silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Riska Aprianti
Nim: 856820186
Prodi: PGSD-S1
Pokjar: Arga Makmur
UPBJJ : Bengkulu
Tutor pengampu: Ibu Syarmayeni, M.TPd
Pada video yang sudah saya tonton di sana mengatakan kita bisa melihat perbandingan bagaimana cara seorang guru menarik perhatian siswa, selain dengan cara berpakaian yang rapi, seorang guru harus mampu berinteraksi dengan siswanya, mengawali pelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa. Menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada di sekitar untuk memberi dorongan dalam meningkatkan semangat belajar siswa, serta mengajarkan kita tentang bagaimana cara mengkondisikan
kelas rendah, seperti di video tersebut.
Terimakasih 🙏
Nama: Riska Aprianti
Nim: 856820186
Pokjar : Arga Makmur
UPBJJ : Bengkulu
Tutor pengampu: Ibu Syarmayeni, M.TPd
Pada video yang sudah saya tonton di atas kita bisa melihat perbandingan bagaimana cara seorang guru menarik perhatian siswa, selain dengan cara berpakaian yang rapi, seorang guru harus berinteraksi dengan siswanya, mengawali pelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa. Menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada di sekitar kita untuk memberi dorongan dalam meningkatkan semangat belajar siswa, serta mengajarkan kita tentang bagaimana cara mengkondisikan
kelas rendah seperti pada video tersebut.
Terimakasih 🙏
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Yuni Hidayati
Nim: 857016637
Prodi: Pgsd
Ijin menyampaikan pendapat mengenai vidio di atas. Sebagai guru kita harus bisa mengkondisikan kelas supaya pada saat pembelajaran anak bisa fokus dan memperhatikan guru. Agar pembelajaran tidak membosankan dan siswa mempunyai rasa ingin tau dan ingin memperhatikan terhadap pembelajaran yang akan di sampaikan sebaiknya membuat pembelajaran atau kegiatan yang menarik contohnya seperti vidio di atas guru membawa alat peraga atau benda asli untuk kegiatan pembelajaran dan supaya anak juga senang terhadap pembelajaran tersebut dan ingin memperhatikan.
Dari vidio di atas kita dapat melihat betapa pentingnya seorang guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, dan apabila seorang guru tidak mampu menarik perhatian siswa maka akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.
Nama. : Dyah Ayu Nur’aini
NIM. : 857141145
Assalamualaikum wr.wb
Izin menanggapi atau memberi komentar tentang video tersebut.
Dalam video diatas awalnya siswa belum tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan cenderung bercanda. Tetapi setelah guru berhasil mengalihkan perhatian, barulah siswa mulai tertarik dan memperhatikan guru. Awal pembelajaran merupakan kunci dalam menarik perhatian siswa.
Misalnya bisa dengan melakukan sebuah ice breaking yang mana bisa membuat peserta didik yang tadinya bosan dengan pembelajaran bisa kembali bersemangat. Atau bisa juga dengan melakukan pembelajaran berpusat kepada peserta didik, ajak peserta didik tersebut terlibat aktif dalam pembelajaran.Contoh seperti yang dilakukan bapak guru didalam video tersebut, dengan menanyakan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Terimakasih
Izin memberikan komentar, menurut pendapat saya mengenai video menarik perhatian siswa diatas, seorang guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran sedangkan fungsi apersepsi dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran yang akan disampaikan. Dalam video tersebut terlihat bahwa guru sudah melakukan metode dengan tepat yaitu menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi serta menggunakan media buah jeruk dalam pembelajaran pengurangan dan penjumlahan apalagi dalam pembelajaran matematika kelas rendah harus banyak menggunakan media.
Nama : DINA ANGGAWUNI
NIM : 877630144
Dari video Menarik Perhatian Siswa diatas menunjukkan beberapa aspek penting dalam proses pembelajaran matematika, terutama terkait dengan pengelolaan kelas, penerapan metode pengajaran, dan penampilan guru. Berikut analisisnya
1. Pentingnya apersepsi, adalah langkah awal yang krusial dalam pembelajaran, terutama dalam matematika, untuk mempersiapkan mental siswa dan mengaitkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya. Dalam video ini, kurangnya penerapan apersepsi menyebabkan suasana kelas menjadi gaduh dab mengganggu fokus siswa.
2. Metode Pembelajaran,
Meskipun guru menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi, penekanan pada keterlibatan siswa secara langsung (misalnya, meminta siswa mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda) dinilai kurang optimal. Melibatkan siswa secara aktif dapat meningkatkan perhatian dan pemahaman mereka terhadap materi.
3. Penampilan Guru,
Penampilan guru berpengaruh terhadap persepsi siswa dan suasana pembelajaran. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa guru kurang rapi, yang dapat menurunkan kredibilitas dan citra profesionalisme. Penampilan yang baik dapat meningkatkan rasa hormat dan perhatian siswa.
Keterlibatan Siswa:
Jadi menurut saya, Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan untuk memperhatikan aspek apersepsi, keterlibatan siswa, dan penampilan pribadi. Dengan melakukan hal ini, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih menarik dan efektif, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Secara keseluruhan, video ini memberikan insight yang berharga tentang aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pengajaran, terutama dalam konteks matematika.
Nama : Ni Made Reni Cahyani
NIM : 859026429
Program studi : PGSD S1
UPBJJ : UT Denpasar
Izin menanggapi video tersebut. Menurut saya video tersebut sangat efektif di terapkan dalam pembelajaran, pembukaan yang hangat di perlukan untuk mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran, mengatur suasana kelas agar siswa tetap fokus dalam belajar, mengaitkan pembelajaran dengan dunia nyata/kongkret dapat menstimulus siswa akan manfaat pembelajaran. Dalam hal ini matematika yang sering di jumpai dalam keseharian jika di dukung dengan pembelajaran kongkret maka tujuan pembelajaran akan dapat tercapai dengan optimal.
assalamualaikum wr.wb
Nama : Dian Martini
NIM : 856312626
Izin mengomentar semua video, dari pembukaan, isi dan penutup semua videonya sudah bagus, mengajak siswa untuk aktif dalam belajar, menambah semangat siswa dalam belajar, dan pembelajarannya menyenangkan tetapi ada sedikit kekurangan nya didalam mengajar tambah sedikit lagi komunikasi dengan siswa agar lebih aktif lagi dalam belajar
Nama : Lutvina Sabella
NIM : 857742687
Prodi: S1 PGSD
Assalamualaikum wr. wb.
Ijin menyampaikan pendapat tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, menurut saya seorang guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Karena persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Selain itu seorang guru juga harus menggunakan berbagai macam metode pembelajaran saat mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak adanya sesuatu yang dianggap menarik bagi siswa sehingga perhatian siswa tidak bisa berpusat pada gurunya. Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan penguatan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan.
Nama : Lutvina Sabella
NIM : 857742687
Prodi: S1 PGSD
Assalamualaikum wr. wb.
Ijin menyampaikan pendapat tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, menurut saya seorang guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Karena persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Selain itu seorang guru juga harus menggunakan berbagai macam metode pembelajaran saat mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak adanya sesuatu yang dianggap menarik bagi siswa sehingga perhatian siswa tidak bisa berpusat pada gurunya. Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan penguatan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan saat proses pembelajaran.