silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Sheila Salsabila Astika Malik
NIM : 858572943
UPBJJ : 74 Malang
Alamat : Bangkok, Gurah, Kediri, Jawa Timur
Berikut adalah analisis kekurangan dan kelebihan dari Video “Menarik Perhatian Siswa” di link tersebut, serta alternatif pemecahan masalah:
Kelebihan:
1. Video memberikan tips yang praktis dan mudah diterapkan untuk menarik perhatian siswa.
2. Menawarkan berbagai strategi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
3. Video membahas tentang pentingnya memperhatikan kebutuhan dan minat siswa dalam proses pembelajaran.
Kekurangan:
1. Video tidak menyediakan contoh kasus atau studi kasus yang spesifik untuk mengilustrasikan strategi yang diusulkan.
2. Tidak ada analisis mendalam tentang potensi tantangan atau hambatan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan strategi tersebut.
3. Video mungkin terlalu umum dan tidak menyediakan solusi yang spesifik untuk masalah yang kompleks.
4. Kekurangan segmen ke 1 : Guru tidak memberikan contoh cara berpakaian yang rapi
Segmen ke 2 : terlalu kaku kurang menguasai kelas.
Saran :
1. Menambahkan contoh kasus atau studi kasus yang spesifik untuk mengilustrasikan strategi yang diusulkan.
2. Menyediakan analisis mendalam tentang potensi tantangan atau hambatan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan strategi tersebut.
3. Menawarkan solusi yang lebih spesifik dan terstruktur untuk masalah yang kompleks, seperti menggunakan teknologi atau metode pembelajaran yang lebih interaktif.
Dengan demikian, Video dapat menjadi lebih informatif dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Nama : PETTI PAJRAWATI.P
NIM : 859531592
PRODI : PGSD
UPBJJ : MAJENE
Video ini menunjukkan strategi pengelolaan kelas yang kreatif dan efektif. Guru tersebut berhasil mengatasi kelas yang berisik bukan dengan hukuman atau teguran langsung, melainkan dengan mengalihkan perhatian siswa melalui pertanyaan-pertanyaan menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Teknik mengaitkan pertanyaan sederhana tentang kendaraan yang mereka gunakan ke sekolah dengan konsep geometri (bentuk bulat, jumlah ban) sangat cerdas. Penggunaan jeruk sebagai objek nyata untuk memperkuat pemahaman konsep juga menunjukkan pendekatan pembelajaran yang konkret dan menarik bagi siswa. Metode ini menunjukkan pemahaman guru yang baik tentang bagaimana melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, bahkan dalam situasi kelas yang menantang. Video ini layak direkomendasikan sebagai contoh bagaimana mengelola kelas yang ramai dengan cara yang positif dan inovatif.
Nama : vidya erina putri
Nim: 858538176
Menarik perhatian siswa adalah tantangan yang penting bagi setiap pendidik. Berikut beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini:
1. **Mulailah dengan Pertanyaan**: Membuka pelajaran dengan pertanyaan yang menarik atau menggelitik rasa ingin tahu siswa dapat segera menarik perhatian mereka. Pertanyaan harus relevan dengan topik dan mendorong siswa untuk berpikir.
2. **Gunakan Cerita atau Anecdote**: Memulai dengan cerita atau anekdot yang terkait dengan topik dapat membuat siswa lebih tertarik. Cerita yang menarik dapat membantu siswa membayangkan konsep atau ide yang diajarkan.
3. **Visualisasi dan Multimedia**: Penggunaan visualisasi, video, atau alat multimedia lainnya dapat membuat pelajaran lebih menarik. Gam grafik, dan video dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik dan lebih cepat.
4. **Interaksi dan Diskusi**: Melibatkan siswa dalam diskusi atau kegiatan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan mereka. Ini bisa berupa diskusi kelompok, permainan edukatif, atau kegiatan hands-on.
5. **Tantangan dan Penghargaan**: Memberikan tantangan atau proyek yang menarik dan memberikan penghargaan atas pencapaian mereka dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.
6. **Pendekatan Multisensori**: Menggunakan berbagai metode untuk menyampaikan materi, seperti kombinasi antara pembacaan, diskusi, dan kegiatan praktis, dapat membantu menarik perhatian siswa dengan berbagai gaya belajar.
7. **Membuat Lingkungan Belajar yang Positif**: Menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif di kelas dapat membantu siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar.
8. **Keterlibatan Emosional**: Mengaitkan materi dengan pengalaman pribadi atau relevansi sehari-hari dapat membantu siswa melihat nilai dalam apa yang mereka pelajari.
Dengan menerapkan strategi-strategi ini, pendidik dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif, sehingga siswa lebih mudah terlibat dan memahami materi yang diajarkan.
NAMA : RIKA ROHAYATI
NIM : 860200594
PRODI : PGSD
UPBJJ : BANDUNG
Setelah menyaksikan video di atas ternyata penampilan yang kurang menarik dapat mempengaruhi perhatian anak pada kita sebagai pengajar. Dan untuk sebagian anak terutama siswa kelas bawah diperlukan metode pembukaan yang menarik dan menyenangkan.
