silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama Putri Fazira
    NIM 87836939
    melihat video “menarik perhatian siswa” untuk pembelajaran matematika, saya berpendapat :
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? ; menurut saya reaksi siswa antusias dan semangat, walaupun pada video awal anak-anak sempat tidak memperhatikan sang guru, karena penampilan guru yang kurang rapi
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? : menurut saya semua guru tentunya memiliki metode masing-masing dalam mengajar, dalam kasus ini kelemahan guru terdapat diawal pembelajaran, karena guru kurang melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan kegiatan lainnya yang dapat mendukung kegiatan inti pembelajaran
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?; menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tersebut menggunakan media yang sesuai pada saat pembelajaran
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?: menurut saya hal unik yang ditemukan dalam video adalah pada saat guru menyediakan media pembelajaran yang sesuai
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?; menurut saya yang dapat dilakukan oleh sang guru dalam meningkatkan pembelajaran adalah guru hendaknya pada saat awal pembelajaran memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, serta menjelaskan terlebih dahulu tentang konsep berhitung

  2. Assalamualaikum.
    Nama : ANASTASYA WAHYU WIJAYANTI
    NIM : 877966864

    Ijin memberikan komentar dari vidio di atas.
    Untuk dapat memusatkan perhatian siswa terutama pada siswa SD, guru harus menggunakan metode membuka atau mengawali pembelajar dengan cara yang menarik dan bervariasi.
    Seperti dengan menggunakan bahasa yg mudah di fahami anak atau dengan sedikit candaan maka dengan begitu siswa tertarik dan dapat membantu siswa dalam memusatkan perhatian terhadap memperhatikan guru.
    Sebagai guru tentunya kita juga harus menjadi inspirasi bagi anak didik kita, terutama memperhatikan penampilan juga sangat di perlukan dan gaya bahasa kita pada saat berbicara tentunya akan sangat di perhatikan oleh siswa.
    Dan tidak lupa guru harus tetap memperhatikan keadaan siswa, memberikan rasa nyaman dan selalu menunjukan kasih sayang kepada peserta didik agar mereka merasa nyaman pada saat kita melakukan proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

  3. Nama : Ratna Yanti Ndruru
    Nim : 856060921
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Idanogawo
    yang saya amati dalam video di atas saya mengamati reaksi siswa tersebut tidak memperhatikan guru yang masuk didalam kelas nya karna guru langsung masuk dalam proses pembelajaran tanpa melakukan ice breaking dulu terhadap siswa tersebut. Dan didalam video itu juga saya mengamati tidak adanya kesiapan guru dalam mengajar dan masih belum aktif sehingga siswa-siswa merasa pembelajaran yang disampaikan guru tersebut tidak penting.

  4. Nama : Noferius Zai
    Nim : 856061457
    Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
    UPBJJ : Medan
    Menurut pengamatan saya tentang video pembelajaran mengenai menarik perhatian siswa sebagai berikut:
    Kelebihan dalam video pembelajaran yaitu:
    1. Kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan guru dalam video pembelajaran tersebut dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dengan guru memberikan pertanyaan tentang siswa naik apa kesekolah dan bertanya berapa ban mobil mobil dan motor agar terlibat dalam proses pembelajaran sehingga menimbulkan keingintahuan siswa dan partisipasi mereka selama proses pembelajaran berlangsung.
    2. Materi tentang Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang dan dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari mereka sangat membantu siswa untuk mengembangkan kognitif anak sehingga mereka mampu memahami konsep-konsep dasar berhitung.
    3. Guru menggunakan media pembelajarandengan menggunakan benda seperti buah jeruk sehingga mempermudah siswa untuk memahami konsep-konsep dasar arah berhitung dan menarik perhatian siswa dalam berpikir kritis dan terlibat dala proses pembelajaran berlangsung dan media pembelajaran tersebut sangat menarik bagi siswa.
    4. Metode/teknik yang digunakan guru sangat membantu siswa atau mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajari.
    5. Siswa dapat menangkap atau menyerap penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang materi yang sedang dipelajari.
    6. Guru memberikan penguatan dan variasi sehingga siswa merasa dihargai oleh guru maupun orang lain dengan memberikan pujian terhadap respon siswa
    selama proses pembelajaran berlangsung.
    7. Pembelajaran sangat menarik karena guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik.
    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa untuk mengevaluasi pencapain materi pembelajaran.
    Saran Perbaikan menurut saya:
    1. Guru harus memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa untuk mencapai pencapaian siswa terhadap materi yang diajarkan.
    2. Guru harus bersama-sama dengan siswa untuk mengambil kesimpulan pembelajaran yang telah dipelajari.
    Sekian dan terima kasih!!!!

