silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Syahartri Hartini
NIM : 857476824
Izin menanggapi video tersebut…….
Pada video tersebut materi pembelajaran yang disampaikan ialah mengenai penjumlahan dan pengurangan. Dengan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat menjumlahkan dan mengurangkan dari suatu bilangan. Namun dalam video tersebut tidak melakukan apersepsi di awalan pembejaran, serta kurang menarik perhatian siswa. Menarik perhatian siswa dapat menggunakan nyanyian ataupun pembawaan yang menyenangkan, yang menjadikan siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran. Kegiatan apersepsi ini sangat penting untuk dapat menyiapkan mental anak untuk mengikuti pembejaran, dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dipelajari.
Metode pembelajaran tersebut menggunakan metode demonstrasi , serta memberikan ruang kenapa siswa untuk mengeksporasi dalam membilang. Selain itu juga beliau menggunakan alat yang nyata atau konkret untuk memberikan contoh secara langsung. Sehingga siswa dapat menemukan hal yang sama dari contoh tersebut. Namun, seharusnya beliau memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa untuk melakukan penjumlahan atau pengurangan menggunakan benda konkret tersebut. Sehingga ini dapat menjadikan pengalaman bermakna untuk siswa.
Izin menanggapi,
Nama: Annisa Dwiyanti
NIM: 877782804
Video ini membahas tentang cara menarik perhatian siswa di kelas 1 SD. Video ini menjelaskan bahwa guru perlu mempertimbangkan aspek psikologi dan minat anak yang berkembang. Guru juga perlu terampil dalam menarik perhatian mereka dengan ekspresi atau mimik yang ceria dan bersahabat, mau mendengarkan pendapat dan curahan anak, serta berpenampilan diri yang rapi. Video ini juga memberikan contoh bagaimana guru dapat menarik perhatian siswa dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
Berikut adalah beberapa poin penting dari video ini:
* Guru perlu mempertimbangkan aspek psikologi dan minat anak yang berkembang.
* Guru perlu terampil dalam menarik perhatian siswa dengan ekspresi atau mimik yang ceria dan bersahabat, mau mendengarkan pendapat dan curahan anak, serta berpenampilan diri yang rapi.
* Guru dapat menarik perhatian siswa dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
* Guru perlu memberikan penguatan ketika siswa memberi respon terhadap apa yang guru contohkan.
Video ini sangat bermanfaat bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam menarik perhatian siswa. Video ini juga dapat membantu siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar.
Sekian, terimakasih
Izin menanggapi,
Nama: Annisa Dwiyanti
NIM: 877782804
Video ini memberikan contoh bagaimana guru dapat menarik perhatian siswa dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
Berikut adalah beberapa poin penting dari video ini:
•Guru perlu mempertimbangkan aspek psikologi dan minat anak yang berkembang.
•Guru perlu terampil dalam menarik perhatian siswa dengan ekspresi atau mimik yang ceria dan bersahabat, mau mendengarkan pendapat dan curahan anak, serta berpenampilan diri yang rapi.
•Guru dapat menarik perhatian siswa dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
•Guru perlu memberikan penguatan ketika siswa memberi respon terhadap apa yang guru contohkan.
Video ini sangat bermanfaat bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam menarik perhatian siswa. Video ini juga dapat membantu siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar.
sekian, terimakasih.
Salam Sejahtera dan Salam Bahagia
Perkenalakan saya
Nama : Ni Luh Ayu Cintya Purnama Dewi
NIM : 859040863
Ijin menanggapi ulasan video diatas
Dalam video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, seorang guru percaya bahwa pembelajaran yang efektif dan efisien harus mempertimbangkan kebutuhan dan potensi setiap siswanya. Dengan menerapkan diferensiasi pembelajaran, guru tersebut dapat menyesuaikan materi dan metode pengajaran sesuai dengan kemampuan dan minat siswa dalam proses pembelajaran yang diberikan. Dan dalam sinopsis yang saya baca, guru tersebut dapat memberikan berbagai pilihan tugas atau aktivitas yang memungkinkan siswa berkolaborasi dan belajar dari satu sama lainnya. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan motivasi, tetapi juga menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap siswa merasa dihargai dan terlibat.
Selain itu, saya dapat menarik kesimpulan baik dari sinopsis dan video yang telah disajika, guru tersebut juga mengintegrasikan problem-based learning (PBL) ke dalam proses pembelajaran yang diberikan. Dengan menghadirkan masalah nyata yang relevan, siswa diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi secara kolaboratif. Proses ini membantu mereka menghubungkan teori dengan praktik, serta mengembangkan keterampilan penting seperti pemecahan masalah dan komunikasi. Melalui pengalaman ini, siswa tidak hanya belajar secara kognitif, tetapi juga membangun sikap positif terhadap pembelajaran yang berkelanjutan. Dengan menggabungkan kedua pendekatan ini, saya dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna.
NAMA :SYARIFAH FARADILA
NIM :858121178
PRODI :PGSD
Izin menanggapi🙏🏻
Guru merupakan Role Model bagi siswa yang karena guru dapat memberikan contoh kepada siswa. Energi positif yang ada pada guru dapat menjadikan suasana belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan begitu pula sebaliknya.
