silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,741 Comments

  1. Nama : Elli Syafrida Lubis
    Nim: 860110299
    Prodi: S1- PGSD
    Menanggapi video pembelajaran diatas :
    Tema : Membangun Kesiapan Belajar siswa
    Judul : Menarik Perhatian siswa

    selamat pagi untuk kita semua, izinkan saya untuk memberikan sedikit komentar dan menanggapi vidio diatas.
    Dalam video tersebut, ketika guru masuk kedalam ruangan kelas Guru tersebut langsung menyapa dan memberi salam kepada siswa yang masih dalam keadaan gaduh serta belum fokus untuk memulai proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar tentunya penampilan bapak/ibu guru sangatlah penting ,karena dapat menarik perhatian siswa dan membangun semangat belajar. Pada vidio tersebut guru tidak mengajak bedoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran dan tidak melakukan absensi untuk mengetahui apakah pada harui tersebut seluruh siswa didalam kelas tersebut hadir untuk melaksankan proses belajar mengajar. Pada vidio tersebut, seperti yang dapat kita lihat guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa/siswi “siapa yang berangkat kesekolah naik mobil / motor ?”, “berapa jumlah roda mobil dan berapa jumlah roda motor ?”. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu kepada siswa. Guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan guru .Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada dilingkungan sekitar. guru juga baik dalam memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan . tetapi runtunan pembelajaran yang dilakukan kurang lengkap sehingga siswa kemungkinan tidak dapat memahami secara keseluruhan pada materi.

    Diharapkan sebelum melakukan proses belajar mengajar guru terlebih dahulu mengajak siswa/siswi untuk melakukan doa dan mengecek kesiapan siswa/siswi dalam proses belajar mengajar, Selain itu guru juga harus membuat metode belajar yang menarik agar siswa lebih memiliki minat dalam belajar serta mampu lebih menyerap pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
    Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih

  2. Nama : Dwi Nur Fitriani
    Nim : 857032126
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Sidomulyo, Lampung Selatan
    Analisis : Strategi Guru dalam Menarik Perhatian Siswa

    Assalamualaikum Wr.Wb izin menanggapi dari video tersebut,
    Seperti yg dapat dilihat dari video di atas bahwa guru yang datang ke kelas tersebut berpenampilan tidak rapih, guru tersebut mengenakan sandal yang mana menurut saya itu memberi contoh kurang baik bagi siswa, kemudian di saat guru tersebut hendak memulai kelas keadaan kelas tersebut masih sangat gaduh sehingga tidak kondusif jika langsung membuka pelajaran, hendaknya guru dapat mengkondisikan kelas terlebih dahulu kemudian mengajak anak berdo’a agar proses belajar mengajar berjalan dengan tertib, maka analisis permasalahn video tersebut menurut pendapat saya yaitu, Hal pertama yang perlu dilakukan oleh guru adalah kesiapan diri baik materi maupun penampilan. Penampilan yang baik akan memengaruhi pandangan siswa untuk tertarik belajar dengan guru tersebut. Selanjutnya kesan dalam membuka pembelajaran juga perlu diperhatikan. Hal ini terkadang dilewati begitu saja oleh guru karena merasa sudah biasa dengan kelas yang dihadapinya.
    Yang kedua adalah pemaparan materi yang akan dipelajari, dalam kasus ini adalah mata pelajaran Matematika, yang identik dengan hal-hal abstrak haru mulai disampaikan dengan hal-hal konkrit dan umum yang dijumpai siswa sehingga siswa dengan mudah membayangkan. Guru mempergunakan benda-benda yang telah dipersiapkan untuk proses pembelajaran, ini adalah contoh tepat bagaimana visualisasi yang dibayangkan siswa akan sesuai dengan hal nyata, maka siswa akan dengan mudah masuk ke dalam materi ajar.
    Yang ketiga yaitu mengajak siswa untuk ikut masuk dalam pembelajaran dan bukan hanya menjadi pendengar atau pemerhati saja. Siswa juga harus diajak berkomunikasi dengan merespon dan mengungkapkan pendapatnya.
    Kemudian tidak lupa guru menyampaikan hasil pembelajaran untuk mengecek ulang pemahaman siswa.

