silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Video “Menarik Perhatian Siswa” yang dibuat oleh Guru Pintar UT adalah media pembelajaran yang sangat penting karena menampilkan usaha nyata guru untuk menarik perhatian siswa di kelas. Video ini memiliki banyak keuntungan, terutama karena menggunakan metode interaktif yang sesuai dengan standar pembelajaran sekolah dasar dan memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan kontekstual. Selain itu, ulasan yang dibuat oleh siswa dan pakar memberikan manfaat tambahan dalam mendorong refleksi dan meningkatkan kualitas pembelajaran guru.
Namun demikian, beberapa kelemahan video ini termasuk kurangnya variasi strategi pembelajaran, visualisasi yang tidak menarik, dan tidak adanya diskusi tentang tantangan nyata di kelas. Kelemahan-kelemahan ini mungkin berasal dari kesalahan dalam perencanaan produksi dan tujuan umum video.
Secara keseluruhan, video ini masih berkontribusi positif pada pendidikan, terutama sebagai contoh awal bagi guru atau calon guru untuk memahami pentingnya memberikan perhatian kepada siswa selama proses belajar. Pengembangan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk studi kasus yang lebih relevan, aspek visual, dan kedalaman konten untuk meningkatkan hasilnya.
Assalamu’alaikum wr, wb.
Nama : Sintawati
Nim : 860191187
Berdasarkan video yang telah saya tonton, bahwasanya menjadi seorang pendidik itu perlu memiliki
kreativitas untuk menarik minat peserta didik dalam proses belajar. Peserta didik akan cenderung lebih terangsang untuk belajar jika ada sesuatu yang mereka anggap menarik. Video tersebut juga menyoroti pentingnya persiapan yang matang dalam hal materi pelajaran, penampilan, serta alat bantu yang dapat menarik perhatian anak. Hal ini sangat penting terutama ketika mengajar di kelas bawah.
Pertama-tama guru sebaiknya meminta peserta didiknya untuk fokus. Kemudian siap-siap untuk berdo’a, absensi,dan mulai pembelajaran dengan penuh kegembiraan serta menyenangkan namun tetap serius agar peserta didik berkonsentrasi.
selain itu, penampilan pendidik memiliki pengaruh besar terhadap konsentrasi peserta didik. Seorang pendidik yang terlihat rapi dan beretika cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian dan penghargaan dari siswa.
Dalam video tersebut awalnya pendidik terlihat kurang memperhatikan aspek ini, seperti mengenakan sandal yang tidak sesuai untuk situasi pembelajaran formal. Namun, di bagian perbaikan, pendidik menunjukkan transformasi yang positif. Ia tampil lebih teratur, penuh semangat, menyapa anak-anak dengan ceria, dan memberikan penghargaan atas partisipasi mereka. Perubahan ini memberikan dampak positif pada suasana kelas, membuatnya lebih teratur, dan siswa menjadi lebih antusias serta fokus dalam proses belajar.
Jadi kesimpulannya, peran pendidik itu bukan semata hanya tentang mengajar saja, melainkan juga mengenai bagaimana menciptakan atmosfer belajar yang mendukung dang menyenangkan.
Sekian dan terima kasih menanggapi video dari saya, semoga bisa bermanfaat. Atas nama pribadi mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata atau pengetikan.
Wassalamu’alaikum wr, wb.
