silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamualaikum wr.wb.
Nama: ONTEN JULIANTINI
NIM: 858141954
Prodi: S1 PGSD
Izin memberikan komentar terhadap video di atas.
Video diatas memberikan gambaran bagaimana cara guru menarik perhatian siswa didalam kegiatan pembelajaran. Pada awal video terlihat guru masuk kedalam kelas dengan raut wajah yang kurang bersemangat, pakaian kurang rapi, memakai sandal bukannya pakai sepatu selayaknya seorang guru, suara pun pelan sehingga tidak begitu kedengaran peserta didik yang notabene nya adalah siswa kelas 1. Seperti yang kita ketahui, siswa kelas 1 apalagi di awal semester, merupakan siswa transisi dari TK dimana mereka lebih sering bermain daripada belajar. Jadi, kemungkinan besar mereka akan masih mengikuti pola belajar saat di TK setelah masuk ke jenjang SD. Itulah mengapa menjadi tugas guru kelas 1 untuk membuat mereka beradaptasi pelan-pelan untuk menjadi siswa SD. Di pertengahan sampai akhir video diperlihatkan bagaimana usaha guru untuk menarik perhatian siswanya agar tertarik untuk belajar matematika perhitungan dasar, yaitu konsep penjumlahan dan pengurangan. Guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik sesuai kurikulum merdeka saat ini, kemudian memberikan pula contoh langsung dengan sesuatu/benda yang telah dipersiapkan terlebih dahulu (dalam hal ini guru menunjukkan buah jeruk 5 buah), lalu memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep penjumlahan dan pengurangan kepada siswa. Ini akan menjadi contoh yang baik bagaimana usaha seorang guru untuk mendapatkan perhatian dari siswa sehingga membuat siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran dikelas dengan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Saran saya akan lebih menarik lagi jika guru dan siswa melakukan ice breaking yang singkat dan menyenangkan. Terimakasih.
Nama : Hernawati
Nim : 817163711
Izinkan saya menanggapi vidio diatas terkait menarik perhatian siswa, sependapat saya seorang guru haruslah mempunyai sikap teladan yang akan ditiru oleh peserta didik baik dari cara berpakaian, bertindak dan berbicara, serta memaksimalkan pembawaan didalam kelas sehingga akan menarik perhatian peserta didik untuk mendengarkan apabila gaya bahasa guru dalam berbicara sesuai dengan karakteristik mereka. Serta guru perlu menciptakan suasana kelas yang efektif dari awal masuk kelas sampai selesai dengan metode pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak, hal ini dirasa sangat penting untuk keberlangsungan dalam pengajaran.
Ijin menyampaikan pendpat mengenai vidio di atas. Sebagai guru kita harus bisa mengkondisikan kelas supaya pada saat pembelajaran anak bisa fokus dan memperhatikan guru. Agar pembelajaran tidak membosankan dan siswa mempunyai rasa ingin tau dan ingin memperhatikan terhadap pembelajaran yang akan di sampaikan sebaiknya membuat pembelajaran atau kegiatan yang menarik contohnya seperti vidio di atas guru membawa alat peraga atau benda asli untuk kegiatan pembelajaran dan supaya anak juga senang terhadap pembelajaran tersebut dan ingin memperhatikan. Tetapi dalam vidio di atas ketika guru tidak membawa alat peraga anak tidak bisa di kondisikan dan tidak memperhatikan karena mungkin pembelajaran tersebut membuat anak menjadi bosan. Dan dalam berpenampilan sebaiknya guru berpenampilan yang bersih dan rapi supaya menarik perhatian anak dan anak merasa nyaman dalam pembelajaran.
Nama: Novia Herawati
NIM : 857866151
Ijin menyampaikan pendpat mengenai vidio di atas. Sebagai guru kita harus bisa mengkondisikan kelas supaya pada saat pembelajaran anak bisa fokus dan memperhatikan guru. Agar pembelajaran tidak membosankan dan siswa mempunyai rasa ingin tau dan ingin memperhatikan terhadap pembelajaran yang akan di sampaikan sebaiknya membuat pembelajaran atau kegiatan yang menarik contohnya seperti vidio di atas guru membawa alat peraga atau benda asli untuk kegiatan pembelajaran dan supaya anak juga senang terhadap pembelajaran tersebut dan ingin memperhatikan. Tetapi dalam vidio di atas ketika guru tidak membawa alat peraga anak tidak bisa di kondisikan dan tidak memperhatikan karena mungkin pembelajaran tersebut membuat anak menjadi bosan. Dan dalam berpenampilan sebaiknya guru berpenampilan yang bersih dan rapi supaya menarik perhatian anak dan anak merasa nyaman dalam pembelajaran.
