silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Novita Candra Rahayu Pamungkas
Nim : 836555005
UPBJJ : Purwokerto
” Menciptakan suasana kelas yang kondusif ” maksudnya ari tayangan video diatas, untuk mencipatakan suasana kelas yang kondusif khusus nya di dalam kelas rendah guru harus bisa berperan aktif terhadap konsentrasi peserta didik. maksudnya adalah setiap moment guru menyiapkan icebreak yang membuat siswa tidak terlalu tegang dalam mengikuti pembelajaran . menciptakan suasana kelas yang kondusif juga bisa menggunakan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggunakan metode permainan dalam pembelajaran atau menggunakan sesi tanya jawab . dengan catatan siapa yang berhasil menjawab pertanyaan dia akan diberi reward atau pujian oleh guru tersebut.
ASSALMUALAIKUM WR WB
NAMA : ISTIANA
NIM : 858096637
UPBJJ : pontianak
Dari video ini saya dapat memahami
bahwa seorang guru harus biasa menguasai kelas
yang maksud menguasai kelas artinya bisa mengambil hati para siswa agar bisa belajar dengan tertib, damai , dan aman dengan adanya berbagai macam perbedaan karakter anak, guru harus bisa menciptakan suasana yang kondusif didalam kelas saat belajar .
Tips Menciptakan Suasana Kelas yang Kondusif
1..Hilangkan semua distraksi yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi siswa untuk belajar
2.Buat aturan bersama siswa
3.Berikan satu tugas dalam satu waktu
4. Selalu perhatikan siswa saat mengajar
5. Ubah metode mengajar
6. Sisihkan waktu istirahat di tengah proses belajar mengajar
7. Berikan penghargaan kepada siswa
sumber belajar : https://www.pijar.info/blog/
NAMA : LELI GUSMIATI
NIM : 856272809
PRODI : S1 PGSD
UPJJ : UT PADANG
“Analisis vidio pembelajaran mengenai menciptakan suasana kelas kondusif “
1. Reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.
Proses pembelajara siswa guru langsung saja membagi kelompok kegiatan anak berdiskusi langsung tampa guru menjelaskan atau memaparkan materi yang akan di pelajari, sehingga menjadikan siswa kurang bersemangat dan antusias dalam proses pembelajaran.
2. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Peran guru dalam video pembelajaran sudah optimal
Guru sudah bisa membetuk pembelajaran siswa berkelompok
3. Kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran
Pada kegiatan awal pembelajaran tidak ada salam ,berdoa dan absensi kehadiran siswa
Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa
Tidak ada penjelasan materi awal yang dipaparkan oleh guru karena langsung membentuk kelompok oleh guru tersebut sehingga siswa langsung belajar kelompok mandiri
Tidak ada stategi, metode, media pembelajaran yang bervariasi dan yang relevan sesuai dengan kebutuhan siswa
4. Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut saat melaksanakan pembelajaran
Siswa sudah bisa berdiskusi kelompok dengan arahan guru
5. Saran untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya.
Guru harus lebih bisa menggunakan skil guru dengan menguasai medote, stategi, media pembelajaran baik itu vidio serta gambar—gambar yang menujng pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa atau kebutuhan proses pembelajaran yang berlangsung agar menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton terwujudnya siswa yang aktif ,kreatif dengan tujuan hasil yang lebih baik.
Assalamu’alaikum wr wb, saya Maya Sari dengan NIM 859804996 izin menanggapi video pembelajaran pada link berikut ini: https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/menciptakan-suasana-kelas-kondusif/
Berdasarkan video pembelajaran di atas, seorang guru wajib memiliki kemampuan mengelola kelas termasuk dalam hal menciptakan suasana kelas yang kondusif. Kondusifnya suatu pembelajaran di dalam kelas sangat didukung dengan kemampuan seorang guru menjadi pemimpin dan pengelola di dalam kelas. Salah satu faktor penting lainnya adalah seorang guru harus bisa mengajak siswa untuk bekerja sama dengan menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Kemudian, menarik perhatian kepada siswa dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu juga, dalam memberikan pembelajaran tugas kelompok guru harus memberikan pengarahan dan bimbingan secara langsung untuk mengatur jumlah kelompok yang diinginkan. Semuanya harus melibatkan siswa agar dapat memberikan pembelajaran yang bermakna.
