silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,012 Comments

  1. Nama : Zenitri Indriani
    Nim : 857454986

    Menurut pendapat saya, guru sebelum memasuki kelas sudah mempunyai planning untuk mengajar di kelas bagaimana dan datang ke kelas membawa buku atau lks semacamnya tidak hanya tangan kosong dan agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya contoh kecilnya dengan ice breaking.
    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.

  2. NAMA : HARI PURNOMO
    NIM : 855717197
    PEROGRAM : PGSD S1
    ijin memberi komentar terhadap vidio pembelajaran di atas agar pembelajaran efektif dan efisien guru hrus apersepsi, dan ice breaking. media yang digunakan sudah tepat dan menarik namun masih belum menunjukan keterlibatan siswa sebanyak-banyaknya. belum terlihat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi, belum terlihat keterampilan membimbing kelompok kecil, belum terlihat memberikan penguatan serta keterampilan menutup pembelajaran.
    Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.

  3. NAMA : MORNI
    NIM : 856105139
    PROGRAM : BI S1 PGSD

    Izin memberikan komentar terhadap video Menarik Perhatian Siswa
    Dari video di atas saya melihat penampilan guru tidak rapih dan tidak menarik, tidak ada pembukaan pembelajaran yang menarik sehingga anak-anak kurang memperhatikan penjelasan guru di dalam kelas. Kurangnya penguasaan kelas sehingga pembelajaran tidak kondusif.

  4. NAMA : MORNI
    NIM : 856105139
    PROGRAM : BI S1 PGSD

    Izin menanggapi video pembelajaran di atas dengan judul “Menarik Perhatian Siswa”
    1. Reaksi anak pada saat pembelajaran, tidak menanggapi apa yang disampaikan guru, anak ribut sehingga pembelajaran tidak kondusif
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tidak ada persiapan perangkat pembelajaran, tidak menguasai kelas dengan baik, tidak ada pembukaan dan penutupan pelajaran yang menarik sehingga anak – anak tidak memperhatikan arahan gurunya.
    3. Kelebihan dari guru di atas adalah memiliki kepribadian yang menyenangkan, memiliki pengetahuan yang baik tentang materi pembelajaran.
    4. Hal unik yang ditemukan dalam video adalah, penggunaan benda-benda di lingkungan sekitar untuk mengajarkan matematika, penggunaan pujian dan penguatan positif.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, memvariasikan metode pembelajaran, meningkatkan interaksi dengan siswa.

    Kesimpulan untuk video di atas adalah bahwa guru memiliki potensi untuk menjadi guru yang baik. Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki. Dengan memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dapat menjadi lebih efektif dalam membantu siswa belajar.

  5. Assalamuallaikuym wr wb
    Nama : Ika purwanto
    Nim : 858410838
    Upbjj : Samarinda

    Mohon ijin, perkenankan saya untuk memberikan komentar pada video di atas, video tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa atau calon guru bagaimana guru bisa menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Sangat Penting bagi guru untuk dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran supaya mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik dan maksimal, jika seorang guru tidak dapat menarik perhatian siswa maka kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan efektif dan efesien dan hasil dari pembelajaran tersebut tidak akan maksimal.
    Untuk dapat menarik perhatian siswa guru harus berpenampilan rapi, masuk kelas dengan senyum, selalu semangat dan kreatif dalam memberikan materi pelajaran. Demikian komentar dari saya, wassalamuallaikum wr wb

  6. Nama : Futri Fardyani Maharie
    NIM : 856459746
    Sebagai seorang guru agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.

    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi benda-benda disekitarnya dengan mengaitkan dengan materi pembelajaran dan menggunakan madia pembelajaran yang konkrit serta menarik.
    karena keberhasilan pendidikan bukan hanya sebatas sepintar apa gurunya, tapi bagaimana cara pendidik untuk berhasil menyampai kan materi dan membuat anak faham dan senang terhadap materi yang di sampaikan.

