silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Mata pelajaran : matematika sd
    Judul video: Menarik perhatian siswa
    Setelah menonton saya video di atas dan memahaminya, bahwa ketika kita masuk kedalam kelas rendah seperti kelas 1 sd yang masih lebih banyak keinginan bermain daripada belajar guru harus lebih mampu menarik perhatian sisw.Hal yang bisa dilakukan seorang guru dalam menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. Misalnya bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pembelajaran, bagaimana memberikan tugas atau pertanyaan dan bagaimana menutup pembelajaran.
    Berdasarkan analisis video pembelajaran diatas ada beberapa hal yang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
    a. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan seorang guru di dalam video tersebut yaitu pada saat guru memasuki kelas siswa sangat lah gaduh, dan ketika guru nya berpakaian kurang rapih ,dan memakai sandal. Kemudian pada saat memulai pelajaran guru langsung memulai tanpa melihat kesiapan siswa yang masih geduh dan langsung memberikan tugas sehingga pembelajaran dileas kurang baik .

    b. Dan di vidio selanjutnya guru di dalam video pembelajaran tersebut, sudah memperbaiki penampilan nya dan melaksanakan pembelajaran yang baik .guru tersebut menggunakan metode tanya jawab yang dapat menarik perhatian dan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
    c. hal² unik temukan di dalam video di atas, yaitu guru memulai pembelajaran dengan menggunakan metode pembukaan seperti tepuk tangan 1 dan tepuk tangan 2 kali, menyampaikan materi pembelajaran menggunakan barang yang ada di sekitar seperti jeruk di dalam proses pembelajaran penjumlahan dan pengurangan suatu jumlah sehingga bisa menarik perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
    d. Hal yang dapat saya ambil dari vidio diatas adalah upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, sebagai seorang guru harus memberikan contoh baik bagi siswanya, seperti guru harus berpenampilan rapi dan menggunakan sepatu dalam proses pembelajaran.
    Terimakasih.

  2. Nama : ZULAICHO SALISATUN
    Nim : 856993739
    UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
    Prodi : PGSD – S1

    Menurut saya dalam menanggapi vidio diatas yang berjudul. Bagaimana cara menarik perhatian siswa yaitu :
    1. kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak- anak hingga anak- anak siap untuk menerima pelajaran sebelum materi disampaikan
    2. kerapian guru sangat penting, dalam vidio di atas guru berpenampilan tidak rapi.
    3. alat peraga yang digunakan hendaknya yang mudah digunakan atau tersedia dilingkungan sekolah.
    4. fokuskan perhatian anak-anak barulah anak disuruh membuka buku pelajaran.
    5. dalam hal menyampaikan/ menjelaskan materi diperhatikan contoh berdasrkan yang ada di lingkungan sekolah.

  3. Nama :Tri Retno Dewi
    NIM : 857209854
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Serang
    Pokjar : Balaraja

    Menurut saya untuk belajar anak-anak apalagi kelas 1 sebaiknya kita harus memberikan salam dan semangat terlebih dahulu karna anak-anak kelas 1 mudah bosan apalagi jika kita sebagai guru langsung memberikan pelajaran kepada anak-anak. Dan kita juga harus pandai-pandai menggunakan media belajar yang di sukai oleh anak-anak. Dan tidak lupa untuk mengajak bermain game karna mereka sangat senang jika kita mengajak bermain game

  4. Nama: Dika Anjarsari
    Nim : 856824216
    UPBJJ: Bengkulu
    Video ini berisi tentang seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa,jadi ketika saya menonton video tersebut saya dapat memahami.bahwa pentingnya seorang guru itu dapat menarik perhatian siswa agar siswa dapat semangat dan fokus untuk mengikuti pembelajaran.
    Didalam video terlihat,bahwa seorang guru tersebut berhasil untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik.

  5. Elikarobet
    858420799
    Dalam menarik perhatian siswa harus memperhatikan materi yang akan disampaikan, jika materi yang disampaikan sangat menarik bagi siswa maka siswa tersebut akan selalu terus memperhatikan dan mencari tahu terkait apa yang di pelajari sesuai dengan harapan seorang guru.

