silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Menanggapi dari kasus vidio diatas menanamkan kejujuran, kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk anak usia dini. Melalui kegiatan positif yang kita lihat di vidio diatas terdapat nilai moral untuk anak usia dini.
    Setiap guru memiliki cara tersendiri dalam menerapkan salah satu metode bercerita dan menjelaskan kepada anak usia dini bahwa kejujuran itu penting ditanamkan pada diri kita. Metode ini mempunyai daya tarik tersendiri apalagi dengan buku cerita dan dilengkapi warna-warna yang menarik sehingga anak lebih fokus untuk mendengarkan guru bercerita. itulah pentingnya kita sebagai guru mengajarkan kepada murid kita untuk berprilaku jujur.

  2. Nama : Mardiana
    NIM : 859799751

    Pada video pembelajaran tersebut sangat baik sekali, video contoh ketidakjujuran yang dilakukan dan cara guru mengajak anak untuk mendengarkan cerita sudah sangat baik sekali sehingga terlihat anak tampak memahami isi cerita tersebut. Dan ketika guru telah selesai menjelaskan mengenai cerita tersebut guru menyampaikan pesan dan moral dalam cerita tersebut. Sehingga membuat anak mengerti bahwa ketidakjujuran merupakan perbuatan tidak baik bahwa anak harus selalu bersikap jujur kepada orang tua, keluarga, teman dan guru. Dalam menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral sangat efektif sekali untuk menanamkan nilai – nilai kejujuran kepada anak.

    Sebaiknya pada video pembelajaran tersebut menggunakan media atau alat peraga seperti boneka tangan atau kartu gambar yang dapat menarik minat anak untuk mendengarkan cerita dan juga guru seharusnya menanyakan kepada anak mengenai kejujuran beserta contoh – contoh lainnya yang dapat selaras dengan aktivitas sehari – hari anak didik.

  3. Nama : Tri Wahyuni Estiningsih
    NIM : 857994084

    Vidio tersebut sangat bagus menceritakan tentang kebaikan, mencintai kebaikan, dan melakukan perbuatan baik.
    Dengan melalui bercerita kebaikan kejujuran dapat tersampaikan kepada anak-anak, mereka akan lebih mengerti dengan bercerita.

  4. Nama : Purnamawati
    NIM : 858616403
    Judul :Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
    Dari tontonan yang di tampilkan memberi pembelajaan yang sangat bagus dengan apa yang di berikan guru dengan bercerita melalui buku cerita tentang menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral.
    Membuat anak mengerti akan suatu ke jujuran terhadap anak usia dini sangat memberi pembelajaran untuk guru untuk menerapkannya di sekolah masing – masing.
    Nilai yang dapat diambil adalah
    1. Anak dapat mengerti sejak dini tentang kejujuran
    2. Anak menjadi tahu benar dan salah
    3. Anak bisa meminta maaf atas ketidak jujuran anak

  5. Dalam video tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi anak ,tentang nilai kejujuran Dengan strategi-strategi bercerita kejujuran melalui penggunaan buku bergambar ,anak dapat memahami perbuatan baik dan tidak baik.

  6. Assalamualaikum,
    Nama/Nim: Wesna Neli ( 856280512)

    Video ini sangat bermanfaat, melalui video ini dapat dipahami bahwa melalui cerita moral penanaman kejujuran pada anak dapat efektif karena memang anak- anak sangat senang mendengar cerita dan anak lebih memahami mengenai kejujuran melalui bercerita sehingga dapat di terapkan anak, melalui cerita sederhana tujuan pembelajaran dan penanaman kejujuran pada anak akan selalu di ingat oleh anak. Terimaksih

  7. Nama : Vera Ngesti Wibawaningsih
    NIM : 857855919
    Video ” Menanamkan Kejujuran Melalui cerita moral ”
    Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil dari video diatas, yaitu menekankan nilai positif seperti kejujuran dan kedisiplinan dengan memberikan pembelajaran yang berfokus pada nilai positif. Anak dapat dengan mudah memahami sifat baik tersebut. Dalam video diatas disuguhkan lewat cerita yang menarik sehingga anak dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

  8. Dalam video tersebut, terlihat bahwa pendidik atau guru telah melaksanakan pembelajaran mengenai penanaman atau pengembangan karakter dan moral anak, khususnya mengenai kejujuran, melalui metode bercerita. Tujuannya adalah agar anak menjadi lebih tertarik untuk belajar dan mampu memahami, mempelajari, serta mempraktekkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pesan moral yang terkandung dalam cerita yang disampaikan. Kejujuran harus ditanamkan dan diajarkan kepada anak sejak dini agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi generasi yang unggul dengan budi pekerti yang baik

  9. menurut saya video ini sangat bermnfaat, karena contoh yang ada di video mudah di lakukan di lembanga sendiri dan melalui cerita moral anak mudah memahami mana perilaku yang jujur dan tidak jujur karena biasanya anak akan antusiaas dengan cerita

  10. Nama : Dewi kurniawati
    NIM : 859663738

    Menggunakan cerita moral untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak PAUD adalah metode yang efektif dan menyenangkan. Melalui cerita, diskusi, bermain peran, dan mengaitkan pesan dengan pengalaman sehari-hari, anak-anak dapat memahami dan menginternalisasi nilai kejujuran dengan lebih baik. Pendekatan ini tidak hanya mendidik tetapi juga memperkuat ikatan antara guru dan anak melalui kegiatan yang interaktif dan kreatif.

Leave a Reply