajikan sangat menarik. Saya memiliki lebih banyak referensi untuk mengajar. Dilihat dari video penggunaan alat peraga terbukti efektif mengalihkan perhatian siswa dan meningkatkan minat belajar. Penggunaan alat peraga untuk kegiatan eksplorasi langsung juga membantu siswa memahami konsep lebih mendalam. Wajah para siswa membuktikan bahwa cara belajar seperti ini menyenangkan dan berkesan. Selain itu, video tersebut juga menunjukkan pentingnya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran. Dengan melibatkan panca indera, terutama sentuhan, siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Selain itu, kegiatan eksplorasi yang diberikan seperti kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan alat peraga mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif.
Nama : Mahendra Yoga
NIM : 858782454
Saat diusia mereka , anak-anak cenderung susah untuk fokus pada suatu hal apalagi jika tidak membuat mereka tertarik.
Oleh karenanya kita harus berusaha untuk terus mendapat perhatian mereka dengan memanfaatkan media-media pembelajaran yang tersedia.
Nama saya : Masinia Zai
Nim : 855975831
Pokjar : Idanogawo
Ijin memberikan Komentar dari Video diatas :
Guru yang pertama masuk dikelas dia menyampaikan materi saja tanpa alat peraga sehingga siswa kurang konsetrasi dan sulit untuk mengerti pembelajaran yang disampaikan Guru tersebut.
Tetapi Guru yang masuk kedua kali yang lebih bagus dimana Guru memberikan materi sekaligus membawa alat peraga sehingga siswa-siswi yang diajarkannya mudah mengerti dan lebih konsentrasi.
Jadi,menurut saya Ketika mengajar didalam kelas terutama anak SD lebih baiknya ketika mengajar alat peraga itu sangat penting, Mengapa dengan kita mempersiapkan alat peraga siswa lebih mudah mengerti dan melihat langsung materi yang pengen kita pertanyakan kepada siswa apalagi yang berkaitan dengan pembelajaran Matematika SD. Sehingga siswa lebih Konsentrasi mengikuti pembelajaran.
Nama :Mona Utami Nopianti
NIM : 857257959
UPBJJ : Serang
Menurut saya vidio tersebut menampilkan suasana ketika pembelajaran tidak memakai alat peraga terlihat siswa tidak tertarik untuk belajar sehingga kurang konsentrasi dalam pembelajaran.
Dan menampilkan guru saat memakai alat peraga poster siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar sehingga membangun konsentrasi dalam pembelajaran.
Jadi menurut saya alat peraga itu penting digunakan dalam pembelajaran. Selain bisa menarik perhatian siswa, alat peraga membuat belajar menjadi menyenangkan, mendorong anak berpartisipasi aktif, dan membantu memahami konsep yang abstrak dengan cara yang lebih konkret sehingga memudahkan mereka menerima informasi.
Oleh karena itu agar konsentrasi siswa tetap terjaga guru harus menggunakan alat peraga yang bervariasi dan menarik agar mampu membangun konsentrasi siswa.
Terimakasih
Nama : Komang Indrayasa
NIM : 859042147
UPBJJ : Denpasar
Dari Video di atas kita dapat menyaksikan, bahwa kita harus memiliki banyak trik untuk mengajak siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran kedepannya, baik dengan cara melibatkan siswa itu sendiri atau dengan cara menggunakan alat peraga yang menarik atau alat peraga yang sangat mudah dimengerti/di sukai anak anak, permasalahan di lapangan yang sering kita hadapi kita sangat kesulitan menyiapkan alat peraga karena memerlukan waku proses pembuatan atau memiliki ke kreatifan yang lebih.