silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Assalamu’alaikum, wr, wb.
    Nama : AHMAD GHUFRON
    NIM : 856982507
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Banjar Agung
    Menurut pendapat saya, Judul video Menarik perhatian siswa
    Setelah memahami video tersebut, saya dapat memahami bahwa menarik perhatian siswa sebelum melaksanakan pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat penting
    adapun berikut ini merupakan 10 cara memikat hati murid saat pertemuan pertama, di antaranya yaitu:
    Perkenalan dengan Baik. …
    2. Bersikap Humoris. …
    3. Ramah dan Murah Senyum. …
    Menyapa Siswa. …
    Menyampaikan Materi Pelajaran dengan Baik. …
    6. Memberi Inspirasi dan Motivasi. …
    7. Berpenampilan Rapi. …
    8. Responsif.
    . Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Gagne. Menurut Gagné, penyajian materi berada di tahap 4.
    Ini berarti murid harus melalui 3 tahap terlebih dahulu sebelum mulai menerima informasi baru. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan tahap-tahap yang mempersiapkan murid untuk menerima materi pelajaran. Dari ketiga tahap awal ini, menarik perhatian murid merupakan tahap yang paling pertama. Mau tidak mau, guru harus memastikan bahwa fokus murid sudah ‘didapatkan’ bahkan sejak awal pembelajaran. Jika guru tidak mengambil langkah-langkah untuk menarik perhatian murid, hal itu dapat menyebabkan kurangnya keterlibatan dan fokus murid selama di kelas.
    Cara Membuka Pelajaran yang Baik dan Menarik
    Menarik Perhatian Siswa. Pembukaan pembelajaran yang baik dapat dimulai dengan menyapa Siswa dengan penuh Semangat. …
    Memotivasi dan Membangkitkan Rasa Ingin Tahu Siswa.

  2. Nama : Jumadil Shofya
    NIM : 858071675
    Prodi :PGSD
    UPBJJ : Pontianak

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Keadaan sisa di dalam video terlihat rebut dan asik sendiri.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru kurang dalam melakukan apersepsi untuk menyiapkan mental siswa sebelum belajar. Pemakaian metode yaitu metode tanya jawab sudah tepat namun kurang menciptakan keaktifan sisa. Sebaiknya siswa di ajak untuk mencoba di depan kelas. Penampilan guru juga kurang rapi.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru terbut adalah pemilihan metode yang tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi yang mana bisa menciptakan keaktifan siswa di kelas dan penggunaan media belajar yang berbentuk visual. Materi yang dibawakan juga sesuai dengan peserta didik dan kurikulum.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Dalam video tersebut saya menemukan variasi metode yang tepat dan contoh media pembelajaran yang terjangkau yaitu jeruk yang mana media ini sudah akrab dengan anak-anak.
    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Saran saya guru sebaiknya menyampaikan apresepsi dengan baik untuk menyiapkan mental anak sebelum belajar, kemudian berpakaian dengan rapi dan bersih. Kemudian menggunakan metode dengan maksimal untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan efektif.

  3. Nama : Mia Audina Simanullang
    Nim : 877531015
    UPBJJ : Medan
    Prodi : PGSD
    Vidio Tentang Menarik Perhatian siswa
    Vidio tersebut berhasil membuat siswa fokus terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru karna vidio tersebut mengajak anak didik untuk memberikan respon kepada guru sehingga pembelajaran di dalam kelas menjadi aktif sebagai seorang guru harus mempersiapkan diri sebelum melakukan proses belajae mengajar supaya tujuan yang diinginkan tercapai. guru bisa memakai alat peraga yang ada disekitar sekolah untuk menunjang tujuan dari proses belajar mengajar.
    Terimakasih

  4. Setelah melihat video diatas saya menyimpulkan sebagai seorang pengajar kita harus memberikan pelajaran yang menarik bagi siswa sebagai contoh salah satunya dengan memberikan game pada tengah pelajaran agar tidak bosan dalam menerima pelajaran.

