silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa Kelemahannya
1. guru langsusng memulai pelajaran
2. tidak membiasakan siswa berdoa pagi atau pun yel yel agar siswa tidak jenuh dan semangat
Hal unik yang terdapat di video tersebut: di Video tersebut langsung di berikan video solusi mengatasi permasalahannya yang di hadapi.
1. tidak langsung memulai pelajaran
2. membuat yel yel pagi sebelum berdoa.
Nama : Rinawati Manullang
Nim: 859874036
Pokjar : Labura
Setelah saya lihat video tersebut berisi tentang kesulitan menarik perhatian siswa.
Kelemahan pada video tersebut adalah pada video pertama
1.Penampilan guru tidak rapi
2.Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajar
3. Guru tidak mengajak siswa melakukan ice breaking jdi guru kesulitan mengambil perhatian siswa
4. Guru langsung memulai ke materi sementara keadaan kelas belum siap belajar
Video ke 2
1.Guru sudah berpakaian rapi
2.tapi masih tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajar
3.guru menggunakan ice breaking untuk menarik perhatian siswa
4. Guru memulai pelajaran dengan melakukan pembicaraan ringan dan menggunakan bahan belajar konkret agar siswa mengerti tentang perhitungan
Nama : Rinawati Manullang
Nim: 859874036
Pokjar : Labura
Setelah saya lihat video tersebut berisi tentang kesulitan menarik perhatian siswa.
Kelemahan pada video tersebut adalah pada video pertama
1.Penampilan guru tidak rapi
2.Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajar
3. Guru tidak mengajak siswa melakukan ice breaking jdi guru kesulitan mengambil perhatian siswa
4. Guru langsung memulai ke materi sementara keadaan kelas belum siap belajar
Video ke 2
1.Guru sudah berpakaian rapi
2.tapi masih tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajar
3.guru menggunakan ice breaking untuk menarik perhatian siswa
4. Guru memulai pelajaran dengan melakukan pembicaraan ringan dan menggunakan bahan belajar konkret agar siswa mengerti tentang perhitungan
Nama:ELGIVE KARYA TEGUH ZEBUA
Nim: 859870379
di dalam video dia atas sangat bagus,kit di ajarkan dalam menarik perhatian siswa yang dimana siswa pda saat itu sangat ribut.
nah kit di ajarakan untuk belajar sabar dalam menghadapi siswa yang ribut.
jadi kita sebagai guru juga pintar dalam cara tersebut bukan hanya satu cara kalau bisa bnyak.
sehingga siswa tetap memperhatikan kita.
demikian terimakasih…..!!!!
Nama: ELGIVE KARYA TEGUH ZEBUA
Nim: 859870379
Menurut pendapat saya dari video tersebut adalah
guru sangat ahli dalam menarik perhatian siswa,
akan tetapi alangkah baiknya bukan hanya satu cara dlam melakukan penarikan perhatian siswa tersebut.
baiknya banyak cara sehingga siswa tidak bosan dan tetap terus memperhatikan.
dimikian termakasih….!!!!!!
Nama : Novi Ardiyanti
Nim : 857168046
Pokjar : Duren Sawit
Didalam vidio yang saya lihat,saya mendapatkan hal berikut:
1.Guru tidak mengikuti aturan berpakaian saat mengajar
2.Kurang baiknya respon peserta didik saat guru masuk kelas
3.Pembukaan guru sangat membosankan tidak ada apresiasi seperti berdoa dan menanyakan kabar anak
hal yang harus diperbaiki dri masalah diatas:
Guru harus menjadi model untuk anak muridnya dalam segala hal seperti berpakaian.
memakai sepatu saat mengajar
dan membuat kesepakatan kelas agar mereka tau tata tertib
melakukan pembukaan terlebih dahulu agar mereka tidak kaget
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,izin menanggapi hasil video yang telah saya amati,
Kelemahan: Guru tersebut belum mencontohkan kerapihan dalam berpakaian,dan guru belum tegas serta kurang kreatif dalam mengajak semangat siswa untuk kesiapan dalam pembelajaran yang akan di laksanakan.
Kelebihan: guru dalam mengajar sudah menggunakan peraga secara langsung, sehingga siswa juga berantusias dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan
Sekian tanggapan yang dapat saya sampaikan, Terimakasih.Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh.
Nama : Fitya khoirika Anisa Putri
Nim : 857038775
Pokjar: Simpang Pematang
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,izin menanggapi hasil video yang telah saya amati, Kelemahan: Guru tersebut belum mencontohkan kerapihan dalam berpakaian,dan guru belum tegas serta kurang kreatif dalam mengajak semangat siswa untuk kesiapan dalam pembelajaran yang akan di laksanakan.
Kelebihan: guru dalam mengajar sudah menggunakan peraga secara langsung, sehingga siswa juga berantusias dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan.
Hal yang perlu di perbaiki dari cara pengajaran vidio diatas yaitu:
1.Membangkitkan kesemangatan dan fokus siswa untuk kesiapan dalam pembelajaran.
2.Memberikan motivasi – motivasi terhadap siswa / dilakukan ice breaking.
3.Seorang pendidik harus menyiapkan materi yang matang untuk yang akan disampaikan sehingga dalam menyampaikan materi bisa matang dan tuntas
Sekian tanggapan yang dapat saya sampaikan, Terimakasih.Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh.
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang
berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk
memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru
melakukan beberapa cara di antaranya dengan cara :
Mengajaksiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. memberi
penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan,
meminta siswa menemukan benda lainnya danmenceritakan secara
singkat tentang benda yang ditemukannya itu
1. KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
Guru melakukan pembukaan pelajaran terlalu singkat seperti,
mengucapkan salamdan mengecek kehadiran siswa
Guru tidak berpakaian dengan rapi seperti, tidak memakai sepatu
dan baju gurusebagian keluar.
Guru tidak menutup pembelajaran dengan baik dan tidak
mengucapkan salam.
2. KELEBIHAN PEMBELAJARAN VIDEO
Guru memakai alat bantu mengajar menggunakan media visual
pembelajaran seperti buah jeruk, Guru memotivasi siswa sebelum
belajar dengan yel – yel semangat
Guru mengajar sesuai kebutuhan siswa
Nama : Abunnajib Sahra Wardi
NIM : 857155791
Alamat : Jakarta
Didalam video ini memberikan kita informasi dalam memecahkan satu masalah dengan memberikan solusi dan mempraktekan secara langsung untuk memberi buktinya nyata dari permasalahan tersebut.