silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Dalam lampiran vidio tersebut, saat guru masuk dalam kelas seluruh siswa tidak memperhatikan presensi guru tersebut. Hal yang harus di lakukan guru pada situasi seperti ini adalah guru harus menarik perhatian siswa, caranya guru mengajak siswa bermain games. Games yang di maksud yaitu, guru menceritakan suatu cerita kepada siswa lalu guru akan memberikan pertanyaan yang menarik harus Siwa tebak jawabannya. Itulah cara yang ampuh untuk guru lakukan saat akan menarik atensi Siwa di kelas.

  2. Dalam cuplikan vidio tersebut, di perlihatkan bahwa presensi guru saat datang tidak di ladeni oleh siswa karena mereka sedang asik bercerita dengan teman sebangkunya. Hal yang harus di lakukan oleh guru tersebut yaitu, guru harus menarik perhatian siswa dengan cara ia akan membuat sebuah games untuk dimainkan oleh siswa dan guru. Salahsatunya guru akan menceritakan sebuah cerita teka-teki, dan memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa untuk mereka tebak jawabannya. Dengan melakukan hal tersebut, akan ada banyak peluang untuk guru mendapatkan perhatian dan minat belajar dari siswa di kelas.

  3. Nama : IMAROTUL HASANAH AHMAD
    NIM : 858927316
    POKJAR : MANGLI
    Kelemahan :
    Pada awal video seorang guru memasuki ruangan dengan keadaan yang kurang siap,dimna guru tersebut hanya
    menggunakan sendal dan mengucapkan salam seadaannya kepada anak muridnya sehingga anak murid tersebut tidak peduli dengan keberadaan guru tersebut.sampai guru tersebut mengeluarkan nada tinggi yang membuat seluruh siswa terdiam.

    Kelebihan:
    Sehingga pada pertengahan video tersebut.Guru cepat menyadari ketika anak didiknya tidak memperhatikan diri nya dengan cepat guru tersebut sigap dan merubah cara menyapanya agar pada awal pembelajaran anak-anak bersemangat untuk belajar.

    Kekurangan :
    Pada awal video seorang guru memasuki ruangan kelas dengan keadaan tidak siap.guru merupakan panutan bagi siswa didiknya akan tetapi pada video tersebut guru berpakaian tidak rapi dengan sisi baju yang di keluarkan satu/sebelah serta menggunakan sendal yang dipakai sehari-hari.

  4. Dari dalam cuplikan vidio diatas dapat kita lihat sesorang guru pada saat memasuki ruang kelas seluruh siswa pada asik bermain sehingga guru tidak mereka perdulikan, yang harus dilakukan oleh guru untuk menyikapi hal tersebut adalah sesorang guru memberikan hal-hal yang menarik kepada siswa agar siswa bisa memperhatikan dan menghargai guru tersebut, dan untuk sesorang guru alangkah baiknya bisa menjaga kerapian berpakaian.

  5. Setelah mengamati video cuplikan di atas,mungkin suatu hal biasa apabila para murid ribut dan asik sendiri,karena memang tidak ada hal yang membuat nya fokus dan tertuju pada 1 hal.Dalam hak ini guru harus bisa menarik perhatian siswa dan mengalihkan fokusnya dari yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau bermain di kelas menjadi fokus terhadap guru yang ada di depannya,dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seperti,teka-teki,bertanya seputar keseharian di rumah,bermain tepuk Pramuka atau hal lainya.Cara ini cukup ampuh karena para siswa akan bisa fokus dalam 1 titik/hal yaitu perintah guru,hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapat kan perhatian para siswa.