Nama : Ulya maulida
NIM : 857865508
Program studi : PGSD S1 UT Surakarata
Izin menanggapi video tersebut. Menurut saya video tersebut sangat efektif kalau diterapkan dalam mengajar.serta pentingnya berpenampilan yang menarik agar menarik perhatian siswa. saya juga salut sama pak guru yang ada di video tersebut saat siswa ramai dan tidak menjawab sapaan, pak guru tidak langsung marah tapi mengalihkan perhatian siswa dengan tepuk tangan yang keras. kemudian pelajaran matematika yang diajarkan juga sangat menyenangkan yaitu menggunakan pengalaman siswa dan alat peraga yang sering dijumpai siswa sehingga siswa akan lebih tertarik mengikuti pelajaran tersebut.
Nama : Rizqi Veliawati
Nim : 860156698
Izin memberikan komentar pada vidio ini.
Supaya pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Seperti halnya video di atas. Dari vidio di atas kita dapat melihat betapa pentingnya seorang guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dan apabila seorang guru tidak mampu menarik perhatian siswa maka akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.
Pembelajaran adalah sebuah hal yang harus dilaksanakan tetapi ada tantangan yang perlu dilakukan kususnya dijenjang sekolah dasar karena mereka masih anak – anak cenderung ingin bermain, sehingga perlu adanya teknik dalam menarik perhatian siswa.
Sehingga siswa pun tidak memperhatikan guru tersebut. Ketika guru masuk kembali ke kelas dengan persiapan maksimal maka saat guru menyapa siswa maka siswa memperhatikan guru tersebut kemudian membalas sapaan dari guru tersebut. Kemudian supaya perhatian siswa bertemu dengan guru maka guru tersebut memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman siswa sebelum ke sekolah. Sehingga perhatian siswa bermaksud ke guru dan apa yang ditanyakan guru kepada siswa dapat dijawab oleh siswa.Penyampaian materi kepada siswa dengan metode yang menarik maka akan lebih mudah menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : ANDI NUR AMALIA
NIM : 859440779
Seperti pada video di atas bahwa Dalam sebuah pembelajaran sebaiknya guru menyampaikan kepada siswa agar menyiapkan serta berdo’a terlebih dahulu, agar pembelajaran bisa berjalan dengan penuh rasa syukur kemudian memberikan motivasi agar siswa semangat dalam memulai pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pemantik pada siswa dengan mengaitkan pembelajaran dengan hal-hal yang dilakukan siswa sehari hari, baru setelah itu dilanjutkan pada materi pembelajaran.
Nama : Filaili Nur Azizah
NIM : 857865769
Assalamualaikum wr. wb
Baik, ijin menanggapi video diatas mengenai menarik perhatian siswa
Dalam proses pembelajaran perlunya perhatian siswa supaya berjalan dengan lancar dan siswa menjadi tertarik, menarik perhatian siswa menjadikan anak lebih fokus dan siap menerima materi yang akan diajarkan sehingga materi yang di sampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa. Dari video diatas bisa kita lihat solusi ketika kondisi kelas dalam suasana gaduh guru berupaya menarik perhatian siswa dengan cara guru mengajak komunikasi siswa mengajak siswa untuk mengekplorasi dengan membilang, memberikan contoh langsung dengan benda yang dikenal siswa guru bisa menyiapkan sebelumnya. Hal itu penting untuk dilakukan karena untuk memancing anak fokus dalam mendengarkan materi yang akan diajarkan.
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Reza Sukma Dewi Putri
NIM : 857880399
Izin berkomentar mengenai video solusi untuk menarik perhatian perserta didik, menurut saya video di atas kurang maksimal untuk peran sebagai seorang guru, menurut saya untuk menarik perhatian peserta didik adalah peran utama terletak pada guru, guru harus lebih interaktif dalam berkomunikasi dengan siswa, kalimat-kalimat yang menyenangkan dan gembira akan menarik perhatian siswa memperhatikan kita. Sikap guru yang menyenangkan dan cara berkomunikasi yang aktif serta menyenangkan akan menarik perhatian siswa untuk memperhatikan gurunya. Selain sikap dan cara berkomunikasi guru juga perlu menekankan adanya alat peraga untuk pembelajaran yang menarik, dan kreatif.
terima kasih sebelumnya
Wassalamualaikum Wr. Wb
Dari video tersebut pendekatan yang digunakan dalam Video pembelajaran sudah memiliki beberapa kelebihan, seperti menciptakan suasana yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, guru harus memperhatikan siswa agar aktif dan fokus dalam pembelajaran.