silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nova Angelina Nainggolan
NIM : 846040676
Pokjar : Tapteng
Dari vidio tersebut diatas kita dapat melihat bagaimana kesiapan seorang guru pada saat mengajar sangat mempengaruhi suasa didalam kelas.
Dalam vidio pertama terlihat guru yang kurang persiapan ketika ingin memulai pembelajaran, dan kurang nya kerapian berpakaian guru tersebut, sehingga tidak menarik perhatian para siswa dan terkesan membosankan.
Tetapi dalam vidio yang kedua terlihat jelas perbedaan suasana kelas ketika guru masuk dengan berpakaian rapi dan mengajar lebih semangat. Mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa melakukan yel-yel atau tepuk tangan dapat meningkatkan semangat siswa dan siswa tidak mudah merasa bosan.
Penggunaan alat peraga seperti buah jeruk, pada saat materi pengurangan seperti vidio yang kedua juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan memudahkan siswa untuk berpikir ketika menggunakan contoh-contoh yang ada disekitar siswa dan kegiatan sehari-hari siswa..
Nama: Sofia Tambun
Nim: 856053238
UPBJJ: Medan
Kesulitan Menarik Perhatian siswa”
menurut pendapat saya dalam vidio tersebut guru kurangnya mempersiapkan persiapan dalam pembelajaran dan dari segi kerapian guru kurang mempersiapkan dirinya akan mencontohkan kedisiplinan dan kerapian. pada awal masuk kelas guru kurang menarik dalam mengondisikan siswa didalam kelas sehingga siswa tidak ada perhatian saat guru memberi salam.
Kekurangan guru dalam video tersebut yaitu kurang nya persiapan dalam pembelajaran.
Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu guru membuat yel-yel, dan tidak marah ketika anak didik nya tidak memperhatikannya dalam belajar
Nama: PUTRI
Nim : 858422491
Judul: kesulitan Menarik Perhatian Siswa
Analisis Vidio
Video 1:
Terlihat sekali kurangnya kesiapan guru dalam mengajar baik dari penampilan , dan pengkondisian kelas yang menyebabkan kondisi kelas menjadi ricuh dan pembelajaran menjadi tidak efektif hal ini akan berpengaruh pada fokus belajar siswa karena siswa kurang memperhatikan guru.
Video 2:
Guru memiliki penampilan yang menarik, guru menarik perhatian dengan menggali pengetahuan dan pengalaman siswa, dengan mimik yang menyenangkan membuat perhatian siswa tepusat pada guru ( student center)
Nama : Ahmad Ghufron
Nim : 856982507
Upbjj : UT Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Judul Video :Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.
Nama: Sumlasteri
Nim: 8555737436
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
POKJAR : BARADATU
JUDUL : MENARIK PERHATIAN SISWA
Menurut pendapat saya terhadap video diatas
Reaksi siswa : Reaksi siswa pada saat di awal video kebanyakan siswa yang ribut di kelas, banyak bermain dan malas dalam belajar , dikarenakan pembelajaran yang menonton dan tidak menarik
Kelemahan : kurangnya keterlaluan siswa ,penggunaan metode pengajaran yang efektif atau kurang alat permainan edukatif yang menari
Kelebihan: Guru sudah menggunakan alat peraga dalam bembelajaran perhitungan seperti pengurangan dengan menggunakan buah jeruk.
Hal hal unik : Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.seperti penggunaan alat permainan yang edukatif
Tindak lanjut : penggunaan metode pengajaran yang lebih bervariasi,penggunaan alat permainan edukatif yang lebih menarik dan peningkatan kualitas materi pembelajaran.
Nama : Lusiana Savara
Nim : 858703237
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Mangga-BOJONEGORO
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi
Nama : Lusiana Savar
Nim : 858703237
UPBJJ: Surabaya
Pokjar : Mangga – Bojonegoro
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi
Nama : Veny Istia
NIM :856982926
Kelas: B PGSD SEMESTER 8
” Dari vidio yang sudah di sediakan ada permasalahan awal yang mungkin biasanya terjadi karena guru belum mempersiapkan sapaan awal dengan baik sehingga siswa tidak tertarik dan mendengarkan guru. Guru juga tidak memperhatikan kesiapan siswa dalam memulai belajar dan langsung untuk belajar sehingga siswa tidak fokus, guru juga tidak mempersiapkan metode pembelajaran dan media pembelajaran. Dan pada vidio selanjutnya guru mulai menggunakan sapaan dengan baik sehingga siswa bisa tertarik dan memperhatikan guru. Guru juga menggunakan media buah buahan untuk bahan ajar, sehingga siswa sangat tertarik dalam belajar”
Nama : Lusiana Savara
Nim : 858703237
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Mangga – Bojonegoro
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi
Nama : Lusiana Savara
Nim : 858703237
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Mangga – Bojonegoro
Judul Video : Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
Diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan kondisi kelas sangat tidak kondusif, karena cara guru menyapa peserta didik tidak terlihat ceria dan cenderung datar dan penampilan guru yang tidak rapi. Tetapi pada tayangan berikutnya penyapaan guru pada peserta didik dilakukan dengan kegiatan apersepsi yang dapat menarik perhatian siswa.
Kelebihan :
Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru sigap merubah cara menyapanya agar diawal pembelajaran membuat anak-anak bersemangat untuk belajar. Dan cara belajar yang mengeksplor
Kekurangan :
Pada awal video guru tidak berpakaian dengan rapi dengan bentuk sisi baju yang dikeluarkan satu atau sebelah dan guru menggunakan sendal kesekolah.
Hal Unik:
Guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali karena diawal kegiatan pembelajaran dilakukan apersepsi kepada siswa.
Tindak Lanjut/Solusi:
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi