silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Desmawati
    Nim : 859690402
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    ketika melihat video dengan judul ” Menarik Perhatian Siswa” didapati bahwa sebagai guru kita harus bisa menyesuaikan kondisi kelas agar siswa dapat fokus dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa. sehingga siswa yang ribut dapat konsentrasi dengan apa yang disampaikan oleh guru.
    pemberian petunjuk pmbelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dekat dengan siswa dapat membuat siswa akrab dengan media tersebut dan membuat siswa lebih dapat memahami materi yang di ajarkan…

  2. Nama : sahsa chotimatul zahra
    Nim : 855742112
    Prodi : S1 PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ : 20/Bandar Lampung

    Pengamatan saya setelah melihat video “Untuk Menarik Perhatian Siswa” tersebut, bahwa seorang pengajar perlu menguasai keterampilan menghidupkan suasana belajar anak dengan baik dan kreatif. Karena pada ketinggian kelas kecil khususnya kelas satu, anak lebih tertarik dengan hal-hal menyenangkan dan membuat suasana kelas hidup, tidak membosankan. Sebagai guru memberi perhatian juga penting dalam memperhatikan kerapian busana, karena itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan begitu peserta didik akan lebih memperhatikan dan menghargai guru yang mengajarnya.

    Pada kegiatan pembelajaran, untuk pengenalan materi matematika hendaknya guru membawa alat peraga untuk mempermudah pembelajaran dan pemahaman peserta didik di kelas. Karena peserta didik dapat melihat proses pembelajaran secara visual, mereka dapat lebih mudah memproses pengalaman pengajaran.

  3. Nama: Nikmatus solihah
    Nim:858708354

    Guru seharusnya memberi contoh baik dengan cara berpenampilan yang rapi dan sopan sehingga bisa menarik perhatian murid agar bisa disiplin.
    Tetapi dengan melakukan kegiatan ice breaking guru bisa mencairkan suasana menjadi lebih menarik contohnya dengan yel-yel

  4. Nama : Fatma Rinjani
    Nim : 856975415
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ :20/BANDAR LAMPUNG

    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
     Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan menyanyikan lagu pergi ke sekolah.
     Memberi pertanyaan tentang anggota keluarga.
     Meminta siswa menemukan dan menunjuk gambar ibu dan ayah

    3. Kelemahan pembelajaran dalam video :
     guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
     guru lupa mengecek absen siswa
     Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
     Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
     Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    4. kelebihan pembelajaran pada video :
    ■ Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus.
    ■ Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    ■ Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran, yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
    ■ Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas

    5. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan, dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “Siapa yang punya ibu dan ayah dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan seperti itu anak anak akan lebih cepat Fokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

    6. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
    Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
    selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.

  5. Nama: sastuti pane
    Nim: 855865455
    Prodi: S1PGSD
    Upbjj UT Medan
    Pengamatan saya terhadap video tersebut yaitu kita sebagai guru harus kreatif dan menarik di setiap kelas pembelajaran, apalagi di kelas 1 SD yang transisi dari paud ke SD. Harus benar-benar memperhatikan anak supaya mereka senang dalam belajar dengan adanya guru yang kreatif,bersih rapi dan menarik. Terimakasih

  6. NAMA : DILA NABILA
    NIM : 856058093
    SEMESTER : 6

    Menurut pendapat saya pada video tersebut bahwa seorang guru berusaha untuk menarik perhatian siswa dengan menyapa para siswa ketika masuk kelas. Namun guru tersebut belum mencerminkan kepribadian yang baik yaitu berpakaian rapi ketika memasuki ruang kelas. Kesesuaian dengan konteks pembelajaran : video tersebut sudah memperlihatkan cara menarik perhatian siswa ketika siswa dalam keadaan yang belum kondusif, selanjutnya guru tersebut juga sudah baik dalam menyampaikan materi yang dibawa sehingga para murid antusias dan aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di berikan guru tersebut. Demikian analisis dan tanggapan saya terhadap video tersebut. Terimakasih

  7. NAMA : LEDY INTANIA RAMADANI LAKSONO
    NIM : 858902465
    UPBJJ: JEMBER
    PRODI: PGSD
    SEMESTER: 8

    Baiklah saya akan menanggapi pertanyaan tentang video dengan judul Menarik Perhatian Siswa tersebut.

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – Pada saat guru akan masuk ke kelas reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas.
    – Pada saat guru tersebut sudah masuk berusaha memusatkan perhatian murid dengan mengajak mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Sisi kelemahan guru pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang tidak rapi dan hanya memakai sendal akan menurunkan wibawa seorang pengajar.
    – Hal lain kelemahan guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Kelebihan guru di video selanjutnya, yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa.
    – Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid supaya mereka fokus untuk belajar.

    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu mepemudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan image di depan siswa. – – – Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.
    – Untuk membuat susana tidak terlalu tegang harusnya ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.
    – Sedangkan media pembelajaran harus bisa memanfaatkan alat atau bahan lain yang dapat kita temukan dilingkungan sekolah kita.

    Demikianlah tanggapan saya, terima kasih.

