silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : ZAHRO
    NIM : 858811064
    Pokjar : Puwodadi
    Setelah saya menonton video “Menarik Perhatian Siswa” tersebut. Pada video pertama ketika guru memasuki ruang kelas dengan berpakaian tidak rapi dan tidak memakai sepatu, guru langsung menuju materi tidak mengondisikan suasa kelas terlebih dahulu, sehingga murid kurang memperhatikan guru tersebut.
    Pada video kedua guru sudah berpakian yang rapi, sebelum pembelajaran guru melakukan ice breaking terlebih dahulu, mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari jadi suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan
    Dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang guru kita perlu menguasai materi pembelajaran yang akan di ajarkan kepada peserta didik kita dan memiliki keterampilan mengajar untuk menarik perhatian siswa juga bisa mengodisikan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan, berpakaian sopan dan rapi, karena kita sebagai contoh bagi anak didik kita. Pada kelas bawah khususnya kelas satu, anak-anak lebih senang jika pembelajaran di kaitkan dengan metode belajar sambil bermain dengan metode tersebut anak-anak lebih aktif dan suasa kelas tidak membosankan saat pembelajaran

  2. Nama : Nurul Hasanah Mangunsong
    Nim : 855860535
    Semester : VI ( Enam )
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : 12/ MEDAN
    Izin untuk mengomentari video “Menarik Perhatian Siswa” Menurut saya video ini mengajarkan tentang menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. pelajaran yang dapat saya ambil dari video tersebut adalah bahwa seorang guru harus memulai pelajaran dengan pendahuluan contohnya, menyapa,berdoa,mengabsen, dan menanyakan kabar. Sebagai seorang pengajar kita juga perlu memperhatikan kerapian kita, jangan sampai karena kita tidak rapi siswa menjadi tidak fokus dan kurang menghargai gurunya.
    untuk pengenalan materi matematika lebih bagus lagi jika guru membawa alat peraga untuk mempermudah pembelajaran dan pemahaman peserta didik di kelas. Karena peserta didik dapat melihat proses pembelajaran secara nyata, mereka dapat lebih mudah memahami materi.

  3. Nama: Anis Srigianti
    Nim: 856573355
    UPBJJ UT: Jambi
    Semester: 8
    Menurut saya video di atas dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah. Kemudian pemakaian media sudah cukup tepat namun hanya sebagai media visual saja. Materi pun sesuai dengan perserta karena materi sudah sesuai dengan kurikulum.

  4. Menurut saya video di atas dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah. Kemudian pemakaian media sudah cukup tepat namun hanya sebagai media visual saja. Materi pun sesuai dengan perserta karena materi sudah sesuai dengan kurikulum.

  5. Nama : Nailan Sawita Harahap
    NIM : 877523555
    Prodi : PGSD-S1
    UPBBJ : Medan, Labuhanbatu selatan

    Setelah melihat Video pembelajaran diatas Materi pembelajarannya adalah Penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan, Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa mampu berhitung dalam penjumlahan dan pengurangan. Dalam video tersebut kita bisa melihat bahwasanya pembukaan saat masuk ke kelas itu sangat penting tujuannya agar siswa lebih siap menerima pelajaran dari guru, Contohnya membaca doa terlebih dahulu, menanyakan kabar siswa, atau bermain games untuk menarik perhatian siswa.
    Secara Umum : Sebelum masuk kedalam kelas kita harus mempersiapkan beberapa hal untuk menarik perhatian siswa, salah satunya berpenampilan rapi, dan menyediakan alat peraga untuk pembelajaran biasanya untuk kelas rendah mereka lebih suka dengan alat peraga yg sering mereka gunakan,

  6. Nama: Maya Sopiah
    Nim. :856469589
    Upbjj. : Pekanbaru
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Tidak berpakaian rapi, tidak menggunakan sepatu dan pada awal pembelajaran guru kurang ceria sehingga tidak menarik perhatian siswanya
    Kelebihan nya ialah guru tersebut pandai membuat suasana kelas menjadi lebih aktif, interaktif dan kondusif seiring berjalan nya waktu pembelajaran yang di laksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperri makanan yakni buah jeruk sehingga anak menjadi fokus dan semangat untuk belajar dan menjawab pertanyaan dari guru yang sedang mengajar. Dan kita sebagai seorang guru kita harus mencontoh kan ke pada siswa bagaimana cara berpakai an yang rapi dan benar sebelum pembelajaran di mulai sebagai nya guru menyuruh siswa nya untuk berdo terlebih dahulu dan harus ada ice breaking supaya siswa tersebut semangat dalam belajar supaya tidak bosan dalam pembelajaran

  7. Nama : Putri Ramadhani.
    Nim : 855853128
    Prodi : PGSD – S1
    Upbjj : Medan

    Setelah saya menonton video tersebut.
    Pertama kali guru masuk tidak melakukan kegiatan Awal seperti Mengucapkan salam, Tidak ada menyapa siswa, guru tidak ada menanyakan kabar siswa, guru tidak melakukan absensi siswa, Guru tidak ada memberikan untuk siswa Bertanya dan memberikan pendapat dari siswasiswa, dan siswa sangat cenderung pasif hanya duduk saja dan siswa nampak sekali tidak bersemangat. Dan guru tidak mencontoh penampilan nya sebagai guru karena hanya memakai sendal jepit saja, baju yang berantakan.
    Tetapi di balik itu ada kelebihannya seperti. guru berusaha mencair kan suasana yang ributtt menjadi perlahan fokus. Seperti melakukan ice Breaking (Mengajak siswa bernyanyi, mengajarkan siswa berhitung menggunakan benda seperti buah-buahan jeruk)

  8. Nama: M. Saeful Islam Wadin
    Nim: 857382442
    UPBJJ UT: Bogor
    Semester: 6
    Menurut saya video tersebut dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang eksplorasi’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal evaluasi kemudian pemakaian media sudah cukup tepat namun hanya sebagai media visual saja. Materi yang sesuai dengan siswa sudah sesuai dengan kurikulum.

  9. Nama : Ryan Bernaldhi Hidayat Nim : 856822814 UPBJJ : Bengkulu Menurut pendapat saya Video ini adalah situasi yang menampilkan seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti yang disebutkan memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya. Kesesuaian dengan Konteks Pembelajaran: Video tersebut sebaiknya mencerminkan situasi pembelajaran yang realistis dan relevan dengan konteks kelas yang sebenarnya. Ini membantu para guru untuk lebih mudah mengidentifikasi dan menerapkan strategi yang diajarkan dalam video dalam keadaan sehari-hari. Terima kasih.

  10. Nama: Maya sopiah
    Nim 856469589
    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar siswa tertarik dengan guru :
    1. Gunakan Metode Pengajaran yang Beragam/ bersih dan rapi
    2. Gunakan Teknologi Secara Kreatif:
    3. Libatkan Siswa dalam Pembelajaran
    4. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

Leave a Reply