silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

106 Comments

  1. Video ini menarik, sehingga memudahkan guru dalam memahami materi tentang Memerankan tokoh berdasarkan teks. Dalam video juga terdapat manajerial guru dalam mengatur anak- anak agar terlihat kompak, antusias, dan mencipatakan pembelajaran yang menyenangkan.

  2. Nama : Muhammad Fauzi
    NIM : 877525717
    Pokjar : Medan/ Langkat
    Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks

    Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.

  3. Nama : Muhammad Fauzi NIM : 877525717 Pokjar : Medan/ Langkat
    Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
    Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.

  4. NAMA : HALIMATUS SA’DIYAH
    NIM : 857601608
    UPBJJ : PURWOKERTO
    video ini berfokus pada suasana kelas tempat anak-anak belajar tentang permainan Indonesia “bakiak.” Guru mengajak siswa untuk membaca tentang permainan tersebut dan berpartisipasi dalam diskusi tentang aturan dan strukturnya. Pelajaran tersebut mencakup latihan praktis di mana siswa membentuk kelompok untuk berlatih bermain bakiak, dengan menekankan kerja sama tim dan koordinasi. Guru juga menyoroti pentingnya komunikasi dan kepemimpinan dalam kegiatan kelompok ini. Sesi diakhiri dengan guru yang menekankan semangat permainan yang menyenangkan dan kooperatif, serta mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi berdasarkan apa yang telah mereka pelajari.
    Selian itu kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah
    – Mendorong keterlibatan aktif siswa melalui membaca, diskusi, dan praktik langsung.
    – Strategi Kolaboratif: Menekankan kerja sama tim dan komunikasi dalam kelompok.
    – Menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang dekat dengan budaya siswa.
    Tetapi kelemahannya adalah tidak ada pendekatan khusus untuk siswa yang mungkin kurang aktif, pemalu, atau memiliki hambatan motorik.

  5. Nama : LAILA RAHMADINI
    NIM : 856617685
    Menurut saya setelah melihat video tersebut, guru tidak melakukan pendahuluan seperti berdoa mengabsen , atau menanyakan kabar siswa, dan guru tidak memulainya dengan berdoa, tidak mengulangi materi minggu lalu, dan langsung ke pelajaran inti, sebaiknya melakukan refleksi dulu sebelum memulai pembelajaran.

  6. Nama : Diah Rahmawati
    NIM : 857504962
    Pokjar : Majalengka

    Menurut saya, sangat mengapresiasi kreativitas guru dalam video ini. Metode mengajar yang menyerupai lomba bakiak tidak hanya membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga melatih kerja sama, koordinasi, dan komunikasi antar peserta didik. Pendekatan seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Semoga semakin banyak inovasi pembelajaran seperti ini di kelas-kelas lain.

Leave a Reply