silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama: Rosa Silvi Vebiana
NIM : 857764138
Prodi : PGSD S1
Tutor : Joko Susilo S.Pd., M.Pd.
UPBJJ : SEMARANG
POKJAR: KEDUNGWUNI
Dari analisa video tersebut dapat dianalisa bahwa dalam memelihara konsentrasi di dalam kelas dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat peraga. Pada hakekatnya anak-anak pada usia di dalam video tersebut masih kesulitan untuk berkonsentrasi. Tidak dipungkiri juga bahwasanya siswa SD merupakan anak-anak yang masih kecil sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan berkonsentrasi di kelas. . Oleh sebab itu dalam pelajaran matematika khususnya yang terdapat dalam video tersebut guru harus menggunakan alat peraga di depan kelas sehingga pandangan siswa terfokus pada alat peraga yang dapat menarik perhatian para siswa di kelas. Alat peraga yang menarik dapat menjaga konsentrasi siswa seperti penggunaan poster, foto ataupun benda asli terkait dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Hal ini harus menjadi perhatian untuk semua guru agar dapat mengembangkan keterampilan dan kekreativitasan mereka dalam memahami serta mengaplikasikan alat peraga untuk kebutuhan kelas.
Dalam membangun konsentrasi para siswa, yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan mengajak anak untuk mengeksplorasi alat peraga secara langsung. Caranya yaitu dengan mengalihkan dan mengarahkan perhatian siswa pada alat peraga terlebih dahulu, kemudian guru dapat memulai diskusi bersama para siswa dan berdialog maupun melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi yang sedang dipelajari dengan alat peraga ter sebut.
Nama : Sinta Krisna Dewi
NIM : 858549248
Di video tsb bisa kita lihat guru kesulitan untuk mempertahankan konsentrasi siswa pada mapel matematika. Kemudian guru memberikan alat peraga berupa poster buah untuk menarik perhatian dan membangun konsentrasi siswa. Penggunaan poster dalam pembelajaran matematika kelas 1 tidak hanya membantu mempertahankan perhatian siswa tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Bisa dilihat di video setelah menggunakan poster siswa menjadi lebih tertarik dan aktif menjawab pertanyaan dari guru. Dengan desain yang menarik poster dapat menjadi alat bantu yang sangat efektif dalam proses belajar mengajar. Pada pelajaran matematika siswa sering merasa bosan dan menganggap pelajaran tersebut sulit. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Ketika siswa tidak merasa tertarik, perhatian mereka cenderung teralihkan, sehingga sulit bagi guru untuk menjaga fokus mereka selama pelajaran. Guru harus pintar untuk memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat sagar siswa tetap terlibat dan antusias dalam proses belajar mengajar.
Nama : Fitriyana Hasibuan
NIM : 877529341
Izin menanggapi video diatas.
Menurut teori Jean Piaget, teori perkembangan intelektual bahwa kemampuan intelektual anak berkembang secara bertingkat atau bertahap dimana pada anak sd yang berusia 7- 11 tahun termasuk anak yang termasuk dalam operasional konkret. Pada fase ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih terorganisir dan rasional, yang memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks.
Berdasarkan video di atas dimana pada awal nya guru hanya menjelaskan sebuah materi tanpa adanya alat bantu peraga dan media pembelajaran hanya berdasarkan imajinasi saja. Anak-anak akan kurang berkonsentrasi disebabkan anak belum mampu pada tahap tersebut sehingga kelas akan menjadi kurang efektif dan anak-anak tidak akan fokus pada saat proses pembelajaran.
Setelah di berikan solusi dengan adanya alat bantu peraga dan media pembelajaran seperti poster yang bergambar, anak-anak ikut memperhatikan dan berkonsentrasi pada saat guru menjelaskan sebuah materi pembelajaran sebab adanya media pembelajaran yang konkrit sehingga anak-anak lebih mudah memahami pembelajaran yang berlangsung.
Saran :
Dengan adanya media pembelajaran yang menarik guru dan siswa lebih terbantu dalam proses pembelajaran. Dan guru juga harus melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, agar adanya interaksi dua arah antara guru dan siswa sehingga kelas tidak monoton.
Terimakasih.