Baik itu saja tanggapan saya megenai video pembelajaran ini.
Terima kasih
wassalamu’alaikum wr wb.
setelah menonton video tersebut bahwa memang dibutuhkan kesabaran seorang guru menghadapi siswa/i yang punya karakter yang berbeda-beda, dan tentu dibutuhkan seorang guru yang senantiasa mengarahkan dan pemaham kepada siswa/i, jika tidak meperhartikan ketika guru sedang menjelaskan tanpa menggunakan kekerasan fisik.
setelah menonton video tersebut bahwa memang dibutuhkan kesabaran seorang guru menghadapi siswa/i yang punya karakter yang berbeda-beda, dan tentu dibutuhkan seorang guru yang senantiasa mengarahkan dan pemaham kepada siswa/i, jika tidak meperhartikan ketika guru sedang menjelaskan tanpa menggunakan kekerasan fisik.
nama : syamsul
nim :859555276
upbjj : majene
setelah menonton video tersebut bahwa memang dibutuhkan kesabaran seorang guru menghadapi siswa/i yang punya karakter yang berbeda-beda, dan tentu dibutuhkan seorang guru yang senantiasa mengarahkan dan pemaham kepada siswa/i, jika tidak meperhartikan ketika guru sedang menjelaskan tanpa menggunakan kekerasan fisik.
Nama : RATA PUTRI KUSUMA WARDHANI
NIM : 857816963
Setelah saya menyimak video diatas saya dapat menyimpulkan bahwa menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran guru serta kerjasama dengan peserta didik. Pengalaman saya pernah berada di posisi tersebut terkadang saat pembelajaran berlangsung mood siswa sering berubah-ubah, kita sebagai guru menjadi kewalahan dalam menghadapi keragaman karakteristik dari siswa tersebut, salah satu cara mengatasinya biasanya saya mengajak mereka rehat sejenak dengan melakukan ice breaking supaya siswa bersemangat kembali dalam belajar. Dalam vidio tersebut saya melihat guru tidak memberikan penjelasan atau materi kepada siswa, tetapi langsung mengajak mereka pada kegiatan berkelompok, sehingga siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing. Hal tersebut membantu siswa dalam kegiatan komunikasi dan kerjasama. Kekurangan dalam video tersebut adalah guru terlalu monoton dan kurang ekspresif saat berkomunikasi dengan siswa sehingga komunikasinya terkesan canggung dan membosankan. Upaya yang dapat diusulkan dalam meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya, yaitu dengan menambah variasi pembelajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan media pembelajaran yang bervariatif.
Nama : Nurmaninti Tasmania
NIM : 858096289
Setelah saya menonton video di atas tentang menciptakan suasana kelas yang kondusif itu sangatlah penting dalam suatu proses pembelajaran dikarenakan suasana yang kondusif itu sangatlah baik dikarenakan prosesnya berjalannya interaksi antara guru dan siswa yang dapat tercapainya suatu proses pembelajaran yang diinginkan. Proses diskusi diterapkan agar siswa dapat mengingat kejadian-kejadian yang terjadi didalam suatu permasalahan atau bahan materi diskusi tersebut, pentingnya untuk guru menerima semua jawaban dari siswa agar dapat meningkatkan suau proses kepercayaan diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Nama : Feby vronika
Nim : 856560398
UPBJJ : Jambi
Setelah saya menganalisis video tsb, ada kelemahan gurunya, dan kelebihannya.
Kelemahan gurunya :
a. Di awal pembelajaran, guru tidak melaksanaankan salam pembuka, seperti memberi salam kepada siswa dan juga tidak ada melakukan do’a sebelum melaksanakan pembelajaran
b. Di saat melaksanakan pembelajaran, suasana pembelajaran sudah menciptakan suasana yang menagangkan.
c. Dalam video yang saya lihat, guru tersebut menggunakan metode ceramah tampa menggunakan alat media pembelajaran dan langsung memberikan bahan untuk berdiskusi. Hal tersebut membuat siswa merasa jenuh dan tidak bersemangat untuk melakukan diskusi kelompoknya, sehingga suasana diskusi tersebut tidak kondusif
Kelebihannya:
a. dalam video tersebut guru sudah mengajak siswa bersama – sama menyelesaikan hasil diskusi. sehingga sebagian siswa yang memang memperhatikan dapat memahami hasil diskusi tersebut.