silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Reni Erviana
NIM : 857866001
Program : PGSD S1
Bismillah, assalamu’alaikum wr.wb
Saya akan memberikan tanggapan dari video di atas.
Dalam video tersebut menunjukkan guru harus bisa memusatkan perhatian peserta didik terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Jika perhatian mereka belum terpusat, maka jika tetap dilanjutkan pembelajaran, mereka belum fokus dan pembelajaran kurang efektif. Guru bisa menarik perhatian mereka dengan mengucap salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Selain memusatkan perhatian, guru juga harus memiliki keahlian menguasai keadaan kelas. Serta dalam video tersebut penampilan guru kurang rapi. Saat mengajar di kelas seharusnya memakai sepatu bukan sandal. Penampilan guru sangat penting karena guru seharusnya memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya.
Kesimpulannya saat guru mengajar maka harus bisa menarik perhatian peserta didik, menguasai kelas dan berpenampilan rapi.
Nama : Lulu’ Istsniati Mufarokha (877695418 UPBJJ Semarang)
Ijin menanggapi video diatas menurut saya video diterlihat guru kurang berpenampilan menarik seharusnya Guru sebisa mungkin harus berpenampilan menarik agar dapat menarik perhatian siswa kelas 1 dikarenakan siswa kelas 1 yaitu masa peralihan dari Taman kanak-kanak ke jenjang Sekolah Dasar. Di awal pembelajaran guru belum menguasai keterampilan membuka pembelajaran yang harusnya melakukan salam, berdoa, presensi, apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran dan melakukan ice breaking agar siswa dapat fokus tidak asik main sendiri dengan teman sebangkunya. Agar dapat menarik perhatian siswa sebaiknya gunakan metode pembelajaran yang menarik dan bervariatif.
Terima Kasih
Assalamualikum wr.wb
Nama: Nimas Fatma Sari
NIM:878252427
Menurut saya dalam video tersebut guru perlu memperhatikan penampilannya karena Penampilan guru yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan yang baik kepada siswa dan membantu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dalam video tersebut guru juga perlu lebih memperhatikan penggunaan apersepsi di awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengaitkan materi baru dengan pengalaman sehari-hari siswa, atau dengan melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa. Dalam video tersebut guru menggunakan metode tanya jawab. Akan lebih baik jika guru lebih banyak melibatkan siswa dalam aktivitas praktikal. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep yang diajarkan dan meningkatkan daya ingat mereka. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang interaktif, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berpartisipasi dalam diskusi.
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Nimas Fatma Sari
NIM : 878252427
Menurut saya dalam video tersebut guru perlu memperhatikan penampilannya karena Penampilan guru yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan yang baik kepada siswa dan membantu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dalam video tersebut guru juga perlu lebih memperhatikan penggunaan apersepsi di awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengaitkan materi baru dengan pengalaman sehari-hari siswa, atau dengan melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa. Dalam video tersebut guru menggunakan metode tanya jawab. Akan lebih baik jika guru lebih banyak melibatkan siswa dalam aktivitas praktikal. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep yang diajarkan dan meningkatkan daya ingat mereka. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang interaktif, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berpartisipasi dalam diskusi.
assalamualaikum wr. wb izin berkomentar guru saat memberikan materi harus terpusat pada siswa agar siswa dapat menerima materi yang diberikan oleh guru. cara menyampaian materi kepada siswa sudah bagus dan menggunakan media alat peraga dengan benda misal seperti buah dan batu baterai agar anak mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut. untuk guru harus lebih fokus kepada anak agar tidak terjadi keributan dikelas saat belajar materi yang diberikan oleh guru.tidak mengobrol sendiri di dalam kelas,
Nama : Indah Sumandari
Nim : 857008117
Pokjar : Sidomulyo
Setelah saya mengamati video diatas ada kelebihan dan kelemahan yang saya dapatkan
1. Kelemahan pembelajaran dalam video Dalam memulai pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Seperti yang kita lihat, saat guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran. Pentingnya apersepsi ini adalah untuk menghubungkan materi pembelajran yang lalu dengan materi pembelajaran sekarang.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video Pemanfaatan metode pembelajaran sudah sangat tepat dengan Tanya jawab. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan. Siswa juga sangat semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
3. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video Guru menggunakan media pembelajaran yang dikenal dekat dengan siswa yaitu buah jeruk untuk belajar pengurangan.
4. Rencana perbaikan pembelajaran yang dilakukan Guru lebih mengalokasikan waktu dengan tepat agar pembelajaran lebih efektif dan melakukan apersepsi sebelum masuk ke materi pembelajaran.
nama : Kamarudin
Nim : 816614319
Program : S1 PGSD
Pokjar : Duri
Menurut video di atas, semua persiapan guru atau pendidik diperlukan sebelum memungkinkan murid menerima pembelajaran yang tepat dan akurat.
untuk menjalankan komunikasi dua arah yang efektif dan terarah, meningkatkan keaktifan dan minat anak untuk memerhatikan pendidik dalam menyampaikan materi, dan meningkatkan fokus pembelajaran.
Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.
Nama : Khanifatul Ulfah
NIM : 877692476
Izin memberi komentar terkait video pembelajaran di atas.
Di satu menit pertama video menampilkan suasana kelas yang riuh dan belum kondusif. Saat guru datang guru langsung memulai pembelajaran tanpa mengondisikan kelas terlebih dahulu sehingga pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kondusif. Penampilan guru juga kurang rapi dan rajin, dimana seharusnya guru bisa memberikan contoh penampilan yang baik kepada siswa. Mimik wajah guru juga terlihat kurang bersemangat sehingga dapat mempengaruhi antusias para siswa dalam memulai pembelajaran.
Di awal menit kedua video menampilkan suasana kelas yang riuh dan belum kondusif. Disini guru dengan penampilan yang rapi dan rajin masuk dengan langsung melakukan ice breaking guna mencairkan suasana di kelas dan memusatkan perhatian para siswa. Guru juga tampak bersemangat dan perhatian terhadap siswa sehingga mereka terlihat antusias dan tertarik pada pembelajaran yang disampaikan guru. Selain itu guru juga menggunakan media berupa buah jeruk dan benda lain yang familiar untuk memudahkan para siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Apresiasi dan kata-kata positif dari guru juga sangat berpengaruh terhadap semangat dan minat para siswa dalam menjalankan pembelajaran di kelas.
Jadi, menurut saya menjadi seorang pendidik tidak cukup hanya pintar tetapi juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Selain itu, seorang pendidik juga harus memahami bagaimana kondisi dan karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran bisa lebih efektif dan terarah. Maka disinilah kemampuan pedagogik seorang pendidik berperan penting dalam proses pembelajaran.
Nama : Zenitri Indriani
Nim : 857454986
Menurut pendapat saya, sebelum guru memasuki kelas dan akan melaksanakan pembelajaran, guru sudah mempersiapkan bagaimana cara mengajar di kelas dan agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya. contoh kecilnya ketika dikelas bisa mengajak anak- anak untuk ice breaking jika kelas sudah tidak kondusif.
Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih belum bisa mengenal lebih di kelas bagaimana dan beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti menyanyi bersama, berhitung dengan bernyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik dan harus bisa membuat anak tidak badmood selama pembelajaran berlangsung.
Assalamualaikum W. Wb
Nama : Maemanah
Nim : 857140745
Izin memberi komentar terhadap video di atas.
Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.
Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.