silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Rizky Ramadhanti
    NIM : 878364688
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai
    Izin memberi komentar pada video “kesulitan menarik perhatian” diatas.
    Reaksi peserta didik : peserta didik tidak memperhatikan Guru didepan karna beberapa faktor, yaitu guru tidak mengucap salam saat memasuki kelas, tidak menyapa peserta didik, serta berpenampilan berantakan (memakai sendal dan memakai baju yg tidak rapi), guru juga menggunakan bahasa yg tidak sopan (tidak pas) pada video diatas guru menkondisikan kelas dengan kata “heh heh” seharusnya menggunakan kata “anak-anak/ anak bapak”,dsb.
    Kelemahan : -Guru masuk kelas berpenampilan tidak rapi atau tidak menarik
    -Guru menggunakan bahasa yang kurang pas untuk peserta didik
    -Tidak melakukan pijakan awal pembelajaran (mengucapkan salam atau menyapa peserta didik)
    -tidak menunjukkan mimik wajah atau ekspresi yang ceria dan semangat saat memasuki kelas untuk membangun semangat peserta didik.
    Kelebihan : – Menyapa peserta didik saat memasuki kelas menjadi pijakan awal peserta didik memusatkan perhatian/konsentrasi pada Guru.
    – Peserta didik suka menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana dari guru. Seperti pada video yg menanyakan “naik kendaraan apa berangkat ke sekolah?”
    -penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu metode/teknik untuk menarik perhatian peserta didik.
    Hal unik pada video :
    – Guru membuat media pembelajaran dari benda-benda yang sering/biasa dijumpai peserta didik pada kehidupan sehari-hari sehingga tidak memecah konsentrasi peserta didik.
    – Membuat pertanyaan-pertanyaan sederhana yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga peserta didik lebih mudah memahami maksud materi pembelajaran.
    Upaya peningkatan kualitas pembelajaran : – Memperhatikan penampilan sebelum memasuki kelas.
    – menularkan aura yang positif pada peserta didik yaitu selalu ceria dan semangat saat memasuki kelas.
    -Menggunakan bahasa yang pas/sesuai dengan peserta didik sehingga mudah untuk dicerna peserta didik
    -Selalu menggunakan pijakan awal pembelajaran seperti menyapa peserta didik, menanyakan suasana hatinya pada hariini atau sekedar menanyakan “sudah sarapankah kamu pagi ini?”
    -Menggunakan media pembelajaran yg sederhana yang sering ditemui peserta didik pada kehidupan sehari-hari.

  2. Assalamu’alaikum
    Nama : Mifta Rilahuljannah
    NIM : 855770888
    Upbjj : Palembang

    Menurut saya, pada video tersebut menunjukkan bahwa untuk menarik perhatian siswa kita harus berpenampilan rapi terlebih dahulu, kemudian mengajak anak bernyanyi dan bermain (ice breaking) sehingga anak perhatian nya fokus ke kita dan materi.
    Terima kasih

  3. Nama: Nidia Maolida
    NIM: 877836873

    Assalamu’alaikum wr.wb izin menanggapi terkait video diatas, pada awal video guru terlihat seperti kurang mempersiapkan untuk memulai pembelajaran, dilihat dari saat masuk kelas cara berpakaian nya kurang rapi dan langsung memulai pembelajaran tanpa memfokuskan anak terlebih dahulu agar situasi kelas lebih kondusif.
    Sedangkan pada video selanjutnya guru terlihat lebih siap untuk mengawali pembelajaran, rapi dan ceria. Mengawali pembelajaran dengan ice breaking terlebih dahulu untuk memfokuskan dan memberi semangat siswa untuk belajar. Selanjutnya guru bisa mengajak berkomunikasi dengan siswa dengan cara memberikan apersepsi yaitu menghubungkan materi pembelajaran baru dengan pengetahuan, pengalaman dan pemahaman sebelumnya yang dimiliki oleh siswa. Metode dan media pembelajaran yang digunakan juga akan mempengaruhi pemahaman siswa.

  4. NAMA : YANARIA HULU
    NIM : 856060258
    Izin memberi tanggapan…
    1.kelemahan
    Guru tidak berpakaian rapi
    Suasana kelas dalam keadaan ribut
    Guru memulai pembelajaran tanpa berdoa
    2.kelebihan
    Guru memulai kelas dengan menyapa dan buat tepuk tangan
    Guru menjelaskan dengan tepat dan kreatif
    Siswa meresa senang dengan pembelajaran yang disampaikan guru

