silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Anita Yuly Astanti Wibowo
NIM : 857867408
Analisis Video : Sesi pembelajaran matematika SD “Menarik Perhatian Siswa”
Adapun hasil dari pengamatan terhadap tayangan video diatas, mengenai menarik perhatian siswa dalam pegurangan dan penambahan pada pelajaran matematika, kit dapat menyimpulkan bahwa menarik perhatian siswa kelas rendah terutama kelas 1 yang masih proses peralihan dari TK ke SD membutuhkan kreatifitas yang menyenangkan dan mudah dimengerti oleh siswa.
Dimulai dengan kerapian dan bagaimana cara guru berpenampilan juga akan mempengaruhi minat siswa dalam memperhatikan seorang guru. Selain itu, untuk pertama kali masuk ke dalam kelas atau peralihan mata pelajaran, biasanya siswa agak gaduh, mereka mungkin masih merasa lelah setelah pelajaran sebelumnya, atau masih merasa ingin jajan. Disini seorang guru harus mampu mengendalikan suasana kelas dengan pembukaan yang akan membuat siswa menjadi merasa bersemangat. Seperti dalam video tersebut, pada saat guru datang suasana kelas masih sangat ricuh, akhirnya guru tersebut meminta siswa untuk tepuk tangan bersama-sama untuk menarik perhatian siswa, cara ini cukup efektif untuk menenangkan suasana didalam kelas. Selanjutnya guru bisa mulai masuk dalam materi pejaran, namun yang mungkin berkaitan langsung dengan kehidupan para siswa. Kalau di video tersebut, guru menanyakan jumlah ban kendaraan yang digunakan siswa berangkat ke sekolah. Selanjutnya guru mulai masuk ke materi pengurangan dengan peraga nyata yaitu buah jeruk.
Selain itu, guru juga bisa menanyakan berapa jumlah uang saku siswa dan sudah digunakan untuk jajan berapa, cara ini juga cukup efektif untuk materi pengurangan dan penambahan. Untuk proses pembelajaran akan lebih mudah dimengerti oleh siswa jika terdapat contoh yang nyata dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Nama : Anita Yuly Astanti Wibowo
NIM : 857867408
Analisis Video : Sesi pembelajaran matematika SD “Menarik Perhatian Siswa”
Adapun hasil dari pengamatan terhadap tayangan video diatas, mengenai menarik perhatian siswa dalam pegurangan dan penambahan pada pelajaran matematika, kita dapat menyimpulkan bahwa menarik perhatian siswa kelas rendah terutama kelas 1 yang masih proses peralihan dari TK ke SD membutuhkan kreatifitas yang menyenangkan dan mudah dimengerti oleh siswa.
Dimulai dengan kerapian dan bagaimana cara guru berpenampilan juga akan mempengaruhi minat siswa dalam memperhatikan seorang guru. Selain itu, untuk pertama kali masuk ke dalam kelas atau peralihan mata pelajaran, biasanya siswa agak gaduh, mereka mungkin masih merasa lelah setelah pelajaran sebelumnya, atau masih merasa ingin jajan. Disini seorang guru harus mampu mengendalikan suasana kelas dengan pembukaan yang akan membuat siswa menjadi merasa bersemangat. Seperti dalam video tersebut, pada saat guru datang suasana kelas masih sangat ricuh, akhirnya guru tersebut meminta siswa untuk tepuk tangan bersama-sama untuk menarik perhatian siswa, cara ini cukup efektif untuk menenangkan suasana didalam kelas. Selanjutnya guru bisa mulai masuk dalam materi pejaran, namun yang mungkin berkaitan langsung dengan kehidupan para siswa. Kalau di video tersebut, guru menanyakan jumlah ban kendaraan yang digunakan siswa berangkat ke sekolah. Selanjutnya guru mulai masuk ke materi pengurangan dengan peraga nyata yaitu buah jeruk.
Selain itu, guru juga bisa menanyakan berapa jumlah uang saku siswa dan sudah digunakan untuk jajan berapa, cara ini juga cukup efektif untuk materi pengurangan dan penambahan. Untuk proses pembelajaran akan lebih mudah dimengerti oleh siswa jika terdapat contoh yang nyata dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Rohim
857256244
Di awal pembelajaran harusnya anak-anak ditanya juga tentang keberangkatan dengan yang jalan kaki, dikhawatirkan ada anak yang merasa tidak diperhatikan.
Saat Guru menerangkan buahnya dimakan temannya, beritahu berapa yang dimakan dan sisanya jangan dulu ditampilkan agar anak menebak-nebak hasil.
Kemampuan Guru berinteraksi dan kefasihan berbicara juga sangat mendukung jalannya pembelajaran.
Terimakasih ☺️
Nama : Agung Prasetyo
NIM : 858929072
Menanggapi video yang diatas dimana persoalan tersebut banyak terjadi di beberapa sekolah yang dimana guru masih bingung bagaimana cara menarik perhatian siswa agar siswa dapat memperhatikan serta menyerap ilmu dari pembelajaran yang berlangsung.
Kita sebagai guru atau tenaga pendidik haruslah berpakaian rapi dan menarik supaya siswa di kelas bisa tertarik dan memperhatikan apa yang guru sampaikan dan jangan pernah guru berpakaian yang kurang menarik atau tidak rapi di depan siswa karna hal tersebut akan di tirukan oleh siswa kita.
