silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama : SITI NUR AISAH
    Nim : 858856114
    UPBJJ : MALANG , Pokjar Kab. Blitar

    Menurut pendapat saya vidio pembelajaran tersebut sudah mudah dipahami bagi siswa kelas bawah tentang mendeskripsikan benda. guru menggunakan media benda konkret yang ada di sekitar siswa. namun ada pada saat guru menerangkan beberapa siswa asyik mengobrol dengan teman karena guru kurang dalam membangun suasana bersama anak, kurang berinteraksi dengan anak

  2. Nama:Yusra wati
    NIM : 855829348
    Prodi : Fkip- S1PGSD
    Pokja :1 Langsa
    UNBK : Bandara Aceh
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Analisis tentang mendeskripsikan nama nama benda yang terdapat didalam vidio pembelajaran, menurut pendapat saya adalah,
    Reaksi awal siswa dalam menyimak penjelasan dari guru sudah baikantutias siswa dalam menjawab setiap pertanyaan guru juga cukup bagus, materi yang disampaikan guru juga bagus, mudah difahami dengan kata kata sederhana dengan memberikan contoh dan alat peraga yang terdapat didalam kelas.
    Namun didalam vidio pembelakaran tersebut terdapat beberapa kelemahan diantaranya yaitu
    Interaksi antara guru dengan siswa tidak terjalin maksimal, pembelakaran lebih berpusat pada guru sebagai nara sember, semangkin memasuki ke inti pembelajaran guru tidak dapat menguasai kelas dengan baik, sehingga masih ada sebagian siswa yang ribut ketika ada siswa yang diminta untuk maju kedepan untuk mendiskripsikan contoh benda.

  3. Nama : Basuki
    NIM : 858773874
    Program Studi : PGSD – S1

    Menurut pendapat saya, reaksi awal siswa dalam menyimak penjelasan dari guru sudah baik dan antusias siswa dalam menjawab setiap pertanyaan guru juga cukup bagus, materi yang disampaikan guru juga bagus, mudah dipahami dengan kata-kata sederhana seperti memberikan contoh dan alat peraga yang terdapat di dalam kelas. Namun di dalam vidio pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan diantaranya yaitu interaksi antara guru dengan siswa tidak terjalin maksimal, pembelajaran lebih berpusat kepada guru sebagai narasumber, semakin memasuki ke inti pembelajaran guru tidak dapat menguasai kelas dengan baik, sehingga masih ada sebagian siswa yang ribut ketika ada siswa yang diminta maju kedepan untuk mendiskripsikan contoh benda. Selain itu dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah cukup dapat dipahami, siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran tersebut, metode yang digunakan juga sudah cukup baik serta interaksi guru dengan siswa juga baik, media yang digunakan juga sudah tepat, mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar, guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda dengan maju kedepan kelas. Hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri pada siswa. Namun ada hal yang kurang, seharusnya pembelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiskusi sehingga ada salah satu anak yang bermain sendiri, sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan. Terima kasih.

  4. Nama : Ni Ketut Sumiati
    NIM : 859028232
    Prodi : PGSD

    Pembelajaran diawali dengan guru menyambut dan anak-anak sangat semangat menyapa ibu gurunya. Guru juga mengawali dengan hal yang positif yaitu mengatakan sangat senang bisa bertemu dengan anak-anak kembali. Guru juga memberikan penjelasan tentang apa yang akan dipelajari. Pembelajaran mengenai pengenalan benda juga dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan yaitu geometri mengenai bentuk bangun sesuai bentuk benda sehingga memberikan gambaran konkret atau nyata mengenai bagaimana bentuk bangun dengan benda sebenarnya. Seperti yang kita tahu bahwa anak kelas rendah masih belum bisa berpikir secara abstrak sehingga media yang digunakan sangat membantu anak dalam pembelajaran dan materi dapat tersampaikan dengan baik.
    Tetapi ketika pembelajaran yang dapat dikatakan hanya menggunakan penjelasan dari guru membuat anak merasa bosan dan asyik mengobrol dengan teman-temannya. Pembelajaran pada awalnya juga terlihat hanya mendengarkan guru tanpa adanya interaksi dengan siswa dan juga belum adanya pertanyaan yang dapat mengetahui bagaimana pengetahuan awal siswa mengenai ciri-ciri atau deskripsi benda-benda tersebut. Anak yang diberi kesempatan untuk menyebutkan ciri-ciri benda juga hanya baru satu orang dan kegiatan akhir untuk evaluasi pada saat pembelajaran belum terlalu terlihat dan langsung memberikan tugas rumah pada anak untuk dikerjakan di rumah.

