silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : maimunah AB
    Nim. : 856593769
    Judul : menarik perhatian siswa
    Izin saya memberi komentar
    Setelah melihat vidio tersebut terlihat suasana kelas yang ribut dan anak asik dengan permainan mereka dan saat pak guru masuk tidak di hiraukan.
    Pakaian yang pak guru gunakan kurang rapi dan memakai sandal itu pakaian yang tidak semestinya . Dan awal pembelajaran tidak ada doa. menyanyikan lagu wajib nasional dan mengabsen anak_anak . Tetapi pak guru dapat membuat anak_ anak memperhatikan nya .dengan cara yang cukup menarik sehingga kelas yang ramai seperti pasar menjadi suasana belajar yang menarik dan tujuan dari pembelajaran hari itu tercapai .demikian komentar saya terima kasih.

  2. Nama: ASRI SITI NURBAYA, S.Pd

    Nim: 859801643

    UPJJ: MEDAN

    Pokjar: LABUHANBATU UTARA (LABURA)

    Judul: Menarik Perhatian Siswa

    Ijin menaggapi isi vidio diatas, menurut pendapat saya setelah menonton vidio tersebut yaitu :

    Reaksi:
    diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.

    Kelebihan :
    bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi

    Kekurangan :
    diawal video bapak guru berpakaian yang tidak rapi baju dikeluarkan dan menggunakan sendal kesekolah untuk mengajar membuat siswa juga bersemangat untuk memperhatikan gurunya didepan.

    Hal Unik:
    bapak guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali dengan membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar

    Tindak Lanjut/Solusi
    sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.

  3. Nama: ASRI SITI NURBAYA, S.Pd
    Nim: 859801643
    UPJJ: MEDAN
    Pokjar: LABUHANBATU UTARA (LABURA)
    Judul: Menarik Perhatian Siswa

    Ijin menanggapin vidio di atas, menurut pendapat saya setelah menonton dan mengamati vidio di atas :
    Reaksi:
    diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.

    Kelebihan :
    bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi

    Kekurangan :
    diawal video bapak guru berpakaian yang tidak rapi baju dikeluarkan dan menggunakan sendal kesekolah untuk mengajar membuat siswa juga bersemangat untuk memperhatikan gurunya didepan.

    Hal Unik:
    bapak guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali dengan membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar

    Tindak Lanjut/Solusi
    sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.

  4. Nama: ASRI SITI NURBAYA, S.Pd
    Nim: 859801643
    UPJJ: MEDAN
    Prodi : PGSD – S1
    Pokjar: LABUHANBATU UTARA (LABURA)
    Judul: Menarik Perhatian Siswa
    Ijin menanggapin vidio di atas, menurut pendapat saya setelah menonton dan mengamati vidio di atas :
    Reaksi:
    diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.
    Kelebihan :
    bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi
    Kekurangan :
    diawal video bapak guru berpakaian yang tidak rapi baju dikeluarkan dan menggunakan sendal kesekolah untuk mengajar membuat siswa juga bersemangat untuk memperhatikan gurunya didepan.
    Hal Unik:
    bapak guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali dengan membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar
    Tindak Lanjut/Solusi
    sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.

  5. Nama : Silvi Afriyani
    Nim : 856056369
    Upbjj : Ut Medan
    Pokjar Asahan
    Pada vidio awal, reaksi atau respon siswa kepada guru tidak bagus siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran.
    Setelah proses pembelajaran diubah
    Siswa lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran berikut, terlebih lagi guru yng menggunakan metode proses pembelajaran yang kreatif dengan cara mengajar yang kreatif siswa lebih mudah memahami materi selanjutnya,guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang,memberikan contoh langsung dengan bendah,sesuatu yang disiapkan,dan meminta siswa melakukan hal Yang sama

