silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep βbertambahβ dan βberkurangβ. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Assalammualikum wr.wb
Nama:Sevaliana wariani
Nim:856820795
Pokjar:argamakmur
PGSD S1
Izin berkomentar terhadap video pembelajaran diatas.
Dari video pembelajaran yang ditampilkan diatas kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila seorang guru bisa menguasai dan mengkondisikan kelas dengan baik dan kondusif,seperti dalam video diatas dimana pada usia kelas 1 para peserta didik perlu perhatian ekstra dari guru agar peserta didik bisa fokus dan mampu mengikuti pelajaran dengan baik.keberhasilan proses pembelajaran tidak dilihat dari seberapa tinggi pangkat seorang pendidik atau guru namun keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan usia dan karakteristik peserta didik.
Didalam video terlihat sekali perbedaan dimana dibagian awal video guru tidak memiliki kesiapan yang maksimal dengan pakaian yang tidak rapi sehingga tidak menarik perhatian siswa sama sekali yang mengakibatkan proses pembelajaran juga tidak berjalan dengan maksimal berbeda sekali pada saat guru sudah mempersiapkan dirinya dengan maksimal seperti dalam video berpenampilan rapi serta mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan benda konkret maka pembelajaran yang dihasilkan juga akan maksimal pula.
Terimakasih wassalamu’alaikum wr.wb
nama : PAUSTINUS
NIM : 858109994
Ijin menanggapi video di atas
video pertama dari penampilan guru yang kurang rapi sehingga tidak memberi contoh yang bagus bagi siswa-siswi, kemudian guru tidak bisa menarik perhatian anak- anak.
video kedua adalah solusi untuk menarik perhatian anak-anak agar bisa semangat belajar dan fokus pada guru yang menyampai materi.
metode ice breaking yang sangat menarik dan memberikan pertanyaan yang menyenangkan siswa.
Nama : Irka Sundari Putri
Nim : 856822022
Program Studi: PGSD-S1
Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK4501_2)
Dosen : Syarmayeni, M.TPd
Izin memberikan komentar terhadap video di atas. Setelah saya melihat video di atas,pada video di atas pembelajaran yang di tampilkan adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Sebagai seorang guru harusnya perlu mempunyai persiapan yang matang, guru juga harus bisa menarik perhatian siswa dan mampu menjalankan komunikasi dua arah kepada siswa, guru juga wajib menguasai keterampilan membuka pelajaran dengan salam, mengecek kehadiran siswa, doa, Apersepsi,dan ice breaking. Selain itu guru juga harus bisa menggunakan media yang lebih kreatif lagi agar lebih bisa menarik perhatian siswa, sehingga siswa lebih semangat dan lebih tertarik dalam belajar. Siswa kelas 1 adalah siswa yang sangat membutuhkan perhatian yang lebih dan membutuhkan pujian. Sebagai guru harus bisa memberikan kesempatan untuk anak maju kedepan dan mengutarakan pendapatnya, selalu berikan anak pujian, agar anak lebih bersemangat lagi dalam belajar.
Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas 1 yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan yang menarik, rapi, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat.
Pada video Guru juga belum terlihat memberikan penguatan dan keterampilan menutup pembelajaran, karena sebagai seorang guru memberikan penguatan dan menutup pembelajaran itu sangat penting dalam mengajar.
Assalamualaikum bpk/ibu izin menanggapi video diatas π
Nama : Apri Anggraeni
NIM : 856821948
Menurut saya dalam awal video,
1. Anak-anak masih belum terkondusif dan belum siap untuk pembelajaran. Namun, di pertengahan video, guru sudah mempersiapkan strategi untuk membuat suasana di kelas siap mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memiliki sikap pembawaan mengajar yang menyenangkan b. kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain guru belum mempersiapkan perangkat ajar serta materi yang akan diajarkan, guru hanya menjelaskan teori-teori saja, gurutidak memperhatikan kemampuan awal pada siswac. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu menarik perhatian siswaagar fokus dalam pembelajaran dengan apersepsi awal serta menggunakan benda konkretd. hal unik yang terdapat di video yaitu menggunakan benda konkret yang siswa sukai sertamenggunakan contoh pertanyaan lisan tentang hal-hal yang sering siswa temuie. upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaranyaitu dengan menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah.