  5. Nama : Mushib Rasyid
    Nim : 877768383
    UPBJJ : Palembang
    Prodi : PGSD-S1

    Baiklah saya akan memberikan tanggapan terhadap video tersebut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa didalam kelas tampak tidak perduli, acuh dan sibuk pada diri sendiri atau bermain dengan temen Sebangkunya, mereka tidak mempedulikan seorang guru yang akan masuk dan mengajar didalam kelas, tetapi ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berusaha membawa anak/siswa untuk memfokuskan perhatian anak/siswa dengan mengajak mereka melakukan apersepsi dan tepuk tangan agar mereka senang dan siap belajar.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -Kelemahan pertama pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas untuk mengajar dengan pakaian yang tidak rapi dan tidak pakai sepatu malahan pakai sendal.
    -kelemahan kedua, guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melakukan sapaan atau kabar dari anak/siswa terlebih dahulu.
    – tidak melihat suasana kelas apakah masih kondusif atau tidak.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Pada video selanjutnya, guru mengajarkan materi dengan menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan alat-alat yang ada di kelas
    – Guru juga membangkitkan semangat dengan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal menarik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk (buah yang sudah sangat familiar terhadap anak), dengan menggunakan media langsung ini, sudah tentu anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran dan sangat menyenangkan siswa.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang bersih dan rapih serta menggunakan sepatu biar terlihat formal.
    – Dalam kelas, guru harus bisa menguasai/melihat kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan tenang.
    – Adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar sehingga membangkitkan semangat anak.
    – Untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

    Demikianlah tanggapan saya, Terima kasih.

  6. Nama : Mushib Rasyid
    Nim : 877768383
    UPBJJ : Palembang
    Prodi : PGSD-S1

    Baiklah saya akan memberikan tanggapan terhadap video tersebut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa didalam kelas tampak tidak perduli, acuh dan sibuk pada diri sendiri atau bermain dengan temen Sebangkunya, mereka tidak mempedulikan seorang guru yang akan masuk dan mengajar didalam kelas, tetapi ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berusaha membawa anak/siswa untuk memfokuskan perhatian anak/siswa dengan mengajak mereka melakukan apersepsi dan tepuk tangan agar mereka senang dan siap belajar.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -Kelemahan pertama pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas untuk mengajar dengan pakaian yang tidak rapi dan tidak pakai sepatu malahan pakai sendal.
    -kelemahan kedua, guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melakukan sapaan atau kabar dari anak/siswa terlebih dahulu.
    – tidak melihat suasana kelas apakah masih kondusif atau tidak.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Pada video selanjutnya, guru mengajarkan materi dengan menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan alat-alat yang ada di kelas
    – Guru juga membangkitkan semangat dengan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal menarik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk (buah yang sudah sangat familiar terhadap anak), dengan menggunakan media langsung ini, sudah tentu anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran dan sangat menyenangkan siswa.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang bersih dan rapih serta menggunakan sepatu biar terlihat formal.
    – Dalam kelas, guru harus bisa menguasai/melihat kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan tenang.
    – Adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar sehingga membangkitkan semangat anak.
    – Untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

    Demikianlah tanggapan saya, Terima kasih.

  7. Nama : Mushib Rasyid
    Nim : 877768383
    UPBJJ : Palembang
    Prodi : PGSD-S1

    Baiklah saya akan memberikan tanggapan terhadap video tersebut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa didalam kelas tampak tidak perduli, acuh dan sibuk pada diri sendiri atau bermain dengan temen Sebangkunya, mereka tidak mempedulikan seorang guru yang akan masuk dan mengajar didalam kelas, tetapi ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berusaha membawa anak/siswa untuk memfokuskan perhatian anak/siswa dengan mengajak mereka melakukan apersepsi dan tepuk tangan agar mereka senang dan siap belajar.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -Kelemahan pertama pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas untuk mengajar dengan pakaian yang tidak rapi dan tidak pakai sepatu malahan pakai sendal.
    -kelemahan kedua, guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melakukan sapaan atau kabar dari anak/siswa terlebih dahulu.
    – tidak melihat suasana kelas apakah masih kondusif atau tidak.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Pada video selanjutnya, guru mengajarkan materi dengan menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan alat-alat yang ada di kelas
    – Guru juga membangkitkan semangat dengan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal menarik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk (buah yang sudah sangat familiar terhadap anak), dengan menggunakan media langsung ini, sudah tentu anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran dan sangat menyenangkan siswa.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang bersih dan rapih serta menggunakan sepatu biar terlihat formal.
    – Dalam kelas, guru harus bisa menguasai/melihat kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan tenang.
    – Adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar sehingga membangkitkan semangat anak.
    – Untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

    Demikianlah tanggapan saya, Terima kasih.

