silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
NAMA : LATIFATUL MUAWWANAH
NIM : 858943525
UPBJJ-UT : JEMBER
PRODI : S1-PGSD
Menurut pendapat saya dalam menanggapi video diatas yang berjudul menarik perhatian siswa, terdapat beberapa hal yang perlu di perbaiki. Pertama, mengenai kesiapan guru dalam mengajar terutapa dalam hal kerapian guru, akan menjadi hal yang tidak menarik jika tidak diperhatikan dengan baik. kemudian, guru perlu mengkondisikan kelas terlebih dahulu sampai siswa siap sebelum menyampaikan materi. selain itu penggunaan alat peraga juga menjadi hal yang pentik untuk menarik perhatian siswa, guru juga perlu mengajak siswa dalam kegiatan ice breaking, serta mengeksplor benda di sekitar yang ada kaitannya dengan materi. Sehingga pembelajaran akan menjadi lebih konkrit dan menarik.
Assalamualaikum izin menganggapi
Nama : Sri maulidia
NIM : 857147389
Dari video di atas seharus nya guru bisa lebih rapih dalam berpenampilan, dan sebelum pembelajaran di mulai sejarus nya di awali dengan membaca do’a.
Menarik perhatian siswa adalah kunci dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Strategi yang bisa digunakan:
Gunakan Metode Interaktif: Aktivitas yang melibatkan siswa secara langsung, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, atau kuis interaktif, dapat membantu mereka tetap fokus dan tertarik pada materi.
Variasi dalam Penyampaian: Gunakan variasi dalam cara mengajar, seperti video, gambar, atau demonstrasi langsung. Hal ini akan menghindarkan kejenuhan.
Hubungkan dengan Kehidupan Nyata: Ketika materi yang diajarkan dapat dikaitkan dengan situasi nyata yang mereka alami atau sukai, siswa lebih mungkin untuk tertarik dan memperhatikan.
Beri Tantangan yang Menarik: Tugas-tugas yang menantang namun menyenangkan, seperti proyek kreatif atau permainan problem-solving, bisa meningkatkan keterlibatan.
Gunakan Humor dan Cerita: Cerita yang relevan atau humor ringan bisa menghidupkan suasana dan membuat siswa lebih tertarik.
Berikan Reward dan Penghargaan: Mengapresiasi usaha siswa dengan pujian atau reward bisa memotivasi mereka untuk lebih memperhatikan dan berpartisipasi.
Ciptakan Lingkungan yang Mendukung: Pastikan kelas nyaman, tidak terlalu kaku, dan membuat siswa merasa dihargai dan didengar.
Gunakan Teknologi: Jika memungkinkan, manfaatkan teknologi seperti aplikasi pendidikan, video interaktif, atau perangkat digital untuk membuat pembelajaran lebih dinamis.
Dengan mencoba beberapa teknik ini, kita bisa lebih efektif dalam menarik perhatian siswa dan menjaga mereka tetap terlibat dalam pembelajaran.
Assalamualaikum izin menanggapi
Nama : Sri Maulidia
NIM : 857147289
Dalam berpenampilan seharusnya guru bisa lebih rapi dan sebelum pembelajaran di mulai seharusnya membaca doa terlebih dahulu
Menarik perhatian siswa adalah kunci dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. strategi yang bisa digunakan:
Gunakan Metode Interaktif: Aktivitas yang melibatkan siswa secara langsung, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, atau kuis interaktif, dapat membantu mereka tetap fokus dan tertarik pada materi.
Variasi dalam Penyampaian: Gunakan variasi dalam cara mengajar, seperti video, gambar, atau demonstrasi langsung. Hal ini akan menghindarkan kejenuhan.
Hubungkan dengan Kehidupan Nyata: Ketika materi yang diajarkan dapat dikaitkan dengan situasi nyata yang mereka alami atau sukai, siswa lebih mungkin untuk tertarik dan memperhatikan.
Beri Tantangan yang Menarik: Tugas-tugas yang menantang namun menyenangkan, seperti proyek kreatif atau permainan problem-solving, bisa meningkatkan keterlibatan.
Gunakan Humor dan Cerita: Cerita yang relevan atau humor ringan bisa menghidupkan suasana dan membuat siswa lebih tertarik.
Berikan Reward dan Penghargaan: Mengapresiasi usaha siswa dengan pujian atau reward bisa memotivasi mereka untuk lebih memperhatikan dan berpartisipasi.
Ciptakan Lingkungan yang Mendukung: Pastikan kelas nyaman, tidak terlalu kaku, dan membuat siswa merasa dihargai dan didengar.
