Similar Posts
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Video ini menarik, sehingga memudahkan guru dalam memahami materi tentang Memerankan tokoh berdasarkan teks. Dalam video juga terdapat manajerial guru dalam mengatur anak- anak agar terlihat kompak, antusias, dan mencipatakan pembelajaran yang menyenangkan.
Nama : Muhammad Fauzi
NIM : 877525717
Pokjar : Medan/ Langkat
Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.
Nama : Muhammad Fauzi NIM : 877525717 Pokjar : Medan/ Langkat
Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Menurut saya guru melakukan pembukaan dalam belajar dengan cara menarik dan membuat anak menjadi semangat. Dalam vidio tersebut cara guru dalam membuka kelas sangatlah menarik, dan menyampaikan tujuan awal pembelajaran serta menguatkan program literasi kepada siswa ketika akan memulai pembelajaran. Topik yang diambil ialah pertandingan siswa dengn metode diskusi serta pengelompokkan, serta guru meminta siswa untuk menyimpulkan dan menanggapi serta guru tersebut memberikan penguatan dari komentar dan kesimpulan yang dibuat oleh siswa. maka dengan begitu semua peserta didik akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. tetapi saya tidak menemukan dimana letak memerankan tokoh berdasarkan teks seperti pada judul. Ibu guru juga memberikan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu mengenai apa itu bakiak dan siapa yang sudah pernah bermain bakiak,kemudian guru juga menjelaskan apa itu bakiak dan memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan bakiak dengan menggandenmg beberapa murid untuk maju kedepan,setelah murid sudah memahami apa itu bakiak dan cara menggunakan bakiak,guru langsung mengajak para siswa untuk mempraktikkan penggunaan bakiak. Dengan cara ini juga guru bisa membuat para ssiswa menjadi lebih aktif dalam belajar,karena dizaman sekarang kalau kita hanya melakukan teori saja tanpa melakukan praktik membuat para siswa menjadi jenuh dan mudah bosan.
NAMA : HALIMATUS SA’DIYAH
NIM : 857601608
UPBJJ : PURWOKERTO
video ini berfokus pada suasana kelas tempat anak-anak belajar tentang permainan Indonesia “bakiak.” Guru mengajak siswa untuk membaca tentang permainan tersebut dan berpartisipasi dalam diskusi tentang aturan dan strukturnya. Pelajaran tersebut mencakup latihan praktis di mana siswa membentuk kelompok untuk berlatih bermain bakiak, dengan menekankan kerja sama tim dan koordinasi. Guru juga menyoroti pentingnya komunikasi dan kepemimpinan dalam kegiatan kelompok ini. Sesi diakhiri dengan guru yang menekankan semangat permainan yang menyenangkan dan kooperatif, serta mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi berdasarkan apa yang telah mereka pelajari.
Selian itu kelebihan pembelajaran dalam video tersebut adalah
– Mendorong keterlibatan aktif siswa melalui membaca, diskusi, dan praktik langsung.
– Strategi Kolaboratif: Menekankan kerja sama tim dan komunikasi dalam kelompok.
– Menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang dekat dengan budaya siswa.
Tetapi kelemahannya adalah tidak ada pendekatan khusus untuk siswa yang mungkin kurang aktif, pemalu, atau memiliki hambatan motorik.
Nama : LAILA RAHMADINI
NIM : 856617685
Menurut saya setelah melihat video tersebut, guru tidak melakukan pendahuluan seperti berdoa mengabsen , atau menanyakan kabar siswa, dan guru tidak memulainya dengan berdoa, tidak mengulangi materi minggu lalu, dan langsung ke pelajaran inti, sebaiknya melakukan refleksi dulu sebelum memulai pembelajaran.
Nama : Diah Rahmawati
NIM : 857504962
Pokjar : Majalengka
Menurut saya, sangat mengapresiasi kreativitas guru dalam video ini. Metode mengajar yang menyerupai lomba bakiak tidak hanya membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga melatih kerja sama, koordinasi, dan komunikasi antar peserta didik. Pendekatan seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Semoga semakin banyak inovasi pembelajaran seperti ini di kelas-kelas lain.