silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Titin Kartika Sari
Nim : 857449257
Pokjar : Tasikmalaya Kota
Assalamualaikum Wr Wb
Izin menanggapi cuplikan video diatas🙏, menurut pendapat saya , disini guru kurang persiapan, baik persiapan diri ( penampilan) dan persiapan pembelajarannya. Penampilan seorang guru sangatlah penting, body language guru sebagai sugesti positif bagi anak, alangkah baiknya persiapan mental dan fisik guru diperhatikan, selain itu tidak terlihat persiapan pembelajaran yang matang, dalam pembelajaran perlu adanya kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara tertib /beraturan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Sekian tanggapan video dari saya, mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Nama: Alzahara Fitri
Nim: 856593579
UPJJ: Jambi
Pokjar: Kerinci
Judul: Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.
Kelebihan :
bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi
Kekurangan :
diawal video bapak guru berpakaian yang tidak rapi baju dikeluarkan dan menggunakan sendal kesekolah untuk mengajar membuat siswa juga bersemangat untuk memperhatikan gurunya didepan.
Hal Unik:
bapak guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali dengan membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.
Nama : Titin Kartika Sari
Nim : 857449257
Pokjar : Tasikmalaya Kota
Assalamualaikum Wr Wb
Izin menanggapi cuplikan video diatas🙏, menurut pendapat saya , Bapak guru dalam video tersebut tidak ada persiapan pembelajaran yang matang, dalam pembelajaran perlu adanya kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara tertib /beraturan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Sekian tanggapan video dari saya, mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Nama : Titin Kartika Sari
Nim. : 857449257
Pokjar : Tasikmalaya Kota
Assalamualaikum wr wb, izin menanggapi video GPO FKIP UT seri pembelajaran matematika dengan tema “Menarik Perhatian Siswa”.
Menurut pendapat saya bapak guru yang ada pada video tersebut kurang mempersiapkan diri dalam pembelajaran. Perlu kita ketahui bahwa dalam pembelajaran itu ada tiga kegiatan diantaranya kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara berurutan agar terciptanya tujuan pembelajaran. Pada video tersebut bapak guru langsung pada inti pembelajaran sehingga siswa tidak terkondisikan dengan sempurna. Tapi saya apresiasi kepada bapak guru yang sudah menyambungkan kehidupan sehari-hari dengan pelajaran yang mau diajarkan, dengan menanyakan terlebih dahulu kepada siswa ke sekolah mereka naik mobil atau motor yang harus dijawabnya berapa jumlah ban motor dan mobil tersebut itu sudah menandakan keterkaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Hanya itu yang bisa saya tanggapi pada video tersebut terima kasih. Assalamualaikum wr wb
Nama : Fitri Andriani
Nim : 855856377
menarik perhatian siswa
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut ialah
1. Reaksi anak diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.
2. kelemahan guru dalam video tersebut yaitu kurangnya persiapan dalam pembelajarannya. persiapan pembelajaran yang matang, dalam pembelajaran perlu adanya kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
3. Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi
4. membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar
5. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya kita memulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara tertib /beraturan agar tercapainya tujuan pembelajaran.
NAMA: TARISA RINANDA PUTRI
NIM: 856759846
UPJJ: PALEMBANG
POKJAR: GELUMBANG
JUDUL: MENARIK PERHATIAN SISWA
REAKSI
-Siswa yang awalnya kurang memperhatikan guru akhirnya memberikan respon yang baik
KEKURANGAN
-Kurangnya alat peraga dalam pembelajaran
KELEBIHAN
-Guru sudah berinteraksi baik (akrab) dengan siswa
Hal Unik
-Siswa masih bermain ketika guru sudah berada di kelas
-USULAN/SOLUSI
Memperbanyak alat peraga dan media pembelajaran supaya lebih menarik perhatian siswa
Nama : Siti Rosita
NIM :858908172
Pokjar : Genteng A
Seri Pembelajaran SD : Menarik Perhatian Siswa
Pada video tersebut terlihat seorang guru sedang masuk kelas dalam keadaan siswa yang ramai dengan pakaian tidak rapi dan tidak mempersiapkan langkah-langkah untuk mengajar. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah penampilan dan persiapan mental untuk mengajar. Pada kegiatan pembelajaran jika seorang guru ingin menarik perhatian siswa harus menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa atau membuat pembelajaran semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan ice breaking. Dan harus menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tepat.
Pada video tersebut cara menarik perhatian siswa sudah tepat yaitu menggunakan media/bahan disekitar dan tidak hanya dengan ceramah saja. Tetapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan cara berpenampilan guru yang kurang tepat.
Nama : Siti Rosita
NIM :858908172
Pokjar : Genteng A
Pada video tersebut terlihat seorang guru sedang masuk kelas dalam keadaan siswa yang ramai, guru tersebut dengan pakaian yang tidak rapi dan tidak mempersiapkan langkah-langkah untuk mengajar. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah penampilan dan mental untuk mengajar. Pada kegiatan pembelajaran jika seorang guru ingin menarik perhatian siswa harus menggunakan metode yang sesuai karakteristik siswa atau membuat pembelajaran semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan ice breaking. Dan harus menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tepat.
Pada video tersebut dalam hal menarik perhatian siswa sudah tepat yaitu menggunakan media/bahan disekitar dan tidak hanya dengan ceramah, tetapi rancangan pelaksanaan pembelajar dan cara berpenampilan guru yang kurang tepat.
Nama : Yuli Ayunda
Nim : 855856789
Dapat disimpulkan dalam video tentang ” Kesulitan menarik perhatian siswa” bahwa yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk menarik perhatian siswa jika kelas dalam kondisi tidak terkendali jangan hanya menyuruh siswa untuk diam dengan hanya mengatakan diam,tetapi juga bagaimana menarik perhatian mereka dengan cara yang berbeda.Dalam vidio tersebut untuk menarik perhatian siswa bisa dengan mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan menghitung benda-benda yang ada di sekitar dan juga tidak lupa untuk memberikan respon atau apresiasi terhadap apa yang mereka lakukan.
NAMA. : HUSNUL KHATIMAH
NIM. : 8591535611
setelah saya menonton video tersebut saya melihat guru memasuki kelas dengan penampilan yang kurang rapi, dan ketika menyapa siswa nya juga seperti kurang bersemangat jadi mungkin saja itulah pnyebab siswa yang masih bermain2 atau mengabaikan guru tersebut akan tetapi di lain waktu gury tersebut mengubah metodenya yang semulanya siswa kurang minat mengikuti pelajaran nya malah terlihat lebih bersemangat terlebih guru tersebut membawa alat peraga. Melakukan ice breaking. Jadi kesimpulan nya adalah skill menarik perhatian siswa yang harus di miliki oleh guru benar adanya karena jika kita tidak bisa menarik perhatian mereka maka yang akan terjadi hanyalah mereka akan sulit untuk fokus ke pembelajaran