silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Novia suprihatin
    Nim : 856826528
    Prodi : PGSD
    Menurut pendapat saya vidio tersebut sangat menginspirasi bagi saya dikarenakan kita sebagai guru harus menguasai materi sebelum kita ajarkan dan sebagai guru kita harus mempersiapkan Tekni pembelajaran agar siswa tertarik dan antusias untuk mengikuti pembelajaran .

  2. Nama :Novia suprihatin
    Nim : 856826528
    upbjj : Bengkulu
    prodi : PGSD_S1
    Menurut pendapat saya dari vidio tersebut sangat menginspirasi bagi saya karena guru harus menyiapkan materi yang akan di ajarkan dengan matang dan guru juga harus mepersiapkan teknik pembelajaran agar siswa tertarik dan antusias untuk mengikuti pembeljaran

  3. Nama Saya Kevin Simamora
    NIM : 855868128
    Menurut saya vidio ini sangat menarik untuk di tonton guru sebagi cara mempelajari untuk menarik perhatian siswa ..vidio ii sangat bagus untuk semua kaum guru
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu,selain itu,, dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang dan juga adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar,, untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah
    Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya
    selain itu di vidio ini guru dapat menguasai kelas dengan baik
    respon antara guru dan siswa amat baik
    terimah kasih

  4. Nama : IKA PUSPITA
    NIM : 857830387
    UBJJ SURAKARTA
    Setelah saya melihat video diatas saya menyimpulkan sebagai seorang guru memang harus lebih expresif terhadap anak dalam hal membuat anak tertarik dalam mengikuti pelajaran.
    Kalau perlu gita gunakan media elektronik seperti laptop dan lcd proyektor dalam menyajikan materi.
    Kita juga bisa mengajak anak langsung pada lingkungan sekitar misal materi menyangkut alam sekitar.

  5. NAMA : NURSAADATUL FAUZA
    NIM : 855854832
    UPBJJ : SERDANG BEDAGAI
    Seharusnya seorang guru memberi permainan atau ice breaking pada saat pelajaran supaya anak-anak lebih fokus dan konsentrasi pada saat memberikan materi. Sehingga mereka lebih memperhatikan apa yang diberikan oleh guru dan tidak akan pernah bosan dalam mendengarkan materi ataupun sesuatu yang disampaikan oleh guru sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti.

    Kemudian guru selalu memberikan alat belajar yang menarik sehingga antusias anak anak lebih semangat sehingga apa yang disampaikan oleh guru itu akan menjadikan pembelajaran yang menarik. Dan guru harus bisa membuat suasana kelas itu lebih menarik lagi supaya tidak adanya siswa yang sibuk sendiri ataupun ngobrol dengan teman satu bangku bahkan tidak memperhatikan sama sekali guru ketika memberikan penjelasan.

    Tetapi di dalam video tersebut guru sudah memberikan contoh alat belajar yang menarik untuk diperhatikan oleh para siswa sehingga mereka dapat memperhatikan dengan baik dan benar dan ternyata dengan menggunakan alat peraga antusias mereka menjadi lebih baik lagi dan semangat belajar mereka lebih meningkat jadi pada kesimpulannya adalah gunakan alat peraga yang menarik untuk memberikan suasana kelas yang berbeda, memberikan hal yang baru dan menarik kepada para siswa terkhususnya mereka yang duduk di bangku sekolah dasar dengan tingkat kelas rendah

  6. Nama : Dhea Fitriani
    NIM : 855777493
    UPBJJ : Palembang
    Semester : 6

    Setelah saya menonton video ini saya dapat mengambil sebuah kesimpulan yaitu kita sebagai seorang guru harus berperan aktif dalam mengajarkan anak-anak supaya siswa siswi tidak ribut di kelas yaitu guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa, baik menggunakan alat dan bahan untuk mendukung pembelajaran yang aktif di dalam kelasnya.

    Video ini sangat bermanfaat mampu memotivasi dan mengapresiasi seluruh siswa di kelasnya, tentunya dalam video ini kita di tuntut supaya bisa mengembangkan metode belajar yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian dan minat siswa siswi.

    Demikian komentar dari saya dan saya ucapkan terima kasih.

