Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Assalamualaikum
Nama : Melda Yani
Nim : 859815483
Pokjar : Rate-Rate
setelah saya menyimak vidio diatas tentang “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir” ini sangat membantu untuk mencari solusi di saat anak tidak bisa di atur dan juga yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak. Karena memang sangat penting mengajarkan aturan sejak dini bahwa setiap aktivitas seperti parkir ada aturannya, misalnya harus memiliki karcis sebagai tanda resmi. selain itu juga dapat membentuk kedisiplinan anak dalam memahami pentingnya mengikuti prosedur ( mengambil, menyimpan, dan mengembalikan karcis dengan benar) sehingga mereka terbiasa dengan perilaku disiplin dan juga bertanggung jawab. Tentunya, kegiatan ini perlu dikemas dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak, misalnya dengan memberikan karcis bergambar lucu atau memberikan pujian ketika anak berhasil mengikuti prosedur.
Nama : Sinta Harpili
NIM : 856338152
Refkeksi dari saya mengajarkan ketertiban dan keteraturan kepada anak usia dini adalah pondasi penting dalam membentuk karakter anak di masa depan. Salah satu metode kreatif yang dapat digunakan adalah melalui simulasi penggunaan karcis parkir dalam aktivitas bermain mereka. Penggunaan karcis parkir dalam pembelajaran anak usia dini bukan hanya sekadar permainan, tetapi merupakan strategi efektif untuk menanamkan nilai ketertiban, keteraturan, dan tanggung jawab secara konkret. Dengan cara ini, anak-anak belajar bahwa hidup bersama membutuhkan aturan dan keteraturan yang dijalani dengan kesadaran, bukan keterpaksaan.
Makna dan Tujuan:
Dengan konsep karcis parkir, anak-anak dilatih untuk:
• Mengikuti aturan (mengambil karcis, menyimpannya dengan baik, menunjukkan saat diperlukan).
• Belajar menunggu giliran dan mengelola antrian.
• Menghargai sistem yang mengatur kehidupan bersama.
• Mengembangkan tanggung jawab kecil (menjaga dan mengembalikan karcis dengan rapi).
Kelebihan Strategi Ini:
• Membuat aturan menjadi pengalaman nyata dan menyenangkan. Anak tidak merasa dipaksa, melainkan bermain sambil belajar.
• Mengasah kemampuan sosial (seperti bekerja sama, bersabar, dan saling menghormati).
• Membangun konsep keteraturan dalam pola pikir anak secara alami.
Solusi dan Perbaikan:
• Membuat karcis sederhana yang menarik (warna-warni, bergambar) agar anak lebih tertarik dan mudah mengingat.
• Memberikan penghargaan kecil (seperti pujian) saat anak mampu mengikuti prosedur dengan baik.
Nama ; Siti Salsabila Nafisah
NIM : 858532047
UPBJJ : Semarang
Dari video diatas, guru sangat kreatif dalam menertibkan anak agar tidak berebut mainan, yaitu dengan memberikan tiket yang berisi angka. Setelah angka dipanggil, anak akan maju dan mengambil mainan. Sehingga kondisi tertib.