silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nurpadilla
NIM : 859875536
Berdasarkan Vidio yang sudah kita lihat diatas menyadarkan kita sebagai seorang guru atau sebagai fasilitator juga harus rapi menarik dan terampil untuk menarik perhatian peseta didik. Ternyata selama ini yang sudah kita lalui atau sudah banyak kita temui tentang susahnya siswa untuk diarahkan tidak menutup kemungkinan bisa jadi karena kita seorang guru yang kurang menarik bagi siswa untuk mengajar atau menyampaikan materi yang di berian oleh guru, bukan karna siswanya yang tidak mau atau tidak siap untuk belajar tetapi kita sebagai seorang guru juga harus menyadari atau menanyakan diri sebagai guru sudah baik belum cara bapak/Ibu dalam memberikan kalian ilmu? mungkin dengan cara seperti itu saja siswa uda lebih nyaman dengan kita
karena kita sendiri meminta pendapat kepada siswa. Siswa tersebut pun menaggap asyik sekali bapak/Ibu ini……….
nama : zulhelda febriani
nim : 856484804
menurut vidio di atas seharusnya guru mengucapkan salam waktu memasuki kelas lalu memimpin doa dan mengabsen siswa yang tidak hadir
lalu guru mengajak ice breaking supaya suasana di kelas menjadi kondusif dan guru memberik tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan
Selain itu seorang guru juga harus menggunakan berbagai macam metode pembelajaran saat mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan
Sedangkan pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar
kekurangan, alangkah baiknya gurur berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah
Nama : Lusiana
Nim : 858431032
jurusan : PGSD-S1
menurut saya,dalam pembukaan pembelajaran,guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu konsep dasar tentang pertambahan dan pengurangan.hal ini sangat penting dikarenakan seringkali siswa kesulitan memahami soal cerita yang menggunakan variasi kata. oleh karena itu penting bagi guru untuk memberi pemahaman makna dari kata-kata tersebut akan membantu siswa untuk memahami operasi pertambahan dan pengurangan pada matematika. Penggunaan media dalam pembalajaran pada video diatas juga sudah tepat,namun media tersebut masih digunakan sebatas sebagai alat bantu visual. Akan lebih baik jika media juga dimanfaatkan secara interaktif,misalnya mengajak siswa menghitung benda secara langsung agar mereka lebih aktif dan memahami materi dengan lebih baik. Selain itu materi yang disampaikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik,sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. namun dalam hal lain terdapat beberapa kekurangan dalam video diatas
1.kurangnya apersepsi di awal pembelajaran yaitu bagian penting dalam pembukaan pembelajaran terutama pada mapel matematika karna dianggap sulit untuk sebagian siswa.sebaiknya guru mengaitkan pembelajaran sebelumnya atau memberi stimulus yang akan menarik perhatian siswa.
2.pengelolaan kelas yaitu dimana kondisi kelas yang gaduh diawal pembelajaran hal ini menunjukkan bahwa manajemen kelas kurang optimal. guru seharusnya membangun suasana yang kondusif terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran,bisa dengan memberi instruksi atau memberi aktivitas pembuka yang menyenangkan.
3.metode pembelajaran yaitu metode tanya jawab dan refleksi sudah tepat,akan tetapi partisipasi siswa masih kurang maksimal. akan lebih baik jika siswa terlibat langsung secara aktif, misalnya menunjuk masing-masing siswa untuk maju kedepan unuyk menyelesaikan soal penambahan atau pengurangan menggunakan barang-barang yang disediakan. hal ini membantu siswa untuk berkonsentrasi dan juga memperkuat pemahaman dan daya ingat siswa.
4. penampilan guru memegang peran penting sebagai bagian dari keladanan. guru adalah figur atau panutan yang dijadikan contoh oleh siswa. seharusnya penampilan guru pada video diatas rapi baju dimasukan. penampilan yang rapi dan sopan juga menunjukan sikap profesional dan menghargai proses belajar mengajar. sepatu yang layak dan pakaian yang rapi memberi kesan bahwa pembelajaran adalah hal penting dan serius.
kesimpulan
pembelajaran dalam video sudah memiliki beberapa aspek positif, seperti materi yang sesuai dengan kurikulum dan penggunaan media yang cukup bail. namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. dengan perbaikan aspek-aspek tersebut diharapkan dalam proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif,menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa
Menurut saya tentang vedio diatas yaitu ada kekurangan dan ada juga kelebihan yang dilakukan guru tersebut dalam mengajar, yang pertama guru tersebut ketika masuk dalam kelas dia langsung memberikan pertanyaan apa salahnya guru mengajak siswanya bernyanyi atau main game jadi sehingga siswa yang ada dalam kelas lebih semangat lagi dan otak mereka tidak kamu. Kedua, guru tersebut tidak memperhatikan bagaimana penampilan seorang guru didepan siswanya kkarna di dalam vedio gurunya memakai sandal bukan sepatu. Itu kan menyebabkan siswa tidak akan patuh lagi dengan peraturan yang ada di sekolah.
Untuk kelebihan nya yaitu ketika dia mengajar dia menggunakan media pembelajaran dalam operasi menghitung dalam pembelajaran matematika dan ketika dia menjelaskan dia menjelaskan dengan perlahan-perlahan sehingga terlihat siswanya dalam vedio sangat antusias dalam menyimak. Selain itu dia juga memberikan tanya jawab kepada siswa.
