silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : Hesty Fithriani
    NIM : 855714801
    UPBJJ : Tarakan

    Menanamkan sikap jujur sejak dini merupakan hal yang harus menjadi perhatian seorang pendidik di sekolah. Dalam menanamkan nilai kejujuran sebagaimana dalam video di atas dapat melalui media bercerita. Cerita yang didalamnya mengandung kisah seorang anak yang berkata jujur karena telah memecahkan gelas ibunya. Metode cerita yang disampaikan secara menarik serta penarikan nilai-nilai kepada anak agar berbuat jujur akan memberikan pembelajaran kepada anak akan pentingnya berkata jujur walaupun itu pahit

  2. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nama : Lailatul Latifah
    N I M : 858452297
    Diskusi : 6 (enam)
    Kode / Nama MK : PAUD4302/Pembelajaran Terpadu

    Program ini sangat baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Penggunaan buku cerita bergambar membuat pembelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar tentang kejujuran melalui tokoh-tokoh dalam cerita. Metode bertanya kepada siswa setelah bercerita juga efektif untuk memastikan mereka memahami pesan moral yang disampaikan. Secara keseluruhan, program ini merupakan pendekatan yang tepat dan mendidik untuk mengajarkan kejujuran.

  3. Nama: Di Ajeng Triwahyuni
    NIM: 856856251
    Diskusi 6: Profesionalitas Guru PAUD
    judul: Menenamkan kejujuran anak melalui cerita moral
    izinkan saya untuk memberi tanggapan/komentar: menurut saya vidio tersebut benar-benar membantu para guru untuk menerapkan moral kejujuran melalui bercerita dengan bercerita maka anak-anak akan lebih memahami dan menunjukan antusias mereka dalam mendengarkan cerita-cerita. melalui cerita juga maka anak-anak bisa memahami dan mengerti bagaimana cara agar selalu bersikap jujur dan membiasakan diri untuk jujur apapun alasannya. melalui strategi yang ada pada vidio tersebut bukan hanya para guru saya yang terbantu melainkan para orang tua juga sangat terbantu dalam menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral. melalui bercerita juga dapat menunbuhkan perkembangan keberanian anak dalam menceritakan ulang cerita.

    saran: saran dari saya adaalah dalam mencerita kan sebuah kisah atau cerita moral guru hendaklah menggunakan alat peraga seperti boneka tangan ataupun menunjukan ekpresi muka yang ekpresif maka hal ini akan membuat anak semakin fokus dalam mendengarkan dan memahami apa isi dari cerita yang diceritakan guru.

  4. Nama : sarifatun Khasanah /857607877

    Vidio ini inspiratif sekali,. Menanamkan kejujuran pada anak tidak hanya melalui tindakan secara langsung, tetapi juga melalui cerita. Hal ini sangat sesuai dengan karakter anak usia dini yang suka dengan cerita atau kisah dongeng. Melalui cerita anak mungkin akan lebih memahami maksud dan makna kejujuran, sehingga dapat mengaplikasikan nya dalam kegiatan sehari hari anak.

  5. Nama: Feybi Inggriani Lolaro
    Nim: 859957146
    Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral adalah metode yang efektif dan banyak digunakan dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Cerita moral adalah cerita yang mengandung pesan atau nilai-nilai etika dan moral yang ingin disampaikan kepada anak-anak.

  6. Nama : Juairiah
    NIM : 858308266
    Izin menanggapi
    Dari video tersebut menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral adalah metode pembelajaran yang efektif. Menanamkan kejujuran pada anak tidak hanya melalui tindakan secara langsung, tetapi juga melalui cerita. Melalui cerita anak mungkin akan lebih memahami maksud dan makna kejujuran, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari anak.
    Terimakasih…

  7. Ani hartati (857860673)
    Ceritanya bagus, mudah dipahami anak- anak.dan bisa di terapkan sehari²

  8. NAMA: NURLATHIFAH
    NIM: 857624415
    UPBJJ: PURWOKERTO

    Video yang menarik dan membantu menanamkan kejujuran dalam usia dini. Guru dapat mengkondisikan anak duduk tenang untuk mendengarkan guru bercerita.

  9. Nama : Meri Andriyani
    NIM : 837287427
    Dalam video tersebut, terlihat bahwa pendidik atau guru telah melaksanakan pembelajaran mengenai penanaman atau pengembangan karakter dan moral anak, khususnya mengenai kejujuran melalui metode bercerita. Tujuannya adalah agar anak menjadi lebih tertarik untuk belajar dan mampu memahami, mempelajari, serta mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pesan moral yang terkandung dalam cerita yang disampaikan. Kejujuran harus ditanamkan dan diajarkan kepada anak usia dini.

  10. Judul video: Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
    Dengan menonton video pembelajaran ini saya mengetahui menanamkan kejujuran pada anak usia dini bisa melalui bercerita tentang keteladanan kejujuran, sehingga anak lebih memahami apa itu kejujuran dan merupakan metode pembelajaran yang efektif

Leave a Reply