silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

165 Comments

  1. Nama: Mukhamad farid cahayono
    Nim : 858720108
    UPBJJ : Surabaya
    Pokjar : Bojonegoro
    Judul Vidio : Menciptakan suasana kondusif di kelas
    Ijin menanggapi video pembelajaran tersebut, setelah saya mengamati pembelajaran dalam prosesnya sudah baik namun di sisi lain masih ada kekurangan yaitu kelasnya belum bisa di katakan kondusif sepenuhnya karna para anak didiknya masih ada yang tidak memperhatikan dalam kata lain bermain sendiri sama temannya tapi masih di tahap bisa terkontrol untuk menanggulanginya bisa kita terapkan mengamati dan pahami perilaku setiap siswa terlebih dahulu sebelumnya ngar bisa memperlakukan peserta didik yang tidak kondusif, selain itu kita bisa melakukan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran agar siswa tidak jenuh selain itu untuk menarik perhatian siswa dan memutuskan konsentrasi nya lagi.Di sisi lain perlu di apresiasi vidio pembelajaran tersebut sudah bagus karna gurunya dapat membuat peserta didiknya aktif berani menjawab pertanyaan dan menggapinnya. Cukup itu tanggapan dari saya semoga bermanfaat

  2. Nama : Siti Habibah Nurhasanah
    Nim : 857443589
    Makul : PKP
    UPBJJ : Bandung
    Judul Video : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

    Kelebihan:
    Berdasarkan video yang saya amati terlihat siswa terlihat kegiatan pembelajaran berjalan dengan kondusif, siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, guru berperan sebagai fasilitator dengan baik dan adanya interaksi antara guru dan siswa.

    Kekurangan:
    Pembelajaran terlihat kurang menyenangkan, guru tidak memberikan motivasi di awal pembelajaran, dan guru kurang memberikan materi pelajaran.

    Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
    1. memberikan kegiatan pra pembelajan, juga memberikan motivasi di awal pembelajaran
    2. Memberikan ice breaking
    3. Memyampaikan materi pembelajaran

  3. Nama : Eka Suci Rahayu
    NIM : 858564756
    Pokjar Pagelaran UPBJJ UT Malang

    Pendapat saya :
    Dalam video tersebut, guru kurang dapat menciptakan kelas yang kondusif. Di awal guru hanya langsung menyuruh siswa untuk membaca tanpa memberikan penjelasan awal mengenai materi yang dipelajari. dalam pembentukan kelompok, guru juga hanya langsung menyuruh siswa untuk membentuk kelompok sendiri. Padahal ketika siswa membentuk kelompok sendiri, biasanya terjadi ketidakadilan dala kelompok, seperti siswa yang pandai hanya mau dengan yang pandai saja. Seharusnya guru lah yang membentuk kelompok, agar setiap kelompok sama rata kemampuannya.

    Terimakasih.

  4. Nama : Chica Savitri Br. Pohan
    Nim : 855856313
    Makul : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM)
    UPBJJ : Medan
    Pokjar: Labuhanbatu utara (labura)

    Judul : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

    1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada kegiatan pembelajaran kondisi siswa kurang Kondusif. Dan diawal kegiatan, guru tidak melakukan pemberian motivasi atau ice breaking yang dapat menarik minat belajar siswa dan membuat kelas tidak terlihat begitu kaku.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran dari awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal dengan baik, tidak ada nya kegiatan menyapa siswa, kegiatan berdoa, memotivasi siswa, atau kegiatan apersepsi yang dapat membuat siswa tidak merasa terlalu tertekan, serta tidak adanya penyampaian tujuan pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran?
    Dalam video tersebut guru terlihat sangat membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok, dan dalam mempresentasikan hasil diskusi mereka, serta membimbing pelajaran dengan cara bermain peran.

    4. Hal hal unik apa saja yang ditemukan dalam video dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Dalam video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang memfokuskan pada ke aktif an siswa dalam belajar,seperti dengan memadukan antara diskusi kelompok dan bermain peran.

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya guru harus melakukan kegiatan awal yang baik pada proses pembelajaran dengan melakukan menyapa, mencek kehadiran, kegiatan berdoa sebelum belajar, kegiatan apersepsi, pemberian motivasi, serta dapat melakukan pemberian ice breaking kepada siswa dengan tujuan membuat siswa senang atau bahagia terlebih dahulu sehingga nantinya siswa dapat menerima pelajaran dengan baik serta siswa tidak akan merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan kaku ataupun merasa tertekan selama proses pembelajaran berlangsung dan dapat menarik perhatian minat belajar siswa.

  5. Nama : Nurlita Fitrianti
    NIM. : 858827041
    Pokjar Kota Kediri
    Judul video : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada awal kegiatan pembelajaran pada video terlihat sudah cukup kondusif dan siswa cukup memperhatikan guru. Selain itu, siswa juga lebih cepat tanggap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada video tersebut adalah kurang humoris dan ceria sehingga siswa terlihat tegang dalam proses pembelajaran. Pada awal pembelajaran guru tidak dapat memberikan suasana kelas yang menyenangkan, guru langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa menjelaskan dan mereview pembelajaran yang sudah diajarkan untuk memperkuat pemahamannya. Pada pertengahan pembelajaran terlihat siswa yang mulai bosan dengan mengobrol sendiri dengan temannya.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada video tersebut adalah guru mampu menciptakan suasana yang kondusif di kelas, sehingga siswa menjadi lebih disiplin dalam memperhatikan perintah guru. Pada pembelajaran IPS yang terbilang memiliki materi bacaan yang banyak, guru menggunakan metode diskusi untuk memudahkan siswa dalam menanggapi suatu tugas.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa SD menjadi disiplin dan kondusif dengan adanya guru yang pendiam dan disipin. Padahal seusia anak SD sangat minim untuk nurut dengan perintah guru.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1) Guru harus bisa menguasai kelas dan membuat kelas lebih nyaman dan kondusif. Misalnya, pada awal pembelajaran guru perlu melakukan kegiatan ice breaking untuk menarik perhatian siswa agar siswa lebih mudah dan tidak bosan dalam menerima pembelajaran.
    2) Guru harus bersikap ceria dan humoris terhadap siswa untuk membangkitkan semangat serta sering memberikan motivasi agar siswa lebih tertarik pada proses pembelajaran.
    3) Guru harus menciptakan suatu inovasi seperti menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode diskusi kelompok sangat cocok digunakan untuk anak SD memberikan pemahaman pada siswa dalam memecahkan masalah secara kelompok.

Leave a Reply