  3. Nama : Eva Ramayani
    NIM : 878259509

    Setelah saya melihat video tersebut dalam disimpulkan bahwa terdapat kelebihan dan kelemahan.
    * Kelebihan
    – Sebelum melakukan pembelajaran Guru melakukan Ice Breaking
    – Menggunakan alat peraga yang konkret atau jelas

    * Kelemahan
    – Seorang guru tidak menggunakan pakaian yang rapi. Contohnya adalah baju yang dikenakan tidak rapi dan tidak memakai sepatu
    – Tidak berdoa sebelum melakukan pembelajaran

    Solusi dalam video tersebut adalah
    1. Guru harus menggunakan pakaian yang lebih rapi. Karena pada saat seorang guru menggunakan pakaian yang rapi itu dapat menjadi salah satu daya tarik siswa, siswa akan lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran.

    2. Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru harus membiasakan untuk berdoa, karena berdoa sangat penting supaya agar lebih mendekatkan dan mengingatkan kepada Allah SWT. Dan lebih mengingatkan tentang agama dan keyakinan masing-masing.

  4. Nama : Yoseph Marianto Igo
    NIM : 837885361
    Pokjar : Waibalun – Larantuka

    Video menampilkan situasi murid kelas 1 dan cara mengatasi kelas yang gaduh dan ribut.
    Sebagai seorang guru apalagi guru kelas 1 harus pandai dan memiliki jiwa emansipatif dalam membangun suasana kelas yang interaktif, solutif dan menyenangkan. Selain itu, penampilan seorang guru pun menjadi faktor yang memungkinkan murid dan guru saling berinteraksi positif, seperti yang ditampilkan pada video bagian ke 2.

    untuk mengatasi masalah perhatian murid, sebaiknya guru perlu menampilkan hal-hal unik seperti ice breaking, bernyanyi, bahan ajar yang adaptif serta kerapian dalam berbusana.

  5. Nama : purnamasari zebua
    Nim : 859871317

    Terkait video pembelajaran tersebut guru mengajak siswa mengatakan dan kemudian meminta mereka menemukan benda lain serta menceritakan nya yang melibatkan indera ( penglihatan, sentuhan dan juga pendengaran). Pembelajaran seperti ini membantu siswa dengan berbagai gaya belajar untuk lebih mudah memahami dan mengingat materi.
    Pendekatan pembelajaran ini menciptakan suasana belajar yang lebih hidup, interaktif dan juga tidak membosankan bagi siswa. Dalam video pembelajaran ini juga siswa merasa lebih dihargai karena diberi kesempatan untuk berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman bagi mereka, hal ini lah yang dapat meningkatkan motivasi intrinsik mereka terhadap pelajaran.

  6. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Dina Rusdiana
    Nim : 857045946
    Pokjar : Salut Pesawaran Indah

    Izin menanggapi dan menganalisis video diatas.
    Tema : Membangun kesiapan belajar siswa
    Judul : Menarik perhatian siswa
    Analisis menurut video tersebut mempunyai kekurangan yaitu:
    1. Guru masuk ke dalam kelas tidak mengucapkan salam dan tidak menyiapkan anak anak untuk berdoa
    2. Guru tidak mempresensi kehadiran siswa
    3. Guru tidak mengajak ice breaking untuk menarik perhatian siswa
    4. Guru tidak menjelaskan tujuan dan apersepsi terhadap materi pembelajaran yang akan di sampaikan
    5. Guru tidak mencerminkan kerapihan terhadap pakaian yang dikenakan
    Pada video tersebut masih banyak kekurangannya, menurut saya sebagai seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, selalu memberikan suasana kelas yang menyenangkan dengan ice breaking terlebih dahulu agar anak-anak tidak bosan dan gaduh di dalam kelas sampai tidak memperhatikan guru yang ada didepannya, karena dengan ice breaking anak- anak bisa fokus terhadap apa yang dilihat, guru sebaiknya menjelaskan tujuan dan memberikan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu agar siswa mempunyai pemahaman tentang materi yang akan dipelajari, yang paling penting guru harus memperhatikan kerapihan pakaian yang dikenakannya, karena guru harus menjadi orang yang digugu dan tiru oleh siswa-siswinya.
    Kelebihannya dari video yang kedua guru sudah mempersiapkan materi yang lebih matang dengan menggunakan media / alat ajar yang bisa mendukung pemahaman anak, membuat suasana kelas yang menyenangkan sehingga dapat menarik semangat dan minat anak untuk belajar.
    Hal unik yang ada divideo adalah memberikan solusi atas permasalahan yang ada
    Perbaikan yang dilakukan ialah guru harus menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dengan ice breaking, menanyakan kesiapan belajar, tujuan belajar dan apersepsi sebelum pembelajaran berlangsung.

