silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Rosaria Indah Riana Sari
NIM
Nama : Rosaria Indah Riana Sari
NIM : 857154395
Berdasarkan Video yang telah saya simak, dapat saya analisis bahwa kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah :
1. Kurang menariknya Penampilan Guru tersebut
2. Guru Tidak memberikan pendahuluan dan tidak melakukan apersepsi
3. guru tidak menggunakan media pembelajaran menarik atau alat peraga
Kelebihan video:
1. Guru akhirnya membuka pelajaran dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari
2. guru menggunakan benda konkret dalm pembelajarannya.
demikian analisis yang bisa saya kemukakan.
Izin mengomentari dari video tersebut ,
ketertarikan siswa dalam pelajaran sangat diperlukan apalagi sebgai guru kelas rendah jika tidak bisa menarik perhatian siswa ya seperti halnya di video yang pertama guru sudah masuk dan menyapa tapi siswa masih asik bermain , Sebaiknya sebelum memulai pelajaran guru dengan penuh semangat menyapa siswa lalu berdoa, mengecek kehadiran siswa melakukan ice breaking dengan penuh semangat supaya siswa lebih semangat dan tertarik. Divideo sudah melakukan ice breaking tapi Guru nya tidak semangat jadi siswa nya juga kurang semangat, pdhal anak-anak sekolah Dasar sangat menyukai ice breaking dengan tepuk tangan dan bernyanyi.
Nama : harpani
Nim : 878226485
Dari hasil vidio yang telah saya tonton, dari kasus guru yang sulit menarik perhatian murid agar tetap kondusif di kelas. Bahwasanya guru harus memperhatikan penampilan agar terlihat berwibawa serta menggunakan metode menarik agar menarik perhatian murid.
Dari vidio yang say liat Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.
Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya.
Nama : m anjar armareta
Nim : 857025263
Program : pgsd s1
Izin memberikan komentar, guru harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian siswa dengan mengadakan suatu game atau hal yang dapat membuat siswa mampu ikut fokus dalam kegiatan pembelajaran, guna untuk ikut fokus pembelajaran yang efektif dan tepat.
Assalamualaikum
Nama : Ema Zumaela
Nim : 858544263
Menurut analisis saya dalam video menumbuhkan perhatian siswa ini banyak sekali ilmu yang dapat kita pelajari agar menjadi guru yang profesional. Menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif memang sangat perlu dalam memulai pembelajaran yang mana memungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Salah satunya dengan menumbuhkan perhatian siswa.
Menumbuhkan perhatian siswa merupakan keterampilan membuka pelajaran yang berkaitandengan usaha guru dalam memulai pembelajaran. Yang perlu dilakukan salah satunya adalahguruperlumempelajaridanmenguasaibeberapakomponenketerampilanmembukapelajaran seperti, menumbuhkan perhatian siswa. Agar proses belajar dalam melaksanakankegiatan membuka pelajaranlebih optimal dan mampu mengarahkan siswa untuk mengikutikegiatanintipembelajarandengan baik.
Assalamualaikum
Nama : Rena Yulia
Nim : 857455189
menurut saya pembelajaran supaya efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran seperti halnya video melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil proses pembelajaran kedepannya.
untuk dapat menarik perhatian siswa terutama kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan menarik, amsuk kedalam kelas denagn senyuman dan penuh semangat.
Nama : Sevi Monikasari
Nim. : 857025872
Program : PGSD S1
Izin mengomentari vidio tersebut,dalam vidio tersebut kurangnya penampilan guru saat mengajar siswa, selain menciptakan suasana kelas yang menyenangkan aman dan nyaman harus di mulai dari guru itu sendiri,sebagai guru perlunya menjaga kerapihan dan kesopanan dalam mengajar. Guru adalah contoh bagi murid-murid baik di kelas di luar kelas maupin di luar sekolahan.
Selanjutnya dalam vidio tersebut guru hanya bertanya seperlunya saja tidak menjelaskan atau pun menjelaskan sambil bercertita jadi kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran.guru tersebut juga sudah baik menggunakan benda untuk menjadikan bahan ajarnya tapi guru tersebut hanya bertanya kepada siswa guru tidak menarik rasa ingin tau siswa.
Nama : indah puspita agustina
Nim : 8570 26011
Prodi : PGSD S1
1.Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam menarik perhatian siswa dapat berupa:
-Siswa lebih bersemangat dalam belajar
-Hasil pembelajaran lebih menjiwai materi yang diberikan
-Kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama
2.Beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menarik perhatian siswa adalah:
-Tidak menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan
-Tidak memperhatikan kemampuan dan gaya belajar siswa
-Tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan belajar
-Tidak menetapkan rules yang jelas dalam proses pembelajaran
-Tidak melakukan evaluasi
3.Beberapa kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran menarik perhatian siswa adalah:
– Menguasai materi pelajaran: Guru yang menguasai materi pelajaran dengan baik dapat menjawab pertanyaan siswa dengan penuh
keyakinan.
-Menggunakan media pembelajaran yang tepat
-Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
-Memberikan pujian: Pujian yang diberikan guru dapat menambah rasa percaya diri siswa.
-Menghargai pendapat siswa: Guru dapat menghargai pendapat dan suara siswa.
-Bersikap tegas: Guru kelas memiliki kemampuan tersendiri dalam menyikapi siswanya, terutama bersikap tegas di dalam kelas.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?Guru tidak melakukan apersepsi, Guru juga kurang komunikatif, dan guru seharusnya hindarimenggunakan “kalian” lebih baik menggunakan seperti ananda, anak anak ku dan sebagainya.
5.Refleksi pembelajaran adalah kegiatan yang bertujuan untuk memahami respons peserta didik dan kelemahan pembelajaran. Beberapa teknik refleksi pembelajaran, di antaranya: Penilaian guru oleh peserta didik, Evaluasi proses dan hasil belajar, Diagnosis kesulitan belajar, Penilaian guru oleh teman sejawat.
Sementara itu, media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena siswa dapat aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.