silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. nama : EVA VITRIYANI
    nim : 858037063
    upbjj : PONTIANAK
    Prodi : PGSD S1

    setelah saya menyimak video tersebut dapat kita lihat bersama suasana kelas dalam video tersebut sudah kondusif dengan tidak ada siswa yang ribut sendiri. guru melakukan pembelajaran yang tidak membosankan dengan menggunakan pembagian kelompok. namun dari video tersebut kita juga dapat melihat bahwa guru kurang aktif dalam melakukan pembelajaran siswa hanya disuruh membaca lalu merumuskan hasilbacaan tanpa ada penjelasan dari guru terlebih dahulu. seharusnya guru melakukan penjelasan pada materi yang dipelajari, guru juga tidak terlihat menggunakan media dalam melakukan pembelajaran, guru hanya terpaku terhadap buku yang digunakan .

  2. Nama : Tri Hartati
    Nim : 856718833
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Gelumbang
    Saya sebagai sebagai seorang guru pun,kdang kewalahan dalam mendidik anak yang sedikit degil dan susah diatur, tapi berbagai upaya yg dapat saya sharing dengan mecari tahu diberbagai media,maupu dari guru yg sudah berpengalaman,upaya apa yang dilakukan guru supaya menciptakan suasana yang kondusif, tertib, dan nyaman saat belajar. Semangat untuk guru guru pintar indonesia

  3. Nama : Tri Hartati
    Nim : 856718833
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Gelumbang
    Saya sebagai sebagai seorang guru pun juga,kadang kewalahan dalam mendidik anak yang sedikit nakal dan susah diatur, tapi berbagai upaya yg dapat saya sharing dengan mecari tahu diberbagai media,maupu dari guru yg sudah berpengalaman,upaya apa yang dilakukan guru supaya menciptakan suasana yang kondusif, tertib, dan nyaman saat belajar. Semangat untuk guru guru pintar indonesia

  4. Nama: Muhammad Rajin Kholiq
    NIM: 858901686
    menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini peran guru sangatlah penting mengingat proses pembelajaran yang memakan waktu cukup lama dan dilakukan secara berkala. seperti yang di lihat dari video diatas terlihat reaksi anak/siswa terkadang sibuk sendiri/ tidak memperhatikan seperti lebih senang mengobrol, bercanda, dan bermain sendiri dengan teman lainnya. Jadi guru harus bisa mengontrol siswa supaya siswa terus bisa fokus dalam pembelajaran yang dilakukan untuk menjaga kondusifitas dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas.

  5. Berdasarkan analisis saya, dari video tersebut telah ditunjukkan bahwa kondisi kelas yang kondusif akan menjadikan suasana kelas menjadi lebih nyaman dan tertib. Dengan kondisi kelas yang kondusif pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik serta siswa akan lebih mudah mamahami materi yang disampaikan guru. Menjadikan kelas menjadi kondusif tidak lepas dari strategi yang digunakan guru untuk menertibkan siswa gar tidak ngobrol, bercanda, bahkan main sendiri. Pada video pembelajaran tersebut interaksi antara guru dan siswa sudah terbangun tertapi masih terlihat kaku. Adanya diskusi anatara siswa juga dapat menumbuhkan rasa sosial diantara siswa serta siswa dapat belajar untuk lebih berani menyampaikan pendapatanya.

  6. Saya setuju bahwa guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. dalam video tersebut, guru telah berhasil menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan mengatur siswa secara efektif. Contohnya, guru tersebut menggunakan metode bermain peran dan melibatkan siswa dalam diskusi, tentunya hal ini dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, di mana siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar secara aktif. Selain itu, pendalaman materi dan kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapat mereka sendiri akan meningkat, memperkaya proses pembelajaran secara keseluruhan.

  7. NAMA : YUYUN WAHYUNI
    NIM : 858170353

    Assalamualaikum wrw wb.

    pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberi komentar tentang video pembelajaran “Menciptakan Suasana Kelas Kondusif”.
    setelah melihat video tersebut, menurut saya pembelajaran sudah sangat kondusif. cara guru mengkondisikan kelas sangat tepat dan kelas bisa menjadi sangat tenang. menurut saya pembelajaran sangat kondusif apabila guru menguasai materi yang di ajarkan dengan baik. karena saya sudah pernah mengalami jika saya kurang menguasai materi yang akan saya ajarkan pasti kelas saya menjadi gaduh dan kurang kondusif. tetapi kalau saya sudah menguasai materi dan ada persiapan yang matang untuk mengajar asti kelas saya menjadi tenang dan kondusif.

  8. Nama : Lansiana Septiani
    Nim : 857164862
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : 21 Jakarta
    Menurut saya metode pembelajaran yang digunakan ibu guru tersebut sudah baik dengan menerapkan metode bermain peran.. namun terlihat guru tersebut guru kurang aktif dalam pembelajaran, dimana terlihat guru hanya mengajak siswa untuk membaca lalu merumuskan sendiri hasil bacaan yang ditemukan siswa, tanpa diawali dengan menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran, dimana kegiatan awal sangat baik untuk mengajak siswa untuk berpikir agar para siswa mempunyai gambaran sederhana mengenai pembelajaran yang akan mereka laksanakan.. kegiatan awal dapat dilakukan dengan cara bertanya jawab mengenai pengetahuan awal yang siswa miliki, kegiatan bertanya jawab dapat dikombinasikan dengan menampilkan gambar yang mengarahkan siswa untuk mengimajinasikan suasana rapat..

  9. Nama : Lansiana Septiani
    Nim : 857164862
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : 21 Jakarta
    Menurut saya metode pembelajaran yang digunakan ibu guru tersebut sudah baik dengan menerapkan metode bermain peran.. namun terlihat guru tersebut guru kurang aktif dalam pembelajaran, dimana terlihat suasana kelas terlihat sangat monoton. Dan pada kegiatan pendahuluan guru tidak menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran, dimana kegiatan awal sangat baik untuk mengajak siswa untuk berpikir agar para siswa mempunyai gambaran sederhana mengenai pembelajaran yang akan mereka laksanakan.. kegiatan awal dapat dilakukan dengan cara bertanya jawab mengenai pengetahuan awal yang siswa miliki, kegiatan bertanya jawab dapat dikombinasikan dengan menampilkan gambar yang mengarahkan siswa untuk mengimajinasikan suasana rapat..

  10. Nama : Muhammad Husin
    NIM : 858459727
    UPBJJ :Samarinda

    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa ribut didalam kelas, kurang memperhatikan apa yang dijelaskan guru
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru adalah tidak melakukan pembukaan pembelajaran sehingga kurang menarik minat siswa
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru sudah cukup berhasil menguasai materi
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru memberikan pertanyaan pemantik
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Saya mengambil hal-hal positif yang telah diajarkan di video dan mulai menerapkannya dikelas saya

Leave a Reply