Seperti yang kita lihat pada awal video bahwa guru masuk kedalam kelas dengan pakaian yg kurang rapi dan kurang bersemangat dalam membuka pembelajaran sehingga kurang menarik perhatian siswa. Berbeda dengan ketika guru masuk ke dalam kelas dengan keadaan rapi dan membuka kelas dengan penuh semangat dengan memberikan ice breaking tepuk-tepukan kemudian disambung dengar memberikan pertanyaaan2 yang melibatkan siswa, ketika ini dilakukan siswa menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan guru.
Disini dapar disimpulkan bahwa pentingnya menarik dan memfokuskan perhatian siswa sebelum memulai materi pembelajaran. Cara menarik perhatian siswa dapat disesuaikan dengan fase nya. Seperti contohnya anak kelas 1 itu masih dalam fase A maka dapat dilakukan dengan ice breaking seperti tepuk-tepukan.
NAMA :SYARIFAH FARADILA
NIM :858121178
PRODI :PGSD
Izin menanggapi🙏🏻
Guru merupakan Role Model bagi siswa yang karena guru dapat memberikan contoh kepada siswa. Energi positif yang ada pada guru dapat menjadikan suasana belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan begitu pula sebaliknya.
Seperti yang kita lihat pada awal video bahwa guru masuk kedalam kelas dengan pakaian yg kurang rapi dan kurang bersemangat dalam membuka pembelajaran sehingga kurang menarik perhatian siswa. Berbeda dengan ketika guru masuk ke dalam kelas dengan keadaan rapi dan membuka kelas dengan penuh semangat dengan memberikan ice breaking tepuk-tepukan kemudian disambung dengar memberikan pertanyaaan2 yang melibatkan siswa, ketika ini dilakukan siswa menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan guru.
Disini dapar disimpulkan bahwa pentingnya menarik dan memfokuskan perhatian siswa sebelum memulai materi pembelajaran. Cara menarik perhatian siswa dapat disesuaikan dengan fase nya. Seperti contohnya anak kelas 1 itu masih dalam fase A maka dapat dilakukan dengan ice breaking seperti tepuk-tepukan.
Assalamualaikum wr.wb
Dari vidio di atas memperlihatkan seorang guru yang kurang memperhatiakn penampilan dan kurangnya metode pembelajaran dalam menguasai kelas, sehingga guru tidak di respon oleh siswa Ketika pembelajaran berlangsung, jika kita ingin menarik perhatian siswa kita harus semenarik mungkin dalam penampilan, gaya Bahasa serta metode-metode yang menarik agar anak-anak minat dengap pembelajaran yang kita sampaikan, sehingga mudah diterima oleh anak, dan kita dapat menguasai kelas sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan tertib.
Dividio tersebut terdat perbedan Ketika seorang guru tidak memakai metode pembelajaran dan yang menggunakan metode pembelajaran, Ketika memakai metode pembelajaran dengan buan jeruk anak-anak menjadi lebih fokus dan tertarik dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran mudah difahami, Dengan cara-cara di atas, guru dapat membuat pembelajaran lebih hidup, menarik, dan relevan, sehingga siswa merasa senang dan termotivasi untuk terlibat aktif dalam kelas.
Assalamualaikum
Nama : Deffiana Praditha Apriliani
NIM : 857126332
menurut pendapat saya dari video tersebut adalah
penampilan guru perlu diperhatikan dalam mengajar, guru tidak di sarankan menggunakan sendal, dan dalam mengajar, guru juga perlu strategi dan memahami siswa nya terlebih dahulu.
maka dari itu solusi yang harus digunakan adalah
– guru perlu berpenampilan rapih
– adanya ice breaking sebelum memulai pembelajaran
– guru juga harus lebih interaktif atau semangat agar meningkatkan semangat para siswa
– mengajak siswa ikut serta dalam diskusi
– menggunakan media pembelajaran atau alat peraga untuk menarik perhatian siswa.
Assalamualaikum..
Nama : Deffiana Praditha Apriliani
NIM : 857126332
Menurut pendapat saya dari video tersebut adalah
penampilan guru perlu diperhatikan dalam mengajar, guru tidak di sarankan menggunakan sendal, dan dalam mengajar, guru juga perlu strategi dan memahami siswa nya terlebih dahulu.
maka dari itu solusi yang harus digunakan adalah
– guru perlu berpenampilan rapih
– adanya ice breaking sebelum memulai pembelajaran
– guru juga harus lebih interaktif atau semangat agar meningkatkan semangat para siswa
– mengajak siswa ikut serta dalam diskusi
– menggunakan media pembelajaran atau alat peraga untuk menarik perhatian siswa.
Assalamualaikum..
Nama : Deffiana Praditha Apriliani
NIM : 857126332
PGSD AKPMM Semester 8 – UPBJJ UT JAKARTA
Menurut pendapat saya dari video tersebut adalah
penampilan guru perlu diperhatikan dalam mengajar, guru tidak di sarankan menggunakan sendal, dan dalam mengajar, guru juga perlu strategi dan memahami siswa nya terlebih dahulu.
maka dari itu solusi yang harus digunakan adalah
– guru perlu berpenampilan rapih
– adanya ice breaking sebelum memulai pembelajaran
– guru juga harus lebih interaktif atau semangat agar meningkatkan semangat para siswa
– mengajak siswa ikut serta dalam diskusi
– menggunakan media pembelajaran atau alat peraga untuk menarik perhatian siswa.