  6. Nama : A Rahman
    Nim. : 856467102
    Upbjj : Pekanbaru

    Setelah mengamati cuplikan video di atas,hampir seluruh siswa ribut dan asik bermain sendiri di dalam kelas.hal yang harus di lakukan guru dalam situasi ini adalah dengan cara memberikan sesuatu yang menarik kepada para siswa, seperti mengajak siswa untuk bertanya jawab seputar keseharian siswa/materi, memberikan tanya jawab teka-teki,bermain tepuk Pramuka dan lain sebagainya.Dengan memberi fokus dan perintah kepada para siswa mereka akan berangsu-angsur diam dan fokus terhadap guru yang memberikan perintah kepadanya,tentu hal ini akan membantu para guru yang kesulitan dalam mengontrol para siswa yang ribut dan asik sendiri di kelas,dan masih banyak hal atau cara untuk menarik perhatian dan fokus siswa.Selanjutnya guru bisa menfokuskan siswa untuk memasuki pembelajaran di kelas dan memberikan materi yang di ajarkan.

  7. NAMA : RIZKY ANDILALAH
    NIM : 857002542
    SALUT : WAY TUBA

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut,kita sebagai guru harus bisa menarik perhatian siswa dan mengalihkan fokusnya dari yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau bermain di kelas menjadi fokus terhadap guru yang ada di depannya,karan pengamatan saya anak anak di video tadi banyak yg asik sendiri dan tak fokus,dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seperti,kuis,ice breaking,bertanya seputar keseharian di rumah,hal lainya.metode ini bisa di gunakan karena para siswa akan bisa fokus dalam 1 titik,hal yaitu perintah guru,hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapat kan perhatian para siswa.

  8. Nama : Septa Wulan Dari
    NIM : 877603312
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Prabumulih

    Asalamualaikum. Wr.Wb.
    Setelah saya mengamati vidio diatas, saran dari saya pada saat mengajar Guru harus berpenampilan rapi agar menarik siswa untuk memperhatikan Guru. Sebelum memulai pelajaran Guru hendaknya menciptakan suasana yang kondusif di ruang kelas dengan mengajak siswa berbincang-bincang tentang lingkungan sekitar yang berhubungan dengan tema yang akan dipelajari. Guru juga perlu melakukan ice breaking untuk membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan tidak jenuh.Untuk menarik perhatian siswa Guru perlu mengajar dengan menggunakan media agar siswa tertarik dalam memperhatikan pembelajaran.

  9. Asalamualaikum.Wr.Wb
    Nama : Septa Wulan Dari
    NIM : 877603312
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Prabumulih

    Setelah saya menonton vidio pembelajaran di atas, menurut saya pada saat mengajar Guru harus berpenampilan rapih agar menarik perhatian siswa untuk memperhatikan Guru. Sebelum memulai pelajaran hendaknya Guru menciptakan suasana yang kondusif di ruang kelas dengan mengajak siswa berbincang-bincang tentang lingkungan sekitar yang berhubungan dengan tema yang akan di pelajari hari ini. Guru juga perlu melakukan ice breaking untuk membuat siswa bersemangat dalam belajar dan tidak bosan. Untuk membuat siswa memperhatikan pelajaran guru harus menggunakan media pembelajaran sebagai bahan untuk mengajar agar siswa tertarik dalam memperhatikan pembelajaran.

  10. Dalam cuplikan video tersebut dapat dilihat awalnya guru tersebut masuk kedalam kelas dengan mengucapkan salam seperti biasa,smentara anak-anak murid yang didalam kelas masih asik bermain dan tidak memerhatikan guru tersebut.Dalam hal ini guru harus bisa menarik perhatian siswa dan mengalihkan fokusnya dari yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau bermain di kelas menjadi fokus terhadap guru yang ada di depannya,dengan cara guru memberikan sesuatu hal yang menarik seperti,teka-teki,bertanya seputar keseharian di rumah,bermain tepuk Pramuka atau hal lainya.Cara ini cukup ampuh karena para siswa akan bisa fokus dalam 1 titik/hal yaitu perintah guru,hal ini bisa membantu para guru untuk bisa mengontrol kelas dan juga mendapat kan perhatian para siswa.

Leave a Reply