silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Raisa N. Sa
NIM : 857506601
UPBJJ – Bandung
Menurut pendapat yang saya lihat dari video di atas dari sudut pandang kelebihannya adalah Memakai metode interaktif yaitu menggunakan Tanya jawab dan demonstrasi karena bias membantu meningkatkan partisipasi siswa, dan menurut pendapat saya dari kekurangan video tersebut adalah kekurangannya apersepsi yaitu guru tidak memulai dengan menghubungkan materi sebelumnya, saran saya gunakanlah apersepsi awali pembelajaran dengan mengaitkan materi sebelumnya untuk membantu transisi siswa dan libatkan siswa lebih aktif, mencoba langsung materi untuk meningkatkan pemahaman.
Nama : Iman Nisa Istiqomah
NIM : 856826076
Menurut saya dari video tersebut, terdapat catatan bahwa guru kurang memanfaatkan prinsip apersepsi di awal pembelajaran, yang penting untuk menyiapkan mental siswa dan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi baru.
Kelebihan Video
Guru menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Media yang digunakan cukup tepat sebagai alat bantu visual dalam menjelaskan konsep matematika. Materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum dan tingkat pemahaman peserta didik. Guru memberikan penguatan terhadap respon siswa, yang dapat meningkatkan motivasi belajar.
Kekurangan Video
Guru tidak memanfaatkan apersepsi di awal pembelajaran, padahal penting untuk mengaitkan materi sebelumnya dengan materi baru dan menyiapkan mental siswa. Penampilan guru kurang rapi, seperti menggunakan sandal dan pakaian yang tidak tertata, yang dapat memengaruhi kesan profesionalisme di mata siswa. Siswa tidak diajak secara aktif untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda secara langsung, padahal hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Guru tidak menjelaskan konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’ secara mendalam di awal, yang dapat menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahami soal cerita yang menggunakan variasi kata tersebut.
Video ini memberikan contoh pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan kurikulum, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti penggunaan apersepsi dan penampilan guru. Dengan perbaikan pada aspek-aspek tersebut, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
assalamualaikum wr wb
saya Wahyu Andriyani
NIM 857986926
Video ini memberikan gambaran yang sangat baik tentang bagaimana peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi anak-anak. Dalam video ditunjukkan bagaimana guru berusaha untuk menarik perhatian siswa dengan cara-cara yang sederhana namun efektif, seperti mengajak anak untuk membilang benda di sekitarnya, memberi penguatan atas respon yang diberikan anak, serta melibatkan mereka dalam kegiatan eksploratif dengan menemukan benda lain dan menceritakan temuannya.
Dari tayangan ini saya belajar bahwa perhatian anak tidak datang dengan sendirinya, tetapi perlu dibangun melalui pendekatan yang aktif dan menyenangkan. Ketika anak diajak berpartisipasi langsung, seperti menghitung benda nyata atau bercerita tentang objek yang mereka temukan, mereka akan merasa lebih terlibat dan fokus terhadap pelajaran. Selain itu, memberi penguatan atau pujian juga sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak.
Pendekatan seperti ini sangat cocok diterapkan di jenjang PAUD, karena sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang suka bermain, bercerita, dan mengeksplorasi. Sebagai calon pendidik atau guru, saya merasa terdorong untuk lebih kreatif dan responsif dalam mengelola pembelajaran, agar anak-anak dapat belajar dengan antusias, merasa dihargai, dan tumbuh semangat belajarnya.
terimakasih
Nama : Fitri Rahmadhani Harahap
NIM : 878258808
UPBJJ: Medan
Pokjar : Padangsidimpuan
Menurut pendapat saya dalam menanggapi Vidio di atas yang berjudul Bagaimana cara menarik perhatian siswa yaitu :
• Kerapian Guru sangat penting Dalam Vidio tersebut terlihat guru berpenampilan tidak rapi.
• Kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak – anak hingga anak anak siap untuk menerima pelajaran sebelum materi disampaikan.
• Alat peraga yang digunakan hendaknya yang mudah digunakan dan tersedia
• Fokuskan perhatian kepada anak-anak barulah anak-anak di suruh untuk membuka buku pelajaran.
• Dalam hal menjelaskan/menyampaikan materi sebaiknya guru memberikan contoh berdasarkan apa yang yang ada di lingkungan mereka.
Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.
Nama : Siti Aminah
SALUT : klaten
di dalam video di atas, kita sebagai seorang pendidik di ajarkan untuk menarik perhatian siswa salah satunya dengan menggunakan humor yang tentunya akan membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan, dan menggabungkan cerita kegiatan sehari-hari dengan pelajaran, seperti yang telah di contohkan di dalam video di atas. bertanya kepada siswa apakah berangkat ke sekolahan menggunakan mobil, lalu bertanya berapakah ban mobil itu.