Jadilah guru yang menarik perhatian siswa sehingga ketika kita menyampaikan materi bisa di pahami siswa dan siswa tertarik dengan apa yang kita ajari, berikan reward atau penghargaan kepada siswa yang herprestasi di kelas agar supaya menjadi motivasi siswa untuk lebih giat belajar
Nama : Rinaldi
Nim : 856479311
Matkul : PKM
Asal : Riau , duri , Tasik serai barat
Pada vidio tersebut saya mendapatkan beberapa kesalahan yg di buat oleh guru
1. Pada kasus tersebut guru berpenampilan kurang rapi bahkan menggunakan sendal . Alangkah baiknya seorang guru harus bernampilan baik dan rapi karena guru adalah suri tauladan murid .
Pada kasus ini saya mendapat beberapa cara untuk menarik perhatian siswa
1.Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2.Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3.Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Nama : Siti Zulaihah
NIM : 858832803
Dalam vidio diatas kurangnya persiapan guru dalam proses mengajar terlihat dari tidak efektifnya sapaan anak dan anak mengabaikan kedatangan guru. Hal ini juga terlihat dari penggunaan seragam guru yang tidak sesuai dengan penampilannya. Rapi dan berantakan, guru memakai sandal dan tidak bersepatu seperti pendidik, tidak ada reaksi sama sekali, mereka sendiri berisik dan sibuk, anak-anak kurang menghargai dan memperlakukan guru dan anak. Mereka tidak memperhatikan persepsi atau motivasi siswa terhadap materi yang diajarkannya , namun di balik layar guru sangat pandai menjelaskan sesuatu dengan cara yang sederhana.
Nama : Gina Dwi Anggriani
NIM : 858141875
Izin Menanggapi video di atas
Menarik perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut beberapa strategi yang efektif:
bagaimana membuat pembelajaran terlihat menarik yaitu mungkin Pengantar Menarik: Mulailah dengan cerita menarik, fakta mengejutkan, atau pertanyaan yang merangsang pemikiran. Ini bisa membangkitkan rasa ingin tahu siswa, Variasi Metode Pembelajaran :Gunakan berbagai metode, seperti diskusi kelompok, permainan, atau proyek praktis. Hal ini membuat pembelajaran lebih dinamis, Interaksi dan Keterlibatan : Ajak siswa berpartisipasi aktif, misalnya melalui tanya jawab, polling, atau diskusi. Keterlibatan langsung membantu mereka merasa lebih terhubung, Media Pembelajaran : Gunakan alat bantu visual seperti video, gambar, atau slide interaktif. Media yang menarik dapat memikat perhatian siswa, Relevansi Materi : Hubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Menunjukkan relevansi akan meningkatkan minat mereka, Ciptakan Suasana Nyaman : Pastikan lingkungan kelas nyaman dan mendukung. Suasana yang positif dapat meningkatkan konsentrasi.
Dengan menerapkan beberapa cara di atas, diharapkan siswa akan lebih fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran.
NAMA : Eka narulita
NIM : 858141947
Dalam Video diajarkan bagaimana menarik perhatian anak dalam belajar yaitu :
1. Ajak siswa mengekplorasi dengan membilang.
2. Memberikan contoh langsung yang bisa dilihat langsung siswa
3. Meminta siswa melakukan hal yang sama dengan guru lakukan atau katakan.
Guru di dalam video berusaha memotivasi siswa menggunakan alat peraga dan pendekatan yang relevan dengan pengalaman sehari-hari, seperti benda nyata untuk konsep penjumlahan. Pendekatan yang digunakan meliputi alat bantu visual, penjelasan dengan benda konkret untuk konsep abstrak (seperti matematika), dan sikap profesional guru untuk menciptakan suasana positif. Guru diajak untuk mengenali dan memanfaatkan pengalaman sehari-hari siswa agar materi terasa relevan, sehingga siswa lebih fokus dan termotivasi untuk belajar.
NAMA : Eka narulita
NIM : 858141947
Dalam Video diajarkan bagaimana menarik perhatian anak dalam belajar yaitu :
1. Ajak siswa mengekplorasi dengan membilang.
2. Memberikan contoh langsung yang bisa dilihat langsung siswa
3. Meminta siswa melakukan hal yang sama dengan guru lakukan atau katakan.
Guru di dalam video berusaha memotivasi siswa menggunakan alat peraga dan pendekatan yang relevan dengan pengalaman sehari-hari, seperti benda nyata untuk konsep penjumlahan. Pendekatan yang digunakan meliputi alat bantu visual, penjelasan dengan benda konkret untuk konsep abstrak (seperti matematika), dan sikap profesional guru untuk menciptakan suasana positif. Guru diajak untuk mengenali dan memanfaatkan pengalaman sehari-hari siswa agar materi terasa relevan, sehingga siswa lebih fokus dan termotivasi untuk belajarhj .
Nama: AINI SOPIYAH
Nim: 855719334
Izin menanggapi video diatas..
Dalam video tersebut pembelajaran matematika mempelajari tentang penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan yang menggunakan buah-buahan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, sehingga ketika guru masuk kelas siswa masih ada yang berisik atau gaduh, mungkin karena pergantian mata pelajaran. Pentingnya apersepsi supaya menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, apalagi pelajaran matematika yang sering berhitung. Dalam pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dsb demontrasi, dan seharusnya siswa ada yang di suruh maju ke depan kelas untuk mencoba penjumlahan dan pengurangan tersebut. Teman yang maju tersebut untuk memberi contoh teman-teman yang lainnnya.