Nama: Ngrestiawati Tri Gina
Nim; 858863553
Dalam vidio tersebut kurang nya persiapan penampilan dari sang guru, karna guru belum rapi muridpun engan tertarik kepadanya, dan salam permbukaan terlalu biasa dan kurang menarik dan pada akhirnya siswa kurang memperhatikannya.
ekspresi guru juga mempengaruhi minat sang anak umtuk memulai pembelajaran, jadi tindakan yang dilakukan di vidio tersebut mengunakan teori icebreaking, karna anak anak suka sama ekspresi guru yang ceria, setalah selesai icebreaking sebelum pembelajaran dimulai guru memberikan quiz seperti pengurangan benda benda di sekitar seperti contoh dividio mengunakan buah jeruk karna anak suka benda yang nyata.
Nama : Teti Fuji Astuti
NIM : 857139084
UPBJJ : Jakarta
Di awal pembelajaran, anak-anak tidak memperhatikan bahkan saat guru tiba di kelas mereka asyik bercanda bersama temannya. Guru pun berpenampilan tidak rapih dan kurang menarik perhatian anak-anak. Guru tidak bersemangat, suara kurang tegas, dan tidak memberikan informasi yang detail mengenai apa yang akan dipelajari. Kegiatan ice breaking dapat menjadi solusi efektif untuk menari perhatian siswa. Namun, dalam video ini bisa kita lihat guru menggunakan alat peraga berupa buah jeruk dan itu bagus karena secara tidak langsung siswa belajar konsep penambahan dan pengurangan sederhana. Ada beberapa saran yang akan saya sampaikan, yaitu :
1. Seorang guru adalah role model bagi siswa, maka dari itu diharapkan dapat berpenampilan rapi dalam berpakaian.
2. Membiasakan kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum belajar, bertanya kabar siswa, dan mereview materi sebelumnya.
3. Menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari siswa.
4. Menggunakan alat peraga yang lebih bervariasi yang ada di lingkungan kelas, seperti pensil, penghapus, dan lain-lain.
5. Memberikan lembar kerja untuk mengukur kemampuan siswa secara tertulis.
Nama : Teti Fuji Astuti
NIM : 857139084
UPBJJ : Jakarta
Di awal pembelajaran, anak-anak tidak memperhatikan bahkan saat guru tiba di kelas mereka asyik bercanda bersama temannya. Guru pun berpenampilan tidak rapih dan kurang menarik perhatian anak-anak. Guru tidak bersemangat, suara kurang tegas, dan tidak memberikan informasi yang detail mengenai apa yang akan dipelajari. Kegiatan ice breaking dapat menjadi solusi efektif untuk menari perhatian siswa. Namun, dalam video ini bisa kita lihat guru menggunakan alat peraga berupa buah jeruk dan itu bagus karena secara tidak langsung siswa belajar konsep penambahan dan pengurangan sederhana.
Ada beberapa saran yang akan saya sampaikan, yaitu :
1. Seorang guru adalah role model bagi siswa, maka dari itu diharapkan dapat berpenampilan rapi dalam berpakaian
2. Membiasakan kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum belajar, bertanya kabar siswa, dan mereview materi sebelumnya.
3. Menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari siswa.
4. Menggunakan alat peraga yang lebih bervariasi yang ada di lingkungan kelas, seperti pensil, penghapus, dan lain-lain.
5. Memberikan lembar kerja untuk mengukur kemampuan siswa secara tertulis.
Terima kasih.
Nama : Istiqomah
Nim : 858436364
Dari video di atas, kita mendapatkan point-point penting dalam mengajar agar mendapat perhatian dari para siswa di kelas rendah, yaitu kelas 1, yang mana pada umumnya siswa kelas satu adalah siswa pada masa transisi dari TK yang lebih banyak bermain sambil belajar, sedangkan di SD tujuanya adalah belajar. Video di atas adalah contoh guru yang berhasil mengajar siswa dengan perhatian penuh dari siswa di kelas dan contoh yang kurang berhasil mendapatkan perhatian siswa.
Pada video pertama, adalah ideo yang tidak berhasil mendapatkan perhatian siswa, yaitu guru berpenampilan kurang rapi dengan memakai sandal dan menunjukan ekspresi wajah yang kurang ceria. Sedangkan pada video pertama guru berpenampilan rapi, kreatif, ekspresi wajah yang ceria, membawa media berupa jeruk, bisa menyampaikan materi bilangan kepada para siswa dengan menyenangkan, mengajak komunikasi siswa dan memberi pujian pada siswa yang menjawab dengan benar. Ini akan membuat siswa memperhatikan guru dan pelajaran lebih mudah difahami oleh siswa.
Nama : Shintia yunus situmorang
NIM: 859 884227
setelah menonton video tersebut saya menyadari bahwa peran guru sangatlah penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam kelas.
Secara keseluruhan, video ini menginspirasi saya untuk terus berinovasi dan mencari cara agar pembelajaran tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga
pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
nama: shintia yunus situmorang
nim:859884227
Secara keseluruhan, video ini menginspirasi saya untuk terus berinovasi dan mencari cara agar pembelajaran tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.