Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Video ini menarik, sehingga memudahkan guru dalam memahami materi tentang Memerankan tokoh berdasarkan teks. Dalam video juga terdapat manajerial guru dalam mengatur anak- anak agar terlihat kompak, antusias, dan mencipatakan pembelajaran yang menyenangkan.
Nama : Muhammad Fauzi
NIM : 877525717
Pokjar : Medan/ Langkat
Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.
Nama : Muhammad Fauzi NIM : 877525717 Pokjar : Medan/ Langkat
Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.
NAMA : HALIMATUS SA’DIYAH
NIM : 857601608
UPBJJ : PURWOKERTO
video ini berfokus pada suasana kelas tempat anak-anak belajar tentang permainan Indonesia “bakiak.” Guru mengajak siswa untuk membaca tentang permainan tersebut dan berpartisipasi dalam diskusi tentang aturan dan strukturnya. Pelajaran tersebut mencakup latihan praktis di mana siswa membentuk kelompok untuk berlatih bermain bakiak, dengan menekankan kerja sama tim dan koordinasi. Guru juga menyoroti pentingnya komunikasi dan kepemimpinan dalam kegiatan kelompok ini. Sesi diakhiri dengan guru yang menekankan semangat permainan yang menyenangkan dan kooperatif, serta mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi berdasarkan apa yang telah mereka pelajari.
Selian itu kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah
– Mendorong keterlibatan aktif siswa melalui membaca, diskusi, dan praktik langsung.
– Strategi Kolaboratif: Menekankan kerja sama tim dan komunikasi dalam kelompok.
– Menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang dekat dengan budaya siswa.
Tetapi kelemahannya adalah tidak ada pendekatan khusus untuk siswa yang mungkin kurang aktif, pemalu, atau memiliki hambatan motorik.
Nama : LAILA RAHMADINI
NIM : 856617685
Menurut saya setelah melihat video tersebut, guru tidak melakukan pendahuluan seperti berdoa mengabsen , atau menanyakan kabar siswa, dan guru tidak memulainya dengan berdoa, tidak mengulangi materi minggu lalu, dan langsung ke pelajaran inti, sebaiknya melakukan refleksi dulu sebelum memulai pembelajaran.
Nama : Diah Rahmawati
NIM : 857504962
Pokjar : Majalengka
Menurut saya, sangat mengapresiasi kreativitas guru dalam video ini. Metode mengajar yang menyerupai lomba bakiak tidak hanya membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga melatih kerja sama, koordinasi, dan komunikasi antar peserta didik. Pendekatan seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Semoga semakin banyak inovasi pembelajaran seperti ini di kelas-kelas lain.