Dalam video tersebut juga dicontohkan solusi yang tepat, untuk mengajar matematika di kelas bawah untuk materi penjumlahan harus dimulai dengan benda yang konkrit baru ke abstrak.
Jadi bisa disimpulkan seorang pengajar harus memperhatikan penampilan di depan kelas, bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memiliki metode yang menarik sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Demikian tanggapan saya. Terima kasih,
Nama : Khairunnisa
Nim : 878367955
Prodi : PGSD
UPBJJ : Medan
Prokjar : Binjai
Menanggapi video diatas, saya melihat bahwa belum. adanya kesiapan guru, tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran, guru berpakaian tidak rapi, tetapi guru sudah bisa memusatkan perhatian siswa menjadi lebih aktif. seharusnya guru tersebut memakai sepatu bukan sendal.
Dari vidio di atas juga terdapat perbaikan dari gurunya. Setelah adanya perbaikan tersebut murid murid sudah berfokus pada guru tersebut. Tidak ada lagi yg bermain atau berbicara. Kelaspun menjadi kondusif. Jadi sebaiknya ketika kita menjadi guru harus mempersiapkan pembelajaran. Dan kita harus bisa bagaimana mengatasi kelas agar kelas tersebut menjadi kondusif.
NAMA : DESI ALFIANI
NIM : 8557139529
PRODI : PGSD
UPBJJ : JAKARTA
komentar untuk video tersebut.
Suasana kelas yang tidak kondusif saat guru memasuki kelas, suasana masih gaduh, menunjukkan kurangnya strategi dalam mengelola transisi antar pelajaran dan menyiapkan siswa untuk fokus pada materi baru. lalu, kurangnya penjelasan konsep dasar. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’, yang penting untuk pemahaman siswa terhadap soal cerita dalam matematika.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat malam
Perkenalkan
Nama: Salma
NIM :859447044
Prodi : PGSD
UPBJJ : Makassar
Berdasarkan video tersebut, hasil analisis saya dapat disimpulkan sebagai berikut:
Awal video, guru memasuki ruang kelas tanpa persiapan. Seperti yang terlihat di video guru memasuki ruang kelas harus dengan tampilan yang rapi atau menarik. Guru juga seharusnya mempersiapkan mental siswa dalam menerima pembelajaran.
Kemudian pada video kedua, guru dalam video tersebut menggunakan beberapa strategi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran. Strategi-strategi tersebut antara lain:
1. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi
Guru meminta siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang, yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Memberi penguatan
Guru memberikan penguatan ketika siswa merespon terhadap apa yang dicontohkan, yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa.
3. Mengembangkan keterampilan berpikir
Guru meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya, yang dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir dan komunikasi siswa.
Kesimpulan
Guru dalam video tersebut menggunakan strategi pembelajaran yang aktif dan interaktif untuk meningkatkan perhatian dan partisipasi siswa. Dengan menggunakan strategi-strategi tersebut, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif.
Nama : Nur Maratusysyahidah
NIM : 857133449
UPBJJ : Jakarta
Jurusan : PGSD
Dari video di atas, dari pengamatan saya guru tersebut kurang persiapan untuk memasuki kelas. Menarik perhatian siswa bukan hanya soal metode mengajar, tetapi juga bagaimana guru membangun suasana yang menyenangkan, komunikatif, dan penuh energi positif. Jika siswa merasa dihargai dan dilibatkan, mereka akan lebih fokus dan semangat belajar.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat malam
Perkenalkan
Nama: Salma
NIM :859447044
Prodi : PGSD
UPBJJ : Makassar
Berdasarkan video tersebut, hasil analisis saya dapat disimpulkan sebagai berikut:
Awal video, guru memasuki ruang kelas tanpa persiapan. Seperti yang terlihat di video guru memasuki ruang kelas harus dengan tampilan yang rapi atau menarik. Guru juga seharusnya mempersiapkan mental siswa dalam menerima pembelajaran.
Kemudian pada video kedua, guru dalam video tersebut menggunakan beberapa strategi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran. Strategi-strategi tersebut antara lain:
1. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi
Guru meminta siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang, yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Memberi penguatan
Guru memberikan penguatan ketika siswa merespon terhadap apa yang dicontohkan, yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa.
3. Mengembangkan keterampilan berpikir
Guru meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya, yang dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir dan komunikasi siswa.
Guru dalam video tersebut menggunakan strategi pembelajaran yang aktif dan interaktif untuk meningkatkan perhatian dan partisipasi siswa. Dengan menggunakan strategi-strategi tersebut, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif.
Nama : Desi Alfiani
Nim: 857139529
Prodi: PGSD
UPBJ: Jakarta
komentar untuk video di atas suasana kelas yang tidak kondusif saat guru memasuki kelas, suasana masih gaduh. Ini menunjukkan kurangnya strategi dalam mengelola transisi antar pelajaran dan menyiapkan siswa untuk fokus pada materi baru. lalu, kurangnya apersepsi di awal pembelajaran guru tidak memanfaatkan apersepsi untuk menghubungkan materi sebelumnya dengan materi baru.