  5. Izin memberikan pendapat mengenai video tersebut,
    Perkenalkan :
    Nama : Ines Kristina Aritonang
    Nim : 878258539
    Nah, disini saya ingin memberikan pendapat bahwa untuk peserta didik kelas rendah itu memang sulit untuk berkonsentrasi dan fokus dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus mampu menguasai kelas dan minat peserta didik. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran itu sangat baik untuk menarik perhatian minat dan fokus peserta didik dalam kegiatan belajar.
    Dan jika perlu peserta didik turut ikut berperan langsung menggunakan media pembelajaran yang di sediakan oleh guru.
    Terimakasih

  6. Nama: Waniria lahagu.
    Nim: 856061385
    Reaksi anak pada awal pembelajaran anak tidak mengacuhkan guru pada awal kenapa karena guru kurang mampu memusatkan perhatian siswa,dan guru kurang memperhatikan penampilan seorang guru.
    Kelebihan guru dlm vidio tersebut.mampu mengubah metode dengan cara memusatkan perhatian siswa semakin kuat.upaya yg dapat diusulkan,guru harus efektif dan efisien pada pembukaan pembelajaran harus berdoa,dan mengecek kehadiran siswa pada kegiatan inti siswa langsung diarahkan memegang media pembelajaran dan disertakan angka cara penulisannya serta membuat kelompok kecil pada kegiatan penutup harus membenahi siswa dengan memberikan tugas berdasarkan materi.

  7. Nama : Ela Fidiyanti Syaputri
    NIM : 857623635

    Izin memberi komentar terhadap video di atas.

    Dari video pembelajaran diatas, masih ada kekurangan di video tersebut seperti tujuan pembelajaran pada awal pembelajaran belum disampaikan. Pertanyaan pemantik yang diberikan guru sudah cukup menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik terfokus pada guru dan hal tersebut sudah baik karena pada dasarnya pembelajran harus berpihak kepada murid. Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan dari TK ke SD, guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik contohnya guru membawa alat peraga yang menarik dan adanya ice breaking. Ice breaking dapat dilakukan diawal pembelajaran, kelas tindak kondusif, dan di akhir pembelajaran sebagai penutup pembelajaran. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.

  8. Nama: Eka Putri Nilam Sari
    Nim : 856205585
    UPBJJ UT Padang
    Assalamualaikum wr.wb. ijin saya memberikan komentar tentang video seri pembelajaran matematika yang berjudul “Kesulitan Menarik Perhatian”. Dari video diatas dapat dilihat bahwa siswa SD adalah masa peralihan dari masa PAUD yang mana menarik perhatian siswa dalam pelajaran guru harus memiliki teknik atau strategi yang menarik supaya siswa dapat tertarik untuk mengikuti pelajaran. Dilihat dari skenario yang pertama guru hanya memulai pelajaran dengan cara biasa sehingga siswa tidak merasa tertarik untuk memperhatikan gurunya, mereka tetap sibuk bermain dengan teman-temannya. Pada skenario kedua guru mencoba mengajak siswa untuk mengeksplorasi, mencoba memberikan contoh langsung, dan meminta siswa melakukan hal yang sama, sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran. Jadi dari video diatas dapat disimpulkan bahwa, ada beberapa cara untuk menarik perhatian siswa untuk belajar, diantaranya :
    1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang
    2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan
    3. Meminta siswa menemukan benda lainnya menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

  9. Assalamualaikum W. Wb
    Nama : Gilang Ramadhan
    Nim : 859865843
    Izin memberi komentar terhadap video di atas.

    Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.

    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya.

  10. NAMA : Gilang Ramadhan
    NIM : 859865843
    Pokjar: Binjai

    1. Reaksi : pada awal pembelajaran nampak anak tidak kondusif dan kurang mau memperhatikan bapak, tapi bapak tidak menyerah dengan melakukan ice breaking anak-anak mulai mengalihkan perhatiannya pada pembelajaran yang akan dilakukan.
    2. kelebihan : bapak bisa mengendalikan kelas yang awalnya tidak kondusif menjadi kondusif, dan bapak juga menerangkan pembelajaran dengan menggunakan contoh yang ada di kehidupan anak sehari-hari yang dapat memudahkan anak memahami apa yang bapak guru terangkan dan juga bapak guru juga membawa media yang nyata yang dapat membuat anak untuk berhitung.
    3. kelemahan : mungkin bisa ditambah dengan pembukaan dengan salam dan menanyakan kehadiran siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di lakukan.
    4. hal unik : pak guru menggunkana buah jeruk sebagai media, menurut saya itu adalah unik, biasanya guru menggunakan media gambar tapi pak guru langsung membawa media yang mana media tersebut akan lebih efektif di bandingkan gambar.
    5. solusi : sedikit tambahan di segi awal mengajar juga di segi pakaian, sebaiknya guru yg baik harus bisa berpakaian yang rapi, ada baiknya pak guru memakai sepatu, karna biasanya anak akan meniru kebiasaan gurunya

Leave a Reply