silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Domina Nainggolan
    Nim : 856056502
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : DAIRI
    Dari video pembelajaran tersebut dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengajar yaitu:
    1. Berpenampilan rapi, bersih dan menarik sehingga siswa merasa nyaman dan tertarik melihat guru.
    2. Menggunakan berbagai cara mengajar, tidak hanya ceramah saja.
    3. Pakai alat bantu belajar yang menarik, seperti gambar, video, atau permainan.
    4. Melibatkan siswa aktif dalam kegiatan belajar, tidak hanya duduk diam.
    5. Memberi pujian atau hadiah kecil saat siswa berpartisipasi dengan baik.
    6. Menyesuaikan cara mengajar dengan cara belajar siswa yang berbeda-beda.
    7. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, akrab, dan komunikatif.

    1
    1
  2. Nama : Widia Shita
    NIM : 857136594
    Kelas : 6B – Semester 6
    UPBJJ UT JAKARTA

    Menurut saya, pada video diatas peran guru dalam mengajar itu sangat penting apalagi dalam menarik perhatian siswa untuk lebih fokus. setiap guru harus memiliki suatu ciri khas atau suatu kegiatan untuk membuat para siswa lebih fokus, dalam video diatas para siswa mulai fokus ketika guru tersebut menerangkan atau menjelaskan suatu pelajaran dengan sedikit lebih santai bahkan dengan sedikit permainan dengan cara seperti itu para siswa lebih senang untuk menyimak pelajaran yang disampaikan karena tidak membosankan atau cepat jenuh. jadi, bagi saya setiap guru harus memiliki banyak cara untuk membuat para siswa selalu memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan pelajaran dan dapat membuat suasana kelas menjadi lebih hidup agar para siswa tidak cepat jenuh atau bosan dan selalu fokus mendengar atau menyimak pelajaran yang sedang dijelaskan.

  3. Nama : Farhatunnisa
    Nim : 857133234
    UPBJJ : 21/Jakarta
    Pendapat saya mengenai vidio tersebut yaitu , guru harus pintar-pintar mengalihkan fokus belajar anak dari yang tidak tertarik menjadi tertarik , apalagi di pelajaran matematika yang notabene nya anak-anak kurang tertarik , vidio di atas mengajarkan bahwasanya ada banyak cara untuk menarik perhatian anak agar semangat mengikuti pelajaran matematika. sebelum belajar guru bisa memimpin doa lalu dilanjutkan dengan game yang terkait dengan materi pembelajaran hari itu , agar anak-anak memiliki semangat dan ketertarikan dalam belajar matematika dan tidak jenuh.

  4. Menurut saya meteri atau cara yang dipaparkan di video tersebut sangatlah baik untuk menarik perhatian peserta didik,yaitu dengan cara membuat atau memberi alat peraga supaya menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran

  5. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD -S1
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik ym-an yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran.
    Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran

  6. NAMA : Maretta Hangga Putri
    NIM : 877316527
    PRODI : PGSD
    UBPJJ : Malang
    POKJAR : Garum, Blitar

    Berikut hasil analisis saya:
    a. Video terdiri dari 2 bagian. Bagian yang pertama menampilkan suasana kelas yang ramai. Semua siswa saling bermain dan berbicara. Ketika guru masuk kelas, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik. Kegiatan tersebut seperti memberi salam, menanyakan kabar dan apersepsi atau jika dibutuhkan guru juga bisa melakukan warming up seperti memberikan permainan-permainan sederhana untuk lebih menarik minat siswa belajar. Selain kegiatan pendahuluan yang terkesan “masuk kelas – ngajar – selesai” tanpa mempedulikan siswa paham atau tidak, penampilan guru tersebut juga jauh dari kata tegas, sopan dan rapi. Hal ini terlihat dari pakaian yang dikenakan berantakan, sebagian dimasukkan dan sebagian dikeluarkan, alas kaki yang seharusnya dipakai adalah sepatu bukan sandal. Gaya berbicara dan intonasi pun terkesan sangat datar dan tidak bersemangat. Karena hal-hal inilah siswa tidak tertarik pada pembelajaran.
    b. Bagian yang kedua, guru sudah melakukan hal yang tepat dalam menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih mudah memahami materi. Adanya pengucapan salam, ice breaking berupa tepuk untuk menarik perhatian siswa, , adanya apersepsi, penggunaan benda-benda di sekitar atau real things (jeruk dan baterai) yang berguna untuk memudahkan siswa memahami materi, mengajak siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran (membilang bersama-sama dan mencari benda lain kemudian menceritakan tentang benda tersebut), dan yang terakhir adalah memberikan penguatan berupa pujian.

