silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : TARMIRANTI
NIM : 856833698
Setelah mengamati video, Video pertama memperlihatkan ketika suasana kelas kurang kondusif. Saya melihat bagaimana penampilan guru yang kurang formal dan sapaan yang datar gagal menarik perhatian siswa. Bahkan, upaya menertibkan kelas terasa kurang membangun kesadaran siswa. Situasi ini menurut saya berpotensi membuat siswa merasa terabaikan dan kurang termotivasi untuk belajar matematika.
Di sisi lain, Saya mengamati bagaimana guru dengan penampilan yang rapi dan pembukaan yang asik melalui ice breaking berhasil memfokuskan perhatian siswa. Mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari siswa, seperti pertanyaan tentang kendaraan, Penggunaan pujian yang membangun dan buah jeruk juga menurut saya efektif dalam pelajaran matematika. Upaya guru dalam menarik perhatian dan membangun koneksi di menit-menit pertama sangat menentukan arah dan efektivitas seluruh proses belajar mengajar. Video kedua memberikan gambaran yang jelas bahwa pendekatan yang lebih personal, interaktif, dan responsif terhadap kebutuhan siswa akan jauh lebih berhasil dalam menumbuhkan minat dan keterlibatan mereka dalam belajar matematika.
Nama : IMRAH
Nim : 822966144
Izin menjelaskan mengenai bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, menurut saya seorang guru harus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan. Guru juga harus menggunakan berbagai macam metode, strategi, maupun media pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut di atas dapat dianggap membagi perhatian siswa sehingga perhatian siswa hanya terpusat pada kesalahan gurunya. Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan icebreaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan pemaksaan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan saat proses pembelajaran.
Serta membuat siswa merasa senang saat menerima pelajaran.
Nama : IMRAH
Nim : 82296614411
Q
Izin menjelaskan mengenai bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran, menurut saya seorang guru harus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan. Guru juga harus menggunakan berbagai macam metode, strategi, maupun media pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa. Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut di atas dapat dianggap membagi perhatian siswa sehingga perhatian siswa hanya terpusat pada kesalahan gurunya. Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan icebreaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan pemaksaan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan saat proses pembelajaran.
Serta para siswa senang dan mudah untuk mencerna serta memahami pembelajaran yang disampaikan.
NAMA: VIONITA AMELINDA
NIM: 857031962
POKJAR: SIDOMULYO
Menurut video di atas saya menyimak bahwa di dalam video tersebut ada kekurangan dan kelebihan yaitu:
KELEMAHAN:
Di awal kalimat melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. selain itu, pakaiannya kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba. Dalam adegan video 2 seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba.
KELEBIHAN:
Guru berhasil menarik perhatian siswa dengan mengajak mengeksplorasi benda-benda sekitar dalam pembelajaran. Guru juga memberikan contoh langsung sebagai media pembelajaran sehingga siswa antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
NAMA: VIONITA AMELINDA
NIM: 857031962
POKJAR: SIDOMULYO
Setelah saya menyimak video di atas ada kelebihan dan kelemahan dalam video tersebut yaitu:
KELEMAHAN:
Di awal kalimat melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. selain itu, pakaiannya kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba. Dalam adegan video 2 seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba.
KELEBIHAN:
Guru berhasil menarik perhatian siswa dengan mengajak mengeksplorasi benda-benda sekitar dalam pembelajaran. Guru juga memberikan contoh langsung sebagai media pembelajaran sehingga siswa antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
Nama : Trisna Ramadhani
Nim :855856725
Izin menyampaikan pendapat mengenai vidio bagaimana menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran , menurut pendapat saya berdasarkan vidio yang saya lihat ,sebaiknya seorang guru harus menjaga penampilan didepan peserta didiknya ,seperti dengan pakaian yang rapi serta memakai sepatu yang rapi,karena penampilan seorang guru akan dilihat siswa ,dan selain itu seorang guru juga harus mempersiapkan metode pembelajaran yang menarik , yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa akan proses belajar ,dengan adanya metode yang menarik ini dapat menumbuhkan rasa minat belajar anak pada saat proses pembelajaran dimulai ,dan sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaklah kita sebagai guru melakukan ice breaking ,atau sapaan terhadap siswa dengan adanya ice breaking tersebut dapat menumbuhkan semangat belajar anak ,dan carilah ice breaking yang menarik .