Gunakan Teknologi: Jika memungkinkan, manfaatkan teknologi seperti aplikasi pendidikan, video interaktif, atau perangkat digital untuk membuat pembelajaran lebih dinamis.
Dengan mencoba beberapa teknik ini, kita bisa lebih efektif dalam menarik perhatian siswa dan menjaga mereka tetap terlibat dalam pembelajaran
Nama: MUHAMMAD RIKI NIM: 858196972 Prodi: S1 PGSD
Video 1 seri pembelajaran Matematika SD membangun kesiapan belajar siswa (Kesulitan menarik perhatian) Mengenai tanggapan saya beserta analisis tentang video tersebut yaitu sebagai berikut:
Pada penayangan video pertama, terlihat suasana kelas yang tidak kondusif. Guru terlihat kewalahan dalam mengkondusifkan kelas. Kemudian pada video ke dua menayangkan kelas yang kondusif dengan guru yang dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk ke dalam kelas. Berdasarkan video dapat saya berikan hasil analisis sebagai berikut:
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Pada tayangan video pertama terlihat suasana kelas yang tidak kondusif sejak guru memasuki kelas, siswa tidak mau mendengarkan arahan dari guru, anak-anak terlihat tidak fokus. Kemudian pada video kedua menayangkan suasana kelas yang kondusif. Reaksi siswa saat guru memasuki kelas, mereka terlihat fokus dan memperhatikan guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelemahan guru dalam video tersebut yang pertama guru kurang mencoba menarik perhatian siswa pada saat memasuki kelas. Kemudian terlihat pada pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Secara keseluruhan, kelebihan yang ada pada guru tersebut yaitu guru mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran salam proses belajar mengajar. Kemudian metode yang digunakan oleh guru sudah tepat karena sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Apresiasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, sehingga dapat dengan mudah mengajak siswa untuk masuk kedalam materi pembelajaran yang akan disampaikan, Kemudian cara berpakaian seorang guru yang dapat mencerminkan mana kedisiplinan dan yang tidak.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Pertama, sebaiknya pada pembukaan pembelajaran terdapat kalimat sapaan seperti menanyakan kabar kepada siswa.
Nama: MUHAMMAD RIKI NIM: 858196972 Prodi: S1 PGSD
Video 1 seri pembelajaran Matematika SD membangun kesiapan belajar siswa (Kesulitan menarik perhatian) Mengenai tanggapan saya beserta analisis tentang video tersebut yaitu sebagai berikut: Pada penayangan video pertama, terlihat suasana kelas yang tidak kondusif. Guru terlihat kewalahan dalam mengkondusifkan kelas. Kemudian pada video ke dua menayangkan kelas yang kondusif dengan guru yang dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk ke dalam kelas. Berdasarkan video dapat saya berikan hasil analisis sebagai berikut:
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Pada tayangan video pertama terlihat suasana kelas yang tidak kondusif sejak guru memasuki kelas, siswa tidak mau mendengarkan arahan dari guru, anak-anak terlihat tidak fokus. Kemudian pada video kedua menayangkan suasana kelas yang kondusif. Reaksi siswa saat guru memasuki kelas, mereka terlihat fokus dan memperhatikan guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelemahan guru dalam video tersebut yang pertama guru kurang mencoba menarik perhatian siswa pada saat memasuki kelas. Kemudian terlihat pada pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Secara keseluruhan, kelebihan yang ada pada guru tersebut yaitu guru mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran salam proses belajar mengajar. Kemudian metode yang digunakan oleh guru sudah tepat karena sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Apresiasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, sehingga dapat dengan mudah mengajak siswa untuk masuk kedalam materi pembelajaran yang akan disampaikan, Kemudian cara berpakaian seorang guru yang dapat mencerminkan mana kedisiplinan dan yang tidak.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Pertama, sebaiknya pada pembukaan pembelajaran terdapat kalimat sapaan seperti menanyakan kabar kepada siswa.
NAMA : DELLA NOVIANTI REGITA CAHYANI
NIM : 858838012
PROGRAM : S1 – PGSD
UPBJJ : MALANG POKJAR KAB. KEDIRI
Setelah melihat video tersebut, terdapat perbandingan cara menarik perhatian siswa ketika awal pembelajaran. Saya melihat perlunya semua kesiapan guru atau pendidik sebelum menghadapi murid dalam pembelajaran yang tepat dan akurat. Pada awalnya saat pembelajaran guru kurang memberikan apersepsi yang menarik kepada siswa dan berpakaian alakadarnya serta tidak rapi. Pada video selanjutnya, sebelum pembelajaran guru selain berpakaian rapi dan juga ice breaking untuk menarik perhatian siswanyasiswanya, memperhatikan bahwa siswa siap belajar, lalu dilanjutkan dengan menyapa siswa, menanyakan kabar. Sudah bagus, tetapi kurang lengkap untuk menambahkan salam. Guru juga menarik perhatian siswa ketika menyampaikan materi pelajaran.