  7. NAMA : Maretta Hangga Putri
    NIM : 877316527
    PRODI : PGSD
    UBPJJ : Malang
    POKJAR : Garum, Blitar

    Hasil analisis video pada portal GPO.
    Video 1: Menarik pembelajaran siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas 1
    a. Video terdiri dari 2 bagian. Bagian yang pertama menampilkan suasana kelas yang ramai. Semua siswa saling bermain dan berbicara. Ketika guru masuk kelas, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik. Kegiatan tersebut seperti memberi salam, menanyakan kabar dan apersepsi atau jika dibutuhkan guru juga bisa melakukan warming up seperti memberikan permainan-permainan sederhana untuk lebih menarik minat siswa belajar. Selain kegiatan pendahuluan yang terkesan “masuk kelas – ngajar – selesai” tanpa mempedulikan siswa paham atau tidak, penampilan guru tersebut juga jauh dari kata tegas, sopan dan rapi. Hal ini terlihat dari pakaian yang dikenakan berantakan, sebagian dimasukkan dan sebagian dikeluarkan, alas kaki yang seharusnya dipakai adalah sepatu bukan sandal. Gaya berbicara dan intonasi pun terkesan sangat datar dan tidak bersemangat. Karena hal-hal inilah siswa tidak tertarik pada pembelajaran.
    b. Bagian yang kedua, guru sudah melakukan hal yang tepat dalam menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih mudah memahami materi. Adanya pengucapan salam, ice breaking berupa tepuk untuk menarik perhatian siswa, , adanya apersepsi, penggunaan benda-benda di sekitar atau real things (jeruk dan baterai) yang berguna untuk memudahkan siswa memahami materi, mengajak siswa ikut serta aktif dalam pembelajaran (membilang bersama-sama dan mencari benda lain kemudian menceritakan tentang benda tersebut), dan yang terakhir adalah memberikan penguatan berupa pujian.

  8. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel
    Prodi : PGSD -S1
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik ym-an yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran.
    Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran

  9. Nama: FEBRIYANI
    Nim: 856979666
    Prodi: PGSD-S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar: Baradatu

    Dari video yang saya simak di atas menjelaskan bahwa bagaimana cara menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung dan juga membuat peserta didik tertarik akan pembelajaran yang dilaksanakan.
    Seperti yang dilakukan oleh pendidik yaitu dengan menggunakan media-media yang menarik,model pembelajaran yang asik dan menyenangkan. Selain daripada itu kita juga bisa menggunakan media kertas atau barang-barang bekas yang kita manfaatkan kita buat sebuah kerajinan yang menarik dan warna-warni sehingga anak-anak tertarik dan fokus dalam kegiatan belajar. Sulitnya mengajar di dalam kelas rendah yaitu kelas 1 ketika mereka tidak fokus dalam belajar atau proses pembelajaran berlangsung perlu dukungan atau strategi yang kuat untuk memberikan rasa semangat atau giroh untuk belajar. Kita sebagai pendidik juga bisa menggunakan atau mengajak anak-anak untuk bereksplor yaitu belajar secara outdoor di luar kelas jadi dengan demikian anak-anak jadi lebih rileks santai dan juga tidak membosankan atau tidak terlalu monoton. Terimakasih…

  10. NAMA : DITA APRILIA
    NIM: 857000209
    UPBJJ UT JAKARTA
    KELAS: 6A

    Pada video ini berisi tentang seorang Pak Guru yang berusaha untuk menarik perhatian peserta didik pada materi pelajaran yang diberikan. Akan tetapi pakaian yang dikenakan guru tersebut kurang rapi sehingga tidak menarik perhatian siswa. Cara Pak guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi dengan membilang, pada video tersebut terlihat saat Pak guru menggabungkan permainan seperti tepuk dan mengajak tanya jawab dengan peserta didik yang sesuai dengan materi,sehingga peserta didik memperhatikan guru. Pak guru menggunakan benda konkret
    Pada video tersebut Pak guru menggunakan benda konkret, seperti menjelaskan kepada peserta didik tentang pengurangan pada buah jeruk dan menggunakan contoh benda-benda yang ada di sekitarnya.
    Pak guru memberi penguatan
    Pada video tersebut Pak guru memberi penguatan menggunakan contoh lain sebagai penguatan materi berhitung, misalnya roda kendaraan mobil dan motor.

Leave a Reply