Nama : Nur Aminah Munthe
NIM : 860238964
Pokjar : labura
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Medan
Dalam konten video diatas tersebut kekuarangannya yaitu :
1. Guru sangat monoton dalam menjelaskan materi dan kurangnya semangat dari guru tersebut sehingga anak mudah bosan
2. Guru menjelaskan materi hanya dengan ucapan tanpa melibatkan media sama sekali karena pada dasarnya anak bosan dan susah mengingat apa yang disampaikan.
3. Kurangnya suasana yang ceria yang memberikan anak bersemangat.
Dan kelebihan dr video tersebut sangat bagus karena guru menciptakan alat peraga dalam menjelaskan materi karena anak lebih suka media pembelajaran yg dapat disentuh dan bergambar yang bernuansa anak anak tetapi ada baiknya media visualnya gunakanlah alat yang dapat menjangkau seluruh anak anak bila perlu anak tersebut juga dapat alat peraga.
Nama : Kiki Fatmala
Nim : 856113143
Tema : Memelihara konsentrasi siswaa
Izin Menaggapi Video diatas.
Mengajar merupakan suatu keahlian profesioanl seorang guru yang harus dibentuk melalui sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis yang dilandasi dengan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mantap. kemudian seorang guru juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Berdasarkan video pembelajaran diatas dimana awalnya guru hanya menjelaskan meteri tanpa menggunakan alat peraga yang menudahkan anak untuk memahami materi yang di sampaikan guru sehingga siswa di dalam kelas kurang fokus dalam memahami materi yang di jelaskan guru.
Namun setelah diberikan solusi dengan adanya alat peraga berupa poster yang bergambar yang warna jadi menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih cepat memahami pembelajaran yang di jelaskan guru.
Adapun sarannya : Guru harus mengethui apa saja yang harus di persiapkan oleh guru ketika megajar yaitu Rencana Pembelajaran, meggunakan metode pembelajaran yang bervariatif, menggunakan media pembelajaran yang semenarik mungkin agar pembelajaran di dalam kelas menjadi kondusif dan adanya Interaktif antara siswa dan guru sehingga siswa tidak monoton dan siswa menjadi senang. kemudian guru memberikan apresiasi berupa hadiah sehingga menarik perhatian siswa untuk berlomba – lomba untuk menyelesakan tugas yang diberikan guru.
Terimakasih.
Nama : Lia Solikhatul Amalia
NIM : 877863698
Pokjar : Kedungwuni
Menurut hemat saya, dalam video ini guru sudah memberikan pembelajaran yang cukup menarik dengan menghadirkan media untuk mendukung materinya. Namun, alat atau media yang digunakan seyogyanya lebih bisa menjangkau semua anak. Artinya lebih bisa diraba dan dijangkau semua anak hingga yang berada di bangku paling belakang. Seperti di video alat peraganya masih terbatas pada gambar yang ditempel di papan tulis. Alangkah lebih baik benda yang konkret atau yang bisa dipegang anak secara langsung yang dipakai sebagai media.
Selanjutnya, terkait dengan mempertahankan konsentrasi anak mungkin pembelajaran yang dibutuhkan adalah yang bisa menjaga stabilitas mood anak. Dengan lebih banyak peraga, ice breaking yang diselipkan di antara penjelasan, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan fokus anak pada pembelajaran.
https://drive.google.com/file/d/1TUUeXesJ6_sYq8EBi8xuDma10A8TXCDL/view?t=174&pli=1
NAMA: SALSABILAH RIZKI WIBOWO
NIM: 859872824
Assalammualikum
Berdasarkan video tersebut saya mengenalisis bahwa untuk dapat memusatkan konsentrasi siswa sebaiknya guru wajib memiliki RPP supaya pembelajaran menjadi efektif dan lebih terarah.
kemudian baiknya guru memulai dengan salam, absensi dan eac breaking atau menyanyikan lagu wajib nasional supaya meningkatkan rasa cinta siswa kepada tanah airnya.
dan yang paling utama ialah guru wajib memiliki bahan ajar atau media ajar agar siswa lebih mudah memahami pelajaran lalu mengajak siswa berpartisipasi dalam pembelajaran dan memberi umpan balik atau motivasi kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan.
