silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama: SAKINA NAINGGOLAN
    Nim: 856039617
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar PDGK4209
    UPBJJ : UT Medan
    Program Studi: SI-PGSD

    assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    izin menanggapi terkait vidio Pembelajaran tentang mendeskripsikan benda secara tepat, adapun tanggapan menurut pengamatan saya yaitu,
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dalam vidio tersebut sudah berjalan dengan baik baik hal tersebut dapat dilihat saat guru membuat suasana kelas menyenangkan dan sampainya tujuan pembelajaran kepada siswa. guru juga sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara berurutan walaupun pada kegiatan pembukaan guru hanya menyapa siswa, guru juga membuat grup-grup kecil dalam kelompok belajar sehingga hal tersebut mampu membuat siswa saling berdiskusi antara satu dengan yang lainnya. Dalam penggunaan media pembelajarannya yang berupa benda-benda konkret (nyata) yang ada di sekitar siswa tersebut membuat siswa lebih paham dan mempunyai pandangan terhadap materi yang dipelajari sehingga memudahkan anak agar cepat untuk menyebutkan dan menjelaskan apa benda yang ditunjukkan oleh seorang guru tersebut sehingga siswa juga dapat mencontoh secara langsung mengenai ciri-ciri benda yang ada di sekitar. Dan dengan menggunakan media ini pula dapat membuat siswa menjadi lebih antusias ketika guru menyebutkan benda-benda yang ada di dalam kelas misalnya Guru menyebutkan benda yang ada di kelas seperti kursi, ciri-ciri kursi dan kegunaan kursi. Guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda dengan maju kedepan kelas hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri pada siswa tersebut.
    Namun ada beberapa kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, masih ada salah satu anak yang asik bermain bermain, sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan. Dan di bagian penutup guru tidak menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan memberikan kesimpulan serta penguatan kepada siswa serta tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) supaya anak dapat mempelajari kembali dirumah terkait pembelajaran tersebut.

    Terimakasih..

  2. Nama : Trakiannas Nurimagustien
    NIM : 858772098
    Asal : Malang, Jawa Timur
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) PDGK4501
    Prodi : SI PGSD
    UPBJJ : UT Malang
    Pokjar : Kedungkandang

    Ringkasan isi video di atas adalah guru menjelaskan tentang mendeskripsikan benda seperti kursi dari bentuk dan kegunaannya, kertas, bola, kotak kapur dari warna dan bentuknya. Kemudian guru memberikan kesempatan kepada salah satu siswa memberikan contoh mendiskripsikan benda. Setelah guru selesai melakukan pembelajaran, guru memberikan tugas mengamati nama-nama benda yang berada di kamar siswa masing-masing.

    Adapun tanggapan menurut pengamatan saya atau analisis yang saya dapatkan setelah menonton video pembelajaran di atas terkait mendeskripsikan benda – benda secara cepat khususnya geometri yakni :
    1. Kelemahan video
    a. Kesalahan guru dalam penyampaian materi seperti salah penyebutan nama bentuk bangun datar dan bangun ruang
    b. Mimik wajah guru terlalu tegang dan kurang menyenangkan
    c. Kurang memberi apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas

    2. Kelebihan video
    a. Guru bersuara lantang
    b. Memberikan contoh bentuk benda dengan menggunakan benda konkret
    c. Dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran

    3. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran
    Penggunaan media atau alat peraga inovatif dan kreatif menggunakan benda-benda yang biasa ditemui oleh siswa di kelas

    4. Rencana perbaikan
    Menurut saya rencana perbaikan pembelajaran dalam video tersebut adalah guru lebih memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dengan pujian dan guru lebih menyenangkan mimik wajahnya dalam membawakan pembelajaran yang diajarkan

  3. Nama : Fina Titik Wijayanti
    NIM : 858054156
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : PONTIANAK
    Pokjar : Suparman

    Menurut pengamatan saya, pembelajaran yang di lakukan guru sudah cukup baik menggunakan media di sekitar kelas dan media media yang familiar dengan kehidupan sehari-hari anak. namun pada video terlihat guru kurang bersemangat dalam menyampaikan materi.
    mengajarkan siswa untuk memahami cara mendeskripsikan benda dengan benar pada anak memang cukup mudah dilakukan, terlebih jika kita menggunakan berbagai jenis media pendukung yang lebih menarik, misalkan dengan membuat berbagai bentuk dengan menggunakan kertas berwarna agar lebih menarik.
    dalam hal ini kita dapat mengajak siswa untuk membuat bentuk bangun datar dan bangun ruang secara bersama sama.

