silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Desi Wiranti
Nim : 859526956
UPBJJ : jakarta
Judul video yang diamati : Menanam kejujuran anak melalui cerita moral.
Dengan metode bercerita moral dapat meningkatkan keinginan anak atau motivasi anak berbuat baik dan jujur seperti yang disampaikan video diatas, anak-anak akan memahami nilai kejujuran melalui cerita-cerita yang berisi nilai moral yang disampaikan oleh guru.
NAMA : SUHARNINGSIH
NIM : 858449568
UPBJJ : SAMARINDA
JUDUL : MENANAMKAN KEJUJURAN ANAK MELALUI CERITA MORAL
Assalammuallaikum wr,wb
Izin Menaggapi.
Assalammuallaikum wr,wb
Izin Menaggapi.
Komentar saya setelah melihat video pembelajaran tersebut adalah bahwa menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak-anak. Cerita moral memiliki kekuatan untuk mengajarkan nilai-nilai penting secara lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan menggali cerita-cerita yang menginspirasi dan memberikan contoh tentang pentingnya kejujuran, guru dapat membantu anak-anak memahami dan menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui pendekatan ini, anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan bertanggung jawab.
Nama : Anissa Salsabila
NIM : 859525259
UPBJJ : JAKARTA
Video yang berjudul “menanamkan Kejujuran anak melalui cerita moral ”
pada prinsipnya kejujuran adalah nilai moral dengan benar baik perkataan maupun perbuatan, kejujuran selalu dimulai dari diri sendiri dan dibangun dalam lingkunngan keluarga.
Nama : Eka Nurdianti
NIM : 857357692
seri pembelajaran “Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”
=> Pendapat saya: Dari video tersebut mengambarkan pesan moral untuk anak-anak bahwa kejujuran harus ditanamkan sejak usia dini. Kejujuran bukanlah hal yang menakutkan namun kejujuran melatih berkata benar atau sikap tangung jawab yang harus dimiliki setiap anak. Mengajarkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita bergambar dengan bahasa yang sederhana mudah dipahami anak adalah cara yang efektif. Pada video ini guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya .
=> Masukan/ Komentar saya: Sikap kejujuran dan nilai moral positif bisa diajarkan melalui tokoh-tokoh dalam cerita, seperti contoh di video ini, dengan sesi tanya jawab dan penyimpulan di akhir cerita untuk memberi pemahaman pada anak tentang perilaku baik dan buruk serta konsekuensinya.
=> Penggunaan intonasi suara setiap tokoh dapat membantu merangsang imajinasi anak dan membangun pemahaman karakternya.
Nama: Aisyah Salsabila
NIM: 858755504
Terimakasih, dengan adanya video ini bisa saya terapkan di lembaga saya
Nama : DEWI SARI AYU RATNA
NIM : 858941087
UPBJJ : Jember
Kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh guru dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini yaitu :
1. Pengetahuan tentang kebaikan
2. Merasakan, mencintai kebaikan
3. Melakukan perbuatan baik
Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral adalah salah satu bentuk pemberian pengetahuan kepada anak tentang kebaikan, karena metode bercerita sangat disukai anak, dengan menggunakan cerita yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan anak. Setelah anak mengetahui anak akan merasakan kebaikan dan kemudian cinta sehingga diharapkan anak mampu melakukan perbuatan baik kepada sesama.
Dalam video anak tampak antusias mendengarkan dan memperhatikan guru, sehingga saat ditanya anak dapat mengerti alur, tokoh serta pesan moralnya.
Nama : Dini Dewi Soja
Nim : 857527755
Setalah menonton video di atas, video tersebut sangat bermanfaat sekali dengan strategi bercerita anak menjadi antusias dalam memahami isi cerita tersebut akan lebih baik lagi jika menggunakan alat peraga agar lebih menyenangkan dan anak bisa fokus.
NAMA: SRI WAHYUNI
NIM : 85589523
mananam kejujuran anak , perkembangan kognitif, sosial emosional
Assalamu’alaikuman
Ema Novita Sari
857747038
Menggunakan kegiatan yang positif dan menarik dalam menanamkan kejujuran pada anak adalah hal yang sangat bagus dan mengispirasi bagi kami yang kadang bingung dalam mencari cara yang positif dan menarik bagi anak.
Terimakasih
– Dalam video tersebut menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya. video tersebut sangat bermanfaat sekali dengan strategi bercerita anak menjadi antusias dalam memahami isi cerita dan Kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh guru dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini yaitu :
1. Pengetahuan tentang kebaikan
2. Merasakan, mencintai kebaikan
3. Melakukan perbuatan baik