Nama : Lidya Yanti Sugarti
Prodi : PGSD
UPBJJ : Pontianak
menurut video yang saya simak tersebut kita sebagai guru harus bisa menarik perhatian murid agar mereka fokus ke guru, jadi sebelum kita masuk kekelas kita sebagai guru harus bisa melihat situasi murid dulu sebelum memulai sapaan, guru juga harus bisa menilai apakah murid sudah siap menerima pelajaran. guru juga harus bisa berpikir kreatif agar murid juga lebih fokus. guru yang kreatif dapat membuat pembelajaran lebih menarikdan interaktif, sehingga murid dapat fokus dan termotivasi, selain itu guru juga bisa menarik perhatian siswa pertama dari penampilan yang rapi dan bersih, membuat tujuan pembelajaran yang jelas guru dapat membuat tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik, sehingga murid dapat memahami apa yang di harapkan mereka, mengunakan metode pembelajaran yang variatif guru dapat mengunakan metode pengajaran yang berbeda-beda seperti diskusi, presentasi, dan aktivitas hands-on, untuk membuat pembelajaran menarik dan interaktif, guru juga harus membuat lingkungan belajar yang nyaman. Dari video di atas bisa di simpulkan bahwa guru tersebut sudah bisa membuat anak fokus kepadanya, dan guru tersebut sudah memberikan contoh yang baik dengan penampilan yang bersih dan rapi serta sudah mengunakan alat peraga.
sekian dari saya terimakasih
Nama : Shinta Listari
NIM : 878225791
UPBJJ : Lahat
Menurut pendapat saya, seorang guru harus bisa menarik perhatian para siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. di video bisa kita lihat bahwa guru tersebut belum siap untuk mengajar dikelas tersebut, dilihat dari penampilan guru tersebut yang berpakaian tidak rapi dan juga tidak menggunakan sepatu. Itu mencerminkan sikap guru yang tidak baik sehingga membuat para siswa tidak peduli dan tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran tersebut. Di lanjutan video tersebut terlihat seorang guru sudah sangat mempersiapkan dirinya untuk mengajar dikelas tersebut, terlihat dari penampilan nya yang rapi. Kemudian guru tersebut melakukan metode diskusi interaktif tanya jawab dengan para siswa untuk menarik perhatian siswa untuk belajar. Metode lain yang juga dilakukan oleh guru tersebut adalah menggunakan alat peraga jeruk yang tentu itu sangat menarik perhatian dari para siswa untuk belajar.
Kesimpulan nya yaitu sebelum melakukan proses belajar mengajar hendak nya seorang guru harus mempersiapkan apa yang harus dilakukan untuk menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran antara lain, metode diskusi interaktif tanya jawab dengan siswa, dan juga metode menggunakan alat peraga.
NAMA : MASEBIAH SUNARTI ADHANINGGAR
NIM : 867839226
Dari video di atas, Di awal masuk guru tersebut tidak melakukan persiapan apapun sehingga siswa tidak memperhatikan guru tersebut. Namun dihari berikutnya guru tersebut mempersiapkan diri dengan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Guru yang efektif harus mempersiapkan diri sebelum memasuki ruang kelas. Saat memulai pembelajaran, guru sebaiknya mengajak siswa untuk fokus dengan berdoa dan melakukan ice breaking untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penampilan guru yang profesional juga berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Setelah melakukan perbaikan, guru dalam video tersebut berhasil membuat siswa lebih fokus dan kelas menjadi lebih kondusif.
Nama: Petrus Rumba
Prodi: PGSD
UPBJJ: PONTIANAK
Dari video tersebut saya berpendapat ,bahwa siswa/siswi perlu perhatian, nasehat dan kasih sayang,biar siswa/siswi bisa menghargai guru ketika guru sudah menyapa dan berada didepan kelas. guru juga harus lihat siswa/siswi ketika masuk kedalam kelas, apa kah siswa/siswi sudah siap dalam pembelajaran atau belum, kalau siswa/siswi masih asyik bermain berarti siswa/siswi belum siap belajar, disini lah seorang guru harus menarikperhatian kepada siswa/siswi, biar proses belajar dapat terlaksana dengan baik.
sekian…
Assalamualaikum
Jika di lihat dari vidio tersebut pada awalnya murid sangat asik dengan aktifitasnya masing-masing walaupun guru sudah datang dan memberikan salam serta teguran untuk diam
Sebagai calon guru saya sangat ingin memberikan kesan yang baik untuk anak didik saya oleh karena itu seorang guru harus punya kreativitas yang sangat tinggi untuk mendukung aktivitas dalam mengajar.
