silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,008 Comments

  1. Menurut pendapat saya dari hasil menonton video diatas bisa kita simpulkan bahwa seorang guru harus memiliki wibawa dan bisa memberikan contoh yang baik untuk siswanya. selain itu metode yang digunakan haruslah bervariasi supaya bisa menarik minat siswa untuk belajar.

  2. Nama : Penny Lusiana Anggraini
    Nim : 856860892
    Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD)
    Tutor : Syarmayeni, M.TPd
    Assalamualaikum buk izin menanggapi video yang berjudul menarik perhatian siswa.
    Dalam video diatas dapat kita lihat seorang guru yang kurang rapi dalam berpakaian dan menggunakan sandal saat mengajar dikelas, karena penampilannya yang kurang rapi membuat siswa menjadi kurang tertarik untuk memperhatikan guru tersebut apalagi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. untuk itu agar menarik perhatian siswa, seorang guru harus mempersiapkan diri sebelum mengajar baik mempersiapkan penampilan, menguasai materi yang akan diajarkan serta menyiapkan media pembelajaran yang menarik untuk siswa. ketika mengajar guru harus berpakaian dan berpenampilan yang menarik siswa terlebih dahulu, kemudian baru sebelum memulai pembelajaran guru menanyakan kabar siswa dan perasaannya hari ini. kemudian guru juga bisa melakukan ice breaking bisa berupa bernyanyi, menari ataupun bertepuk untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, guru juga menyiapkan media yang konkret dan sering dijumpai siswa dikehidupan sehari-hari mereka, serta memberikan penguatan dan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Terimakasih buk…wassalamualaikum wr,wb

  3. Nama : Resi Haryani
    Nim : 856860885
    Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
    Tutor : Syarmayeni,M.TPd
    Assalamualakum,
    Izin menjawab komentar dari vidio diatas bu,Menurut saya vidio diatas dalam proses pembelajaran nya kuran efektif dan kondusif. Dimana dalam proses pembelajaran dikelas dapat efektif dan kondusif sebaiknnya kita sebagai guru harus memperhatikan penampilan kita terlebih dahulu ,didalam kelas kita harus menggunakan sepatu,jangan seperti vidio menggunakan sendal. Didalam berpakaian kita sebagai guru harus berpakaian sopan dan lebih bagus di pandang dikarenakan kita sebagai guru memberi contoh yang baik kepada peserta didik kita karna apa yang mereka lihat nantinya sering ditiru oleh mereka. Didalam penguasaan kelas sebaiknya kita sebagai guru memperhatikan metode dan media apa yang seharusnya kita ajarkan nkepada peserta didik kita supaya dalam proses pembelajaran nantinya lebih menarik dan disukai oleh peserta didik,kita sebagai guru harus mempersiapakan trik-trik didalam kelas supaya suasan kelas menjadi hidup dan perserta didik lebih aktif ,lebih semangat dalam proses belajar mengajar. Seharusnya dari vidio tersebut kita sebagai guru harus menguasai materi yang mau kita ajarkan kepada peserta didik kita,kalau vidio diatas belom menguasi kelas sehingga anak-anak tidak memperhatikan dan suasan kelas menjadi tidak aktif dan kondusif. Wassalamualaikum Wr.Wb Terima kasih bu…..

  4. Nama : Siti Zaleha
    Nim : 858321409
    Izin menanggapi video diatas yaitu tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa supaya fokus dan bersemangat dalam belajar.
    Dilihat dari video diatas suasana kelas tidak kondusif karna guru nya tidak bisa memusatkan perhatian siswa sehingga suasana kelas menjadi ribut dan siswa tidak bisa terfokus terhadap gurunya didepan.
    menurut saya berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika mengajar dikelas jika awal masuk kelas tentunya yang paling utama mengajari anak2 murid saya untuk bedo’a terlebih dahulu dan ketika membaca do’a belajar mereka sudah terbiasa untuk fokus tidak ribut dikelas. setelah membaca do’a tentunya untuk membangkitkan semangat anak murid saya akan melakukan ice breaking. dengan demikian mereka akan lebih bersemangat dalam memulai pembelajaran.

