silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Indira Veronica
    NIM : 856458712
    Kekurangan :
    Di awal video memperlihatkan bahwasannya guru belum siap untuk mengajar di kelas yaitu dengan diperlihatkannya pakaian guru yang tidak rapi dan memakai sendal. Siswa ribut dan tidak memperhatikan guru saat masuk kelas, membuka pelajaran dan saat pelajaran dimulai.
    Kelebihan :
    Di video selanjutnya memperlihatkan guru sudah memakai baju yang rapi dan sopan dan sudah bisa menarik perhatian dan bahkan mengajak anak interaktif di dalam mengikuti pelajaran. akan tetapi, masih ada beberapa siswa yang masih belum aktif dan belum memperhatikan guru.
    Hal unik :
    Guru menggunakan media belajara berupa jeruk sehingga siswa antusias mengikuti arahan guru
    indak lanjut / Solusi
    Sebaiknya guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan juga supaya guru lebih pandai di dalam membuka pelajaran misalnya dengan berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan juga supaya lebih pandai agar siswa bisa lebih fokus dan aktif di dalam pelajaran.

  2. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    UPBJJ: Batam
    Judul: ‘Menarik Perhatian Siswa”

    Menurut saya pada vidio diatas, anak tidak begitu memperhatikan proses mengajar pada guru tersebut dan banyak siswa yang tidak begitu bersemangat di kelas karna guru tersebut kurang aktif dalam mengajar.
    dan guru tersebut kurang rapi pada saat masuk ke kelas dalam berpakaian.

  3. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    UPBJJ: Batam
    Menurut saya, Pengamatan saya setelah melihat vidio pembelajaran diatas adalah sebagai seorang guru hendaknya memperhatikan penampilan dan kerapian dalam berpakaian saat mengajar, karena kerapian guru saat mengajar itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar dikelas. kemudian saat memulai pembelajaran hendaknya guru menunjukkan ekspresi atau mimik wajah yang ceria dan menyenangkan agar kelas dapat dimulai dengan baik dan kondusif serta peserta didik dapat fokus pada guru yang ada di depan kelas, salah satu cara memulai kelas yang menyenangkan guru dapat memulai dengan ice breaking yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
    Dalam pembelajaran matematika kelas 1 peserta didik akan lebih mudah memahami konsep pembelajaran dengan guru menunjukkan dan menggunakan benda yang konret atau nyata. kemudian mengajak peserta didik berinteraksi secara aktif kepada guru dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. dengan cara melakukan tanya jawab sesuai materi yang telah diajarkan.

  4. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    UPBJJ: Batam

    Video berikut sayang menginspirasi bagi guru kelas satu yang notabene siswanya aktif di dalam kelas, nampak seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran matematika. Pada video guru berusaha dengan melakukan beberapa metode :
    1. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    Contonya menanyakan berapa juamlah ban mobil.
    2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang guru contohkan.
    Guru selalu memberi umpan balik yang positif terhadap jawaban siswa.
    3. Meminta siswa menemukan benda sebagai media berhitung dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya.
    Siswa menghitung hasil pengurangan 5 buah jeruk yang berada di sekitar lingkungan sekolah.

    Sebaiknya dalam video tersebut guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa.

  5. NAMA : JUNIKA VERANI HALOHO
    NIM : 856057489
    UPBJJ : MEDAN

    Menurut saya mengenai video pembelajaran matematika kelas 1 SD dalam klip keduanya sangat membuat anak murid disitu selalu semangat belajar
    seperti kita memasuki kelas harus tersenyum, menanyak naik apa kesekolah ada anak bilang naik mobil dan naik motor disitulah kunci dari suatu pembelajaran yang sangat bagus untuk dicontoh dan disitu si anak murid tidak mudah bosan untuk memulai pembelajarannya