    terimakasih…

  4. Nama : Aisah Nitasari
    NIM : 857590419
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209.19
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ : UT Purwokerto/ Pokjar : Jatibarang

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di dalam kelas sudah bagus dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    • Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
    • Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
    • Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    • Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif

    Kekurangan yang saya amati di video tersebut ialah :
    • Pembukaan yang kurang dijabarkan diawal dari kehadiran lanjut materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari hari tidak ada untuk keterkaitan sebelum masuk ke praktik pengenalan benda
    • Setelah meminta siswa maju kedepan guru tidak memberikan pujian atau apresiasi untuk siswa yang sudah berani aktif maju kedepan agar memotivasi yang lain agar ikut aktif juga
    • Untuk di akhir penutup tidak ada kesimpulan materi yang barusan dibahas

    Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

  5. Nama : Aisah Nitasari
    NIM : 857590419
    Program Studi : PGSD – S1
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209.19
    UPBJJ : UT Purwokerto/ Pokjar : Jatibarang

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di dalam kelas sudah bagus dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    •Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
    •Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
    •Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    •Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif

    Kekurangan yang saya amati di video tersebut ialah :
    •Pembukaan yang kurang dijabarkan diawal dari kehadiran lanjut materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari hari tidak ada untuk keterkaitan sebelum masuk ke praktik pengenalan benda
    •Setelah meminta siswa maju kedepan guru tidak memberikan pujian atau apresiasi untuk siswa yang sudah berani aktif maju kedepan agar memotivasi yang lain agar ikut aktif juga
    •Untuk di akhir penutup tidak ada kesimpulan materi yang barusan dibahas

    Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

  6. Nama : Aisah Nitasari
    NIM : 857590419
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209.19
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ : UT Purwokerto/ Pokjar : Jatibarang

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di dalam kelas sudah bagus dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    •Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
    •Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
    •Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    •Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif

    Kekurangan yang saya amati di video tersebut ialah :
    •Pembukaan yang kurang dijabarkan diawal dari kehadiran lanjut materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari hari tidak ada untuk keterkaitan sebelum masuk ke praktik pengenalan benda
    •Setelah meminta siswa maju kedepan guru tidak memberikan pujian atau apresiasi untuk siswa yang sudah berani aktif maju kedepan agar memotivasi yang lain agar ikut aktif juga
    •Untuk di akhir penutup tidak ada kesimpulan materi yang barusan dibahas

    Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

  7. Nama : Siti Putri Rahayu
    NIM : 858798241
    Prodi : S1- PGSD UPBJJ UT Malang Pokjar Kota Kediri

    Dalam vidio tersebut menggambarkan kegiatan pembelajaran tentang mendeskripsikan benda di sekitar dengan tepat. Meskipun media dalam pembelajaran tersebut sudah konkret, dimana guru menggunakan media pembelajaran yang ada di dalam kelas, namun menurut saya ada baiknya jika menggunakan benda benda lain yang mungkin ada kaitannya dengan kehidupan sehari hari siswa di luar kelas atau sekolah. Ada beberapa point yang menurut saya perlu ditambahkan dalam proses pembelajaran tersebut, diantaranya; adanya evaluasi pembelajaran, apersepsi dalam proses pembelajaran, penjelasan tentang langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran, kemudian juga tetang tujuan pembelajaran.

  8. Nama : Ilma Muthma’aina
    NIM : 857452707
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ/Pokjar : UT Bandung/Majalengka

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di lingkungan sekitar sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    •Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
    •Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
    •Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    •Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif

    Namun ada hal yang kurang,
    Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi segingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan . Terima kasih

    Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

  9. Nama : Ilma Muthma’aina
    NIM : 857452707
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ/Pokjar : UT Bandung/Majalengka

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di lingkungan sekitar sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    berikut adalah kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah : •Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran •Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama •Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut •Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif.

    Namun ada hal yang kurang, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi segingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan .

    Terima kasih Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

  10. Nama : Ilma Muthma’aina
    NIM : 857452707
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ/Pokjar : UT Bandung/Majalengka

    Tanggapan menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di lingkungan sekitar sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.

    berikut adalah kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    •Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
    •Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
    •Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    •Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif.

    Namun ada hal yang kurang, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi segingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan .

    Terima kasih Sekian pengamatan dari video tersebut yang saya amati, Terimakasih

Leave a Reply