Assalamualaikum izin menanggapi vidio diatas bpk/ibuπ
Nama : Apri Anggraeni
NIM : 856821948
Menurut saya dalam awal video,
1. Anak-anak masih belum terkondusif dan belum siap untuk pembelajaran. Namun, di pertengahan video, guru sudah mempersiapkan strategi untukmembuat suasana di kelas siap mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memiliki sikap pembawaan mengajar yang menyenangkan.
kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain guru belum mempersiapkan perangkat ajar serta materi yang akan diajarkan, guru hanya menjelaskan teori-teori saja, gurutidak memperhatikan —- 2. Kemampuan awal pada siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu menarik perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran dengan apersepsi awal serta menggunakan benda konkret.
4. Hal unik yang terdapat di video yaitu menggunakan benda konkret yang siswa sukai serta menggunakan contoh pertanyaan lisan tentang hal-hal yang sering siswa temui.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaranyaitu dengan menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah.
Terimakasih bpk/ibu π
Assalamualaikum izin menanggapi video diatas bpk/ibu π
Nama : Apri Anggraeni
NIM : 856821948
Dalam awal video, anak-anak masih belum terkondusif dan belum siap untuk pembelajaran. Namun, di pertengahan video, guru sudah mempersiapkan strategi untuk membuat suasana di kelas siap mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memiliki sikap pembawaan mengajar yang menyenangkan. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain guru belum mempersiapkan perangkat ajar serta materi yang akan diajarkan, guru hanya menjelaskan teori-teori saja, gurutidak memperhatikan kemampuan awal pada siswa. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu menarik perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran dengan apersepsi awal serta menggunakan benda konkret. Hal unik yang terdapat di video yaitu menggunakan benda konkret yang siswa sukai sertamenggunakan contoh pertanyaan lisan tentang hal-hal yang sering siswa temui. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaranyaitu dengan menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah.
Terimakasih bpk/ibu π
Nama : Uji Ambarwati
Nim : 857865325
UPBJJ: surakarta
1. Berdasarkan tampilan video tidak ada persiapan materi pra pembelajaran atau apersepsi yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Agar pembelajaran te
2. Penampilan guru kurang rapi karena guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh dan pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas.
3. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.guru harus berpenampilan yang menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi dan tepuk konsentrasi.
Nama : Uji Ambarwati
Nim : 857865325
UPBJJ: surakarta
1. Berdasarkan tampilan video tidak ada apersepsi yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
2. Penampilan guru kurang rapi karena tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal dan pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas.
3. Pembelajaran akan berhasil apabila guru tersebut menyampaikan pembelajaran dengan metode yang banyak melibatkan siswa untuk mencoba sehingga siswa akan merasa ingin tahu sehingga fokus untuk mengikuti pembelajaran tersebut dan guru harus berpenampilan yang menarik saat akan masuk kedalam kelas dengan penuh semangat melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa bisa dengan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi dan tepuk konsentrasi.
NAMA : IHSAN ABRAHAM
NIM: 857997982
PROGRAM STUDI : PGSD
Tanggapan terhadap Video tersebut, Pada awalnya pak guru dalam video tersebut masuk ke kelas dengan santai dan biasa saja. pertimbangan terhadap kondisi siswa kelas 1 scara psikologis diabaikan, akhirnya beliau gagal menarik perhatian anak-anak.
pada adegan ke 2, beliau sudah merubah strateginya.. beliau memulai dengan pembuka yang bisa langsung menrik perhatian siswa dan mulai pembelajaran dengan sesuatu yang mudah diterima siswa pula.. alhasil beliau berhasil masuk ke materi dengan sesuatu yang membuat murid antusias. dari video ini kita belajar bahwa apersepsi atau persiapan awal sebelum mengajar sangat penting..
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Euis Nurlatifah
NIM : 856860498
Prodi : PGSD
UPBJJ : Bengkulu
Izin berdiskusi mengenai video di atas, dari video di atas saya melihat ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk dapat menarik perhatian siswa untuk belajar, yakni :
1. Kita harus memastikan penampilan kita sebagai guru terlebih dahulu, apakah sudah rapih atau belum, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian siswa
2. Penggunaan aktivitas pembuka yang menarik dan menyenangkan, untuk memusatkan perhatian
3. Cara penyampaian materi yang lebih variatif untuk mencegah kebosanan pada siswa
4. Pancing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan menantang
5. Apabila memungkinkan dapat menggunakan media teknologi untuk membantu pembelajaran.
Beberapa hal ini penting untuk kita terapkan saat melaksanakan pembelajaran, agar dapat menarik perhatian siswa.