  6. Nama : Ira Suhesti
    Nim : 855856535
    Kelas : A-PGSD (Akpmm)
    Pokjar : Labuhanbatu Utara
    Upbjj UT : Medan
    1. Pada video awal guru tidak menggunakan intonasi yang benar dalam membacakan berita
    sehingga siswa tidak fokus dalam menyimak. Guru juga membiarkan siswa tidak fokus dalam
    menyimak sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yg diberikan oleh guru. Sehingga
    siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yg di berikan oleh guru.
    2. Dalam menyimak guru harus memfokuskan siswa dan memberikan perhatian, agar siswa
    tersebut memahami apa yg mereka simak, dalam hal menyimak guru menyampaikan nya
    dengan cara yg efektif dan menarik, dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan
    siswa dan juga penyampaian guru degan cara yang menarik siswa akan lebih fokus dan mudah
    di pahami oleh siswa tersebut.
    3. Guru sudah mempersiapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga
    siswa dapat menyimak berita tersebut. Menyimak tidak hanya mendengarkan melainkan juga
    harus menulis apa yang sudah di dengar sehingga siswa dapat fokus dalam menyimak. Apabila
    siswa menyimak dan menulis maka mereka akan dapat memahami apa yang mereka simak.
    Sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar. Mempersiapkan kelas yang
    kondusif sangat penting agar siswa dapat menyimak materi pelajaran dengan
    4. Guru tidak melakukan apersepsi, Guru juga tidak memberikan penguatan materi dan penguatan
    kesimpulan
    5. (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet
    sama sekali)
    Adapun upaya yang dapat di lakukan guru diantaranya guru harus mengunakan metode
    pembelajaran yang bervariasi yang dapat menarik minat dan perhatian siswa agar siswa lebih
    fokus ketika mendengarkan soal cerita. Selain itu guru juga dapat mengunakan media
    pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran

  7. Nama : Anita Fitriana
    NIM : 857731795

    Kelas yang berisik atau tidak kondusif bisa mengganggu proses pembelajaran. Saya sarankan untuk membangun aturan jelas dan konsisten mengenai perilaku di kelas, serta menggunakan teknik pengelolaan kelas yang efektif untuk mempertahankan keteraturan. Terkait kurangnya persiapan dalam pembelajaran, penting untuk memberikan dukungan dan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan persiapan mereka, serta mendorong mereka untuk mengembangkan rencana pelajaran yang relevan dan menarik. Mengenai guru yang tidak menggunakan sepatu, mungkin ada kebijakan sekolah atau kode etik yang harus diikuti. Saya menyarankan untuk mengingatkan guru akan pentingnya menjaga penampilan profesional di depan siswa dan mencari solusi yang sesuai dengan kebijakan sekolah.

  8. Nama : Anita Fitriana
    NIM : 857731795

    Kelas yang berisik atau tidak kondusif bisa mengganggu proses pembelajaran. Saya sarankan untuk membangun aturan jelas dan konsisten mengenai perilaku di kelas, serta menggunakan teknik pengelolaan kelas yang efektif untuk mempertahankan keteraturan. Terkait kurangnya persiapan dalam pembelajaran, penting untuk memberikan dukungan dan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan persiapan mereka, serta mendorong mereka untuk mengembangkan rencana pelajaran yang relevan dan menarik. Mengenai guru yang tidak menggunakan sepatu, mungkin ada kebijakan sekolah atau kode etik yang harus diikuti. Saya menyarankan untuk mengingatkan guru akan pentingnya menjaga penampilan profesional di depan siswa dan mencari solusi yang sesuai dengan kebijakan sekolah.

  9. Nama: Sugi Yanto
    Nim:855863555
    Pokjar:labusel
    Menurut saya
    diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut oleh bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya fokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.

  10. Nama : Ayu andira
    NIM : 877528088
    Pokjar : simalungun

    Assalamualaikum wr wb, izin menanggapi video GPO FKIP UT seri pembelajaran matematika dengan tema “Menarik Perhatian Siswa”.
    Menurut pendapat saya bapak guru yang ada pada video tersebut kurang mempersiapkan diri dalam pembelajaran. Perlu kita ketahui bahwa dalam pembelajaran itu ada tiga kegiatan diantaranya kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara berurutan agar terciptanya tujuan pembelajaran. Pada video tersebut bapak guru langsung pada inti pembelajaran sehingga siswa tidak terkondisikan dengan sempurna. Tapi saya apresiasi kepada bapak guru yang sudah menyambungkan kehidupan sehari-hari dengan pelajaran yang mau diajarkan, dengan menanyakan terlebih dahulu kepada siswa ke sekolah mereka naik mobil atau motor yang harus dijawabnya berapa jumlah ban motor dan mobil tersebut itu sudah menandakan keterkaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Hanya itu yang bisa saya tanggapi pada video tersebut terima kasih. Assalamualaikum wr wb

Leave a Reply