  5. Assalamualikum Wr.Wb
    Nama : Yani Suryani
    NIM : 857457888
    Izin berkomentar
    Dalam Video Pembelajaran Guru sudah mampu memusatkan perhatian anak melalui tepuk-tepukan, karena mempokuskan anak sangat penting untuk mencapai Tujuan Pembelajaran, apalagi untuk siswa kelas satu yang masa peralihan dari TK guru harus kreatif dalam mempokuskan anak, bisa melalui permainan, bernyanyi, gerak badan dan lainnya. dalam media Pembelajaran Guru menggunakan benda sekitar dan mengaitakan dengan pembelajaran, sehingga anak mudah memahami pembelajaran dan membangun hubungan interaksi siswa dengan guru. Namun dalam Pembukaan pembelajaran Guru tidak mengajak siswa untk berdo’a, mengabsen siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

  6. Nama. : Fasha Fadilah
    Nim. : 85745848
    Prodi: S1 PGSD
    Semester 8 UT BANDUNG, Pokjar Garut. Penampilan seorang guru sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi cara siswa merespon dan memperhatikan pembelajaran. Sebagai guru harus bisa menarik perhatian dan konstruksi siswa. Terlebih di kelas 1 dimana kelas yang merupakan kelas peralihan. Dalam vidio ini metode mengajar guru menurut saya sudah baik karena menggunakan media benda kongkret seperti jeruk yang akan memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran yang akan kita ajarkan .

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…
    Nama :AMINAH RAMBE
    NIM : 878255185
    Ijin memberi komentar dari vidio di atas. Dari vidio yang diawal pembukaan blom bisa mendefinisikan guru yang menarik kepada siswanya,dan masih kurang lengkap untuk memulai suatu pelajaran,karena banyak yang harus ditambahi dari awal masuk kekelas belum ada pembukaan,buat icebriking,lalu memulai pelajaran karena setiap memulai pelajaran disetiap lokal berdoa Sebelum belajar baiknya pembukaan,salam,berdoa lalu belajarnya sambil bernyanyi karena ini masih tingkatan SD jadi sebagai guru yang harus bisa menarik siswanya, gurunya harus selalu bahagia dan tersenyum dan juga ramah,sehingga bisa menarik siswanya dalam minat untuk belajar.

  8. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Elnia Nurhayati
    Nim : 877836067
    Izin memberi komentar atau menanggapi terhadap video di atas.

    Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil pembelajaran kedepannya.

    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, bersih dan memakai pakaian ketentuan sesuai SOP pada saat akan masuk kedalam kelas dengan senyuman dan semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang konkrit serta menarik.

  9. Nama:Rabiatul ahliyah nst 878250946
    pada video yang saya amati ialah kurangnya persiapan seorang guru menghadapi murid dikelas dengan memakai baju yang tidak rapi,kusut, memakai sendal, dan langsung menyuruh siswa buku buku tanpa adanya pembuka dengan mengucapkan salam, yang membuat siswa lebih bersemangat belajarnya,seolah olah siswa melihat gurunya pas masuk kelas tidak ada keserius untuk mengajar, pastinya siswa tersebut juga tidak bersemangat saat berlangsungnya proses pembelajarann, seharusnya kita seorang guru perlu sekali merapikan penampilan saat masuk ke kelas krna seorang guru harus memberikan contoh yang bagus kepada anak-anak disekolahh.
    metode yang digunakan sudah tepat dengan tanyak jawab kepad siswa..
    terimakasih.

  10. Assalamualaikum wr…wb….
    Nama : Novia Rahmah
    Nim : 878255035
    Ijin memberi komentar pada vidio di atas,
    menurut saya penampilan menarik sangat penting untuk membuat perhatian siswa berpusat pada guru. Karena guru merupakan Model bagi siswanya. Untuk memulai suatu pelajran. Metode yang di gunakan sudah tepat hanya saja perlu interaksi dengan siswanya dengan cara menyuruh siswa mencoba satu persatu kedepan sehingga suasana kelas menjadi terpusat.

Leave a Reply