  7. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Dela Astria
    Nim : 877675161
    Prodi : PGSD
    Izin memberi komentar terhadap video di atas.
    Dari Video diatas bisa disimpulkan bahwa dalam mengajar sekolah dasar terutama kelas rendah maka guru harus siap secara mental dan emosional, kestabilan mengelola emosi sangat diperlukan bahkan sejak pertama kali membuka pintu untuk masuk ke kelas, sikap dan aura positif yang dibawa guru sejak pertama kali masuk kelas dapat menjadi modal untuk menghadapi siswa terutama untuk kelas rendah yang kekondusifannya kadang tidak dapat diprediksi dan lebih sulit diatur daripada kelas atas. Dalam Video guru menarik perhatian siswa dengan pengalaman yang relevan dalam kehidupan siswa sehingga menjadikan minat siswa dalam belajar meningkat karena merasa ada keterlibatan diri dalam proses belajar tersebut ( dalam video tersebut guru bertanya mengenai kendaraan yang ditumpangi siswa ke sekolah dan menanyakan jumlah roda nya), serta ekplor terhadap benda-benda disekitar (misalnya dalam video diatas menggunakan jeruk) dapat meningkatkan kreatifitas siswa dan guru. Selain itu kesiapan fisik seperti penampilan yang rapih bersih dan menarik bisa memperlihatkan kesiapan guru dalam menghadapi tugasnya dalam mengajar, hal tersebut juga dapat meningkatkan citra dan wibawa sebagai pengajar serta menjadi contoh baik bagi murid.

  8. Nama : Luthfi Rizaldi
    NIM : 877789656
    Setelah menonton video pembelajaran diatas mengenai “Menarik Perhatian Siswa”, ada beberapa hal yang saya dapati:
    1. Penampilan : semestinya penampilan seorang guru harus rapi, juga berekspresi dengan mimik ceria dan bersahabat supaya menarik perhatian para siswa.
    2. Pembukaan : dalam memulai kelas, dimulai dengan salam, apersepsi/menarik perhatian dengan ice breaking (tepuk satu kali, tepuk dua kali), kemudian menanyakan keseharian dan dikaitkan dengan pelajaran (naik kendaraan apa? Rodanya ada berapa?)
    3. Inti pelajaran : mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang, memberikan contoh langsung dengan benda yang telah disiapkan dan meminta siswa melakukan hal yang sama.
    4. Penutup : memberikan kesimpulan pelajaran dan memberikan apresiasi kepada siswa.
    Berdasarkan hal tersebut, menurut saya masih ada beberapa hal yang juga bisa dilakukan, seperti berdoa sebelum memulai pelajaran dan mengecek presensi kehadiran siswa, memberikan kesempatan partisipasi kepada siswa untuk maju kedepan dalam praktik pembelajaran, dan juga memberikan kesimpulan, apresiasi kepada siswa, serta menutup dengan salam.

  9. Nama : ANIS SABILA
    NIM :857529505
    Matkul : PKP

    Analisis video pembelajaran tersebut adalah :
    Pada video tersebut berisi tentang bagaimana seorang guru yang akan memberikan pembelajaran mengenai penjumlahan dan pengurangan di kelas bawah (kelas 1) namun beliau kesulitan untuk menarik perhatian siswa sehingga ia berusaha agar siswa-siswa tersebut mau memperhatikan.
    Identifikasi masalah :
    – Reaksi anak terhadap kegiatan yang dilakukan oleh guru pada awal video terlihat tidak fokus, tidak memperhatikan kehadiran guru dan mengabaikan sapaan juga intruksi yang disampaikan oleh guru tersebut. Sedangkan pada video kedua anak-anak memberikan reaksi yang baik juga menjawab setiap intruksi dan sapaan yang disampaikan oleh guru tersebut.
    Analisis masalah :
    Alasan yang bisa dilihat mengapa anak-anak kurang fokus, tidak memperhatikan dan mengabaikan kehadiran gurunya adalah karena adanya kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut, seperti:
    1. Guru tersebut berpenampilan tidak rapih. Baju nya dikeluarkan dan guru tersebut mengajar mengenakan sandal hingga membuat penampilannya kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang dalam memberikan perhatian kepada gurunya, karena mau siapapun yang menilai pasti yang pertama dilihat adalah keadaan penampilannya.
    2. Suara dari guru tersebut kurang jelas hingga kurang terdengar oleh siswa.
    3. Pada saat masuk guru tersebut langsung memberikan intruksi untuk langsung membuka buku, tidak menanyakan kabar ataupun mengintruksikan untuk berdoa.
    – Setelah mengamati video kedua, terdapat kelebihan yang ada pada guru tersebut. Yakni:
    1. Guru tersebut berpenampilan menarik dan rapih.
    2. Guru berbicara dengan jelas sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa.
    3. Guru membuka pembelajaran dengan penuh semangat dan berekspresi sehingga anak-anak pun dapat menanggapi dengan semangat juga.
    4. Guru memberikan pemahaman kepada siswa dengan metode tanya jawab dan juga dengan memberikan contoh terhadap benda-benda yang ada disekitar kita.
    5. Guru tersebut memberikan apresiasi atau pujian ketika siswa tersebut berhasiil/mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

