Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Nama : Tri Yulia Fauziah
Nim : 858299547
Tanggapan saya melalui vidio tersebut dengan judul “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”. Vidio menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya. Guru dalam vidio tersebut juga mengajarkan sikap sosial emosional pada anak. Agar anak terlatih saat bersosialisasi dengan teman-temanya.Vidio ini menginspirasi dan ingin mencoba mempraktikkan pada anak didik disekolah yang saya tempati.
Tanggapan saya melalui video tersebut dengan judul “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”. Vidio menceritakan seorang guru PAUD dalam berperilaku dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya. Guru dalam video tersebut juga mengajarkan sikap sosial emosional pada anak. Agar anak berlatih saat bersosialisasi dengan teman-temannya.
Nama castirih
Nim 857455662
video ini adalah salah satu cara untuk menanamkan perilaku tertib dan teratur pada anak. Menurut saya, ini adalah pendekatan yang sederhana tapi cukup efektif. Anak-anak belajar bahwa ada aturan yang harus diikuti, seperti menyimpan mainan di tempat tertentu, hanya boleh diambil di waktu yang sudah ditentukan, dan pentingnya menjaga karcis sebagai bukti.
Selain membantu anak belajar tentang kedisiplinan dan tanggung jawab, metode ini juga bisa memudahkan guru dalam mengelola kelas. Suasana belajar jadi lebih kondusif karena tidak terganggu oleh mainan dari rumah. Anak-anak juga belajar nilai sosial, seperti menghargai barang milik teman
Komentar/Tanggapan
Program yang Anda ceritakan menunjukkan inovasi sederhana namun sangat efektif dalam menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan kepada peserta didik PAUD. Penggunaan karcis parkir sebagai alat bantu pembelajaran merupakan pendekatan yang kreatif dan kontekstual, mengingat anak usia dini belajar lebih baik melalui simbol dan permainan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Berikut beberapa komentar positif dan catatan dari program tersebut:
Komentar Positif:
1. Meningkatkan Disiplin Sejak Dini
Penggunaan karcis parkir membantu anak memahami konsep giliran, kepemilikan, dan tanggung jawab, yang merupakan fondasi penting bagi kedisiplinan di masa depan.
2. Pendekatan Bermain yang Edukatif
Anak-anak belajar sambil bermain, tanpa merasa sedang ‘diajari’. Ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan pada pendekatan bermain.
3. Mengurangi Konflik Antar Anak
Dengan adanya sistem karcis, anak-anak jadi lebih tertib dalam mengambil dan menyimpan mainan, sehingga menghindari pertengkaran karena berebut.
4. Melatih Kemampuan Sosial dan Emosional
Anak belajar menunggu giliran, menghormati milik orang lain, dan menyelesaikan masalah secara damai.
Catatan untuk Pengembangan:
• Evaluasi Berkala
Program ini bisa lebih optimal bila disertai dengan evaluasi rutin untuk melihat sejauh mana pemahaman anak terhadap konsep ketertiban sudah berkembang.
• Pelibatan Orang Tua
Alangkah baiknya jika konsep ini juga dikenalkan kepada orang tua agar bisa diterapkan di rumah sebagai penguatan pembelajaran.
• Visualisasi Karcis yang Menarik
Karcis bisa dibuat berwarna-warni, bergambar, atau sesuai tema pembelajaran agar lebih menarik bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, program ini sangat inspiratif dan dapat dijadikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini. Pendekatan sederhana namun berdampak seperti ini sangat berharga dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan bermakna.
Program yang Anda ceritakan menunjukkan inovasi sederhana namun sangat efektif dalam menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan kepada peserta didik PAUD. Penggunaan karcis parkir sebagai alat bantu pembelajaran merupakan pendekatan yang kreatif dan kontekstual, mengingat anak usia dini belajar lebih baik melalui simbol dan permainan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Berikut beberapa komentar positif dan catatan dari program tersebut:
Komentar Positif:
1. Meningkatkan Disiplin Sejak Dini
Penggunaan karcis parkir membantu anak memahami konsep giliran, kepemilikan, dan tanggung jawab, yang merupakan fondasi penting bagi kedisiplinan di masa depan.
2. Pendekatan Bermain yang Edukatif
Anak-anak belajar sambil bermain, tanpa merasa sedang ‘diajari’. Ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan pada pendekatan bermain.
3. Mengurangi Konflik Antar Anak
Dengan adanya sistem karcis, anak-anak jadi lebih tertib dalam mengambil dan menyimpan mainan, sehingga menghindari pertengkaran karena berebut.
4. Melatih Kemampuan Sosial dan Emosional
Anak belajar menunggu giliran, menghormati milik orang lain, dan menyelesaikan masalah secara damai.
Catatan untuk Pengembangan:
• Evaluasi Berkala
Program ini bisa lebih optimal bila disertai dengan evaluasi rutin untuk melihat sejauh mana pemahaman anak terhadap konsep ketertiban sudah berkembang.
• Pelibatan Orang Tua
Alangkah baiknya jika konsep ini juga dikenalkan kepada orang tua agar bisa diterapkan di rumah sebagai penguatan pembelajaran.
• Visualisasi Karcis yang Menarik
Karcis bisa dibuat berwarna-warni, bergambar, atau sesuai tema pembelajaran agar lebih menarik bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, program ini sangat inspiratif dan dapat dijadikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini. Pendekatan sederhana namun berdampak seperti ini sangat berharga dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan bermakna.
Saya merasa tertarik dengan judul dari videonya dan ingin menontonnya, setelah menontonnya saya menyukai metode guru di atas dan ingin menerapkannya, hanya saja guru tidak terlihat menjelaskan apa manfaat dan tujuan dari karcis parkir.
Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan cara kreatif menggunakan karcis parkir untuk menanamkan disiplin pada anak usia dini. Strategi ini sederhana namun efektif untuk mengatur kelas. Namun, saya berharap video juga membahas bagaimana melibatkan orang tua untuk mendukung disiplin di rumah.
Nama : Putri Anggraeni
NIM : 859427827
Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan cara kreatif menggunakan karcis parkir untuk menanamkan disiplin pada anak usia dini. Strategi ini sederhana namun efektif untuk mengatur kelas. Namun, saya berharap video juga membahas bagaimana melibatkan orang tua untuk mendukung disiplin di rumah.
Nama : Rahmawati
NIM : 856282706
izin menangapi video
Menurut saya penggunaan karcis parkir ini merupakan inovasi yang menarik dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada peserta didik PAUD. Penggunaan karcis parkir sebagai media pengelolaan mainan dapat membantu guru dalam menegakkan disiplin secara lebih efektif, sekaligus mengajarkan anak untuk menghargai barang miliknya dan orang lain. Selain itu, metode ini dapat meningkatkan fokus anak selama proses pembelajaran dan mengurangi konflik rebutan mainan, sehingga suasana belajar menjadi lebih tertib dan menyenangkan.
sekian terimakasih
Nama : Rahmawati
NIM : 856282706
izin menangapi video
Menurut saya penggunaan karcis parkir ini merupakan kegiatan berbasis bermain yang menarik dalam untuk mengenalkan anak akan aturan dan ketertiban di PAUD. Penggunaan karcis parkir sebagai media pengelolaan mainan dapat membantu guru dalam menegakkan disiplin secara lebih efektif, sekaligus mengajarkan anak untuk menghargai barang miliknya dan orang lain. Selain itu, metode ini dapat meningkatkan fokus anak selama proses pembelajaran dan mengurangi konflik rebutan mainan, sehingga suasana belajar menjadi lebih tertib dan menyenangkan.
sekian terimakasih