Nama : Isnaini Fitria
NIM : 857141421
PRODI : S1 PGSD
Izin menggapai video tersebut
Menurut pendapat saya, untuk menarik perhatian siswa, guru harus berpenampilan rapih dan bersih, memberi sebuah sapaan atau salam serta guru dapat memberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan pemantik sebelum masuk ke pembelajaran sesungguhnya. Sehingga, peserta didik dapat mengalihkan perhatiannya terhadap guru dan mendiskusikan bersama-sama tentang pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut.
Nama : Rizky Deviana
NIM : 877968685
Refleksi terhadap video di atas :
a. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Karena pada video digambarkan adalah siswa kelas 1 SD yang mana masih dalam masa transisi dari TK ke sekolah dasar, mereka masih terbiasa dengan gaya belajar sambil bermain dan belum sepenuhnya focus dengan Pelajaran, biasanya anak – anak kelas 1 awal cenderung mudah bosan dan kehilangan focus jika materi yang diberikan kurang menarik perhatian mereka, maka seperti pada video-lah kejadiannya. Mereka cenderung asik bermain dan berguarau dengan teman sebangku meskipun guru sudah masuk ke ruangan dan siap memberikan materi
b. Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya, mengingat siswa masih dalam masa transisi, guru sebaiknya secara perlahan memasuki dunia anak – anak dari TK ke SD secara bertahap. Misalnya sebelum masuk ke materi utama anak – anak diajak ice breaking terlebih dahulu, bisa bernyanyi, atau bermain tepuk tangan untuk membangkitkan semangat belajarnya, apalagi Pelajaran yang akan dibahas adalah matematika yang membutuhkan focus lebih daripada pelajaran lainnya. Penggunaan intonasi yang tepat juga dapat mebantu mengalihkan perhatian anak – anak pada sumber suara.
c. Secara keseluruhan, apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru berusaha menarik perhatian siswa dengan mengajak tepuk tangan Bersama dan mengajak berinteraksi secara langsung dari kegiatan sehari – hari anak di rumah dan lingkungan sekitarnya
d. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Siswa secara otomatis berubah menjadi memeperhatikan guru ketika diberikan pertanyaan yang menarik / diajak interaksi secara langsung, bukan hanya 1 orang siswa saja, namun siswa satu kelas bisa ikut menghitung Bersama – sama dengan mengeksplorasi benda disekitar dan memberikan penguatan ketika siswa menjawab dengan benar.
e. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
• Guru bisa menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, bisa dengan mendekor kelas sedemikian rupa, membuat aturan kelas yang sederhana dan jelas, menciptakan suasana yang sportif dan positif seperti pemberian penguatan atau pujian pada siswa jika sudah menjadi siswa yang tertib atau bisa menjawab pertanyaan dari guru.
• Guru juga bisa menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif agar siswa tidak mudah bosan, misal belajar sambil mengeksplorasi benda di sekitar atau menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti lagu
• Guru juga perlu memperhatikan rentang perhatian siswa. Untuk anak SD kelas 1 yang masih dalam masa transisi, beri variasi dalam metode pengajaran
• Berikan penghargaan seperti pujian pada siswa yang bisa menjawab pertanyaan atau yang sudah patuh pada peraturan kelas, semisal tidak ramai, tidak mengganggu teman, focus pada ajaran guru dikelas.
Nama : Azizah
Nim : 858136461
Program : PGSD S1
Berdasarkan video di atas, diawal pembelajaran guru kurang menguasai keterampilan dalam membuka pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar.
Seharusnya sebelum membuka pelajaran harus berinteraksi dengan siswa seperti berdoa, absensi dan ice breaking.
Untuk media pembelajaran sudah menarik dalam menjelaskan pengurangan.
Nama : Azizah
Nim : 858136461
Program : PGSD S1
Berdasarkan video di atas, diawal pembelajaran guru kurang menguasai keterampilan dalam membuka pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar.
Seharusnya sebelum membuka pelajaran harus berinteraksi dengan siswa seperti berdoa, absensi dan ice breaking.
Untuk media pembelajaran sudah menarik dalam menjelaskan pengurangan.