  8. Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi bagi kita semua.
    Izin menanggapi video pembelajaran di atas.
    Nama: LEDY INTANIA RAMADANI LAKSONO
    Nim : 858902465
    Program Studi : PGSD -S1
    Pokjar : PURWOHARJO
    Upbjj: JEMBER
    Semester : 8

    Mata pelajaran : matematika sd
    Judul video: Menarik perhatian siswa
    Setelah menonton video di atas dan memahami nya, bahwa sangatlah penting bagi seorang guru dalam menarik perhatian siswa. hal yang bisa dilakukan seorang guru dalam menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. misalnya bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pembelajaran, bagaimana memberikan tugas atau pertanyaan dan bagaimana menutup pembelajaran.
    berdasarkan analisis video pembelajaran diatas ada beberapa hal yang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan seorang guru di dalam video tersebut yaitu pada saat guru memasuki kelas siswa sangat lah gaduh, dan ketika guru memulai pembelajaran, siswa mengikuti pembelajaran dgn semangat.
    2. di dalam video pembelajaran tersebut, ada beberapa kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran, yaitu guru kurang rapi dalam berpenampilan dan tidak menggunakan sepatu, ada sebagian baju yg terlepas atau tidak di masukan.
    3. ada juga kelebihan guru di dalam video pembelajaran tersebut, yaitu dalam melaksanakan pembelajaran guru tersebut menggunakan metode tanya jawab yang bisa menarik perhatian dan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
    4. hal² unik yang saya temukan di dalam video di atas, yaitu guru memulai pembelajaran dengan menggunakan metode pembukaan seperti tepuk tangan 1 dan tepuk tangan 2 kali, menyampaikan materi pembelajaran menggunakan barang yang ada di sekitar seperti jeruk di dlm proses pembelajaran penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan sehingga bisa menarik perhatian dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
    5. upaya yg saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, sebagai seorang guru harus nya memberikan contoh baik bagi siswa nya, seperti guru harus berpenampilan rapi dan menggunakan sepatu dalam proses pembelajaran.
    sekian tanggapan dari saya terimakasih.

  9. Nama : Nesi Seri Denny
    Nim : 856471664
    Prodi :PGSD-S1
    UPBJJ: Pekanbaru

    Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh.
    Menurut pendapat saya Menarik Perhatian Siswa sangat perlu di lakukan oleh seorang guru,agar anak tidak merasa takut dan membosankan disaat memulai pelajaran,apalagi untuk anak Kelas rendah,rasa ingin tahu nya sangat besar,seorang guru dapat pula menarik perhatian siswa dengan menanyakan kotak yang di bawa oleh guru,misalkan ada yang tau Ibu bawa apa ini?,anak-anak akan tetap fokus dan pengen tau apa yang di bawa oleh guru tersebut,dan apa isi di dalam kotak tersebut,lalu guru dapat memperlihatkan isi kotak tersebut dan mengajak nya berhitung bersama-sama,jadi perhatian siswa sangat di perlukan untuk anak sekolah Dasar, Cara yang di lakukan oleh seorang guru untuk menarik perhatian siswa itu berbeda-beda,ada yang mengajak nya berhitung sambil bermain,dan ada pula yang mengajak nya berhitung sambil bernyanyi.

    Dalam Video tersebut seorang guru sedang menarik perhatian siswa agar menjadikan anak tetap tenang dan tetap fokus dalam proses pembelajaran,dan saya melihat juga dalam video tersebut seorang guru memberikan penguatan terhadap anak,yang bisa menjawab pertanyaan dari seorang guru,agar anak bersemangat untuk belajar matematika tanpa harus merasa takut.

  10. Dalam tayangan video yang pertama terlihat seorang guru yang tidak bisa menarik perhatian siswanya. guru tersebut juga tidak berpakaian rapi dan menggunakan alas kaki yang tepat untuk mengajar. hal ini tentu saja mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, dari penampilan saja sudah sangat tidak menarik dan memberikan contoh yang tidak baik kepada anak/siswa. lalu pada kegiatan awal guru tersebut tidak melakukan doa, absensi kehadiran, apersepsi, dan motivasi kepada anak sehingga anak-anak tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar.
    dalam tayangan video ke 2 terlihat guru sudah cukup baik dalam membuka kegiatan belajar mengajar dikelas agar anak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar yaitu dengan melakukan ice breaking. guru juga menggunakan medie belajar yang tepat untuk materi matematika operasi penjumlahan dan pengurangan.

    Dalam video diatas menjelaskan betapa pentingnya brain storming atau pemanasan sebelum memulai pembelajaran, hal ini sangat bermanfaat bagi siswa kelas rendah untuk menarik mereka pada materi pengajaran yang akan disampaikan nantinya. Hal yang mungkin bisa dilakukan oleh guru sebelum memulai pengajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran matematika yang disajikan pada video diatas adalah dengan mengajak siswa berpendapat atau memberikan pengalamannya belajar berhitung diluar kelas atau menanyakan hal yang berkaitan dengan matematika yang sudah mereka pelajari sebelum dimulainya pembelajaran di sekolah.

    Video tersebut terdapat kelemahan yakni dalam menjelaskan tentang materi pembelajaran yaitu tentang operasi penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan,dimana guru dalam menjelaskan materi terkesan terlalu cepat dan langsung dengan media tanpa menjelaskan dulu apa itu konsep pengurangan dan penjumlahan.

Leave a Reply