Solusi yang saya lihat pada vidio tersebut sangat membantu saya untuk mencontoh ketika saya sudah mengajar nanti dengan memberikan salam yang menarik penyampaian yang unik dengan menggunakan alat bantu supaya anak murid lebih paham.
Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan:
1. Guru perlu melakukan evaluasi terhadap metode pengajaran yang digunakan.
2. Lakukan perbaikan secara berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi.
3.Minta umpan balik dari siswa untuk mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak sukai dalam proses belajar.
Dengan menerapkan strategi-strategi ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif, sehingga meningkatkan minat belajar siswa-siswi SD.
nama : rena fitri ardani
nim : 860220819
menurut saya dalam vidio tersebut seorang guru harus mencerminkan bahwa beliau adalah seorang panutan atau contoh bagi muridnya. seperti halnya dari segi penampilan harus rapi dan sopan sehingga murid-murid bisa lebih menghargai guru. begitupun cara beliau dalam mengondisikan kelas seharusnya beliau megajak murid-murid untuk berdoa terlebih dahulu kemudian mengabsen siswa supaya tahu siswa yang masuk dan tidak masuk pada waktu itu, sehingga siswa siswi tersebut fokus tidak ada yang mengobrol sendiri kemudian suasana juga menjadi lebih tenang dan kondusif sehingga siap untuk memulai materi yang ingin guru paparkan dalam pemaparan juga bisa menggunakan alat bantu lain misalnya bisa memakai media permainan, alat peraga, pengelompokan dan mengunakan alat bantu visual lainnya. Tujuannya supaya murid tidak bosan dengan media belajar tersebut sehingga diharapkan seluruh siswa bisa lebih fokus saat proses pembelajaran berlangsung dan bisa menangkap ilmu yang diberikan oleh guru.
Assalamualaikum wr WB
Nama : tika purnama sari
Nim : 857604595
Dilihat dari vidio diatas, menggambarkan tantangan nyata yang sering dihadapi guru dikelas apalagi ketika menghadapi kelas rendah seperti dikelas 1 karena mereka sedang masa peralihan dari TK yang masih dalam fase bermain.
Peran guru sangatlah penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif di kelas. Guru dituntut untuk kreatif, memiliki banyak ide menarik, serta mampu menciptakan metode pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa. Ketika peserta didik tampak kurang fokus atau ramai sendiri, mungkin perlu pendekatan yang lebih interaktif. Misalnya, guru bisa mencoba menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan atau media visual yang menarik untuk topik pembelajaran yang akan dibawakan agar siswa lebih antusias dan terlibat aktif. Seperti pada vidio tersebut pada slide kedua guru dapat memberi pertanyaan pemantik di awal pembelajaran agar bisa membangun rasa ingin tahu peserta didik dan tercipta suasana pembelajaran yang interaktif.
NAMA : ELISABET ENJELIKA
NIM : 877736538
SALUT : LANDAK
Assalamualaikum, salam sejahtera, Om swastiastu, Namo Buddhaya, salam kebajikan untuk kita semua
Yth. Ibu Prihastini Oktasari selaku tutor mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar berikut tanggapan saya mengenai video ini https://gurupintar.ut.ac.id/menarik-perhatian-siswa/
Untuk menjadi seorang guru memang tidak mudah karena harus menghadapi berbagai macam karakter anak. Namun, semua itu justru akan menjadi tantangan yang membuat seorang guru untuk berpikir lebih kreatif dan kritis bagaimana caranya untuk memusatkan perhatian seluruh anak pada saat kita berbicara. Menurut pengalaman pribadi saya memang sulit sekali untuk menyatukan perhatian anak-anak pada saat kita berbicara. Dengan adanya solusi dari video di atas saya dapat belajar bagaimana caranya untuk menarik perhatian anak-anak tanpa harus marah-marah atau ceramah panjang lebar. Semoga para guru dimampukan untuk menjadi pendidik yang mendidik. amin. salam sukses untuk kita semua. Demikian tanggapan saya mengenai video di atas, terimakasih.