  6. Nama : Veby Hartati Simanjorang
    NIM : 856056409
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : Dairi

    Mohon ijin memberikan pendapat kepada Bapak yang membuat vidio pembelajaran yang berjudul ” Menarik Perhatian Siswa” Analisis yang perlu saya sampaikan dalam kasus pembelajaran di vidio yang di cantumkan yaitu :
    1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan Bapak guru yaitu pada awalnya mereka tidak mengacuhkan bapak guru yang sudah menyapa mereka dikarenakan mereka sibuk bermain dengan teman semejanya, dikarenakan guru kurang menggunakan prinsip apersepsi. Gunanya prinsip apersepsi dalam matematika untuk menyiapkan mental siswa dan menghubungkan pembelajaran yang sudah di bahas sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Bapak guru tidak memperhatikan cara berpakaiannya sehingga terkesan tidak rapi, dan memakai sendal sehingga tidak mencerminkan seorang guru yang baik. Kemudian pada saat pertama pembelajaran ekspresi bapak guru tidak bersemangat dan tidak ceria sehingga tidak menarik perhatian anak karena terlihat membosankan, Kemudian bapak guru tidak mengajak anak anak berdoa dan bernyanyi untuk tahap sebelum memulai pemelajaran dan lupa mengapsensi anak anak. Bapak guru tidak menerapkan ice breaking guna menarik perhatian siswa.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu bapak guru menarik perhatian dengan memberikan ekspresi ceria dan bersahabat seta mau mendengarkan pendapapat serta curahan anak, dan Bapak guru juga sudah memperbaiki cara berpakaian nya dengan rapi dan tidak memakai sandal lagi sehingga sudah terlihat lebih baik dari pada yang sebelumnya, karena kita sebagai seorang guru haruslah menjadi yang terbaik karena kita memberikan cotoh kepada anak anak kita di sekolah. Pada saat mengajar juga kita perlu melakukan ice breaking guna menarik perhatian dan konsentrasi siswa dalam hal tersebut bapak guru mengajak siswanya untuk bertepuk tangan, kemudian bapak guru juga melakukan tanya jawab dimana pertanyaannya merupakan tentang hal hal yang sudah dilalui anak anak dan melekat dengan kehidupan anak anak dan semua anak anak pasti sudah tau seperti siapa pergi kesekolah menggunakan mobil atau motor? kemudian anak anak menjawabnya dengan tegas sesuai dengan kendaraan apa yang mereka gunakan. Dilanjutkan dengan pertanyaan kedua dengan mengaitkan pertanyaan pertama dengan materi yang di ajarkan yaitu bertanya berapa roda mobil dan motor yang mereka gunakan tadi, dengan menanyakan kepada salah satu anak, kemudian anak tersebut menjawab dengan benar tidak lupa bapak guru memberikan pujian atas demonstrasi yang dilakukan siswanya. Dilanjut lagi dengan bapak guru menggunakan benda benda konkret seperti jeruk guna mengeksplorasi pemahaman anak anak menjadi lebih mudah dalam mengajarkan pengurangan. Bapak guru juga memastikan apakah buah jeruk semua anak anak sudah mengenalnya atau tidak dengan menanyakan “ini buah apa?” kemudian dilanjut dengan melatih kemampuan berhitung anak dengan menanyakan “buah jeruknya ada berapa?” setelah terjawab benar, dilanjut lagi dengan melatih kemampuan pengurangan dengan menghilangkan jeruk dengan menganggapnya telah termakan. Nah dari bapak guru guru kita dapat memahami pentingnya ice breaking, benda benda familiar guna mengeksplor pengetahuan anak, dan pentingnya memberikan pujian kepada anak yang sudah berani berdemostrasi.
    4. Hal unik yang saya temukan dalam vidio Bapak guru tersebut yaitu Bapak guru dapat menarik perhatian siswa dengan menerapkan ice breaking, menggunakan benda benda familiar, melakukan metode tanya jawab, demonstrasi, melatih imajinasi anak, memberikan penghargaan pujian kepada anak yang menjawab pertanyaan. Semua hal tersebut tentu mempermudah anak dalam memahami tujuan dari pembelajaran.
    5. Upaya yang perlu saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu sebagai seorang pendidik pasti perilaku kita sangat di perhatikan baik masyarakat maupun teman sejawat juga anak anak sehingga penting bagi guru memperhatikan penampilannya, kualitas pembelajaran di vidio sudah baik hanya saja yang perlu di tambahkan adalah pentingnya peran siswa dilibatkan dalam pembelajaran contoh siswa di minta maju kedepan untuk menjawab soal guna melatih rasa percaya diri siswa. Kemudian mengajak mereka berdiskusi.

