silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Rosa Inayah
    Nim : 856469027

    setelah melihat tayangan video ini dapat saya simpulkan,memang sebagai seorang pendidik sebelum kita masuk kedalam kelas sudah terlebih dahulu dari rumah kita persiapkan cara membuka kelas agar diminati oleh siswa,begitupun materi yang kita sampaikan harus bisa membuat siswa berminat untuk terus mengikutinya hingga akhir

  2. Nama : Jesica Sihombing
    Nim : 855867427
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : HumbangHasundutan
    Setelah saya tonton videonya, saya dapat menanggapi bahwa penampilan Guru harus Rapi dan bersih yang dimana siswa akan senang melihat Guru tersebut, dan Guru tersebut sebelum masuk harus mempersiapkan diri agar tetap tersenyum dan membuka dengan salam pembukaan

    Sekian tanggapan saya terimakasih🙏

  3. Nama : JUEVANISKE HELDYANA PAMUTRI
    NIM : 857131595
    UPBJJ : POKJAR KALIDERES

    Reaksi anak
    Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan video tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan pembelajaran diawal icebreaking, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk , dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibandingkan dengan teori.

    Kelemahan
    Kelemahan pada video diatas yaitu terlihat diawal video kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.

    Hal-hal unik yang ada di dalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan icebreaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan icebreaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  4. Nama : Ulfatul Lailiyah
    NIM : 858703885

    Pada video pembelajaran SD menarik perhatian siswa terdapat kurangnya guru dalam membangun ikatan dengan siswa, guru cenderung menyampaikan materi dengan cara yang monoton dan kurang asik, sehingga siswa tidak tertarik dengan materi yang diajarkan.
    Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan oleh guru untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran :
    1. Guru harus berinteraksi dengan siswa agar tahu bagaimana karakter setiap siswa, sehingga bisa menggunakan metode yang sesuai.
    2. Melakukan ice breaking berguna untuk menghilangkan kebosanan, keletihan, dan meningkatkan konsentrasi untuk melanjutkan pembelajaran.
    3. Sangkut pautkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan gunakan benda-benda konkret untuk memberi contoh agar siswa lebih paham dengan materi yang dipelajari.

  5. Saya Nila Reky Fitosari, NIM 858919412, Kelas 6B, Pokjar Wuluhan, UPBJJ UT Jember. Setelah memperhatikan video di atas dengan judul ” Kesulitan Menarik Perhatian Siswa” di sesi pertama Guru berpenampilan kurang rapi, dan sapaan / ujaran yang disampaikan kepada siswa kurang tegas dan jelas. Tak hanya itu, guru tidak menarik perhatian siswa, tidak berdo’a dan tidak melakukan apersepsi. Akibatnya siswa tidak mendengar apa yang disampaikan oleh guru, dan memilih menyibukkan diri dengan kegiatan lain. Hal tersebut menjadi kelemahan awal video. kemudian selanjutnya di sesi kedua, Guru berpenampilan rapi, suaranya lugas, melakukan apersepsi, bertanya kepada masing-masing siswa yang duduk di bangku depan, tengah hingga sudut sudut ruang. sehingga pembelajaran dapat diterima oleh keseluruhan siswa. Guru menerangkan dengan jelas. Hal tersebut menjadi kelebihan. Artinya, sebagai guru, kita harus membuat sebuah Rencana Pembelajaran supaya proses pembelajaran termasuk media, metode dan strategi pembelajaran yang tepat. sehingga apa yang hendak kita sampaikan, tersalurkan sebagaimana tujuan pembelajaran.

  6. NAMA : MYA VINDYA HERVIANI
    NIM: 858920338
    KELAS: 6B WULUHAN
    PROGRAM STUDI : PGSD
    Menurut analisis saya setelah melihat video pembelajaran diatas saya dapat menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari video pembelajaran tersebut.
    Kekurangan : 1. penampilan guru tidak rapi karena saat pembelajaran dikelas menggunakan sandal bukan sepatu. 2. ekspresi guru saat menyapa anak anak terlihat datar, seharusnya guru saat menyapa anak-anak dengan raut wajah yang ceria. 3. pada saat guru menyapa anak anak dikelas asik bermain sendiri tanpa menyadari kehadiran guru.
    Kelebihan : 1. Pada saat guru memberikan Ice Breaking anak anak terlihat memperhatikan dan bersemangat, 2. Guru mengajak para siswa mengeksplorasi secara langsung atau yang ada disekitar saat memberikan materi.

  7. Nama : Faizatus Sika
    Nim : 858718158
    Prodi : PGSD- S1
    Semester : 6 (Enam)
    Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar/ PKM
    UPBJJ : UT-Surabaya, Pokjar Jatirogo

    Menurut analisa saya, dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya agar siswa mampu menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam memberi pembelajaran guru tidak sesuai dengan urut-urutan yang seharusnya ada pendahuluan yang bisa terdiri dari salam, sapa, menanyai kehadiran siswa, apersepsi penyampaian tujuan pembelajaran dan menyinggung materi yang dibahas sebelumnya agar guru bisa mengetahui kesiapan siswa dalam belajar, dilanjut inti pembelajaran dari mapel yang diajarkan dan terakhir penutup yang diakhiri dengan berdoa, dll. Seperti yang kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan refleksi, hanya saja seharusnya guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda yang dimaksud, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Selain itu hasil pembelajaran akan lebih menjiwai materi yang kami berikan, dan kesan yang ada dalam pikiran siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
    Tidak hanya itu, dalam vidio penampilan guru kurang rapi, seperti guru tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal yang terkesan kumuh. Selain itu pakaiannya yang kurang rajin tampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan memakai metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
    Selain itu, perlu sekali adanya ice breaking pada tiap-tiap pembelajaran agar anak-anak bisa lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran yang ada karena rame/ngomong sendiri bersama teman disekitar, dll.

  8. Nama:Rida aprilia mailanan
    Nim:856995044

    Setelah saya menonton vidio ini dapat saya simpulkan memang sebagian seorang pendidikan sebelum kita masuk ke dalam kls agar tetap tesenyum dan membuka dengan pembukaa dan salam dan penutup.

  9. Nama:Rida aprilia mailana
    Nim:856995044

    Setelah menonton vidio ini dapat saya simpulkan , memang sebagian seorang pendidik sebelum kita masuk ke dalam kls agar tetap senyum, dan mebukak dgn salam dan penutup.

  10. NAMA : LAURA ERLINDA
    NIM : 856473106
    UPBJJ : POKJAR RENGAT
    Baik,setelah saya melihat/menonton video di atas, saya dapat memberi komentar bahwa penampilan Guru harus Rapi,dan yang dimana siswa akan senang melihat guru itu, dan juga guru tersebut sebelum memasuki kelas harus mempersiapkan diri agar tetap selalu perpesional/tetap tersenyum dan membuka dengan pembukaan
    Mungkin sekian dari saya, terimakasih.

Leave a Reply