  8. Nama : Mushib Rasyid
    Nim : 877768383
    UPBJJ : Palembang
    Prodi : PGSD-S1

    Baiklah saya akan memberikan tanggapan terhadap video tersebut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi anak/siswa didalam kelas tampak tidak perduli, acuh dan sibuk pada diri sendiri atau bermain dengan temen Sebangkunya, mereka tidak mempedulikan seorang guru yang akan masuk dan mengajar didalam kelas, tetapi ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berusaha membawa anak/siswa untuk memfokuskan perhatian anak/siswa dengan mengajak mereka melakukan apersepsi dan tepuk tangan agar mereka senang dan siap belajar.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -Kelemahan pertama pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas untuk mengajar dengan pakaian yang tidak rapi dan tidak pakai sepatu malahan pakai sendal.
    -kelemahan kedua, guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melakukan sapaan atau kabar dari anak/siswa terlebih dahulu.
    – tidak melihat suasana kelas apakah masih kondusif atau tidak.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Pada video selanjutnya, guru mengajarkan materi dengan menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan alat-alat yang ada di kelas
    – Guru juga membangkitkan semangat dengan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal menarik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk (buah yang sudah sangat familiar terhadap anak), dengan menggunakan media langsung ini, sudah tentu anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran dan sangat menyenangkan siswa.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang bersih dan rapih serta menggunakan sepatu biar terlihat formal.
    – Dalam kelas, guru harus bisa menguasai/melihat kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan tenang.
    – Adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar sehingga membangkitkan semangat anak.
    – Untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

    Demikianlah tanggapan saya, Terima kasih.

  9. NAMA : ERLINA PERSITASARI
    NIM : 857136713
    UPBJJ : 21/JAKARTA
    SEMESTER : VI (ENAM)

    Sebagai seorang guru yang mengajar kelas 1, di mana siswa kelas 1 adalah siswa peralihan dari TK/RA sederajat yang masih ingin belajar sambil bermain dan membutuhkan pengalaman belajar dengan metode pembelajaran yang real atau pengalaman langsung. Maka apa yang dilakukan guru tersebut dalam video sudah betul dan sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anaka di kelas 1.

  10. NAMA : AYU RAHMA DONI
    NIM : 856081964
    UPBJJ : 13 BATAM
    PRODI : PGSD S1
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut pendapat saya dari hasil video yang saya amati sangat terlihat murid tersebut sibuk dengan kegiatan masing-masing tanpa memperhatikan gurunya yang telah masuk kelas dan murid dalam video tersebut sangat tidak peduli ada gurunya .
    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Sangat terlihat kelemahan guru pada saat di lihat berpakain yang tidak rapi tampak kusut yang dimana seorang guru masuk ke dalam kelas menggunakan sendal dan pakaian yang tidak masuk ke dalam .Lalu guru tersebut masuk dengan suara yang tidak tegas hanya memanggil atau menarik perhatian siswa dengan tepuk tangan dan tidak membuat suasana kelas tampak kondusif.
    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Dalam video selanjutnya,guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid. guru dalam menjelaskan juga menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan juga menggunakan benda yang ada didalam kelas agar murid lebih terfokus terhadap gurunya.
    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik yang ada dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk,yang dimana buah yang sering dijumpai di lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.
    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan atau berpakian harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu, dalam pembelajaran guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang setelah itu juga adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar untuk memaksimalkan proses ngajar mengajar untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.
    Sekian dan Terimakasih

Leave a Reply