  6. pada vidio pertama tampaknya seorang guru tidak berhasil menarik perhatian siswa saat mengajar. siswa-siswa malah lebih asyik bermain daripada belajar. hal tersebut terjadi karena guru tidak berpenampilan rapi bahkan memakai sendal jepit saat mengajar. Pada vidi pertama juga guru tidak menggunakan alat peraga mengajar sehingga membuat anak-anak jenuh atau bosan belajar. Pengamatan saya setelah melihat vidio pembelajaran diatas adalah sebagai seorang guru hendaknya memperhatikan penampilan dan kerapian dalam berpakaian saat mengajar, karena kerapian guru saat mengajar itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar dikelas. kemudian saat memulai pembelajaran hendaknya guru menunjukkan ekspresi atau mimik wajah yang ceria dan menyenangkan agar kelas dapat dimulai dengan baik dan kondusif serta peserta didik dapat fokus pada guru yang ada di depan kelas, salah satu cara memulai kelas yang menyenangkan guru dapat memulai dengan ice breaking yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. pada proses pembelajaran sebaiknya guru menggunakan alat peraga agar proses pembelajaran menjadi menarik serta tidak membosankan.

  7. Nama : Yusmira Day Anawulang
    Nim : 859263166
    Pada awal video tampaknya seorang guru belum bisa menarik perhatian siswa. Terlihat jelas bahwa guru tersebut kurang rapi dan bahkan memakai sandal jepit serta tidak menggunakan alat peraga mengajar.
    Pada video berikutnya guru tersebut sudah bisa menarik perhatian siswa dengan cara berpakaian rapi, melakukan ice breaking, menggunakan alat peraga serta mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

  8. Nama :Luluk wahyuni
    Nim : 858919683
    Menurut saya kelemahan dari video ini dalam memulai pelajaran masih kurang baik karena pada saat memulai pelajaran guru tidak berdoa terlebih dahulu dan pakain guru masih kurang rapi seperti masih memakai sandal seharusnya guru memberi contoh yang baik dengan berpakain rapi kelebihannya guru sudah menggunakan alat peraga dalam bembelajaran perhitungan seperti pengurangan dengan menggunakan buah jeruk
    Guru sudah bisa menarik perhatian siswa saat masuk ke dalam kelas dengan bertepuk-tepuk tangan
    Adanya kegiatan tanya jawab
    Memberikan contoh tentang perhitungan didalam sekeliling lingkungan.

  9. Nama: Luluk Wahyuni
    Nim :858919673
    Menurut saya dalam video ini kesiapan seorang guru pada saat mengajar sangat mempengaruhi suasa di dalam kelas.
    Dalam video pertama terlihat guru yang kurang persiapan ketika ingin memulai pembelajaran, dan kurang nya kerapian mendandani guru tersebut, sehingga tidak menarik perhatian para siswa dan terkesan membosankan.
    Tetapi dalam video yang kedua terlihat jelas perbedaan suasana kelas ketika guru masuk dengan pakaian rapi dan mengajar lebih semangat. Mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa melakukan yel-yel atau tepuk tangan dapat meningkatkan semangat siswa dan siswa tidak mudah merasa bosan.
    Penggunaan alat peraga seperti buah jeruk, pada saat pengurangan materi seperti video yang kedua juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan memudahkan siswa untuk berpikir ketika menggunakan contoh-contoh yang ada disekitar siswa dan kegiatan sehari-hari siswa..

  10. Nama : Oki Alda Risma Damayanti
    Nim. : 858902505

    Menurut saya vidio pembelajaran diatas. guru harus benar-benar mempersiapkan pembelajaran yang menarik karena pada saat mulai pembelajaran terlihat siswa siswi nya masih bergurau dengan teman sejawatnya oleh karena itu. Guru harus mempunyai kesiapan untuk membuat suasana kelas menyenangkan pada saat pembelajaran. Dividio tersebut dijelaskan kan bahwa guru mengajak siswa siswi nya untuk berinteraksi Untuk mengenal pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan.
    Yang pertama guru mengajak mengeksplorasi dengan membilang
    Yang kedua guru memberikan contoh seperti pada dividio secara langsung.
    Kesimpulannya guru harus membuat pembelajarannya semenarik mungkin agar siswa siswi lebih fokus terhadap pembelajaran.

Leave a Reply