    Sekian terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  7. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Dina Rusdiana
    Nim : 857045946
    Pokjar : Salut Pesawaran Indah

    Izin menanggapi dan menganalisis video diatas.
    Tema : Membangun kesiapan belajar siswa
    Judul : Menarik perhatian siswa

    Analisis menurut video tersebut mempunyai kekurangan yaitu:
    1. Guru masuk ke dalam kelas tidak mengucapkan salam dan tidak menyiapkan anak anak untuk berdoa
    2. Guru tidak mempresensi kehadiran siswa
    3. Guru tidak mengajak ice breaking untuk menarik perhatian siswa
    4. Guru tidak menjelaskan tujuan dan apersepsi terhadap materi pembelajaran yang akan di sampaikan
    5. Guru tidak mencerminkan kerapihan terhadap pakaian yang dikenakan

    Pada video tersebut masih banyak kekurangannya, menurut saya sebagai seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, selalu memberikan suasana kelas yang menyenangkan dengan ice breaking terlebih dahulu agar anak-anak tidak bosan dan gaduh di dalam kelas sampai tidak memperhatikan guru yang ada didepannya, karena dengan ice breaking anak- anak bisa fokus terhadap apa yang dilihat, guru sebaiknya menjelaskan tujuan dan memberikan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu agar siswa mempunyai pemahaman tentang materi yang akan dipelajari, yang paling penting guru harus memperhatikan kerapihan pakaian yang dikenakannya, karena guru harus menjadi orang yang digugu dan tiru oleh siswa-siswinya.
    Kelebihannya dari video yang kedua guru sudah mempersiapkan materi yang lebih matang dengan menggunakan media / alat ajar yang bisa mendukung pemahaman anak, membuat suasana kelas yang menyenangkan sehingga dapat menarik semangat dan minat anak untuk belajar.

    Hal unik yang ada divideo adalah memberikan solusi atas permasalahan yang ada.
    Perbaikan yang dilakukan ialah guru harus menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dengan ice breaking, menanyakan kesiapan belajar, tujuan belajar dan apersepsi sebelum pembelajaran berlangsung.

    Sekian terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  8. Nama : Nofe rinusman zebua
    Nim: 859869564
    Pokjar: idanogawo

    Setelah saya menonton video tersebut Kelemahannya adalah:
    1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa.

    Hal unik yang terdapat di video tersebut adalah di Video tersebut langsung dicontohkan video solusi untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi.

    Perbaikan yang dapat dilakukan ialah –
    1.sebaiknya guru wajib berpakaian rapi dan memakai sepatu
    2. Guru harus menanyakan persiapan siswa dan siswi untuk memulai pembelajaran.

  9. Nama : Miranda maulidya
    Nim : 858081146

    Setelah saya melihat video dapat saya simpulkan bahwa di awal pelajaran guru kurang memberikan apresiasi kepada peserta didik, guru tidak menjelaskan kepada peserta didik tentang apa itu penambahan dan pengurangan. Seharusnya sebelum memulai pelajaran seorang guru harus memberikan gambaran tentang pembelajaran yang akan diajarkan di dalam kelas. Menurut saya media yang digunakan dalam pembelajaran itu sudah tepat karena dengan video anak-anak bisa menyaksikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Seorang guru harus berpenampilan sopan, rapi saat mengajar. Sedangkan menurut saya di dalam video penampilan guru tersebut kurang rapi.

Leave a Reply