    Sekian masukan dari saya semoga dapat membantu Terima Kasih.

  7. NAMA : SEFI LUTFIA NINGSIH
    NIM : 855746324
    POKJAR : SIDOMULYO

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap pembelajaran dalam video tersebut? Pada awal guru masuk suasana kelas sangat tidak kondusif (Ramai, ngobrol sendiri dll) bahkan ketika guru memberikan sebuah instruksi pun siswa-siswi tidak terkecoh sama sekali dengan suara sang guru, mereka masih sibuk dengan aktivitas masing-masing, akan tetapi setelah guru menggunakan cara yang fleksibel, luwes dengan metode yang menarik (ice breaking, game dll) siswa-siswi mulai tertarik memperhatikan sang guru dan pembelajaran pun mulai kondusif.

    2. Apa kelemahan guru dalam video pembelajaran?
    Salah satu kelemahan sang guru dari video pembelajaran tersebut yaitu visual (tampilan yang kurang menarik, kurang rapih) karena hal tersebut juga merupakan faktor untuk menarik siswa. Kelemahan selanjutnya yaitu pada awal guru masuk langsung memberikan instruksi untuk membuka buku tidak mencoba membuat kelas menjadi kondusif terlebih dahulu.

    3. Apa kelebihan guru dalam video pembelajaran? Kelebihan sang guru dalam video pembelajaran tersebut yaitu kreatif dalam pembelajaran juga kreatif dalam menarik fokus siswa pada saat kelas tidak kondusif, salah satunya dengan adanya ice breaking yang di lakukan guru seperti tepuk-tepuk dll.

    4. Hal unik apa yang dapat di temukan dalam video? Salah satu hal unik yang dapat di temukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu adanya eksplorisasi yang dilakukan oleh sang guru dengan menggunakan alat-alat yang ada di sekitar, selain itu juga guru meminta siswa untuk melihat benda yang berbeda dari beberapa benda kemudian siswa di perintah untuk menceritakan kembali. hal tersebut dapat melatih siswa belajar berkomunikasi dan berpendapat.

    5. Setelah mengamati video, hal apa yg dapat di lakukan untuk menambah kualitas pembelajaran?
    Dari video tersebut upaya yang dapat dilakukan supaya lebih berkualitas lagi yaitu :
    – Lebih memperhatikan visual guru sebelum masuk kelas (berpakaian rapi, memakai sepatu, wangi dll) karena hal tersebut juga dapat menarik siswa untuk memperhatikan guru.
    – Pada saat awal masuk kelas kondisikan kelas terlebih dahulu, upayakan kelas kondusif sebelum memberikan instruksi apapun. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya ice breaking di awal supaya suasana kelas lebih menyenangkan dan hati siswa pun akan lebih terbuka untuk menerima pembelajaran.
    Terimakasih.