    – Hal unik yang saya lihat setelah melihat video tersebut adalah penampilan guru yang terkesan tidak rapih, guru tersebut mengenakan sandal saat mengajar sedangkan anak-anak dituntut harus mengenakan sepatu saat ke sekolah. Hal unik lainnya adalah saya tidak melihat pada awal pembelajaran tidak ada menanyakan kabar terlebih dulu kepada siswa atau mengabsen siswa juga tidak ada doa diawal pembelajaran.

    Solusi permasalahan :
    – Setelah melihat adanya kekurangan dan kelebihan pada video tersebut, menurut pendapat dan saran saya seorang guru harus memperhatikan penampilan saat akan datang ke sekolah agar ketika murid melihat kita rapih dan enak dipandang maka mereka akan lebih memperhatikan kita karena pada awal perjumpaan, penampilanlah yang dilihat terlebih dahulu. Selain itu, kegiatan berdoa diawal pembelajaran juga penting karena hal itu mencerminkan sikap profil pelajar pancasila yang mana didalamnya ada elemen tentang Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dalam menyampaikan materi sebelum ke perumpaan alangkah baiknya memberikan dulu konsep penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu. Metode pembelajaran yang digunakan juga harus tepat jangan hanya menggunakan metode ceramah saja tapi juga bisa dalam metode pemecahan masalah agar anak dapat memahami dan membangun sendiri konsep tersebut. Sehingga pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

  10. Salam Sejahtera,
    Nama : Xnatius Megantoro
    NIM : 857876381

    Hal pertama yang perlu dilakukan oleh guru adalah kesiapan diri baik materi maupun penampilan. Penampilan yang baik akan memengaruhi pandangan siswa untuk tertarik belajar dengan guru tersebut. Selanjutnya kesan dalam membuka pembelajaran juga perlu diperhatikan. Hal ini terkadang dilewati (skip) begitu saja oleh guru karena merasa sudah biasa dengan kelas yang dihadapinya.
    Hal kedua adalah pemaparan materi yang akan dipelajari, dalam kasus ini adalah mata pelajaran Matematika, yang identik dengan hal-hal abstrak haru mulai disampaikan dengan hal-hal konkrit dan umum yang dijumpai siswa sehingga siswa dengan mudah membayangkan. Mempergunakan benda-benda yang telah dipersiapkan adalah contoh tepat bagaimana visualisasi yang dibayangkan siswa akan sesuai dengan hal nyata, maka siswa akan dengan mudah masuk ke dalam materi ajar.
    Hal ketiga yaitu mengajak siswa untuk ikut masuk dalam pembelajaran dan bukan hanya pendengar/pemerhati saja. Siswa harus diajak berkomunikasi dengan merespon dan mengungkapkan pendapatnya.
    Kemudian tidak lupa guru menyampaikan hasil pembelajaran untuk mengecek ulang pemahaman siswa.

Leave a Reply