  5. Nama : ANDI RISDIANTO
    NIM : 878167002

    Mohon Izin memberikan komentar terhadap video diatas
    Sebelum kegiatan belajar mengajar alangkah baiknya siswa di bariskan terlebih dahulu setelah itu melakukan membaca doa bersama sama, agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik
    dalam video diatas memperlihatkan seorang guru yang datang ke kelas dalam keadaan yang kurang baik dari segi penampilan mulai dari baju yang tidak rapih lalu tidak pakai sepatu, di awal masuk saja respon anak dengan datangnya guru dianggap kurang diharapkan jika melihat dari video anak anak lebih asik bermain dengan teman sebangkunya. yang saya tangkap dari video diatas diantaranya :
    1. Respon siswa terhadap datangnya guru kurang di harapkan anak anak malah asik bermain padahal guru sudah masuk
    2. Guru masuk ke kelas tanpa memperhatikan penampilannya bajunya lusuh, tidak rapih terus lagi guru tersebut tidak pakai sepatu malah pakai sandal harusnya seorang guru itu memberikan contoh yang baik untuk anak didiknya jangan asal asalan atau seenaknya sendiri
    3. Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar seorang guru juga harus pandai pandai melihat situasi di kelas agar anak anak tetap merasa senang dan tidak membosankan dengan begitu proses mengajar agar lebih menyenangkan, bisa dengan diadakannya ice breaking melakukan permainan yang dapat menghibur anak-anak di kelas dan melibatkan semua siswa agar aktif didalam kelas
    4. Metode pelajaran yang menarik dengan media jeruk ini merupakan cara yang sesuai dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika
    5. Alangkah baiknya seorang Guru mampu melibatkan siswa dan siswi untuk lebih aktif lagi bisa dengan cara mengintruksikannya untuk maju ke depan kelas supaya memberanikan diri mempraktekan penjumlahan dan pengurangan dengan menghitung benda yang lainnya atau alat bantu yang lainnya.
    itu saja yang dapat saya sampaikan mohon maaf bilamana ada salah salah kata Sekian dan terimakasih

  6. NAMA : RAHMATIA
    NIM : 859377152

    Identifikasi Masalah:
    • Siswa sulit fokus dan mempertahankan konsentrasi dalam pembelajaran.
    • Guru kesulitan menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan.
    Kelemahan:
    • Guru tidak menampilkan contoh konkret penerapan strategi pembelajara.
    • Guru hanya fokus pada aspek menarik perhatian siswa, belum membahas strategi mengelola kelas dan menangani perilaku siswa.
    Kelebihan:
    • Guru memberikan penjelasan yang menarik perhatian siswa, seperti menggunakan ekspresi ceria, mendengarkan pendapat siswa, dan berpenampilan rapi.
    • Guru menekankan pentingnya memperhatikan aspek psikologi dan minat siswa.
    • Guru menunjukkan contoh penggunaan benda konkret dalam pembelajaran.

  7. assalamualaikum wr. wb
    izin menanggapi vidio di atas
    selamat siang perkenalkan nama saya MELVIA NIM 856290054 dari Prodi PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

    Video ini membahas tentang cara menarik perhatian siswa di kelas. menurut saya seorang guru harus dapat menanrilk perhatian siswa dengan cara guru perlu mempertimbangkan aspek psikologi dan minat anak yang berkembang. Guru juga perlu terampil dalam menarik perhatian mereka dengan ekspresi atau mimik yang ceria dan bersahabat, mau mendengarkan pendapat dan curahan anak serta berpenampilan diri yang rapi.

    sekian, terimakasih
    wasslamualaikum, wr. wb

  8. Nama : Radia kailul
    Nim : 858577469
    UPBJJ UT : TERNATE
    Pokjar : Sanana

    Video berisi tentang bagaimana seorang guru berusaha menarik perhatian siswa.
    Untuk menarik perhatian siswa seorang guru harus berpenampilan menarik agar menjadi perhatian. Karena penampilan juga hal utama dalam menarik perhatian.
    Penampilan fisik dan mimik yang bijaksana adalah hal utama dalam menarik perhatian siswa.

  9. Radia kailul 858577469

    Video berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

    Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
    Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

    Dalam video tersebut terlihat penampilan guru memang tidak menarik hal ini adalah point utama yang menyebabkan siswa kurang tertarik.

  10. Nama : Puji Nur Afi’ah
    NIM : 857866144

    Identifikasi masalah : menarik perhatian siswa
    Kekurangan :
    Dari video di atas, cara menarik perhatian siswa kelas 1 sudah cukup efektif, dengan cara diajak tepuk-tepuk atau mungkin bernyanyi bersama.
    Tapi akan kurang efektif jika perlakuan tersebut di terapkan di kelas atas misal kelas 5 atau 6 yang mayoritas dari mereka sudah menginjak remaja.

    Kelebihan :
    Apersepsi yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut juga sudah cukup baik, guru mengawali percakapan dengan hal-hal yang konkret, seperti siswa berangkat naik apa, trs jumlah roda ada berapa. Hal itu membuat siswa lebih cepat memahami konsep pada matematika terutama tentang jumlah atau banyaknya benda.
    Guru dalam mengenalkan konsep pengurangan juga cukup baik yaitu dengan memberikan contoh benda yang konkret (buah jeruk).

    Saran : Mungkin akan lebih baik lagi jika guru memberikan contohnya menggunakan benda di kelas yang dimiliki setiap siswa, sprti pensil warna atau pensil sehingga setiap siswa bisa langsung mempraktekannya dengan benda-benda tersebut.

Leave a Reply