  5. Selamat malam ibu dan bapak tutor yang saya hormati sebelum menanggapi video diatas Ijinkan saya memperkenalkan diri saya secara singkat terlebih dahulu. Om Swatiastu:

    Nama : Dewa Ayu Putu Santikaningsih
    NIM : 859030174
    Asal : Tabanan, Bali
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) PDGK4501
    Prodi : SI PGSD
    UPBJJ : UT Denpasar/Pokjar : Gianyar

    Adapun tanggapan menurut pengamatan saya atau analisis yang saya dapatkan setelah menonton video pembelajaran di atas terkait mendeskripsikan benda – benda secara cepat khususnya geometri yakni dapa dilihat dari :
    A. Kelebihan dari video :
    1. Di dalam video guru tersebut sudah mengajar siswanya di salah satu kelas rendah sudah cukup bagus, Dapat dilihat dari kegiatan pembukaan guru sudah menyapa siswanya dengan ramah dan seluruh siswa sudah memjawab salam gurunya dengan antusias.
    2. Guru juga sudah membuatkan group-group kecil dalam PBL khususnya di kelas rendah, sehingga mereka mampu untuk saling berdiskusi ataubahkan menjadi tutor sebaya.
    3. setelahnya guru juga meminta siswanya untuk maju ke depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya sehingga hal tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa dalam belajar khususnya berpendapat.
    4. Guru juga sudah menggunakan contoh nyata atau benda – benda konkrit yang ada di sekitar siswanya dalam menjelaskan materi. Sehingga memudahkan siswa cepat untuk dapat menyebutkan bahkan menjelaskan benda yang ditunjukan gurunya. Sehingga siswa dapat melihat contohnya secara langsung tanpa mengandai- ngandai. Dan menurut saya beliau sudah tepat memilih strategi dengan menggunakan benda-benda nyata untuk di mengajar di kelas rendah.

    B. Kekurangan dalam Mengajar :
    1. Menurut pendapat saya guru diawal pembelajaran kurang melakukan persepsi atau mengaitkan mata pelajaran dengan kehidupan nyata siswa sebelum masuk materi. Sehingga guru menjadi tahu hal apa yang harus di lakukan setelahnya.
    2. guru kurang menggunakan alat bantu yang lebih menarik seperti power point atau proyektor sehingga siswa dapat menemukan materi-materi tambahan seperti melalui vodeo dan PBL menjadi lebih menarik.
    3. Setelah siswanya maju ke depan kelas guru kurang memberikan apresiasi ke siswanya sebagai bentuk reward seperti pujian atau tepuk tangan.
    4. Di awal dan akhir pembelajaran guru tidak melaksanakan doa bersama dan kurang membuat kesimpulan materi.

    Sekian hasil analisis video yang sudah saya tonton. Terimakasih, Om Shanti, Shanti, Shanti Om.

  6. Nama : Haryati Miranti
    Nim : 856456228
    Prodi : PGSD
    Dari video pembelajaran ini, kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah cukup jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran dan anak cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan. Materi tentang benda ini contohnya pada saat menyebutkan contoh benda berbentuk persegi, dan penjelasannya sangat kreatif karena menyebutkan contoh benda yang ada dilingkungan sekitar.