Video tersebut sangat inspiratif dan memberikan gambaran nyata tentang peran guru dalam mengelola kelas. Guru dalam video mampu mengondisikan kelas dengan baik meskipun awalnya siswa terlihat tidak fokus dan cukup gaduh. Hal ini menunjukkan kemampuan manajemen kelas yang baik, serta komunikasi yang efektif. Cara guru membangun perhatian siswa, menggunakan suara yang jelas, dan sikap tenang namun tegas menjadi contoh praktik baik dalam pembelajaran di SD.
Saya belajar bahwa bukan hanya materi yang penting, tetapi bagaimana guru menyampaikannya dan menciptakan suasana belajar yang kondusif juga sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mempersiapkan diri menjadi guru yang profesional dan inspiratif.
Nama : Rona novita A
PGSD
Video tersebut sangat inspiratif dan memberikan gambaran nyata tentang peran guru dalam mengelola kelas. Guru dalam video mampu mengondisikan kelas dengan baik meskipun awalnya siswa terlihat tidak fokus dan cukup gaduh. Hal ini menunjukkan kemampuan manajemen kelas yang baik, serta komunikasi yang efektif. Cara guru membangun perhatian siswa, menggunakan suara yang jelas, dan sikap tenang namun tegas menjadi contoh praktik baik dalam pembelajaran di SD.
Saya belajar bahwa bukan hanya materi yang penting, tetapi bagaimana guru menyampaikannya dan menciptakan suasana belajar yang kondusif juga sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mempersiapkan diri menjadi guru yang profesional dan inspiratif.
Nama : Kriska Pasaribu
Nim : 856517522
Prodi : PGSD S1 in Service
Menurut saya video ini menunjukkan 2 jenis gaya/model seorang guru dalam menampilkan kemampuan/ketrampilan membuka pelajaran.
Diawal menunjukkan sosok guru yang tidak memiliki kesiapan untuk mengajar sehingga kurang mampu membuka pembelajaran. Hal ini tampak dari penampilan guru memakai sendal dan dinas yang tidak rapi. Guru juga tidak dapat menarik perhatian siswa/i.
Berikutnya adalah sosok guru yang benar siap dan mampu membuka pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh penggunaan kostum juga rapi/roll model, mengadakan has breaking menarik perhatian anak, memiliki ketrampilan bertanya dengan mengajukan pertanyaan pemantik yang mengundang respon anak, media pembelajaran yang digunakan juga dekat dengan lingkungan anak ( buah jeruk ), dan guru memiliki ketrampilan memberi penguatan kepada siswa
( memuji/memberi apresiasi dengan ata pujian karena menjawab guru dengan tepat ).
Kesimpulannya adalah ketrampilan membuka pelajaran sangat berpengaruh pada berlangsungnya proses pembelajaran.
Assalamualaikum
saya Laila fitri NIM. 856519755, mahasiwa PGSD
Dari video yang diatas memberi pelajaran bagi semua guru atau yang baru menjadi guru bahwa, setiap guru pasti mengalami hal seperti yang ada divideo. Disitulah peran seorang guru diperlukan bagaimana seorang guru menjadi menyenangkan dan siswa menjadi bahagia mengikuti pelajaran yang akan diikuti. Penampilan guru sangatlah penting, karena itu adalah hal pertama yang akan dilihat oleh siswa dan kesiapan guru dalam mengajar dan bagaimana guru bisa membuka pelajaran dengan menyenangkan dibuka dengan ice breaking. Cara seperti itu mampu membuat siswa menjadi siap dan fokus untuk belajar
Nama: Vita Dwi Putranti
NIM: 858948262
Kelas: 6C Salut Genteng A
Judul Video: Menarik Perhatian Siswa
Sumber Video: Guru Pintar Online
Link Video: https://gurupintar.ut.ac.id/menarik-perhatian-siswa
Pada awal video tersebut suasana kelas masih terlihat belum stabil. Kelas yang diajar adalah kelas 1 yang dimana kelas 1 adalah masa peralihan sehingga dalam pembelajaran sangat perlu untuk mempertimbangkan aspek psikologis serta minat anak yang berkembang. Di dalam pembelajaran guru sudah menggunakan metode yang tepat yaitu tanya jawab dan media benda konkret seperti jeruk yang akan memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran tersebut. Akan lebih baik lagi apabila siswa diberikan soal pengurangan atau penjumlahan dan diminta maju ke depan untuk mengerjakan. Di dalam video tersebut guru terkesan berpenampilan kurang rapi karna hanya memakai sandal dan tidak bersepatu. Dalam hal mengajar guru itu menjadi pusat perhatian saat pembelajaran berlangsung. Guru harus memberikan contoh yang baik buat siswanya