  8. Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi bagi kita semua.
    Izin menanggapi video pembelajaran di atas.
    Nama: M. BAGUS ARIFIN
    Nim : 858921458
    Program Studi : PGSD -S1
    Pokjar : WULUHAN
    Upbjj: JEMBER
    Semester : 6

    Saya ingin memberikan tanggapan terhadap video ‘Menarik Perhatian Siswa’. Pertama-tama, video ini menggambarkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan seorang guru dalam menarik perhatian siswa. Seperti yang ditekankan dalam pendapat pertama, guru harus mempertimbangkan aspek psikologis anak dan minat belajar yang berkembang, terutama dalam kelas transisi seperti kelas 1. Penting bagi guru untuk memiliki keterampilan menarik perhatian siswa dengan ekspresi wajah yang menyenangkan, mendengarkan pendapat anak-anak, dan berpenampilan rapih. Namun, dalam video awal, terlihat bahwa guru kurang memperhatikan hal tersebut.
    Di sisi lain, pendapat kedua menyoroti bahwa video tersebut memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya. Hal ini karena video sebaiknya mencerminkan situasi pembelajaran yang realistis dan relevan dengan konteks kelas sebenarnya. Dengan begitu, guru dapat lebih mudah mengidentifikasi dan menerapkan strategi pembelajaran yang diajarkan dalam video dalam keadaan sehari-hari.
    Saya dapat menyimpulkan bahwa video ‘Menarik Perhatian Siswa’ tidak hanya memperlihatkan perbedaan dalam kemampuan guru dalam menarik perhatian siswa, tetapi juga memberikan inspirasi bagi guru-guru lainnya untuk menciptakan situasi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan konteks kelas sebenarnya. Dengan demikian, video ini memberikan gambaran tentang pentingnya keterampilan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menarik perhatian siswa.

  9. Nama : M. BAGUS ARIFIN
    NIM : 858921458
    Program Studi : PG SD-S1
    Semester : 6
    Pokjar : WULUHAN – JEMBER
    Kelas : A
    Mata Pelajaran : Matematika
    Judul Vidio : Kesulitan menarik perhatian

    Saya ingin memberikan tanggapan terhadap video ‘Menarik Perhatian Siswa’. Pertama-tama, video ini menggambarkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan seorang guru dalam menarik perhatian siswa. Seperti yang ditekankan dalam pendapat pertama, guru harus mempertimbangkan aspek psikologis anak dan minat belajar yang berkembang, terutama dalam kelas transisi seperti kelas 1. Penting bagi guru untuk memiliki keterampilan menarik perhatian siswa dengan ekspresi wajah yang menyenangkan, mendengarkan pendapat anak-anak, dan berpenampilan rapih. Namun, dalam video awal, terlihat bahwa guru kurang memperhatikan hal tersebut.
    Di sisi lain, pendapat kedua menyoroti bahwa video tersebut memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya. Hal ini karena video sebaiknya mencerminkan situasi pembelajaran yang realistis dan relevan dengan konteks kelas sebenarnya. Dengan begitu, guru dapat lebih mudah mengidentifikasi dan menerapkan strategi pembelajaran yang diajarkan dalam video dalam keadaan sehari-hari.
    Saya dapat menyimpulkan bahwa video ‘Menarik Perhatian Siswa’ tidak hanya memperlihatkan perbedaan dalam kemampuan guru dalam menarik perhatian siswa, tetapi juga memberikan inspirasi bagi guru-guru lainnya untuk menciptakan situasi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan konteks kelas sebenarnya. Dengan demikian, video ini memberikan gambaran tentang pentingnya keterampilan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menarik perhatian siswa.

  10. Nama : Mila Dwi Asriningrum
    Nim : 858919516
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Wuluhan

    Terkait video diatas, kita diajarkan cara untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan media yang berwarna dan sudah dikenal oleh siswa, sehingga akan lebih mudah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan (Apersepsi). Penggunaan media pembelajaran yang atraktif dan inovatif mampu meningkatkan konsentrasi siswa dalam menyerap pembelajaran. Selain itu, penyampaian yang menarik dan menyenangkan juga menjadi salah satu faktor pendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Siswa diajak untuk berkomunikasi secara aktif dan berlanjut serta memberikan apresiasi bagi siswa yang mampu menyelesaikan soal atau tugas, sehingga siswa merasa dihargai dan bangga atas pencapaiannya. Penampilan guru juga menjadi poin penting dalam pembelajaran, karena jika seorang guru berpenampilan yang tidak selayaknya maka siswa akan merasa kurang minat terhadap guru tersebut.

Leave a Reply