  7. Nama : Shazia Rahmawati
    Nim : 858050428
    Prodi : S1-PGSD

    Adapun tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran tersebut yaitu,
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan, baik hal tersebut dapat dilihat dari berhasilnya guru membuat suasana kelas menyenangkan dan sampainya tujuan pembelajaran kepada siswa. guru juga sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara berurutan walaupun pada kegiatan pembukaan guru hanya menyapa siswa, guru juga membuat grup-grup kecil dalam kelompok belajar khususnya kelas rendah sehingga hal tersebut mampu membuat siswa saling berdiskusi ataupun menjadi tutor sebaya.
    penggunaan media pembelajaran berupa benda-benda konkret yang ada di sekitar siswa membuat siswa lebih paham dan mempunyai pandangan terhadap materi yang dipelajari sehingga memudahkan anak cepat untuk menyebutkan dan menjelaskan apa benda yang ditunjukkan oleh huruf sehingga siswa juga dapat mencontoh secara langsung mengenai ciri-ciri benda yang ada di sekitar.
    Namun dibalik kelebihan, ada beberapa kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu, dalam kegiatan pembelajaran khususnya di bagian pendahulu alangkah lebih baiknya guru melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa setelah itu guru dapat mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari juga memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Selain menggunakan benda-benda konstitut untuk menjadi media pembelajaran guru juga bisa menggunakan PowerPoint dan proyektor untuk menampilkan video atau gambar sehingga siswa dapat menentukan contoh-contoh tambahan nilai radio dan lainnya. Gue juga kurang memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah maju ke depan untuk memberikan ciri-ciri benda-benda sekitar. dan bagian penutup huruf tidak menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan memberikan kesimpulan serta penguatan kepada siswa
    Sekian dan terimakasih

  8. April 16, 2023 at 10:44 am
    Nama : Novitakomalasari
    Nim : 859144830
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut pengamatan saya terkait video pembelajaran di atas, bahwa ada kelebihan dan kekurangan setiap item yang disampaikan mulai dari awal sampai akhir, seperti yang pertama di bagian awal pembuka atau pendahuluan itu seharusnya seorang guru mengucapkan salam pembuka, perkenalkan nama kemudian seorang guru juga harus lihai dalam memancing siswa untuk merespon Setiap tindakan guru di depan, dan bila perlu ditambah dengan berdoa,
    Setelah dilakukan pembukaan seorang guru harus amati lingkungan sekitar kelas untuk dijadikan dalam pembelajaran tersebut, seorang guru harus metode pelajaran yang tepat, seperti metode pembelajaran yang akan merangsang pikiran siswa, setelah itu guru harus antara materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan, setelah itu seorang guru harus bisa menjelaskan secara detail apa saja yang akan menjadi bahan pembelajaran, kemudian memancing siswa agar siswa lebih aktif, dan sebenarnya seorang guru harus mempelajari kurikulum terlebih dahulu bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat. Ada siswa yang berani maju di depan itu harus disebut namanya dan diucapkan terima kasih.
    Kemudian dievaluasi kembali terhadap penjelasan tersebut, dengan cara menunjuk manapun yang ada dalam kelas untuk menjelaskan, agar guru tahu pemahaman siswa apakah benar-benar menyimak atau tidak yang disampaikan oleh seorang guru.
    Dan kemudian untuk penu harus diajarkan akhlak yaitu penutup. demikian..
    Sekian dan terimakasih

  9. Setelah menyaksikan Vidio Pembelajaran tentang Mendeskripsikan Benda secara tepat Adapun tanggapan menurut pengamatan saya yaitu,
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan media yang ada di kelas dan media2 yang digunakan pun mudah didapat dan siswa menjadi lebih antusias ketika guru menyebutkan benda-benda yang ada di kelas misalnya Guru menyebutkan benda yang ada di kelas seperti kursi, ciri-ciri kursi dan kegunaan kursi.. siswa pun dapat menyebutkan benda lain yang ada di kelas

  10. Nama :Nurul Desy Ariyani NIM : 858850145 Prodi : PGSD
    Setelah menyaksikan Vidio Pembelajaran tentang Mendeskripsikan Benda secara tepat tersebut menurut saya
    kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik. Penggunaan media yang ada di kelas pun mudah didapat dan siswa menjadi lebih antusias ketika guru menyebutkan benda-benda yang ada di kelas misalnya kursi, ciri-ciri kursi dan kegunaan kursi, dan siswa pun dapat menyebutkan benda lain yang ada di kelas. Siswa antusias mengikuti pelajaran dari guru karena siswa langsung melihat obyek benda nyata/ benda konkrit yang ada disekitarnya

Leave a Reply