sekian analisis dari saya. lebih dan kurangnya mohon maaf
Nama : DESPIANI HULU
Nim : 859809007
Guru di suatu lingkungan kelas sangat berperan penting dan berdampak besar kepada anak didik, guru harus kreatif dan banyak ide-ide agar suasana di kelas menyenangkan dan siswa pun bersemangat untuk belajar dengan baik , sehingga siswa menjadi lebih berkonsentrasi saat belajar. Kelemahan dari video di atas, guru kurang bersemangat dalam menyamapaikan materi sehingga materi tersebut tidak sampai kepada siswa, menjadikan siswa tidak fokus dalam belajar.
kelebihannya : guru bisa mencairakan suasana kelas yang tadinya tidak fokus dan kurang konsentrasi menjadi lebih semangat dan fokus terhadap pembelajaran, dengan membawa alat peraga di depan kelas dan guru melibatakan murid untuk menempel gambar , sehingga anak anak menjadi lebih fokus dan bersemanagat untuk belajar
saran: guru harus kratif dan banayak ide , guru harus selalu terlihat ceria dan menyenangkan didepan siswanya, agar siswa tidak bosan dan selalu bersemangat saat belajar
Nama : Kamaria Halawa
Nim : 859871048
UPBJJ : Medan
Prodi : S1 PGSD
Pendapat saya mengenai video pembelajaran tentang memelihara konsentrasi tersebut cukup positif. Video ini menunjukkan pendekatan yang tepat dalam menghadapi tantangan umum di kelas, yaitu sulitnya mempertahankan perhatian siswa.
Penggunaan alat peraga yang menarik merupakan strategi yang sangat efektif, terutama untuk siswa usia dini atau dasar. Ketika perhatian siswa mulai teralihkan, memberikan stimulus visual atau pengalaman langsung bisa membantu mereka kembali fokus. Alat peraga juga membantu siswa memahami materi secara lebih konkret, tidak hanya secara teori.
Selain itu, mengajak siswa untuk berinteraksi langsung seperti meraba, mencoba, atau menggunakan alat peraga mendukung pendekatan experiential learning (belajar melalui pengalaman), yang bisa meningkatkan daya serap materi.
Langkah terakhir, yaitu meminta siswa mengekspresikan kegembiraannya, bukan hanya memperkuat keterlibatan emosional siswa terhadap pelajaran, tetapi juga membangun ikatan positif terhadap kegiatan belajar.
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh pembelajaran aktif yang mampu meningkatkan konsentrasi dan keterlibatan siswa dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.
Nama : SALMI
NIM : 858081834
POKJAR : MEMPAWAH
Izin menanggapi video diatas.
Pada anak kelas 1 SD, usia anak-anak termasuk dalam golongan operasional konkret. Pada fase ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih terorganisir dan rasional yang memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.
1. Berdasarkan vidio di atas, pada awal vidio guru hanya menjelaskan sebuah materi tanpa adanya alat bantu peraga dan media pembelajaran, tetapi hanya berdasarkan imajinasi saja. Sehingga, anak-anak akan kurang berkonsentrasi disebabkan anak belum mampu pada tahap tersebut sehingga kelas akan menjadi kurang efektif dan anak-anak tidak akan fokus pada saat proses pembelajaran.
Setelah di berikan solusi dengan adanya alat bantu peraga dan media pembelajaran seperti poster yang bergambar, serta melibatkan seorang siswa dalam membantu guru, anak-anak lebih antusias dan ikut memperhatikan serta berkonsentrasi pada saat guru menjelaskan sebuah materi pembelajaran, sebab dengan adanya media pembelajaran yang konkrit anak-anak lebih mudah memahami pembelajaran yang berlangsung.
2. Pada awal vidio kelemahan guru yaitu guru tidak menarik perhatian siswa dan kurangnya keterlibatan siswa.
3. Pada vidio dalam solusi memelihara konsentrasi kelebihan guru yaitu sudah menggunakan alat peraga yang tepat dan mudah dipahami siswa.
4. Hal unik yang dapat di temukan dalam vidio yaitu dengan membawa alat peraga dalam pembelajaran siswa dapat lebih memahami pelajaran dan mudah mengerti dan guru menjelaskan dengan suara lantang.
5. Saran : Sebaiknya seorang guru mengoptimalkan ruang kelas, ciptakanlah suasana belajar yang menarik serta gunakan teknik pembelajaran yang aktif, berikan umpan balik yang konstruktif sesuai tingkat kesulitan materi dan berikan motivasi serta penghargaan dan pengakuan atas prestasi siswa.
Terima kasih.