Nama : Yesi Khairani
NIM : 856472222
Pokjar : Dumai
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru tidak menggunakan sepatu saat proses mengajar, tidak membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, menegur siswa dengan nada bicara yang tinggi, dan langsung membahas ke inti pelajaran tanpa adanya apersepsi terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak adanya sesuatu yang dianggap menarik bagi siswa sehingga perhatian siswa tidak bisa berpusat pada gurunya.
Menurut saya, sebelum memulai pembelajaran seorang guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu di persiapkan. Karena persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Selain itu seorang guru juga harus menggunakan berbagai macam metode pembelajaran saat mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan.
Nama : Nurtini Sianturi
Nim : 859889186
Izin memberikan pendapat, menurut pendapat saya seorang guru sebelum melakukan pembelajaran sudah mempersiapkan strategi dan metode untuk mengajar. Setelah disekolah terlebih dulu guru menyapa muridnya kemudian memeriksa kehadiran siswa. Untuk memulai pelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk mempersiapkan diri menerima pelajaran seperti : membuat gerakan dan bernyanyi, dilanjutkan berdoa dahulu sebelum belajar. Saat memulai ke arah pembelajaran
1. Mulai dengan hal yang menarik
Buka pelajaran dengan pertanyaan unik, gambar lucu, video pendek, atau fakta mengejutkan.
2. Tanya pendapat mereka
Libatkan siswa sejak awal dengan pertanyaan terbuka.
3. Berikan tantangan dan target kecil
Tantangan kecil bikin siswa lebih fokus dan semangat menyelesaikan tugas.
4. Gunakan variasi metode belajar
Jangan monoton. Kombinasikan ceramah, visual, audio, gerak, praktik langsung.
Gunakan video, musik, gambar, permainan edukatif, atau teknologi interaktif.
5. Berikan apresiasi dan feedback positif
Siswa lebih termotivasi kalau mereka merasa dihargai.
Komentar seperti “Keren banget pemikiranmu!” atau “Usahamu luar biasa!” bisa meningkatkan rasa percaya diri.
6. Ciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman
Siswa lebih fokus kalau mereka merasa tidak dihakimi, boleh bertanya, dan bebas berekspresi.
Setelah pembelajaran selesai diakhiri iyel iyel dan berdoa .
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855854413
Pokjar: Labusel
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa Kelemahannya:
1. Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
2. Guru tidak memberikan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
Hal unik yang terdapat di video tersebut: di Video tersebut langsung di berikan video solusi mengatasi permasalahannya yang di hadapi.
Perbaikan yang dapat dilakukan: 1.sebaiknya guru membiasakan berpakaian rapi seperti memakai sepatu dan sebagainya.
2. Guru harus menanyakan kesiapan siswa dalam belajar.
Nama : HABIBAH SUDIRMNA
NIM : 859282854
Hasil analisi video tentang
: Menarik Perhatian Siswa
izin menyampaikan pendapat tentang bagaimana cara menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran.
sebagai seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran perluh persiapan yang matang sebelum bertempur, kesiapan dalam hal pakian, media pembelajaran dan kreatifitas dalam pembelajaran. guru harus membuat pemebelajaran menarik, gunakan media pembelajara, berikan kejutan, ajukan pertanyaan kepada murid, boleh mengajar siswa humor, kenali kebutuhan unik setiap siswa, dan berikan perhatian lebih kepada siswa yang perlu.
Dari video diatas
pak guru tidak rapi dalam hal berpakian (tidak bersepatu), harusnya sebelum meluai pembelajaran guru memberikan apresiasi kepada anak-anak karna sangat penting dalam pembelajaran matematikan, pak guru sudah bagus mengunakan media tapi lebih bagus ditambah media yang lain, dan materi yang disamapikan sesuai dengan kurikulum.
terimkasih