  7. NAMA : MUSHIB RASYID
    NIM : 877768383
    UPBJJ : PALEMBANG
    PRODI : PGSD
    SEMESTER : VI

    Baiklah saya akan menanggapi pertanyaan tentang video pembelajaran tersebut.

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – Pada saat guru akan masuk ke kelas reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas.
    – Pada saat guru tersebut sudah masuk berusaha memusatkan perhatian murid dengan mengajak mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Sisi kelemahan guru pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang tidak rapi dan hanya memakai sendal akan menurunkan wibawa seorang pengajar.
    – Hal lain kelemahan guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Kelebihan guru di video selanjutnya, yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa.
    – Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid supaya mereka fokus untuk belajar.

    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu mepemudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan image di depan siswa. – – – Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.
    – Untuk membuat susana tidak terlalu tegang harusnya ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.
    – Sedangkan media pembelajaran harus bisa memanfaatkan alat atau bahan lain yang dapat kita temukan dilingkungan sekolah kita.

    Demikianlah tanggapan saya, terima kasih.

  8. hal menarik yang saya temukan adalah. pada video tersebut guru menunjukan bagamaina cara menarik perhatin para siswa dengan mini games atau i breaking, lalu, guru tersebut menjelaskan pelajaran sambil sesekali melempar pertanyaan tentang pelajaran tersebut sehingga siswa dapat belajar dengan santai dan pelajaran tersebut mudah di mengerti.
    kelebihan
    Visual dan Audio: Video tutorial di atas menyajikan informasi secara visual dan audio, yang memungkinkan guru untuk memahami cara menarikperhatian para siswa
    Interaktif: Ini membantu guru sd untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran dan memungkinkan mereka untuk langsung menguji pemahaman mereka.
    Fleksibilitas: Video tutorial dapat diakses kapan saja dan di mana saja, yang memungkinkan guru untuk belajar sesuai dengan waktu dan kecepatan mereka sendiri. Ini memungkinkan pembelajaran mandiri dan memungkinkan guru untuk mengulangi materi yang sulit sebanyak yang diperlukan.
    kekurangan
    menurut saya kekurangan dari video di atas yaitu ada di kualitas video. selain dari pada itu saya rasa sudah cukup

  9. Nama : Dhea Fitriani
    NIM : 855777493
    UPBJJ : Palembang
    Semester : 6

    Setelah saya menonton video ini saya dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa kita sebagai seorang guru harus dapat berperan aktif dalam mengajarkan anak-anak supaya siswa siswi tidak ribut di kelas yaitu guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa, baik menggunakan alat dan bahan untuk mendukung pembelajaran yang aktif di dalam kelasnya.

    Video ini sangat bermanfaat mampu memotivasi dan mengapresiasi seluruh siswa di kelasnya, tentunya dalam video ini kita di tuntut supaya bisa mengembangkan metode belajar yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian dan minat siswa siswi

    Demikian komentar dari saya dan saya ucapkan terima kasih.

  10. NAMA : ANISA SYABNA AZZAHRA
    NIM: 855739906
    hal menarik yang saya temukan adalah. pada video tersebut guru menunjukan bagamaina cara menarik perhatin para siswa dengan mini games atau i breaking, lalu, guru tersebut menjelaskan pelajaran sambil sesekali melempar pertanyaan tentang pelajaran tersebut sehingga siswa dapat belajar dengan santai dan pelajaran tersebut mudah di mengerti.
    kelebihan
    Visual dan Audio: Video tutorial di atas menyajikan informasi secara visual dan audio, yang memungkinkan guru untuk memahami cara menarikperhatian para siswa
    Interaktif: Ini membantu guru sd untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran dan memungkinkan mereka untuk langsung menguji pemahaman mereka.
    Fleksibilitas: Video tutorial dapat diakses kapan saja dan di mana saja, yang memungkinkan guru untuk belajar sesuai dengan waktu dan kecepatan mereka sendiri. Ini memungkinkan pembelajaran mandiri dan memungkinkan guru untuk mengulangi materi yang sulit sebanyak yang diperlukan.
    kekurangan
    menurut saya kekurangan dari video di atas yaitu ada di kualitas video. selain dari pada itu saya rasa sudah cukup

Leave a Reply